Sarapan Praktis dan Sehat Sebelum Jam 9 Dengan Energen

"Ayo.. buruan bangun, mandi terus sarapan. Sarapannya dihabisin biar semangat dan bisa menyerap pelajaran, biar perut nggak buny...



"Ayo.. buruan bangun, mandi terus sarapan. Sarapannya dihabisin biar semangat dan bisa menyerap pelajaran, biar perut nggak bunyi-bunyi pas belajar, biar nggak lemas, biar nggak sakit maag nya" (pesan ibu)

"Ingat ya sebentar lagi ujian, yang semangat sekolahnya jangan lupa sebelum ke sekolah sarapan dulu biar fokus nggak mudah lupa" (pesan bu guru)

"Ayo..kalian udah pada sarapan belum? Isi bensin dulu biar lancar kerjanya, biar semangat, biar banyak penjualan, biar banyak bonus" (pesan bos di kantor)

Masih terngiang-ngiang di telinga saya bagaimana ibu saya, guru, dan bos di kantor saat masih bekerja setiap pagi mengingatkan agar nggak lupa sarapan. Bagi sebagian orang sarapan mungkin nggak begitu penting, malah beberapa teman saya sudah terbiasa nggak sarapan. Saya justru sebaliknya, sejak kecil sudah terbiasa sarapan bareng keluarga setiap pagi sebelum berangkat sekolah, kuliah, kerja, maupun sebelum melakukan aktivitas lain. Kegiatan sarapan bareng keluarga jadi rutinitas setiap hari di rumah. Pernah sewaktu sekolah saya ada kegiatan yang mengharuskan berkumpul di sekolah pagi sekali, karena takut telat ibu membawakan saya bekal untuk sarapan. Rasanya sedih banget, nggak sarapan bareng keluarga saat itu beda banget rasanya, dan sampai saat ini momen sarapan bareng keluarga selalu dirindukan. Bagi saya sarapan bareng keluarga merupakan momen yang memorable banget. 

Tapi sekarang sejak tinggal di kota besar yang serba macet saya harus pintar mengatur waktu agar nggak telat meeting dan menghadiri event. Di kota besar seperti Jakarta ini waktu begitu berharga, kalau berangkat nggak pagi banget atau setelah Subuh ya bakal terkatung-katung di jalan. Makanya waktu untuk sarapan pun jadi nggak menentu karena berangkatnya tergesa-gesa, bahkan jadi jarang sarapan di rumah. Solusinya saya harus menyiapkan sarapan praktis tapi tetap sehat seperti Energen. Yups, yang pasti saya mengusahakan sarapan sebelum jam 9 pagi.





Mengapa sarapan itu penting? 


Untuk Daya Tahan Tubuh

Sarapan itu penting untuk mewujudkan gizi seimbang. Setelah tidur cukup lama di malam hari lebih kuran 7-8 jam tubuh tetap melakukan metabolisme menggunakan energi dan nutrisi yang ada dalam tubuh kita. Dengan sarapan kadar gula yang diserap sepanjang malam akan tergantikan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Karena terbiasa sarapan saya jadi bisa merasakan langsung perbedaan kondisi tubuh dan otak saat sarapan dan nggak sarapan. Sebenarnya perbandingannya bukan nggak sarapan juga sih, tapi telat sarapan. Saya pernah sarapan saat waktu sudah menunjukkan pukul 10 pagi. Kepala udah mulai sempoyongan, badan rasanya kayak tremor, ulu hati rasanya kayak diremas-remas. Beneran deh, telat sarapan sedikit saja sakitnya bisa berhari-hari, maag langsung kambuh dan badan jadi nggak enak bawaanya lemas dan nggak ada semangat. Jujur saja saya beneran nggak bakal kuat kalau nggak sarapan. Makanya sarapan itu WAJIB.


Untuk Meningkatkan Prestasi

Manfaat sarapan selain membekali tubuh dengan kebutuhan gizi harian juga diperlukan untuk belajar dan berfikir. Kita pasti sudah tahu lah ya kalau otak dan perut ada hubungannya. Pernah dengar teori gut brain axis?  Ini adalah teori yang menghubungkan sistem perncernaan dan otak. Jadi dalam proses pencernaan usus akan mengirimkan sinyal balik ke otak ketika perut kita terisi dengan makanan, dan serat yang baik akan mempengaruhi perkembangan otak. Begitu juga sebaliknya, ketika otak tidak sedang dalam kondisi baik atau lagi stres maka sinyal akan dikirimkan ke usus dan akan berdampak pada penyerapan gizi. Bayangkan saja bagaimana kita mau mengukir prestasi kalau otak nggak bisa berfikir karena perut nggak terisi dan sinyal nggak sampai ke otak. Karena dengan sarapan dapat meningkatkan konsentrasi dan daya ingat.


Mengurangi Risiko Diabetes

Saya sering banget dengar istilah brunch  yang merupakan singkatan dari gabungan kata breakfast dan lunch.  Mungkin ini istilah ini muncul karena banyak orang yang lebih memprioritaskan jam masuk kerja dan melewatkan waktu sarapan. Jadi belum waktunya jam makan siang dan sudah lewat jamnya sarapan jadilah orang banyak mempersingkat waktunya dengan makan ala brunch. Akibat dari melewatkan sarapan kita sering melampiaskannya dengan makan yang manis-manis, banyak lemak dan kalori yang penting bisa menghilangkan rasa lapar. Ini justru menyebabkan gula darah naik dan tubuh melepaskan insulin yang cukup besar. Makanan yang manis justru membuat keinginan makan lebih banyak lagi di jam-jam berikutnya dan membuat gula darah naik lagi secara drastis dan pankreas terpaksa memproduksi insulin lebih banyak lagi. Kalau terus-menerus begini akan menyebabkan risiko diabetes. Makanya sarapan sebelum jam 9 pagi adalah jam nyaman bagi saya agar gula darah stabil karena nggak makan berlebihan.



Tips Menyiapkan Sarapan Bergizi Dengan Energen

Kalau ngomongin sarapan sehat dengan Energen jujur saya bukan ikut-ikutan trend sarapan praktis. Saya sudah kenal Energen sejak jadi anak kos tahun 90-an. Setiap pulang ke rumah orangtua dua minggu sekali, ibu saya nggak lupa membelikan saya Energen untuk nyetok kalau nggak sempat  beli sarapan di kos-kosan sarapannya pakai Energen saja pokoknya harus makan jangan sampai enggak, itu pesan ibu saya. Jadi anak kos itu selalu digambarkan dengan makanan yang serba instan memang hehe. Kesukaan saya itu Energen rasa cokelat, tapi ibu suka beli rasa yang lain juga seperti kacang hijau dan vanila, biar nggak bosan katanya.

Saya masih ingat sewaktu adik saya sakit dan nggak selera makan. Kalau sudah begitu adik mintanya Energen dan nggak cuma sarapan saja kalau malam kelaparan dan nggak mau makan nasi ibu selalu membuatkan Energen dan memang adik maunya cuma itu. Jadi Energen sudah lama sekali jadi sereal pilihan keluarga di rumah. Setelah menikahpun saya dan suami selalu menyediakan Energen di rumah untuk sarapan kami. Kalau saya sukanya rasa cokelat, suami lebih suka rasa vanila.


Saya pernah mendengarkan langsung informasi dari dokter dan ahli gizi yang mengatakan kalau sarapan yang sehat harus memenuhi sekurangnya seperempat dari kebutuhan nutrisi harian. Didalam menu sarapan pagi setidaknya ada kandungan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan serat, juga air untuk membantu proses pencernaan. Kandungan Energen mencukupi syarat sarapan pagi saya. Kandungannya yang terdiri dari sereal dan susu dengan SIGMAVIT yang merupakan perpaduan Vit A, Vit B1,Vit B2, Vit B6,Vit B12, Vit D, Vit E, Asam Folat dan Kalsium. 

Puding Choconergen Avocado

Biasanya kalau buru-buru berangkat dan beraktivitas saya tinggal seduh Energen dengan air panas saja, tapi kadang biar ada variasi dan suami nggak bosan saya suka bikin puding Energen. Saya namakan Puding Choconergen Avocado. Jadi saya masak agar-agar dicampur Energen rasa cokelat, susu cair dan potongan buah Alpukat. Praktis banget, dan masaknya juga cepat. Rasanya jangan ditanya sudah pasti enak. Oh ya saya nggak tambahkan gula lagi saat memasak puding untuk mengurangi asupan gula. Nah, ini cerita sarapan pagi saya bersama Energen, bagaimana dengan kalian? Jangan lupa sarapan ya.






 

You Might Also Like

33 comments

  1. Waaaaah Energen bisa dibuat pudding juga ya mak? Mak Tuty kreatif amat siiihhhhh <3 Aku juga suka sarapan pake energen, praktis dan lumayan menunda lapar yaaaa.. Hihihiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya bisa di coba ini puding energennya.

      Keep it up!

      Jangan lupa mampir ke blog aku juga di www.catch-the-feels.blogspot.com thanks

      Delete
    2. iya mom Diaan...enak banget soalnya puding energen coklat ini dipadukan dengan alpukat ini kesukaanku dan suami hehe.

      Delete
    3. Hai mbak Nikita..

      Ayo dicobain mbak, gampang banget buatnya.

      Delete
  2. Bisa dijadiin pudding juga ternyata.
    Kreatif banget mbak.
    Ntar mau coba juga ah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, enak banget loh. Cobain deh ntar bakal ketagihan hahah!

      Delete
  3. Aih kreatif banget bikin Puding Choconergen Avocado. Enak pas dingin dinggin ya mbaaa ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, enak di mulut dan di perut hehe

      Delete
  4. Aku terbiasa sarapan mb, tapi setelah nikah males masak. Jadinya energen selalu ada di dapur deh :D Kesukaanku rasa coklat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kita mbaak..aku juga suka coklat :)

      Delete
  5. Pengen nyobain pudingnya juga nanti aah. Keliatannya enak mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak banget mbak..gampang buat nya cobain deh :)

      Delete
  6. Aku aku! Di kosan sering nyetok energen, jadi walaupun buru-buru masih bisa sarapan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama! Aku juga zaman jadi anak kos stocknya Energen hihi

      Delete
  7. Untuk masyarakat urban memang butuh yang serba praktis. Apalagi kalau pagi hari. Energen Cereal begini, cukup ampuh buat sarapan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups mbak bener banget, sarapan yang praktis juga membantu kita mengelola waktu yaa

      Delete
  8. Suami ku nih setiap pagi cemilan / sarapan nya energen. Bangun tidur aku sediain energen + susu lagi segelas biar bertenagaaaaa hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kayak suamiku padahal Energen nya udah ada kandungan susu ya tapi suami suka banget nambahin susu lagi :)

      Delete
  9. Anakku suka mba rasa coklat, cuma belum pernah di buat puding mau di coba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak mbak coabin deh buat puding sekali-kali hehe

      Delete
  10. Pesen..pesen ibu, bos seperti diatas bener banget Mak, nah cuma kalo aku energen seringnya dipake buat cemilan manisnya hahahaaa, setelah sarapan nasi selang berapa menit minum energen ups..

    Btw itu puding begitu menggodaaa, maumu donk ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo kesini ntar aku buatin pudingnya teh :)

      Delete
  11. Kami juga konsumen emergency lho. Anak saya suka rasa kacang hijaunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Energen mungkin maksud teh Okti ya..

      Kacang hijau juga enak teh, kapan-kapan pengin dibuat puding juga ah hehe

      Delete
  12. Energen vanilla favorit dari dulu. Energen gak cuma diseduh langsung tapi juga dikreasikan dengan bahan lain jadi makanan

    ReplyDelete
    Replies
    1. sejak zaman jadi anak kos Energen jadi sarapan favorit yang praktis.

      Delete
  13. Saya tiap hari mesti sarapan sebelum melakukan aktivitas sehari2.. Sesekali juga minum Energen, praktis dan siap saji..

    ReplyDelete
  14. wah saya suka banget energen untuk sarapan pagi..hihi

    ReplyDelete
  15. Energen memberi nutrisi buat tubuh dan otak. Sarapan penting kaya HP dan power bank buat blogger . Kalau gak ada buyar. Kerjaan

    ReplyDelete
  16. Wah oke juga nih mbak energen dibikin pudding. Mau coba ah, jadi camilan sehat. hehehe

    ReplyDelete
  17. Pesan-pesan orangtua terdahulu sama semua ternyata yaa, mba...
    Aku pun mengalami era yang sama.
    Dan alhamdulillah semenjak punya anak, aku melakukan hal yang sama. Tapi gak pake dinasehatin aah...anak sekarang suka melihat contoh dari kedua orangtuanya.

    Jadi Energen untuk bekal, sebagai makanan pengganjal di saat istirahat sekolah anak.

    ReplyDelete
  18. Di rumah juga selalu sedia Energen buat sarapan dan nyemil sore2/ saat cuaca dingin mbak.
    Baru tau kalau Energen bisa juga dikreasikan jd puding, saya biasanya langsung seduh aja hehe

    ReplyDelete
  19. Iyeess ... Aku setuju banget. Energen memang sarapan praktis dan sehat. Di rumah juga selalu sedia ini ^^

    ReplyDelete