Pertengahan Tahun Ini Petualangan Interaktif LEGO Hadir di PIK Avenue

B ricklive Jakarta , petualangan interaktif  LEGO  pertama kalinya di Indonesia akan hadir pertengahan tahun ini tepatnya tanggal 7-17 ...


Bricklive Jakarta, petualangan interaktif LEGO pertama kalinya di Indonesia akan hadir pertengahan tahun ini tepatnya tanggal 7-17 Juni 2018.  Pertengahan tahun memang masih lama ya, tapi tiket nya sudah bisa di beli  mulai dari sekarang. Tau sendiri kan gimana banyaknya penggemar dan pecandu LEGO, nggak cuma anak-anak saja tapi juga orang dewasa baik laki-laki maupun perempuan. Yups, LEGO memang banyak peminatnya dan tak memandang usia. Makanya maklum saja kalau dari sekarang penjualan tiket sudah mulai digembar-gemborkan. 

Kamis, 8 Februari 2018 saya mengikuti konferensi pers Bricklive Jakarta bertempat di Flix Cinema, PIK Avenue. Petualangan interaktif LEGO yang pertama kalinya di Indonesia ini merupakan kerjasama Tokopedia, Sorak Gemilang Entertaintment (SGE) dan PIK Avenue. Teman-teman yang pernah dengar nama Sorak Gemilang mungkin ingat kalau mereka pernah mendatangkan teater musikal The Sound of Music ke Indonesia, makanya nggak diragukan lagi bagaimana prestasi promotor yang sudah dikenal namanya ini.



Tokopedia memang fokusnya membangun platform dimana orang bisa memulai dan membangun mimpi mereka, papar bu Melissa Siska Juminto selaku Managing Director Tokopedia. Membangun mimpi bukan merupakan hal yang mudah, jadi sekecil apapun membutuhkan usaha dan kreativitas. Tokopedia memiliki semangat untuk menumbuhkan kreativitas masyarakat sejak dini, seperti permainan edukatif LEGO yang dapat membangun kreativitas anak dan membantu para orangtua mengedukasi anak-anaknya di rumah. Di Tokopedia orangtua dapat menemukan bermacam produk edukasi anak lainnya yang berkualitas. Bicara kreativitas, Tokopedia sangat mendukung hadirnya Bricklive Jakarta. Petualangan interaktif LEGO ini bukan hanya sekadar pameran tapi sangat menarik perhatian para penggemar LEGO pastinya. 

LEGO sekarang ada official store nya juga di Tokopedia. Berbagai official brand lainnya sudah banyak di Tokopedia, konsumen bisa dengan mudah menemukan produk kualitas sesuai kebutuhan dengan cara yang cepat dan mudah. Dengan adanya LEGO di Tokopedia bisa menjangkau seluruh masyarakat Indonesia yang menggemari LEGO dan mungkin selama ini susah mencari tempat pembelian LEGO. 


Ada Apa Saja di Bricklive Jakarta? 

Bricklive adalah brand dari luar negeri. Setelah sebelumnya diadakan di Inggris, Jepang, Korea Selatan, akhirnya bricklive hadir di Indonesia. Bricklive Jakarta bukanlah pameran tapi petualangan interaktif. Acara ini terutama memang diperuntukkan kepada para fans LEGO. Oh ya, selama ini kita taunya kalau main LEGO bentuknya cuma kotak, tapi sebenarnya banyak sekali jenis dan tipe-tipenya, jelas mas Denny Sumali - Direktur SGE.

Kiri-Kanan: Denny Sumali - Ratih Ibrahim - Valentina Romauli - Melissa Siska Juminto - David Hilman
Bricklive Jakarta akan menghadirkan 16 wahana permainan LEGO di area atau atrium seluas 4000m2 dan bisa menampung sampai dengan 3000 pengunjung. Nantinya semua pengunjung bisa merasakan petualangan interaktif dengan berbagai jenis LEGO. Pada area Brick Pool dan Duplo Pool yang mirip kolam renang tapi isinya bukan air ya.. tapi LEGO, disini pengunjung didorong untuk berimajinasi dan berkreasi menggunakan berbagai jenis LEGO yang disediakan. Kemudian pada area Race Tracks pengunjung bisa membuat mobil atau kendaraan dari LEGO.  Anak-anak nantinya bisa mengikuti balapan dari mobil-mobilan yang mereka buat dan akan mendapatkan tropi dari LEGO juga.


 
Di area Duplo Pool LEGO nya berukuran besar jadi anak-anak yang bermain disini akan aman. Anak-anak juga jadi bisa merasakan bentuk-bentuk LEGO seperti apa. Ada juga area seperti Map Bulid disini anak-anak membuat bangunan di atas peta Indonesia, jadi anak-anak akan mengenal provinsi dan kota-kota apa saja yang ada di Indonesia. Kemudian area interaktif lainnya seperti  Brick Wall, LEGO Cities, LEGO Architecture, LEGO Star Wars yang bentuk LEGO nya menyerupai karakter Star Wars, dan masih banyak lagi. Seru banget pastinya!


Manfaat Bermain LEGO Bagi Tumbuh Kembang Anak

Menurut Ratih Ibrahim seorang psikolog, bahwa anak-anak muda merupakan agen pembaharu atau agent of change. Masuk di era persaingan global yang menjadi modal utama anak-anak muda nggak cuma rajin dan pintar tapi menjadi orang yang berkreativitas dan punya inovasi, inilah keunggulan yang luar biasa. Semua anak sejak kecil dibekali Tuhan dengan bakat dan kecerdasan yang lengkap. Jadi nggak semua kecerdasan akademik saja, tapi benar-benar lengkap dan semua kecerdasan ini butuh untuk dikembangkan secara bersama-sama lewat stimulasi yang harus tepat sesuai dengan usia perkembangannya.

Ratih Ibrahim
LEGO merupakan sebuah permainan yang memiliki banyak manfaat bagi tumbuh kembang anak juga menjadi salah satu permainan yang dapat dilakukan bersama keluarga. Kalau kita lihat LEGO ada ketentuan umur-umur penggunanya, untuk anak kecil ukurannya gede-gede supaya nggak ditelan, dan saat main harus dijaga agar nggak ditimpuk ke temannya. Semakin bertambah umurnya LEGO nya juga semakin kecil-kecil. Semakin dewasa malah ada lagi tipe-tipe LEGO lainnya yang lebih spesifik seperti arsitektur, map,dll. 

Kecerdasan kita bukanlah kecerdasan tunggal, tapi majemuk atau multiple inteligencies. Tahun 90-an kecerdasan majemuk ini sempat booming ada yang mengatakan enam, tujuh, kemudian ada juga yang mengatakan 12. Ratih Ibrahim mengelompokkan kecerdasan majemuk kedalam tiga kecerdasan, yakni kognitif (yang menggunakan daya nalar), psikomotor (keseimbangan) dan psikososial (bergaul, bersosialiasi,dll). Ketiga kecerdasan ini berkembang bersama secara simultan, jadi bukan satu-satu kognitif dulu, psikomotor dulu atau pun psikososial dulu, semuanya bersama-sama. Untuk bisa berkembang sama-sama tentunya akan ada kegiatan yang kita pilih secara rapi, dan sewaktu kita memilih kegiatan itu harus dipilih simulasi nya secara tepat sesuai dengan umur dan kebutuhan anak. Bukan anaknya sendiri yang dilepas begitu saja, tetapi orangtua juga harus ikut berinteraksi bersama anak.

Stimulasi adalah pemberian rangsangan dari lingkungan. Lingkungan itu adalah kita yang memaparkannya, baik orangtua, kakak, tante, maupun guru si anak. Bahkan media juga harus ikut memaparkan stimulasi yang baik untuk membantu orangtua memberi informasi stimulasi apa yang cocok buat anak, sehingga memancing respons tertentu dan perilaku tertentu. Mengapa stimulasi itu penting? Jelas penting karena menurut mbak Ratih stimulasi itu membantu mengoptimalkan proses tumbuh kembang anak, sehingga semua potensi kecerdasan dan bakatnya bisa bagus dan yang namanya bakat dan kecerdasan bukan hanya yang kognitif, tetapi juga kecerdasan emosi, kecerdasan sosial, kecerdasan psikomotor ini semua berkat yang harus di optimalkan tumbuh kembangnya sehingga si anak menjadi jago di usia perkembangannya. Dengan demikian self esteem si anak akan menjadi positif. Anak bisa mencoret-coret, membangun bentuk-bentuk yang sederhana, nantinya anak akan merasa bangga dan self esteem nya bagus si anak akan percaya diri di tahap perkembangan yang selanjutnya, semakin lama anak akan tumbuh menjadi anak yang percaya diri dan kreativitasnya akan terus berkembang.

Kalau anak diajak bermain yang dihubungkan dengan warna dan bentuk ini secara tidak langsung anak diajarkan tentang konsep dasar. Dari umur setahun anak sudah dikenalkan mengenal warna, jarak, ruang, bentuk, ini semua adalah konsep dasar, kita memberikan stimulasi yang luar biasa kepada anak dan imaginasi nya mulai kreatif. Karena anak membuat bentuk yang macam-macam sebenarnya itu ada didalam daya imaginasinya. Daya imaginasi yang kreatif inilah yang akan  membekali anak untuk memiliki daya berinovasi, logikanya juga akan berkembang.

Coba lihat anak saat bermain LEGO membangun bangunan anak akan anteng karena proses stimulasinya aktif, daya nalar dan berhitungnya berkembang bahkan anak belajar trial and error juga bagaimana problem solving. Ada nggak orang yang adiksi LEGO? Kata mbak Ratih nggak ada loh.  Kalau suka main LEGO iya tapi kalau adiksi tidak. Karena LEGO itu statis, jadi membangun tumbuh kembang anak berdasarkan konsep nalarnya. Bermain LEGO ada koordinasi antara mata dengan motor,  lalu jari-jari nya akan semakin terampil. Jadi motorik halus dan motorik kasarnya akan terstimulasi. Kecerdasan emosi dan psikososial akan tumbuh saat bermain LEGO karena anak asik bermain dengan yang lain baik itu orangtua atau pun teman bermainnya.  Berinteraksi dengan anak lain anak akan belajar bagaimana team working. Main itu membuat anak senang, gembira adalah dasar orang menjadi pribadi yang sehat secara kejiwaan. Dari satu aktivitas banyak manfaat yang didapatkan terutama kecerdasan, anak kita akan menjadi pribadi yang kreatif.


Pembelian Tiket Bricklive Jakarta

Setelah mendengarkan penjelasan mbak Ratih saya jadi paham kenapa suami saya kalau lagi main LEGO bareng ponakan jadi ikutan anteng, asyik sendiri, kadang ketawa kadang serius ternyata ada stimulasi yang sedang bekerja hehe. Sewaktu saya bilang bakal ada Bricklive Jakarta suami girang banget dan pengin datang. Tenang saya bilang tiket bisa dibeli dari sekarang.

Pembelian tiket Bricklive bisa dilakukan di Tokopedia, Outlet LEGO dan di PIK Avenue. Harga tiket untuk VIP Rp 275.000 dan Regular Rp 175.000. Untuk setiap pembelian tiket melalui Tokopedia akan mendapatkan 1 LEGO Figurin dan diskon 10%. Ada juga tiket Family Package: Tiket Anak Rp 175.000, Tiket Orangtua Rp 100.000. Jadi bundling 4 tiket Rp 550.000 sudah termasuk 2 tiket anak + 2 tiket orangtua, jadi lebih hemat. Tokopedia juga menyediakan promo khusus LEGO dan Bricklive selama bulan Maret dan Mei-Juni. Setiap pembelian LEGO Official Store di Tokopedia bisa dapat 1 tiket Regular untuk Bricklive sesuai syarat dan ketentuan berlaku.

Bagi pengunjung yang memiliki Loyalty Membership SedayuOne ada promo khusus juga loh, yakni discount sebesar Rp 75.000 (bagi customer yang membeli tiket periode February-Maret 2018), discount sebesar Rp 38.000 (bagi customer yang membeli tiket periode April-Mei 2018) dan discount 10% (bagi customer yang membeli tiket bulan Juni 2018). Promo ini juga berlaku untuk pembelian di ticketting counter PIK muali akhir Februari 2018 dan berlaku bagi customer Flix Cinema yang telah bertransaksi senilai minimal Rp 100.000 untuk produk makanan dan minuman. Jadi semakin cepat beli tiket nya semakin banyak discountnya.

foto bareng pendekar Ninjago, master Wu dan Cold
Pak David Hilman - COO Agung Sedayu Retail Indonesia mengatakan nantinya pengunjung sambil menikmati kegiatan Bricklive juga bisa menikmati fasilitas yang ada di PIK Avenue seperti restoran dengan konsep unik dari manca negara, outlet fesyen dengan koleksi terkini, FLIX Cinema bioskop berciri khas millenials dengan teknologi baru dan banyak lagi lainnya. PIK Avenue memang didesain berbeda dengan mall yang lain. Konsep mall nya memang lifestyle banget, jadi nggak cuma tempat untuk shopping aja. Pada nggak sabarkan pengin buru-buru menyaksikan Bricklive Jakarta? Yuk buruan beli tiketnya dari sekarang sebelum kehabisan.





You Might Also Like

13 comments

  1. Wah baru opening ya Lego nya pasti seru deh, apalagi tipe anak anak yang kreatif suka rancang bangun

    ReplyDelete
  2. andai di surabaya ada acara kayak gini, udah boyong anak lanang untuk berpartisipasi. hehehhe

    ReplyDelete
  3. Seru banget mba. Saya suka Lego. Semoga di kota-kota lain ada juga event seperti ini

    ReplyDelete
  4. Suka sama tulisan ini, karena saya lagi butuh info tentang manfaat lego. Makasih mbak :D

    ReplyDelete
  5. Wah, seru anakku suka banget dengan mainan lego loh. Jadi referensi nih

    ReplyDelete
  6. Kendal belum ada ginian mba, semoga bisa nyampe sini.
    Dari ponakan aku, adik dan kakaku suka banget main lego jaman kecil dulu

    ReplyDelete
  7. Wah kesukaan anak anakku nih. Lego juga bisa membangun kerjasama antar anak ya. Saya paling seneng kalau anak anak dah main lego. Saling kasih ide buat apa gitu hihi seru liatnya. Makasih info ttg manfaat lego untuk anak mbak. Jadi tambah paham.

    ReplyDelete
  8. Wooo bakalan seru nih pesta lego lagi. Bintang pasti suka kalau diajak ke sini. Dan bener sih menurut saya lego itu permaina yang bermanfaat banget buat melatih daya kreasi dan imajinasi anak

    ReplyDelete
  9. Legoooo, duh aku mauu nih buat anak-anakku yang suka banget sama lego.

    ReplyDelete
  10. Serunya.
    Aku dulu suka main sama lego, mau ajak ponakan ah buat main :D

    ReplyDelete
  11. Wah lego, ini mah gk cuma kesukaan anak, tapi kesukaan bapake juga hehe.
    Waktu yg tepat nambah koleksi kalau promo2 kyk gini ya mbak :D

    ReplyDelete
  12. aku blm pernah mainan lego, hheee
    jadi pngen bgt nih beliin ini buat ponakan, biar bisa main bareng.

    ReplyDelete
  13. Waduh anakku ga bakal mau pulang kalau ketemu Lego. Apalagi ada badut Lego yang biasa ia mainkan.

    ReplyDelete