Dari Kampung Pelangi Pinggir Kali, Kamus Wisata Semarang Bertambah Lagi

sumber: hanisantosa.deviantart.com S impang Lima, Lawang Sewu dan Lumpia , trio yang tidak tergeser ketika diajak jalan-jala...



sumber: hanisantosa.deviantart.com

Simpang Lima, Lawang Sewu dan Lumpia, trio yang tidak tergeser ketika diajak jalan-jalan ke Semarang. Ketiga ikon wisata ibukota Provinsi Jawa Tengah ini seakan sudah mendunia dan wajib dikunjungi jika berkesempatan ke sana. Ada juga kawasan kota tua yang kental dengan nuansa sejarahnya. Jangan lupa menyebut Klenteng Sam Poo Kong yang menyimpan sejarah perjalanan Laksamana Cheng Ho. Tapi kini ada destinasi baru yang meramaikan wisata di Semarang, yuk segera intip Kampung Pelangi sebelum teman-teman melakukan AirAsia online booking untuk perjalanan liburanmu berikutnya.


Wisata Kampung Pelangi Semarang

Beberapa waktu lalu, kampung Gunung Brintik yang terletak di pinggir kali Semarang ini masih berupa kawasan kumuh tidak tertata. Di mana-mana muncul rimbunan tanaman liar yang menghiasi dinding-dinding rumah tidak berplester dan terdiri dari kurang lebih 325 rumah penduduk di sini. Akibat perbaikan Pasar Bunga Kalisari yang dilakukan pemerintah, Kampung Gunung Brintik rupanya menggoda untuk diulik juga karena tidak mendukung keindahan pasar bunga yang berada di depannya.

Permukiman ini pun disulap menjadi Kampung Pelangi Semarang yang menambah koleksi kampung bercat warna-warni di Indonesia. Ribuan foto pun dihasilkan dari Kampung Pelangi Semarang. Keberadaannya membuat media asing juga ramai membicarakan kawasan kumuh yang sukses dibenahi menjadi destinasi wisata pendukung Pasar Bunga Kalisari.

sumber: himmahonline.

Spot Foto Paling Dicari di Kampung Pelangi

Tidak sedikit wisatawan dari luar kota yang ingin membuktikan keunikan kampung ini. Bermodal foto-foto di media sosial, mereka pun berduyun-duyun main ke pinggir kali. Apalagi tempatnya berada di tengah kota Semarang, membuat Kampung Pelangi mudah dicari. Namun yang dicari wisatawan tentu spot-spot foto menarik yang dibuat di sini, seperti Jembatan Cinta, Tembok Bergambar Wayang dan Cacing, Sepeda Pelangi, Tembok Doodle, Tangga Warna-Warni dan Puncak Pelangi. Sudah pernah berfoto di sini?

sumber: hanisantosa.deviantart.com

Kampung Pelangi Ramah di Kantong Nyaman di Hati

Perbaikan yang dilakukan pemerintah Semarang untuk Kampung Pelangi tentu bukan hanya penampilan luarnya. Dengan banyak wisatawan yang berkunjung, diharapkan akan mampu mendongkrak perekonomian penduduk setempat. Dari kampung kumuh yang berada di bawah garis kemiskinan, Kampung Pelangi memang menjadi sebuah perkampungan yang nyaman dihuni. Setiap pengunjung ditarik biaya 2000 rupiah saja. Saat sedang ramai, penduduk dapat mengantongi pendapatan tambahan hingga ratusan ribu rupiah per hari.

sumber:direktorijateng.com

Wisata Kuliner Kampung Pelangi

Usaha mengubah perekonomian warga Kampung Gunung Brintik memberikan titik cerah. Mereka bisa berjualan membuka warung-warung kuliner yang melayani kebutuhan makan dan minum pengunjung di lokasi. Aneka makanan yang dijual pun tidak jauh dari tema pelangi, seperti Es Mambo Pelangi, Cake Warna-Warni, dan tidak lupa ada suvenir gerabah warna-warni yang bisa dibeli dan dibawa pulang pengunjung.


Gardu Pandang Pelengkap Wisata Kampung Pelangi

Warna-warni Kampung Pelangi kini semakin lengkap dengan ditambahnya fasilitas gardu pandang yang berada di sebelah kiri Pasar Bunga Kalisari. Berada di lantai 2 gedung, gardu pandang ini sangat cocok untuk kamu yang hobi selfie. Diberi nama Taman Kasmaran pula, siapa yang tidak jatuh cinta dengan pemandangan indah Kampung Pelangi dari ketinggian ini? Kira-kira apalagi ya terobosan yang akan dilakukan di Kampung Pelangi yang ada di Semarang nanti?




You Might Also Like

18 comments

  1. Seru ya...
    Dulu ke Semarang cuman ke tempat yang terkenal aja, lawang sewu, simpang lima, gak makan lumpia sih heheheh.
    sama brown apaaa ya namanya itu? yang bekas galian dijadikan spot foto2 :)
    Btw salam kenal ya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal mbaaak...ke Semarang nggak makan lumpia nggak lengkap yak rasanya hihi

      Delete
  2. Dulu waktu masih kerja aku suka banget ke kampung pelangi ini mbak. Bikin mood jadi bagus Kalau buat aku. Untuk masuk ke kampung itu jg tarifnya murah ya mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya murah tarifnya, sudah seharusnya sih ya biar wisatawan lokal juga bisa sering-sering kesini :)

      Delete
  3. ya ampuuun, makin banyak tempat wisata yang warna warni ya

    ReplyDelete
  4. waahh ternyata sekarang uda jadi semua warnanya. dulu kesini pas masih dikerjakan setengah >,< ternyata kalau full begini lucu juga yaa mbak

    ReplyDelete
  5. Kreatif bngat ya idenya kampung pelangi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya..kampung nya jadi lebih bewarna :)

      Delete
  6. Mbaaak, aku belum pernah ke Semarang >.<

    Pernah sekali numpang bandaranya aja dari Yogja. Hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mampir ke Semarang ke Kampung Pelangi :)

      Delete
  7. Sepulangnya saya solo Backpacker Dr semarang,ada teman bertanya ?? Mampir ke kampung pelangi gak....
    Apa an tuh ya setau saya ada di Malang..
    Trs saya cari info.. oh jadi Semarang jg pny kampung pelangi kaya di Malang
    Nyesel kudet tentang informasi seputar Semarang :).
    Liat foto2 mba jadi makin penasaran mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, sekarang setiap daerah semakin kreatif yaa

      Delete
  8. Makin bertambah aja spot menarik yah mbak, jadi pengen kesana

    ReplyDelete
  9. Bagus juga sepertinya perlu dicontoh desa-desa lain dalam berkreatifitas, dengan begitu ekonomi kampung juga memberikan pengaruh yang positif

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, bisa jadi peluang untuk masyarakat setempat yaa

      Delete