Mengintip Proses Produksi Xpander

A pa mobil idamanmu? Kalau lagi ngobrol dengan teman atau keluarga sesekali pertanyaan seperti ini sering saling dilontarkan, dan masin...


Apa mobil idamanmu? Kalau lagi ngobrol dengan teman atau keluarga sesekali pertanyaan seperti ini sering saling dilontarkan, dan masing-masing punya jawaban berbeda tentang pilihan mobil idamannya. Hmm, kalau saya sih penginnya mobil yang yang ruang nya lega, nyaman, dan bisa muat banyak hehe..kan biar bisa liburan bawa keluarga. Ngomongin mobil selama ini saya sering penasaran sih sebenarnya bagaimana tahapan-tahapan mobil dibuat, pastinya ada proses-prosesnya. Saya salut sama orang yang menciptakan mobil, karena membuatnya pasti rumit. Apalagi saat ini mobil diciptakan semakin canggih menyesuaikan dengan teknologi yang semakin maju.

Pas banget nih beberapa waktu lalu PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengundang para jurnalis, blogger, juga komunitas untuk mengunjungi pabrik perakitan Mitsubishi Motors di Indonesia yaitu PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI). Happy banget saya menjadi salah satu blogger beruntung yang terpilih. Meski seorang wanita saya termasuk kepo banget mengenai perkembangan otomotif. Dan mobil yang bakal banyak di bedah keunggulannya adalah  Xpander mobil Small MPV (Multi Purpose Vehicle) dengan tagline Your Next Generation MPV.


Plant tour diadakan pada tanggal 7 Februari 2018. Saya dan beberapa teman blogger dari Kompas pagi harinya berkumpul bersama sebelum melakukan perjalanan dengan meeting point yang sudah ditentukan yakni di Bentara Budaya. Kami berangkat menuju pabrik MMKI di Kawasan Industri Delta Mas Cikarang, Bekasi sesuai dengan waktu yang telah disepakati. Perjalanan menuju Cikarang lebih kurang selama tiga jam sudah termasuk dengan hitungan macet nya. Tiba di Cikarang dan sebelum masuk pabrik, kami transit terlebih dahulu ke Telaga Seafood Restaurant untuk lunch sambil mendengarkan beberapa arahan dari panitia mengenai aturan yang berlaku di pabrik MMKI, do dan don't yang harus dipatuhi. Saya paham banget mengenai ini, karena beberapa kali melakukan kunjungan pabrik (bukan otomotif) juga hampir semuanya punya beberapa aturan yang harus dipatuhi.

foto bareng dengan teman-teman blogger saat transit di Telaga Seafood Restaurant
Adapun tujuan para jurnalis, blogger dan komunitas ke PT. MMKI adalah untuk melihat langsung fasilitas dan proses produksi yang dilakukan di pabrik MMKI. Setelah makan siang kami pun melanjutkan perjalanan menuju pabrik Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia. Sampai disana kami disambut oleh beberapa perwakilan dari PT. MMKI dan diarahkan menuju ruang conference. Di ruangan ini semua undangan berkumpul bersama dan mendengarkan pemaparan direksi PT. MMKI.

muka senang karena pengin liat pabrik pembuatan si gagah Xpander

Produksi Mitsubishi Memakai Teknologi Modern dan Ramah Lingkungan

Guys, pabrik MMKI ini diresmikan oleh Presiden Joko Widodo tanggal 25 April 2017. Jadi hampir setahun sudah berproduksi. Mobil apa saja yang diproduksi disini? Saya pun semakin penasaran.  Mr. Kyoya Kondo - Presiden Direktur Mitsubishi Motors Indonesia dalam sambutannya mengatakan di pabrik ini di produksi Xpander dan Pajero Sport. Beliau juga menginformasikan bahwa Xpander nggak cuma di produksi di Indonesia saja, karena kualitas produk yang dihasilkan oleh MMKI telah sesuai dengan standar global Mitsubishi Motors. Makanya tahun 2018 ini rencana ekspor Xpander ke negara-negara ASEAN mulai digencarkan.

Peluncuran Mitsubishi Xpander telah melewati ekspektasi, ini merupakan penghargaan dan dukungan dari peminat mobil Mitsubishi di Indonesia yang selalu memberikan kepercayaan dan loyalitasnya. Meskipun jumlah permintaaan sangat tinggi. Mitsubishi Motors Indonesia berkomitmen untuk memberikan produk dengan kualitas terbaik kepada konsumen. Ini merupakan komitmen kuat bagi pasar strategis yang sangat penting, dengan Xpander nggak cuma menjadi produk dengan penjualan terbaik tapi juga dipasarkan dalam jangka waktu yang lama.

Mr. Kyoya Kondo

Presiden Direktur Mitsubitshi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) - Mr. Takao Kato mengatakan Mitsubishi mengikuti standar global dalam kualitas produksinya, selain menggunakan teknologi modern (High Quality and Reliable Products) dalam proses produksinya Mitsubishi juga ramah lingkungan (Environment Friendly Plant). Yups, proses produksinya memang benar-benar ramah lingkungan. Saya salut banget saat mendengar pemaparan Mr. Takao Kato. Pabrik MMKI menggunakan air hujan dalam proses produksinya dan melakukan daur ulang untuk air limbahnya, jadi limbah nggak sembarangan dibuang begitu saja tapi di daur ulang. Selain itu ruang yang digunakan juga ramah lingkungan dimana MMKI lebih memaksimalkan penggunaan lampu LED dan pencahayaan matahari. Begitu pula dengan proses penghematan energi pada proses pengecatan dengan mengurangi proses oven gunanya untuk mereduksi emisi karbondioksida.

Mr. Takao Kato
Peralatan yang digunakan dalam memproses Xpander menggunakan peralatan modern berteknologi tinggi (robot handling), prosesnya sangat teliti dan akurat. Mitsubishi memang ingin memberikan nilai lebih terhadap kualitas hidup bagi konsumenPabrik Mitsubishi yang ada di Cikarang ini merupakan pabrik terbesar ke empat diseluruh dunia yang dimiliki oleh Mitsubishi Motors. Di lahan dengan luas 51 hektar ini  Mitsubishi Motors dapat memproduksi 160 ribu unit per tahun, dan rencananya akan ditingkatkan menjadi 240 ribu unit per tahun tanpa harus menambah lahan pabrik.

Rifat Sungkar - Product Ambassador Mitsubishi Motors Indonesia memaparkan bahwa Xpander didesain sesuai dengan market Indonesia dengan penampilan yang atraktif dan kemampuan berkendara yang sangat nyaman. Kelebihan fitur Xpander adalah fungsional dimana dengan kombinasi desain interior dan eksterior yang dinamis dan tangguh dengan interior yang lapang, titik penyimpanan muatannya  banyak dan luas sampai dengan 19 tempat penyimpanan. Konsep bagian muka kendaraan adalah identitas baru dari semua konsep kendaraan Mitsubishi. Mesin Xpander adalah mesin bertenaga dan efisien dimana ukurannya kecil dan ringan, rendah getaran dan kebisingan juga mengonsumsi bahan bakar yang efisien.

Rifat Sungkar


Proses Perakitan Mitsubishi Xpander

Setelah mendapatkan pengarahan (briefing safety induction) saat melakukan plant tour kami pun dibagi menjadi beberapa group agar bergantian memasuki pabrik. Berikut tahapan proses pembuatan Mitsubishi Xpander:


Stamping

Di area stamping terlihat potongan-potongan plat baja yang akan di desain menjadi body, pintu juga atap mobil, dsb. Lempengan baja ini dikerjakan menggunakan empat mesin press line (robot), dimana satu mesin press mampu  menampung baja bermuatan 2000 ton dan tiga mesin press dapat menampung baja bermuatan 1000 ton.

Welding

Welding merupakan proses pengelasan untuk menyambungkan bagian-bagian yang sudah ada menjadi kerangka utama, seperti menyatukan bagian bawah dan body. Proses ini dilakukan secara robotik dan tetap diawasi dalam penyatuan bagian-bagiannya.

Painting

Selanjutnya proses pengecatan atau pemberian warna. Proses ini dilakukan dengan cara penyelupan rangka mobil dimana sebelumnya mobil di sterilkan agar bersih dari kotoran dan minyak yang menempel.

Assembling

Assembling ini lebih kepada proses penyempurnaan, dimana semua komponen dikumpulkan kemudian disatukan. Disini lebih banyak menggunakan tenaga manusia. Proses ini meski benar-benar dikerjakan oleh ahlinya.

Quality Control

Ini adalah tahap akhir dari sebuah produksi atau final check. Semua bagian mobil di cek, seperti bagian interior, bagian eksterior, test rem, ketepatan warna, test uji air, dsb.

dok: kompas otomotif

Setelah puas mengikuti plant tour dan melihat proses produksinya mulai dari stamping sampai quality control, kami pun diberi kesempatan untuk test drive. Seperti yang dikatakan Mr. Takao Kato di awal kalau test drive ini merupakan selling point nya, karena Feeling is Believing. Iya sih, kalau nggak merasakan langsung rasanya belum puas. Test drive dipandu oleh Rifat Drivers Lab (RDL), dan teman-teman yang memiliki SIM A lah yang diberi kesempatan untuk mencoba menyetir Mitsubishi Xpander. Ada tiga tipe Xpander yang di uji coba yakni Exceed, Sport dan Ultimate.

Mobil-mobil yang dicoba pun melaju memasuki jalur yang sudah disiapkan. Yang paling seru saat melewati jalur test rem. Jalan dibuat selicin-licinnya bahkan ditambah dengan genangan air sabun. Disini berasa sistem remnya oke banget. Xpander menggunakan sistem ABS atau Anti Lock Breaking, jadi ketika melakukan pengereman di saat mobil dalam kecepatan tinggi mobil tidak bergerak ke kiri dan ke kanan, jadi kita tetap merasa nyaman. Wajarlah ya kalau Mitsubishi Xpander banyak peminatnya termasuk saya hehe, pastinya kalau sudah punya Xpander siap-siap deh memulai petualangan baru bareng suami.

dok: kompas otomotif





You Might Also Like

17 comments

  1. Wah keren ya, hebat juga para blogger dikasih kalung khusus untuk bisa melihatnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya makanya ini momen banget bisa masuk ke pabrik MMKI :)

      Delete
  2. Senengnya yang ikutan tour Xpander, titip kirimin satu aja xpander lah Maak!
    Btw emang kece!

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iya mak...pengin bawa pulang satu :D

      Delete
  3. Kereen! Paling ngeri tuh kalo jalanan licin, tapi kalo sistem rem nya oke, jadi nggak was2 ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak..sistem rem nya keren banget jadi tetap nyaman, tapi ya tetap bawa mobil harus hati-hati yaa hehe

      Delete
  4. Pengen banget punya expander hihii, bodynya keren, muat banyak orang ya Kak Tuty hehehe. Asyiknya bisa ikut plant tour, semoga suatu hari bisa juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku pun pengin punya Xpander..hihi lega banget mobilnya.

      Delete
  5. Pengen banget bisa melihat proses pembuatan mobil dari dekat, eee mbak tuty sangat beruntung bisa mendapat kesempatan itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih beruntung banget..jadi nggak cuma cowok aja ya yang bisa paham otomatif hehe

      Delete
  6. Mba Tuty kece banget, duh bahagia ya kesempatan yang langka mah begini.
    Blogger emang keren. Makasih Mba, meski nggak inya. kutan tapi seneng dengner cerita seru

    ReplyDelete
    Replies
    1. siapa tau next time mbak bisa ikutan :)

      Delete
  7. Wah seru banget y mba bisa berkunjung ke pabrik pembuatan mobil gini. Jadi tahu ribetnya bikin mobil

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iya..wajar ya kalau mobil mahal buatnya aja ribet

      Delete
  8. Wah asyik ya mba bisa berkunjung ke pabrik pembuatan mobil gini. Jadi tahu bahwa bikin mobil itu juga ribet

    ReplyDelete
  9. kebayang serunya mba...rame'rameee lagi! Dan memang mobilnya gagah yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengin dibawa pulang sebenarnya haha

      Delete