Mengenal Sosok Onggy Hianata

Onggy Hianata P ernah dengar nama Onggy Hianata ? Sosok pria yang telah menjadi inspirasi banyak orang, bahkan pak Onggy sudah menjadi ...

Onggy Hianata
Pernah dengar nama Onggy Hianata? Sosok pria yang telah menjadi inspirasi banyak orang, bahkan pak Onggy sudah menjadi inspirator dunia saat ini. Beliau tak mau disebut motivator, ia lebih memilih disebut sebagai inspirator.


Onggy Hianata: Inspirator Dunia

Rabu, 14 Maret 2018 bertempat di EV Hive d.lab saya akhirnya bisa bertemu dengan pak Onggy dan mendengarkan paparan beliau mengenai masa kecilnya yang serba kekurangan. Bagaimana ia merasakan jatuh bangun dalam berbisnis,  tapi tanpa kenal lelah dan tak ada kata menyerah beliau terus mencoba.

Cerita pak Onggy bukan untuk menarik empati kita tentunya, tapi sebagai gambaran hidup yang bisa kita ambil dan jadi contoh. Bahwa menjalani hidup itu banyak liku-likunya, tapi harus kita hadapi bukan lari dari masalah. Setiap orang punya masalah hidup yang berbeda-beda, ada yang punya uang dan harta, jabatan tinggi, karier yang bagus, tapi tak bahagia. Semua harus disikapi, jangan dibiarkan karena bahagia itu diciptakan bukan dicari.

Pak Onggy membagikan pengalaman hidupnya bagaimana sulitnya kehidupan beliau. Bahkan saat menikahpun dan punya anak yang masih bayi, ia dan istri ngontrak di rumah yang ruangannya sempit dan tanpa ventilasi. Si kecil yang nangis terus karena panas dan tumbuh biang keringat membuat pak Onggy bertekad dalam hati akan membelikan AC untuk si kecil. Setiap apa yang dibutuhkan pak Onggy selalu tercapai. Ya, menurut pak Onggy beliau terbiasa mencatat apa-apa saja yang ditargetkan dan dibutuhkan dalam hidup dan itu tercapai. Karena kata pak Onggy dahulu kan terlebih dahulu apa yang dibutuhkan bukan yang diinginkan.

Saya salut dengan pak Onggy meskipun sejak kecil hingga dewasa beliau mengalami kondisi serba kekurangan ia tak pernah putus asa, justru hal itu semakin membuatnya terus berjuang dan terus berlari mengejar impian. Berkat kemauan dan keyakinan nya sekarang beliau sudah pada tahap pencapaian bukan hanya bebas waktu dan financial tapi juga banyak nilai kehidupan.

Saya ingat sekali dengan kata-kata pak Onggy, bahwa kunci menuju sukses ada pada pola pikir. Bagaimana kita mengubah mindset dan kemudian membangkitkan motivasi dan membangun karakter pribadi.


Value Your Life - A Life Changing Bootcamp

Setelah meraih sukses pak Onggy Hianata ingin menginspirasi orang lain agar termotivasi dan nggak gampang menyerah dengan permasalahan hidup. Beliau pun akhirnya mendirikan Edunet Global sebagai wadah baginya untuk menyentuh lebih banyak kebidupan orang lain. Dan melalui pembinaan mental Value Your Life - A Life Cganging Bootcamp beliau berusaha menggali dan membangkitkan kembali potensi terbaik dari setiap orang yang hadir.

 Ir. Sudarmono Djoko Nugroho
Dra. Ary Hellya Kurniati, Apt
Peserta Bootcamp pak Onggy bukan cuma berasal dari Indonesia saja tapi juga dari luar negeri. Bahkan Bootcamp nya telah dihadiri peserta lebih dari 75 negara di dunia. Banyaknorang yang sudah berhenti dari ketergantungan rokok, narkoba, alkohol, dan kebiasaan buruk lainnya. Yups, pak Onggy dikenal sebagai inspirator dunia.

Malam itu saya nggak cuma mendengarkan pengalaman hidup sampai suksesnya pak Onggy saja. Tapi juga beberapa testimoni dari orang-orang yang sudah mengikuti Bootcamp. Diantaranya ada pasangan suami istri Dra. Ary Hellya Kurniati, Apt dan Ir. Sudarmono Djoko Nugroho yang hampir bercerai karena keegoisan masing-masing terutama sang istri yang begitu arogan. Begitu pula dengan pasangan suami istri Dr. Erry Gautama dan Dr. dr. Anggraini S, Sp. Rad (K) yang juga hampir bercerai sang istri yang egois karena jabatan yang lebih tinggi, ketidakpedulian pada suami dan anak membuat hubungan mereka tidak nyaman. Dan bahkan yang membuat saya merinding begitu mendengar pengakuan Yulianto SE yang sempat ingin bunuh diri karena masalah ekonomi.

Dr. Erry Gautama
Dr. dr. Anggraini S, Sp. Rad (K)
Teman-teman, mendengar testimoni dari mereka kita jadi tahu bahwa jabatan dan kehidupan ekonomi yang mapan nggak menjamin kebahagiaan. Begitupun dengan orang-orang yang mengalami masalah ekonomi, tak semua orang bisa berlapang dada menyikapinya.  Setelah mengikuti Bootcamp mereka semua merasakan kehidupan mereka berbalik jadi 180 derajat. Hubungan dengan istri, suami, dan anak semakin baik. Kata pak Onggy selama mengikuti Bootcamp kita harus melupakan beban-beban yang ada, fokus terlebih dahulu pada satu tujuan.

Yulianto, SE

Film Terbang Menembus Langit

Kisah perjalan hidup pak Onggy yang menginspirasi banyak orang bisa kita saksikan lewat film Terbang Menembus Langit. Film yang di sutradarai Fajar Nugros sekaligus sebagai penulis skenario ini diperankan oleh Dion Wyoko sebagai sosok Onggy Hianata. Film ini juga dibintangi oleh Aline Aduta, Laura Basuki, Baim Wong, dan Melisa Karim.

nonton screening film Terbang Menembus Langit
Film Terbang Menembus Langit menceritakan kisah nyata pak Onggy Hianata, seorang pemuda keturunan Tionghoa asal Tarakan Kalimantan Timur yang berjuang keras untuk meraih kesuksesan walau harus merantau ke Surabaya hingga Jakarta. Film ini cocok sekali buat ditonton bareng keluarga, untuk menginspirasi kita semua. Oh ya, film ini bakal tayang serentak di seluruh bioskop di Indonesia 19 April mendatang. Siap-siap masukin list film yang wajib kalian tonton ya.



You Might Also Like

6 comments

  1. sepertinya Pak ONGGY HIANATA bisa menjadi inspirasi saya juga, agar kelak bisa menjadi sukses dimasa depan. :)

    ReplyDelete
  2. Wah, wajib ditonton ini filmnya april mendatang.

    Bootcampnya berkelanjutan ya berarti bu? Seru ya ikut acara positif seperti ini, bisa belajar lebih banyak lagi tentang hidup dari orang lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bootcamp nya berkelanjutan, mei ini bakal ada bootcamp nih

      Delete
  3. Wah jadi tambah tahu saya mba dengan sosok beliau, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mabak saya juga baru pertama kali ini ketemu pak Onggy :)

      Delete

Canva Magic Write