Tips Menggali Potensi Diri di Masa Sulit

Tips Menggali Potensi Diri di Masa Sulit " Susah banget mau memulai berkegiatan lagi gegara pandemi ".  K erap kali saya mendengar...

Masa Sulit
Tips Menggali Potensi Diri di Masa Sulit


"Susah banget mau memulai berkegiatan lagi gegara pandemi". 


Kerap kali saya mendengar keluhan susah, sulit, tak berdaya, tak berguna, pasrah, bahkan sampai tahap depresi. Ya, dampak pandemi tak hanya menyerang kondisi keuangan setiap orang tapi kondisi mental. Mirisnya lagi sebelum pandemi pun bisa jadi kita sudah punya kesulitan, dan duarrrrr pandemi pun ikut-ikutan menghantam. Sedih, marah, kecewa, kesemuanya menyelimuti perasaan. Lantas bagaimana kita menyikapinya dan bangkit dari masa sulit? 



Apa Itu Masa Sulit?

Masa sulit adalah sebuah kondisi yang tidak sesuai dengan diinginkan yang dianggap menciptakan perubahan tertentu. Saya yakin semua orang pasti pernah melewati masa sulit, dan hampir semua orang juga merasa kesulitan melewati masa sulit tersebut. Nggak gampang memang saat diri terjebak dalam masa sulit, tetapi kondisi seperti ini terkadang membuat kita tidak menyadari bahwa banyak hal yang bisa kita lakukan untuk keluar dari masa sulit agar kita tidak berlarut-larut terpuruk dan seharusnya bangkit untuk bisa menggali potensi diri.

Bagaimana jika masa sulit hanyalah sebuah situasi dan kondisi saja yang tak perlu dibesar-besarkan, tak perlu diributkan, apalagi sampai dijadikan alasan? Bisa jadi masa sulit yang kita hadapi hanyalah karena cara kita memaknai suatu hal dari sudut pandang yang berbeda. Pernah nggak sih teman-teman merasa pendapat kita berbeda dengan pendapat orang lain kemudian kita nge-judge dia salah. Kemudian kita merasa kecewa karena kehendak kita tidak diikuti oleh orang lain. Padahal yang tampaknya bagus menurut kita belum tentu bagus bagi orang lain, begitu juga sebaliknya.

Beberapa waktu lalu saya mengikut kelas online Coach Komang Ayu Trysnawaty, yang berprofesi sebagai Coach, Counselor Life & Wellness dan dalam kesehariannya biasa disapa Ayu atau Coach Ayu. Saya sudah beberapa kali mengikuti webinar Coach Ayu sebelumnya dan salah satunya webinar dengan tema Keluar dari Masalah Tanpa Drama. Saat kelas online dengan tema Rahasia Temukan Potensi Diri untuk Berkreasi di Masa Sulit Coach Ayu mengatakan bahwa perspektif atau cara pandang kita memiliki pengaruh sangat besar dalam kehidupan bahkan dapat menimbulkan konflik. Ya, seperti yang saya tulis di paragraf sebelumnya ya bestiee kita suka kesal dan kecewa kalau pendapat kita tidak sama dengan orang lain trus jadi konflik deh. Nah, agar nggak gampang kecewa dengan perspektif yang berbeda kita harus melibatkan pemikiran, emosi, dan perasaan.


Otak Bisa Menyabotase Kita Menjalani Proses Kehidupan

Masa Sulit
Ternyata ada area otak yang bisa menyabotase kehidupan kita
Tau nggak kalau ternyata ada area di otak yang ternyata bisa menyabotase kita dalam proses kehidupan. Dan ternyata ada lho cara untuk meng-handle nya. Kalau kita mau dan bersedia melihat lebih luas lagi, kita yang telah di sabotase justru menjadikan ini challenge dalam meningkatkan dan mengembangkan kualitas diri.

Ngomongin otak, menurut Triune Brain Theory otak kita dibagi menjadi 3, yakni: Reptilian Brain, Mamalian Brain, dan Neocortex.

Reptilian Brain. Otak yang paling tua. Fungsinya melindungi dan bertahan hidup agar spesies tidak punah.

Mamalian Brain. Ini area otak yang berhubungan dengan sisi emosiona, bagaimana kita menjalin hubungan, bagaimana kita empathy, dan area ini lebih mengenai kenyamanan.

Neocortex. Area inilah yang sampai saat ini masih sangat sedikit yang bersedia mengaksesnya atau menggunakannya karena sudah terbiasa dengan 2 area otak yang sebelumnya. Dan untuk menju Neocortex ada prosesnya. Neocortex lebih fokus pada aksi yang kita kontrol, perspektif yang lebih luas, solusi, strategi, dan sejenisnya. 

Dari 3 area otak tadi coba kita bayangkan bagaimana jika kita bisa mengakses Neocortex. Sudah pasti hidup tanda drama, hehe! Reptilian dan Mamalian sering disebut sebagai lymbic sistem dan ini masih banyak digunakan dalam kehidupan ketimbang Neocortex. Salah satu cara untuk memproses akses ke Neocortex adalah dengan coaching atau program pendampingan, mengikuti sesi konsultasi, atau mengikuti sesi empowerment. 

Serunya di kelas online bareng Coach Ayu yang saya ikuti saya dan teman-teman lain mendapatkan sesi konsultasi dan empowerment. Puas banget!. Ternyata ya selama ini tanpa kita sadari kita dikendalikan oleh otak dan kita tidak berusaha keluar dari perintah otak yang menyabotase pikiran dan kehiudpan atau bahkan kita memang tidak tau bagaimana caranya. Yang tidak tau bagaimana caranya sebaiknya ikut sesi pendampingan atau sesi curhat denga Coach Ayu, atau next ada kelas online wajib ikutan ya!


Tips Bangkit dari Masa Sulit dan Menggali Potensi Diri

Masa sulit yang membuat kita semakin sulit menggali potensi diri ternyata pengaruh Neocortex. Bagaimana kita bisa menggali potensi diri kalau kita nggak bisa fokus dan mengontrol diri ya kan? So, bagaimana tips nya agar kita bisa bangkit dari masa sulit dan menggali potensi diri? Berikut rangkuman saya dari kelas online bareng Coach Ayu:

1. Being Aware

Menyadari dengan menggunakan berbagai pertanyaan. Misal: Apakah kamu bersedia menerima dirimu?. Apakah kamu sudah mengakui segala hal pada diri? 

2. Choose

Hidup itu pilihan. Jadi kita harus memilih mau beljar, perlu explore diri atau tidak

3. Menetralkan Diri

Secara tidak sadar kita sering membangun dinding pada diri kita sendiri. Jadi berusahalah untuk membuat diri tenang dengan menetralkan diri, karena disaat kita bisa membangun dinding pada diri kita juga bisa menghancurkan dinding tersebut

Masa Sulit
Being Aware

4. Kelola Pikiran 

Kelola pikiran. Jika area otak menyabotase kita yang bisa membuat kita down kita bisa katakan NO dengan tegas.

5. Ikuti Sesi Konsultasi atau Pendampingan

Kalau mentok nggak bisa keluar dari percakapan-percakapan di kepala karena sabotase dari area otak , kita bisa mengikuti sesi konsultasi dan pendampingan dengan Coach, Counselor Life & Wellness yang sudah kompeten di bidangnya.

Nah, di kelas online bareng Coach Ayu sebenanrnya seluruh peserta juga diajarkan beberapa tekhnik untuk kita bisa fokus seperti teknik netral, tekhnik silang, dan beberapa tekhnik lainnya. Biar teman-teman nggak penasaran ikutan aja kelas online berikutnya ya. What if your weakness is actually your strengthness?








You Might Also Like

0 comments