Hempaskan Masalah Tanpa Drama

karena setiap orang berhak bahagia G uys , pernah nggak sih saat bangun tidur badan bukannya terasa nyaman dan lebih segar tapi malah berasa...

Sehat mental
karena setiap orang berhak bahagia

Guys, pernah nggak sih saat bangun tidur badan bukannya terasa nyaman dan lebih segar tapi malah berasa berat, kayak ada yang menggantung gitu. Padahal kondisi tubuh nggak ada yang sakit loh. Saya sih pernah. Bahkan beberapa kali. Menurut kalian itu penyebabnya apa sih?

"Kalau fisik nggak sakit, bisa jadi dari pikiran", kata teman saya Coach Ayu yang berprofesi sebagai Couch, Counselor Life & Wellness. Pikiran berkaitan dengan kesehatan mental. Kesehatan mental terlihat sepele tapi sangat sensitif. Saat kita sedang menghadapi masalah yang belum ada solusinya pasti akan sangat berpengaruh pada mental kita. Layaknya bom waktu, tanpa adanya penanganan pasti akan meledak. Manusia juga ada limitnya ya guys.

Bawaannya pengin ngeluh, menyesali diri sendiri kok hidup banyak banget masalahnya. Masalah yang kemarin belum kelar eh muncul masalah baru. Ujung-ujungnya kita jadi baper, gampang marah, sensitif, bahkan mudah membenci. Tanpa kita sadari kita menumpuk sampah dalam diri sendiri. Yang seperti ini nggak boleh dibiarkan berlarut-larut kita harus segera mencari solusinya sebelum menghancurkan diri sendiri. Pas banget malam Minggu kemarin saya mengikuti kelas online bersama Coach Komang Ayu Trysnawaty dengan tema " KELUAR DARI MASALAH TANPA DRAMA".

Dalam sharingnya, Coach Ayu mengupas terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan masalah. Menurutnya masalah itu hanya sebuah pernyataan dari situasi kondisi yang tidak sesuai dengan harapan, keinginan, sehingga perlu adanya solusi. Nah, kalau kayak gitu pasti ada aja masalah di dunia ini ya kan? Masalah akan selalu ada karena setiap manusia punya pandangan, tujuan yang berbeda juga. Tinggal kita sebagai individu bagaimana menyikapinya agar situasi tersebut tidak menjadi masalah.

Sehat mental
Apa itu masalah?

Masalah tidak selalu datang dari orang lain, terkadang juga datang dari diri sendiri. Misalnya berpikiran negatif sama kemampuan diri sendiri yang ujung-ujungnya jadi sugesti. Kalau kata Coach Ayu sih, hati-hati dalam berbicara karena perkataan adalah doa. Saya setuju dengan Coach Ayu, soalnya pernah ngalamin. Ketakutan yang berlebihan akan sesuatu bakal terjadi nggak taunya beneran terjadi. Jadi harus lebih berhati-hati lagi nih dengan ucapan.

Belum lagi reaksi saat menghadapi masalah. Penginnya bisa calm down gitu ya. Mungkin bagi sebagian orang bisa dengan mudah mengontrol diri dan proses menenangkan diri. Tapi nggak semua orang bisa melakukannya, bahkan malah stuck. Terjebak dalam hiruk-pikuk yang ada di dalam kepala. Ujung-ujungnya malah jadi drama karena respon yang berlebihan. Mending drakor aja ya!

Di kelas online kemarin Coach Ayu membagikan tips agar bisa menyelesaikan masalah tanpa drama, tanpa emosi berlebihan. Yang harus dilakukan yaitu:

1. Tenangkan diri. Untuk bisa keluar dari masalah coba deh tenangkan diri sejenak. Misalnya, makan makanan favorit, travelling, beauty care, baca buku, dengerin musik atau apa aja deh yang bisa menjadi healing buat kita. Karena dampak dari masalah itu bisa saja menimbulkan luka batin bahkan trauma. Setelah tenang coba netralkan hati dulu, karena biasanya masih ada sisa-sisa emosi dikit di hati. Nah, ini coba di netralkan dulu residunya ya guys.

2. Sadari. Setelah tenang, sadari apa yang terjadi ? Apa dampaknya kalau begini? Apa sumber masalahnya? Coba teliti lagi sebab akibatnya.

3. Aksi (in control). Setelah menyadari apa masalah yang sedang terjadi lakukan aksi. Kontrol diri dan tanya pada diri sendiri apakah masalah ini dibiarkan berlarut-larut? Apa kita merasa nyaman membiarkan masalah bersarang pada diri? Sekecil apa pun aksi yang kita lakukan yakinlah ini pasti bisa mengunah situasi. Cari kegiatan lain untuk menenangkan diri. Misal dengan menonton, mendengar musik, membaca buku atau hobi lainnya. 

Jika sudah bisa melewati fase di atas, baru deh kita bisa mengambil tindakan dari situasi kondisi yang nggak nyaman tersebut 

4. Jangan ragu meminta bantuan kepada orang lain. Masalah yang bertumpuk ibarat bom waktu. Tinggal menunggu waktu meledaknya saja. Yang rugi tentu diri kita sendiri, karena dampaknya kita yang merasakan. Jangan sungkan meminta bantuan kepada orang lain yang kita percaya mampu menjadi tempat curhat masalah kita, apalagi mampu memberi solusi. 

Kunci keluar dari masalah adalah diri sendiri. Nggak akan ada yang mampu merubahnya kecuali diri sendiri. Alhamdulillah, sharing ilmu yang menambah sehat mental dari Coach Ayu bikin hati adem banget, hehehe..

Sehat mental
Kelas Online Bareng Coach Ayu

Oh iya, Coach Ayu bakal ngadain kelas online lagi dengan tema yang berbeda tapi masih related dengan yang sebelumnya. Di kelas selanjutnya Coach Ayu bakal mengajarkan beberapa tekhnik diantaranya tekhnik tenang, present, dan netralisir. Ikutan yuk. Buat kamu yang daftar sebelum 15 Maret 2022 bakal dapat harga promo. Yakin deh, kelas ini banyak manfaatnya salah satunya menghempaskan masalah tanpa drama.








You Might Also Like

24 comments

  1. Wow mantap nih kelas onlinenya. Bakal ada tekniknya juga ya.

    ReplyDelete
  2. Kadang kita tuh suka mikirin hal2 yang buruk duluan yaaah
    Padahal semuanya hanya ada di kepala kita dan belum tentu juga kejadian
    Akhirnya stress sendiri deh

    Menarik banget nih kelasnya, pengen juga bisa menyelesaikan masalah tanpa drama

    ReplyDelete
  3. wah event yang menarik nih, bisa sekalian healing, jadi pengen ikutan juga lho mba.

    ReplyDelete
  4. Ga jarang ketika kita memiliki masalah lalu curhat kepada orang lain, eh malah semakin bikin sakit kepala. Ga ada solusi. Nah, ini bagus banget arahan dari coach Ayu soal mengatasi masalah tanpa drama. Ternyata ada cara tersendiri, yang penting bisa menenangkan diri terlebih dahulu. Semua ada tahap2nya ya tentu ga bisa instan terselesaikan sempurna. TFS.

    ReplyDelete
  5. Dapat banget nih ilmunya kak Tuty.Akupun sering ngadepin masalah,terkadang dari diri sendiri juga.Susah dibawa tenang nih pikiran seharusnya memang seperti yang dikatakan Coach Ayu "Tenangkan Diri" ya. Thanks sudah sharing kak

    ReplyDelete
  6. Hempaskan masalah tanpa drama...wah, pengin saya.
    Menarik sekali ini, seringkali kita lupa kunci keluar dari masalah adalah diri sendiri.
    Yang mampu mengubahnya kita sendiri bukan orang lain.

    ReplyDelete
  7. Seringnya memang masalah itu datang dari dalam diri. Terus suka lupa juga, bahwa kunci masalah ya ada pada diri sendiri.

    Pertana menghadapi masalah memang harus menenangkan diri dulu. Jangan sampai makin runyam karena diri tidak tenang.

    ReplyDelete
  8. Jadi kepo nih aku dengan kelasnya. Bisa nambah wawasan lah paling nggak.

    ReplyDelete
  9. Menurutku kadang memang ada saat kita tak bisa melakukan dan harus butuh bantuan orang lain. Jangan ragu untuk lakukan. Sukses dan lancar kelas onlinenya ya mba

    ReplyDelete
  10. Iya kadang tiba-tiba galau atau sedih, seperti Coach Ayu ajarkan, berusaha cari penyebabnya, akar masalahnya barulah kita cari cara mengatasinya ya biar nggak galau lagi..

    ReplyDelete
  11. Setuju mbak, kadang kalau kita nggak bisa mengontrol diri biasanya masalahnya akan berlarut larut. Jadi sebisa mungkin kalo ada masalah cepat diselesaikan.

    ReplyDelete
  12. Wah senangnya bisa ikutan acara seperti ini
    Jadi sekalian belajar bagaimana menghadapi masalah dnegan baik
    Pastinya harus dihadapi tanpa drama ya mbak

    ReplyDelete
  13. Suka bagian aksi (in kontrol) krn pada intinya masalah ga bisa dibiarkannharua take action untuk menyelesaikan atau sekedar mengalihkan dulu

    ReplyDelete
  14. Betul sekali diri kita sendiri sebenarnya solusi dari semua permasalahan itu ya. Terimakasih ilmu dan wawasannya Mbak. Saya jadi ikut belajar dan menyerap ilmunya nih

    ReplyDelete
  15. Belum pernah ikutan kelasnya euy..materinya menarik ya.. Karena masalah tuh akan selalu ada..gemana kita menyikapinya yang harus dipelajari nih...

    ReplyDelete
  16. Jika minta bantuan orang lain rasanya kita juga perlu pastikan bahwa kita minta bantuan ke orang yang tepat ya Mba, supaya bisa ketemu solusi bukan malah ngomporin.

    ReplyDelete
  17. seru nih pembahasan, kalo diseblaah menyelesaikan masalah tanpa masalah yng ini menyelesaikan masalah tanpa drama, yah emang kita tuh kadang terbawa suasana dram yang lagi ditonton, hahaha

    ReplyDelete
  18. Coach Ayu insighful banget orangnya yaa..
    Aku juga sering drama nih orangnya.. Kudu banyak-banyak relaksasi dan beberapa hal mengurangi sisi-sisi reaktif dalam menghadapi masalah.
    Kontrol diri sepenuhnya ada pada kita yaa..

    Haturnuhun kak Tuty.

    ReplyDelete
  19. tanpa sadar walau di mulut bilang gak mikirin, tapi ternyata kenyataannya mikirin dan itu memang bikin lelah jiwa raga, harus belajar tenang dan gak mikirin masalah terlalu dalam nih

    ReplyDelete
  20. Asyik banget nih tema kelas berikutnya, butuh buat dipraktekkin... Lumayan ya ada harga early bird sebelum 14 maret...

    ReplyDelete
  21. aku pun kayakya butuh ya sesi curhat ini jadi pengen euy ikutan kelas, melepaskan bebas biar aku bisa semakin semangat untuk berjuang

    ReplyDelete
  22. menarik banget mba kelasnya jadi pengen ikutan nih apalagi masih laa ya acaranya bisa siapain dulu dananya

    ReplyDelete
  23. Wah kalo Komang Ayu sih udah pakarnya seputar tema ini. Apalagi memberikan tips2 di atas, begitu simple.
    Namun masih banyak yang belom aware dengan dirinya sendiri.
    Cuss ahh belajar terus, keren kelasnya, sukses selalu buat Komang Ayu.

    ReplyDelete
  24. Wah kalo Komang Ayu sih udah pakarnya seputar tema ini. Apalagi memberikan tips2 di atas, begitu simple.
    Namun masih banyak yang belom aware dengan dirinya sendiri.
    Cuss ahh belajar terus, keren kelasnya, sukses selalu buat Komang Ayu.

    ReplyDelete

Canva Magic Write