Danone Dukung Perempuan Indonesia Siapkan Generasi Maju

Danone Dukung Perempuan Indonesia Siapkan Generasi Maju S aya bangga terlahir sebagai perempuan. Mengapa? Karena perempuan begitu istimewa. ...

Danone Indonesia
Danone Dukung Perempuan Indonesia Siapkan Generasi Maju
Saya bangga terlahir sebagai perempuan. Mengapa? Karena perempuan begitu istimewa. Bahkan dalam kitab suci agama yang saya anut yaitu Alquran juga mensiratkan hal demikian. Nona, ibu, bibi, nenek apapun itu sapaannya, mereka adalah perempuan- perempuan yang terus ada pada masanya.

Di masa lalu perempuan lebih banyak di rumah, tak perlu berpendidikan tinggi, apalagi bekerja di kantoran. Namun dari tangan mereka bisa lahir perempuan-perempuan hebat di masa sekarang. Eits, bukan berarti perempuan di zaman dahulu tidak hebat ya. Justru, sebut saja R.A Kartini adalah salah satu perempuan di zamannya yang mengusung emansipasi perempuan. Berkatnya sekarang perempuan lebih terampil, banyak berpendidikan tinggi, berprofesi hebat, dan lain-lain. Dulu, sekarang dan nanti, mereka tetap sama hebatnya. Dari tangan-tangan lembut mereka lah muncul generasi penerus bangsa.

Nggak hanya dalam dunia rumah tangga, perempuan sekarang juga memiliki peran di dunia perkantoran, bisnis, dan lain-lain. Namun, sehebat apapun perempuan, sepintar apapun mereka, tetap mereka pada kodratnya yaitu melahirkan dan menyusui. Ditambah lagi peran para ibu merawat keluarga dan membesarkan anak, cikal bakal generasi penerus bangsa.

Dukungan Danone Indonesia Terhadap Perempuan Indonesia

Danone Indonesia
Webinar dalam rangka memperingatu Hari Perempuan Internasional bersama Danone Indonesia

Dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internasional pada tanggal 8 Maret, senang sekali saya dapat berpartisipasi pada zoom webinar yang di adakan oleh Danone Indonesia. Acara ini mengangkat tema “Perusahaan Ramah Keluarga Bantu Perempuan Indonesia Siapkan Generasi Maju”. Acaranya bertujuan memberikan penerapan edukasi yang ramah keluarga.

Dalam webinar dipaparkan bahwa Data Sensus Penduduk 2021 menunjukkan dari total penduduk Indonesia, sekitar 49,5%-nya adalah perempuan, sementara 32%-nya adalah anak-anak. Sayangnya masih banyak kelompok perempuan dan anak yang masuk dalam kelompok rentan. Isu perempuan dan anak merupakan isu yang kompleks. Terlebih lagi, situasi pandemi seperti sekarang.

Mengawali webinar, Bapak Indra Gunawan, Deputi Bidang Partisipasi Masyarakat Kemen PPPA memaparkan bahwa perempuan sering mendapat diskriminasi, stigmanisasi. Hampir sekitar 37% mereka mengurus rumah tangganya sehinga kontribusi perempuan di dunia kerja masih rendah dan belum optimal.

Danone Indonesia
Indra Gunawan, Deputi Bidang Partisipasi Masyarakat Kemen PPPA

Menyadari pentingnya peran perempuan dalam pembangunan, berbagai kebijakan disusun oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) dengan penyediaan sarana kerja yang responsif gender. Pemerintah terus mendorong persamaan gender, menghilangkan diskriminasi pada perempuan terutama untuk perempuan yang berada di dunia kerja. Menyediakan fasilitas kerja yang ramah anak dan perempuan sehingga mereka aman dalam bekerja tanpa mengesampingkan perannya dalam keluarga serta dapat meningkatkan produktivitas perempuan. Apabila perempuan berdaya diharapkan Indonesia semakin maju. 

Dampak Pandemi Terhadap Perempuan Dalam Rumah Tangga

Sudah jadi rahasia umum bagaimana beratnya dan tertatihnya kita untuk bisa bertahan di awal-awal pandemi. Dalam webinar #WomenInternationalDay2022 kemarin, Ibu Maya Juwita selaku Direktur Eksekutif Indonesia Business Coalition for Women Empowerment (IBCWE) juga menyampaikan pandangannya bahwa sejak awal pandemi perempuan banyak yang menjadi tulang punggung keluarga, memiliki beban ganda sehingga kondisi mereka menjadi lebih rentan yang tentunya berpengaruh ke anak. 

Danone Indonesia
Maya Juwita, Direktur Eksekutif Indonesia Business Coalition for Women Empowerment (IBCWE)
Untuk itu, diperlukan support dari berbagai pihak, melalui adaptasi layanan untuk memastikan terjaganya kesejahteraan (wellbeing) dan terpenuhinya hak-hak perempuan. Pemenuhan hak perempuan merupakan kunci pembangunan berkelanjutan, pertumbuhan ekonomi, serta perdamaian dan keamanan.

Ibu Rosdiana Setyaningrum yang berprofesi sebagai Psikolog juga berujar bahwa kita termasuk negara yang masih dibawah dalam mendukung kesetaraan gender. Padahal untuk posisi eksekutif perempuan Indonesia cukup tinggi. Menurut penelitian Harvard Business School 2015, anak perempuan dari ibu bekerja punya pencapaian karir yang lebih baik dan sama bahagianya.

Danone Indonesia
Rosdiana Setyaningrum, Psikolog

Bicara tentang perempuan dengan pendidikan dan sosial ekonomi yang lebih rendah, biasanya dukungan dari lingkungan atau keluarga lebih rendah. Sepantasnya sesama perempuan saling support, jangan saling menjatuhkan. Jadilah peer yang baik, buat lingkungan yang empati. Semoga kita bisa menjadi negara yang mampu melindungi hak perempuan dan kesetaraan gender. 

Peranan Danone Dalam Mendukung Perempuan Indonesia Agar Menghadirkan Generasi Maju

Siapa yang tak kenal dengan Danone. Perusahaan ini begitu familiar, yang selalu hadir dengan program positifnya, fokus mempersiapkan generasi maju, mendukung kemajuan bangsa. Seperti selalu menyuarakan soal gizi nutrisi, ASI, parenting, pendidikan dan lainnya. 

Danone Indonesia
Vera Galuh, VP General Secretary Danone Indonesia 

Vice President General Secretary Danone Indonesia, Ibu Vera Galuh Sugijanto mengatakan bahwa Danone memberikan konsep bekerja yang ramah untuk gender maupun keluarga. Menerapkan cuti hamil dan melahirkan untuk Ibu selama 6 bulan kepada karyawan perempuan dan memberikan cuti kepada para Ayah selama 10 hari bagi karyawan pria. Mendukung pemberian ASI eksklusif di tempat kerja dengan menyediakan ruang laktasi, menyediakan asuransi untuk persalinan bagi karyawan wanita dan istri karyawan pria. Fleksibilitas kerjaan disesuaikan dengan pekerjaan dan prioritas. 

Selain itu Danone juga ingin membekali semua karyawannya. Ibu dan Ayah dibekali pengetahuan bagaimana merawat anak sejak 1000 hari pertama kehidupan karena ini adalah golden age. Danone melakukan inisiatif sosial pemberdayaan perempuan dan juga membuka layanan careline selama 24 jam. Layanan ini sebagai bentuk dukungan kepada ayah dan ibu untuk konsultasi karena menjadi orangtua itu 24 jam. 

Danone Indonesia
Flora Pramasari, Head of Careline and Community of Danone SN Indonesia 

Saya salut dengan  Danone Indonesia. Langkah yang telah dibuat oleh Danone ini benar- benar patut diapresiasi. Terima kasih buat Danone Indonesia. 

Yakinlah, saya, kamu dan kita semua adalah perempuan hebat.

Happy #WomenInternationalDay2022.




You Might Also Like

25 comments

  1. Memberdayakan perempuan artinya kita sedang mempersiapkan peradaban.
    Karena itu, salut banget sama Danone yg punya komitmen top markotop.
    mendukung perempuan Indonesia!
    Pastinya sejalan dgn semangat #BreakTheBias ya mba

    ReplyDelete
  2. Urusan pemenuhan hak dan pemberdayaan perempuan memang selalu menarik diulik dan mesti disosialisasikan kepada masyarakat dan perusahaan2. Danone memang sejak awal concern sekali terhadap issue ini ya. Untuk mendukung produktivitas kerja, Danone menyediakan fasilitas ramah keluarga. Dengan adanya cuti berbayar bumil 6 bulan, cuti ayah 10 hari dan sebagainya ini bentuk dukungan yang patut diteladani.

    ReplyDelete
  3. Danone memang begitu menghargai karyawan perempuannya dengan memberikan privileged seperti cuti melahirkan 6 bulan

    ReplyDelete
  4. sangat mendukung kalau ada perusahaan respek dengan karyawan perempuannya, emang super sibuk banget jadi emak pekerja aku pernah mengalami dan tingkat stresku tinggi heheh

    ReplyDelete
  5. Saya acungin jempol untuk Danone yang memberikan contoh menghargai karyawan perempuan, semoga di ikuti banyak perusahaan lain.

    Wanita itu memang hebat bisa pararel dalam segala hal.

    ReplyDelete
  6. Yes, kita semua perempuan hebat. Salut dan bangga pada Danone yang dukung perempuan Indonesia baik di internal sebagai perusahaan ramah keluarga maupun langkah pemberdayaan untuk perempuan.

    ReplyDelete
  7. Patut di contoh nih kak Tuti kesejahteraan yang diberikan Danone Indonesia pada karyawan yang hamil dan melahirkan memberikan cuti 6 bulan dan mendapatkan gaji.Biasanya kan hanya 3 bulan saja ya.Sukses untuk Danone

    ReplyDelete
  8. Bagus banget program Danone untuk karyawannya. Perusahaan seperti ini tuh impian banget loh, jaman dulu susah cari pekerjaan yang melindungi hak-hak perempuan. Sebagai ibu dengan 1 anak perempuan, saya merasa lebih tenang karena di masa kini dunia profesional mulai menunjukkan keberpihakannya pada kaum hawa. Selain mendukung kesetaraan gender, mereka juga mulai memenuhi hak-hak perempuan.

    ReplyDelete
  9. Iya memang seharusnya perempuan saling support, saling memberikan dukungan. Kalau kondisinya begini, nggak bakalan deh ada istilah Mom war ya mbak

    ReplyDelete
  10. Danone perusahaan yg patut dicontoh nih ya mba Tuty, kalau aku belum sempat apply ke Danone euy dulu huhu. Mupeng.
    Perempuan memiliki kesempatan yg sama berkembang berprestasi sekalipun udah berkeluarga yaa.

    ReplyDelete
  11. Aku tuh salut banget sama Danone bisa membuat peraturan untuk perempuan sebegitu kerennya. Kenapa keren karena dia memberikan sesuatu yang memang sangat dibutuhkan oleh ibu pasca melahirkan, dengan cuti 6 bulan agar kebutuhan full asi di semester pertama terpenuhi dengan baik.

    ReplyDelete
  12. Mba bener. Aku pun salut dengan Danone yang memberikan yang terbaik bagi pekerja perpuannya. Kenyamanan ini yang diinginkan aku. Heheh

    ReplyDelete
  13. Jarang2 ada perusahaan yg care bangrt sama karyawan perempuan. Salut deh buat danone kalo gini terus kadyawan perempuan bisa kerja dengan nyaman ua

    ReplyDelete
  14. Danone udah lama jadi sebuah perusahaan yang kiprahnya ga hanya untuk kemajuan pribadi tapi juga mementingkan para karyawan perempuan

    ReplyDelete
  15. salut banget dengan program danone yang mendukung perempuan Indonesia
    cuti melahirkan itu penting banget agar para ibu bisa memberikan asi eksklusif, dan ditambah cuti untuk bapaknya biar bisa support istri di rumah
    semoga danone makin sukses deh

    ReplyDelete
  16. Aku selalu salut sama perusahaan yg ramah keluarga, Alhamdulillah di tempatku bekerja pun begitu, tapi tetep kinerja mesti totalitas.

    Btw, udah ga diragukan kalo Danone selalu memberikan program positif. Apalagim konsep bekerja yang ramah untuk gender maupun keluarga.

    Menerapkan cuti hamil dan melahirkan buat Ibu selama 6 bulan utkkutk perempuan dan memberikan cuti kepada para Ayah selama 10 hari karyawan pria.
    Moga makin pada betaah dan sukses buat Danone.

    ReplyDelete
  17. Aku selalu salut sama perusahaan yg ramah keluarga, Alhamdulillah di tempatku bekerja pun begitu, tapi tetep kinerja mesti totalitas.

    Btw, udah ga diragukan kalo Danone selalu memberikan program positif. Apalagim konsep bekerja yang ramah untuk gender maupun keluarga.

    Menerapkan cuti hamil dan melahirkan buat Ibu selama 6 bulan utkkutk perempuan dan memberikan cuti kepada para Ayah selama 10 hari karyawan pria.
    Moga makin pada betaah dan sukses buat Danone.

    ReplyDelete
  18. Aku dukung program Danone ini. Dengan begitu, perempuan Indonesia bisa makin berkarya dan bisa jadi contoh baik untuk anak2nya nanti

    ReplyDelete
  19. Emang nggak mudah bagi seorang perempuan dalam menjalani dua perannya sekaligus
    Makanya penting banget ya, jika bisa bekerja di perusahaan yang ramah keluarga seperti ini

    ReplyDelete
  20. Besarnya pengaruh perempuan di dunia kerja membuat perusahaan yang ramah keluarga ini yang sangat dibutuhkan, sehingga perempuan mampu berkembang dan seimbang antara keluarga dengan dunia bekerja.

    ReplyDelete
  21. Keren ya Danone bikin perusahaan yang ga akan menjadikan perempuan kaum yang tertindas dengan aturan. Apalagi memang jika dibandingkan pria tetap ada titik lemahnya.

    ReplyDelete
  22. Aturannya menentramkan ya. Karyawan perempuan Danone berkesempatan memberi asi eksklusif untuk anak-anaknya. Seandainya semua perusahaan seperti ini, duh tentramnya...

    ReplyDelete
  23. Senang banget dengan komitmen Danone untuk menghadirkan tempat kerja ramah keluarga. Ini gebrakan bagus untuk sebuah korporasi besar

    ReplyDelete
  24. Salut banget dengan Danone yang mempelopori pemberian hak kepada perempuan pekerja. Luar biasa nih bisa dapet cuti 6 bulan. Rata-rata palingan maksimal 3 bulan aja yaa.. Makin semangat berprestasi di kantor nih kalau dukungannya full seperti ini.

    ReplyDelete
  25. terima kasih danone indonesia, semoga makin banyak perempuan yang bisa disupport dan diberikan eduaksi dan bantuan untuk tetap survive sampai entah kapan pandmei ini berakhir

    ReplyDelete

Canva Magic Write