30 Hari Ramadan Jadi Manfaat

30 Hari Ramadan #JadiManfaat  N ggak berasa beberapa minggu lagi kita umat muslim sedunia akan bertemu dengan bulan Ramadan. Harapan saya ki...

Dompet Dhuafa
30 Hari Ramadan #JadiManfaat 
Nggak berasa beberapa minggu lagi kita umat muslim sedunia akan bertemu dengan bulan Ramadan. Harapan saya kita semua dalam keadaan sehat wal afiat sehingga bisa menjalankan ibadah puasa dengan khidmat. Ya, setiap kali menuju bulan Ramadan, saya dan teman-teman muslim tentunya selalu berharap pengin banget bisa menjalani ibadah yang dinanti-nanti ini secara khidmat. 

Teman-teman pernah mendengar istilah Tarhib Ramadan? Selasa 15 Maret 2022,  saya dan teman-teman lainnya mengikuti acara Tarhib Ramadan 1443 H yang diadakan oleh Dompet Dhuafa bertempat di area Gedung Filantropi Dompet Dhuafa, Pejaten, Pasar Minggu. Tarhib adalah cara dan persiapan bagaimana Dompet Dhuafa menyambut Ramadan dengan gembira dengan tema 30 Hari Ramadan dengan menghadirkan permainan tradisional, hiburan nasidaria, penampilan J-Rocks, dan hadir juga sejumlah influencer sebagai super voulenteer. 

Dompet Dhuafa
Sarasehan #JadiManfaat 

Dompet Dhuafa
Elma Putri Qasidah

Acara ini juga mengadakan Sarasehan #Jadimanfaat, dan menyediakan Aksi Layanan Sehat dari Layanan Kesehatan Cuma-cuma Dompet Dhuafa. Begitu tiba di lokasi saya langsung memanfaatkan layanan kesehatan gratis ini dan Alhamdulillah hasil tes darah saya untuk pemeriksaan asam urat dan gula darah normal.

Tim Layanan Kesehatan Cuma-cuma (LKC) Dompet Dhuafa 

Dalam acara, Bapak Ali Bastoni selaku Ketua Ramadan 1443 H mengatakan bahwa dengan adanya Tarhib Ramadan 1443 H, Dompet Dhuafa ingin membangkitkan lagi semangat Ramadan 1443 H serta sebagai momentum untuk mendongkrak kembali perekonomian umat Islam sedunia dengan berbagai program seperti Berbagi Buka Puasa Bersama, Borong Usaha UMKM, Parcel Ramadhan, Peduli Yatim, Food for Dhuafa, Tebar Zakat Fitrah dan Peduli Palestina. Dompet Dhuafa targetkan 10 juta penerima manfaat di seluruh Indonesia dengan target penghimpunannya lebih kurang 200M. Hal ini bisa diwujudkan dengan: KERJA KERAS, RUKUN KOMPAK, dan NIAT semata-mata karena Allah.

Dompet Dhuafa
Ali Bastoni, Ketua Ramadan 1443 H 

Sejak kecil, saya selalu semangat menyambut bulan Ramadan. Semarak Ramadan terasa berbeda jika dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Bayangkan saja bagaimana anak-anak bersorak saat melihat iklan-iklan televisi berbau Ramadan seperti suasana sahur dan berbuka mulai ditayangkan. Yang paling seru kalau iklan sirup ya kan, anak-anak nungguin di depan televisi menunggu berbuka. Kenangan masa kecil di bulan Ramadan nggak akan terlupakan.

Selama 2 tahun kita menjalani Ramadan di tengah pandemi Covid-19. Suasananya beda banget dengan yang dulu. Bahkan semaraknya hampir tak terasa, berasa hampa. Berkaca pada situasi bulan Ramadan 2 tahun belakangan, Dompet Dhuafa sebagai Lembaga Amil Zakat Nasiaonal yang berfokus pada kesejahteraan umat pada sektor pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial dan dakwah, serta budaya mencoba membangkitkan kembali gairah bulan suci dengan Menyongsong #JadiManfaat pada Ramadan 1443 H. 

Ramadan tahun ini Dompet Dhuafa berusaha merecalling memori Ramadan sebelumnya, mengingat semua kenangan Ramadan. Karena Ramadan adalah momentum bahagia kita semua dan jangan sampai lalai lagi agar 30 hari Ramadan jadi manfaat. Saya yakin kita semua pernah merasa resah karena setiap tahunnya ibadah Ramadan kita tidak sesuai harapan. Misal, merasa tidak optimal dan merasa menyesal di akhir karena merasa tanpa ada amal- amal ekstra seperti kurang sedekah, kurang membaca Alquran, tapi tetap saja merasa tidak ada perubahan. Untuk itu kembali lagi kita recall memori kita agar Ramadan yang bahagia tidak dikalahkan dengan pandemi 2 tahun saat ini. 

Yayat Supriyatna, Sekretaris Yayasan Dompet Dhuafa Republika

Bapak Yayat Supriyatna, Sekretaris Yayasan Dompet Dhuafa Republika mengatakan bahwa Ramadan merupakan bulan suci yang sangat dianjurkan untuk kita banyak bersedekah. Sedekah bukan hanya materi tapi juga bisa dalam bentuk silaturahmi atau menyenangkan orang lain bahkan dengan senyuman. Ramadan ini kita isi bareng-bareng. Masyarakat tidak hanya nonton dan melihat tapi berpartisipasi dan berkolaborasi. Ikut bersama-bersama terlibat membagikan manfaat. Karena sebaik-baik manusia adalah yang nermanfaat untuk orang lain.





You Might Also Like

0 comments

Canva Magic Write