Gaya Hidup Halal Bukan Sekadar Tren Tapi Penuh Manfaat

T ren gaya hidup halal saat ini semakin berkembang ditengah masyarakat. Ngomongin halal mari kita pandang secara luas atau global ya. Halal ...

Tren gaya hidup halal saat ini semakin berkembang ditengah masyarakat. Ngomongin halal mari kita pandang secara luas atau global ya. Halal sendiri merupakan istilah yang mengacu pada objek atau tindakan apapun yang diizinkan untuk digunakan, dikonsumsi atau dilakukan menurut hukum Islam. Tapi gaya hidup halal menjadi privilege bagi semua orang, nggak hanya umat Islam saja. Halal selalu bergandengan dengan thayyib yakni baik, bersih, sehat, aman dikonsumsi, dan bermutu.

Gaya Hidup Halal
Halal Lifestyle adalah pilihan
Pandemi Covid-19 banyak memberikan pembelajaran bagi kita semua. Salah satunya kita semakin aware dengan yang namanya healthy lifestyle. Masyarakat semakin berhati-hati dalam mengonsumsi makanan, yang pasti konsumsi makanan sehat jadi pilihan. Gaya hidup sehat yang terus-menerus digaungkan oleh pemerintah pada dasarnya sama dengan prinsip gaya hidup halal yang selalu mengedepankan kebersihan, kesehatan, kerapihan, serta kemanan dalam konsumsi produk.


Tren Halal Lifestyle

Tren halal lifestyle berdampak pada produk halal yang semakin meningkat setiap tahunnya. Dan ini kalau mau kita sadari berpotensi meningkatkan perekonomian Indonesia. Ya, halal lifestyle menjadi peluang bagi industri halal untuk terus berkembang dan mendorong alternatif pertumbuhan ekonomi dunia. Sebagai salah satu negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia, Indonesia menjadi konsumen terbesar dalam industri halal nasional. Gaya hidup halal sendiri ada 10 sektor yakni:

  1. Halal Food
  2. Sharia Finance
  3. Modest Fashion
  4. Halal Tourism
  5. Cosmetics
  6. Media and Recreational
  7. Pharmaeutical
  8. Education
  9. Medical Care and Wareness
  10. Art and Culture

Halal Lifestyle
Halal menurut para pakar

Melihat 10 sektor di atas yang semakin diminati masyarakat menjadikan gaya hidup halal memiliki potensi besar dalam aspek bisnis, jadi tren dagang. Halal Food paling utama sih menurut saya karena saya sendiri suka deg-degan kalau lagi traveling ke suatu daerah yang mayoritas penduduknya bukan Islam. Saya pernah nggak makan nasi selama 5 hari saking khawatirnya dengan makanan yang dijual di daerah tersebut. Karena masih banyak yang memberikan standar halal adalah no lord no pork. Padahal kalau mengikuti syariah Islam tulisan no lord no pork bukanlah jaminan makanan tersebut halal.


Mengapa Sertifikasi Halal Diperlukan?

Dengan berpotensinya tren gaya hidup halal meningkatkan perkenomian, tentu saja produk-produk yang dijual harus ada sertifikasi halal. Karena sertifikasi halal menjadi standar bagi konsumen untuk mengambil keputusan apakah produk tersebut dibeli atau tidak. Sertifikasi halal menjadi faktor penting agar konsumen semakin percaya dan merasa aman juga nyaman saat menggunakan atau mengonsumsi produk sesuai syariat Islam. 

Sertifikat Halal
Perlunya sertifikasi halal sebagai sebuah standar

Saat ini label halal tidak hanya diberikan pada makanan dan minuman saja, tetapi juga kosmetik, obat-obatan, peralatan rumah tangga, penyembelihan hewan, hingga proses transaksi perbankan maupun non perbankan. Sertifikasi halal selain sebagai sebuah standar juga memberikan sejumlah manfaat dan keuntungan, baik bagi pelaku usaha atau produsen maupun bagi konsumen atau produk.

Sebagai negara mayoritas muslim, Indonesia memiliki UU nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal. Dimana semua produk baik makanan, minuman, obat-obatan, kosmetik maupun barang kegunaan lainnya yang beredar di Indonesia wajib memiliki sertifikasi halal.


Manfaat Penerapan Gaya Hidup Halal

Edukasi mengenai gaya hidup halal dapat dimulai dari keluarga, karena keluarga merupakan lingkungan terdekat yang mampu mempengaruhi terbentuknya gaya hidup halal demi terbentuknya kualitas gaya hidup yang lebih baik.

Manfaat Gaya Hidup Halal
Manfaat Gaya Hidup Halal

Kenapa kita harus gencar memberikan edukasi mengenai gaya hidup halal? Karena tren gaya hidup halal banyak manfaatnya, tubuh akan mendapatkan asupan nutrisi yang baik dan cukup, dan yang paling utama hati dan pikiran jadi tentram karena kita tau bahwa semua yang kita gunakan aman dan berkualitas.


Penerapan Gaya Hidup Halal Danone Indonesia Pada Produk-produknya

Ngomongin penerapan gaya hidup halal, jaminan halal pada produk-produknya merupakan prioritas Danone Indonesia kepada konsumen. Danone merupakan salah satu perusahaan makanan dan minuman terbesar di dunia yang memiliki misi memberikan kesehatan kepada sebanyak mungkin orang. Dalam hal ini Danone memberikan kualitas produk dan layanan yang berstandar tinggi. Selain itu Danone Indonesia juga berperan aktif dalam mengembangkan ekosistem halal, baik dalam kebutuhan gaya hidup halal konsumen juga mendukung kegiatan kampanye yang berkaitan dengan kehalalan yang dilakukan oleh BPJPH (Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal).

Jaminan halal merupakan prioritas Danone Indonesia

Tahapan proses halal produk Danone Indonesia

Komitmen jaminan produk halal dilakukan Danone Indonesia mulai dari hulu ke hilir sehingga terjamin kehalalannya. Ini dilakukan untuk menjamin fondasi hidup sehat masyarakat untuk jangka panjang #GayaHidupHalal #DanoneIndonesia




You Might Also Like

0 comments