Gaya Hidup Halal Bukan Sekadar Tren Tapi Penuh Manfaat

T ren gaya hidup halal saat ini semakin berkembang ditengah masyarakat. Ngomongin halal mari kita pandang secara luas atau global ya. Halal ...

Tren gaya hidup halal saat ini semakin berkembang ditengah masyarakat. Ngomongin halal mari kita pandang secara luas atau global ya. Halal sendiri merupakan istilah yang mengacu pada objek atau tindakan apapun yang diizinkan untuk digunakan, dikonsumsi atau dilakukan menurut hukum Islam. Tapi gaya hidup halal menjadi privilege bagi semua orang, nggak hanya umat Islam saja. Halal selalu bergandengan dengan thayyib yakni baik, bersih, sehat, aman dikonsumsi, dan bermutu.

Gaya Hidup Halal
Halal Lifestyle adalah pilihan
Pandemi Covid-19 banyak memberikan pembelajaran bagi kita semua. Salah satunya kita semakin aware dengan yang namanya healthy lifestyle. Masyarakat semakin berhati-hati dalam mengonsumsi makanan, yang pasti konsumsi makanan sehat jadi pilihan. Gaya hidup sehat yang terus-menerus digaungkan oleh pemerintah pada dasarnya sama dengan prinsip gaya hidup halal yang selalu mengedepankan kebersihan, kesehatan, kerapihan, serta kemanan dalam konsumsi produk.


Tren Halal Lifestyle

Tren halal lifestyle berdampak pada produk halal yang semakin meningkat setiap tahunnya. Dan ini kalau mau kita sadari berpotensi meningkatkan perekonomian Indonesia. Ya, halal lifestyle menjadi peluang bagi industri halal untuk terus berkembang dan mendorong alternatif pertumbuhan ekonomi dunia. Sebagai salah satu negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia, Indonesia menjadi konsumen terbesar dalam industri halal nasional. Gaya hidup halal sendiri ada 10 sektor yakni:

  1. Halal Food
  2. Sharia Finance
  3. Modest Fashion
  4. Halal Tourism
  5. Cosmetics
  6. Media and Recreational
  7. Pharmaeutical
  8. Education
  9. Medical Care and Wareness
  10. Art and Culture

Halal Lifestyle
Halal menurut para pakar

Melihat 10 sektor di atas yang semakin diminati masyarakat menjadikan gaya hidup halal memiliki potensi besar dalam aspek bisnis, jadi tren dagang. Halal Food paling utama sih menurut saya karena saya sendiri suka deg-degan kalau lagi traveling ke suatu daerah yang mayoritas penduduknya bukan Islam. Saya pernah nggak makan nasi selama 5 hari saking khawatirnya dengan makanan yang dijual di daerah tersebut. Karena masih banyak yang memberikan standar halal adalah no lord no pork. Padahal kalau mengikuti syariah Islam tulisan no lord no pork bukanlah jaminan makanan tersebut halal.


Mengapa Sertifikasi Halal Diperlukan?

Dengan berpotensinya tren gaya hidup halal meningkatkan perkenomian, tentu saja produk-produk yang dijual harus ada sertifikasi halal. Karena sertifikasi halal menjadi standar bagi konsumen untuk mengambil keputusan apakah produk tersebut dibeli atau tidak. Sertifikasi halal menjadi faktor penting agar konsumen semakin percaya dan merasa aman juga nyaman saat menggunakan atau mengonsumsi produk sesuai syariat Islam. 

Sertifikat Halal
Perlunya sertifikasi halal sebagai sebuah standar

Saat ini label halal tidak hanya diberikan pada makanan dan minuman saja, tetapi juga kosmetik, obat-obatan, peralatan rumah tangga, penyembelihan hewan, hingga proses transaksi perbankan maupun non perbankan. Sertifikasi halal selain sebagai sebuah standar juga memberikan sejumlah manfaat dan keuntungan, baik bagi pelaku usaha atau produsen maupun bagi konsumen atau produk.

Sebagai negara mayoritas muslim, Indonesia memiliki UU nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal. Dimana semua produk baik makanan, minuman, obat-obatan, kosmetik maupun barang kegunaan lainnya yang beredar di Indonesia wajib memiliki sertifikasi halal.


Manfaat Penerapan Gaya Hidup Halal

Edukasi mengenai gaya hidup halal dapat dimulai dari keluarga, karena keluarga merupakan lingkungan terdekat yang mampu mempengaruhi terbentuknya gaya hidup halal demi terbentuknya kualitas gaya hidup yang lebih baik.

Manfaat Gaya Hidup Halal
Manfaat Gaya Hidup Halal

Kenapa kita harus gencar memberikan edukasi mengenai gaya hidup halal? Karena tren gaya hidup halal banyak manfaatnya, tubuh akan mendapatkan asupan nutrisi yang baik dan cukup, dan yang paling utama hati dan pikiran jadi tentram karena kita tau bahwa semua yang kita gunakan aman dan berkualitas.


Penerapan Gaya Hidup Halal Danone Indonesia Pada Produk-produknya

Ngomongin penerapan gaya hidup halal, jaminan halal pada produk-produknya merupakan prioritas Danone Indonesia kepada konsumen. Danone merupakan salah satu perusahaan makanan dan minuman terbesar di dunia yang memiliki misi memberikan kesehatan kepada sebanyak mungkin orang. Dalam hal ini Danone memberikan kualitas produk dan layanan yang berstandar tinggi. Selain itu Danone Indonesia juga berperan aktif dalam mengembangkan ekosistem halal, baik dalam kebutuhan gaya hidup halal konsumen juga mendukung kegiatan kampanye yang berkaitan dengan kehalalan yang dilakukan oleh BPJPH (Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal).

Jaminan halal merupakan prioritas Danone Indonesia

Tahapan proses halal produk Danone Indonesia

Komitmen jaminan produk halal dilakukan Danone Indonesia mulai dari hulu ke hilir sehingga terjamin kehalalannya. Ini dilakukan untuk menjamin fondasi hidup sehat masyarakat untuk jangka panjang #GayaHidupHalal #DanoneIndonesia




You Might Also Like

23 comments

  1. Kalau gaya hidup halal hanya tren sesaat ya bakal lewat. Senang sekali jika untuk menjamin fondasi hidup sehat masyarakat untuk jangka panjang Danone Indonesia memberikan jaminan produk halal mulai dari hulu ke hilir. Sebagai konsumen pasti merasa lega dan nyaman.

    ReplyDelete
  2. Komitmen jaminan produk halal yang dilakukan Danone Indonesia, menjamin fondasi hidup sehat masyarakat - halalan thoyyiban - ya jadi menerapkan dunia wal akherat #GayaHidupHalal #DanoneIndonesia

    ReplyDelete
  3. Nah, dengan penjabaran seperti ini, jadi makin mafhum bahwa prinsip Halal itu bener2 kudu dijalankan dalam segala lini kehidupan.
    keren banget Danone, mantab bs mengedukasi seputar halal lifestyle

    ReplyDelete
  4. halal lifestyle makin ke sini makin banyak yang menjalaninya karena merasakan manfaatnya juga

    ReplyDelete
  5. Dennise SihombingMay 27, 2022 8:47 PM

    Gaya hidup halal yang di dukung Danone Indonesia lebih meyakinkan lagi bahwa dengan halal itu konsumen terutama ummat muslim nyaman menikmati / memakai barang halal ya kak Tuti

    ReplyDelete
  6. Ekonomi dan keuangan syariah masih banyak tantangannya. Sekarang banyak sekali sistem dalam perekonomian / finance kita yang ada bumbu nonsyariahnya. Harus hati2 banget .... andai bisa lepas sama sekali, in syaa Allah berkah.

    ReplyDelete
  7. Setuju, Memang sebaiknya jangan sekadar trend. Karena kalau trend akan ada masa surutnya.

    Tetapi, saya pernah dengar pendapat juga kalau sesuatu dijadikan trend biasanya akan mudah mendapatkan pengikut. Jadi bisa startnya dari tren. Tetapi, setelahnya harus ada cara agar yang mengikuti ini bisa semakin paham ttg pentingnya gaya hidup halal

    ReplyDelete
  8. Setidaknya ini sudah menuju arah kebaikan. Halal bagi muslim adalah ibadah wajib. Meski bagi yang lain bisa saja trend, tapi jika berlanjut memang banyak manfaatnya

    ReplyDelete
  9. Dulu aku pernah dapat tips dari ustadz, kalau mau kondangan dan mepet waktu, bisa wudhu dulu kemudian pakai makeup sambil menunggu waktu sholat. Tapi makeup yang digunakan harus yang halal, agar tidak membatalkan wudhunya. Wah iya benar juga, ya, Pak Ustadz. Gaya hidup halal dalam penerapannya memang membawa kebaikan, apalagi untuk apa yang kita makan, ya.

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillah, industri pangan sebesar Danone pun memiliki perhatian serius untuk memperhatikan kehalalan produknya dari hulu hingga hilir, sebagai konsumen setia Danone saya jadi tenang mengetahuinya mbak.

    Nah, iya kalau bepergian ke daerah yang mayoritas penduduknya non muslim saya juga pilih makan buah atau seduh P** Mie aja buat mengisi perut

    ReplyDelete
  11. Tren Halal Lifestyle sekarang gak cuma di makanan aja ya mba tapi ke semua hal, hotel sampai peralatan masak pun ada kehalalannya. Bilang halal aja gak cukup kalau gak dicantumkan logo & sertifikatnya ya supaya lebih percaya dan nyaman

    ReplyDelete
  12. Kalau bicara halal dalam Islam itu jenisnya banyak. Kaya halal dari bahannya, cara masaknya, sampai cara mendapatkannya. Gaya hidup halal pun sekarang disukai banyak orang, bukan cuma Islam saja. Aku sih ikut senang dan dukung hal ini

    ReplyDelete
  13. Jaminan halal ini pemting banget, Mak. Tiap beli produk di supermarket atau belanja online aku pasti nyari-nyari label halalnya. Selain memberikan kenyamanan buat pembeli yang muslim buat pelaku ekonomi ini juga bisa meningkatkan trust dan menambah pasar karena sudah ada jaminan

    ReplyDelete
  14. Alhamdulilah banyak perusahaan yang mulai memahami kebutuhan umat islam, begitulah seharusnya ...bahwa setiap masyarakat memiliki kebutuhan yang berbeda. Halal adalah kebutuhan primer bukan sekedar melengkapai gaya hidup. Senang jika ada perusahaan2 besar memiliki perhatian serius soal ini

    ReplyDelete
  15. Setuju banget, untuk sekarang, gaya hidup halal bukan hanya pilihan ya, tapi sudah suatu keharusan. Toh sekarang, berbagai fasilitas penunjang hidup sudah banyak yang bersertifikat halal. Jadinya, untuk penerapan secara menyeluruh, tidak akan banyak kendala. Apalagi kayak produk2 Danone, udah terjamin deh kehalalannya.

    ReplyDelete
  16. Banyak lini di masyarakat Indonesia yang merupakan Gaya Hidup Halal.
    Dan Indonesia adalah salah satu negara yang menjad acuan dan contoh bagi negara-negara di dunia mengenai Gaya Hidup Halal ini.

    Semoga masyarakat Indonesia bisa mengadopsi Gaya Hidup Halal ini dengan senantiasa membiasakan meneliti melalui (minimal) label Halal MUI.

    ReplyDelete
  17. Semoga halal lifestyle ini merupakan bagian dari gaya hidup masyarakat muslim kita hari ini. Insya Allah thayyib

    ReplyDelete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. Halal Lifestyle ini memang sudah menjadi keharusan khususnya bagi muslim karena lebih membawa pada kenyamanan dan tenang. Teman-teman nonmuslim pun banyak yg mengakui dan memilih produk halal karena alasan pemilihan bahan, proses produksi, dan investasi untuk kebaikan.

    ReplyDelete
  20. Insya Allah dengan menerapkan hidup halal sesuai ajaran Islam hidup menjadi berkah, menjadikan anak2 sholeh sholehah krn mengkonsumsi makanan halal.

    ReplyDelete
  21. Semoga aja sih ya gaya hidup halal ini bukan hanya sekedar menjadi tren, tapi juga menjadi kebiasaan baik yang dilakukan terus menerus. Semoga langkah Danone juga diikuti oleh brand-brand lainnya.

    ReplyDelete
  22. Alhamdulillah ya gaya hidup halal ini sudah dijalankan umat muslim Indonesia, tinggal pelaksanaan kita lebih baik lagi.. dukungan Danone ini membantu muslim untuk menjalankan gaya hidup halal lebih baik..semoga diikuti brand lain ya..

    ReplyDelete
  23. Halal lifestyle. Aku jadi ingat 10 tahun lalu awal-awal ada muslim fashion festival dan sejenisnya. Kini sudah semakin menjamur ya Halal Lifestyle ini.

    ReplyDelete

Canva Magic Write