Persiapan Piknik Biar Nggak Panik

A ktivitas sehari-hari kadang terasa melelahkan. Jika kegiatan itu berupa rutinitas dalam waktu yang lama, sudah pasti akan membosankan....


Aktivitas sehari-hari kadang terasa melelahkan. Jika kegiatan itu berupa rutinitas dalam waktu yang lama, sudah pasti akan membosankan. Apalagi kalau ada kendala-kendala yang dihadapi dalam rutinitas yang dijalani, hmm... rasanya mau menjerit, pengin terbang aja deh. Kadang saya suka berandai-andai kalau lagi bete bisa langsung terbang kemana gitu. Kenapa hal itu bisa terjadi? Ya karena batin kita sudah tidak mampu menjalaninya dan membutuhkan sesuatu yang fresh diluar rutinitas. Yah, itung-itung untuk mencharge energi kita kembali.  

Sejatinya rasa bosan itu muncul dari dalam jiwa. Jika rasa bosan itu tidak segera dihalau takutnya malah akan mempengaruhi aktivitas kita dan ke raga juga ya. Ntar ujung-ujungnya malah sakit. Jadi harus gimana dong? Yups, silahkan cari kesenanganmu sendiri. Misalnya melakukan hobby, atau pergi nonton, atau nongki-nongki bareng teman atau shopping (kalau banyak duit mah enak, siapa aja juga mau tuh, hehe!) atau jalan-jalan dengan pasangan atau pergi travelling sekalian. Kayak kata orang-orang “ piknik biar gak panik ”. Kalau saya sih setuju. Bagaimana dengan kalian?

Weekend datang lagi nih. Pas banget masih suasa Hari Raya Idul Adha. Biasanya sih kami nggak kemana-mana, hanya ke rumah ortu aja. Tapi kali ini kami sekeluarga berencana pengin jalan-jalan. Destinasi kami kali ini adalah ke Aceh. Tepatnya wilayah Aceh Utara, Lhokseukon. Banyak saudara dari pihak Ayah yang tinggal di sana. Sambil jalan-jalan sekaligus silaturrahmi ke keluarga. Apalagi susasana perayaan Idul Adha di Aceh lumayan ramai dan berbeda dengan perayaan Idul Fitri.


Ngomongin soal travelling, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelumnya, seperti budget, tiket pesawat kalau bepergian naik pesawat, biaya sewa mobil kalau bepergian naik mobil dan jangan lupa cek biaya sewa mobil di kotamu, hotel, dll.  Lebih lengkapnya apa saja yang harus di prepare, berikut persiapan ala saya:

1.    Duit
Mau jalan-jalan? Kumpulin dulu duitnya ya. Ini adalah hal penting sebagai budget kita untuk menentukan sampai sejauh mana kita bisa travelling. Apa yang ingin di beli saat perjalanan, yah pokoknya semuanya butuh duit. Jangan mencari risiko untuk melakukan perjalanan jauh tanpa duit.  Bahaya guys, mending di rumah aja dan main ke taman dekat rumah.

2.    Destinasi
Guys, sebelum bepergian pastikan terlebih dahulu arah tujuan kita. Supaya perjalanan menjadi pasti dan gak sia-sia. Hidup ajah butuh arah tujuan kok, konon lagi perjalanan, haha! Ntar nyasar loh kalau nggak punya tujuan. 

3.    Transportasi 
Nah, ini juga menjadi bagian penting. Setelah menentukan destinasi perjalanan, pastikan juga transportasi apa yang akan digunakan. Jika perjalanan melalui darat, akan lebih menguntungkan jika punya mobil sendiri. Kenapa mobil? Ya karena perginya sekeluarga. Jika tidak punya mobil, bisa naik transportasi umum. Tapi menurut saya ini agak ribet ya, karena bepergian membawa orang tua dan anak-anak. Trus perjalanannya jauh pulak. Lebih baik sewa sebuah mobil agar perjalanan lebih nyaman. Lagi pula kita bisa singgah kemana saja sesuai keinginan. Seperti pengalaman kami saat melakukan perjalanan ke Aceh, kami menyewa sebuah mobil untuk mengangkut kami sekeluarga. Lebih menguntungkan lagi anggota keluarga sendiri yang menyetir mobilnya. Jadi gak perlu sewa supir lagi deh.

4.    Barang Bawaan
Kemanapun tujuannya dan berapa lama bepergiannya pastilah ada saja barang yang harus dibawa. Apa lagi emak-emak nih. Pastilah yang paling report menyusun barang bawaan. Banyak anak, banyak pula barang yang harus dibawa, haha. Eits, tapi jangan bawa satu lemari yah. Bawa barang yang seperlunya saja. Pastikan berapa lama bepergiannya agar bisa juga persiapkan kebutuhannya. Kayak pengalaman saya pribadi, kalau bepergian nggak boleh lupa untuk membawa dompet, handphone, tissue, minyak angin, obat-obatan, make up, dan baju serta handuk tentunya jika harus menginap. Tak lupa juga makanan dan minuman untuk mengamankan area kampung tengah alias perut, hihi!

5.    Akomodasi
Sudah pasti kan travellingnya berapa lama? Apakah memungkinkan perjalanan ditempuh pulang hari ataukah harus menginap? Jika harus menginap, akan menginap dimana? Nah, itu semua juga perlu di rencanakan dan dikompromikan dengan keluarga. Dan lagi-lagi sesuaikan juga dengan budgetnya. Syukur- syukur ditempat tujuan nanti banyak saudara, agar bisa menginap di rumah mereka. Aman deh kalau begitu, nggak perlu sewa akomodasi lagi.


Saat bepergian ke Aceh, Alhamdulillah banyak saudara yang bisa disinggahi. Kami pun disambut serta disuguhi makanan khas Aceh. Tak lupa pula pulangnya dibawakan oleh-oleh.  Happy banget! Rasa bosan setelah rutinitas yang dijalanin pun sudah terobati. Dan energi positif kembali mengisi ke dalam jiwa raga. Bagaimana dengan kalian, guys? Sudah piknik kah minggu ini? Piknik dulu sana biar nggak panik.



You Might Also Like

0 comments

Canva Magic Write