Tebar Hewan Kurban Bersama Dompet Dhuafa di Zona Madina

A ssalamualaikum. Alhamdulillah kita semua umat muslim di seluruh dunia baru saja merayakan Hari Raya Idul Adha 1140 H. Semoga Hari R...



Assalamualaikum. Alhamdulillah kita semua umat muslim di seluruh dunia baru saja merayakan Hari Raya Idul Adha 1140 H. Semoga Hari Raya Idul Adha mengingatkan kita kembali akan sejarah tentang keikhlasan dan pengorbanan Nabi Ibrahim AS dan putranya Nabi Ismail AS. Dimana disaat peristiwa itu terjadi hanya Allah lah tempat berpasrah diri. Jadi Idul Adha bukan hanya momen perayaan tetapi juga menyadarkan kita bahwa ketaqwaan adalah hal yang paling berharga. 

Tahun ini saya dan suami merayakan Idul Adha bersama teman-teman di Dompet Dhuafa Zona Madina, Parung Bogor sekaligus melihat langsung Pembagian Hewan Kurban disana. Menuju Zona Madina dari rumah kami di Tangerang benar-benar jadi sejarah juga bagi kami berdua karena berangkat setelah Subuh dari rumah dan disepanjang jalan takbir tak berhenti bergema disetiap masjid yang kami lewati, adem banget rasanya. Alhamdulillah tiba di Zona Madina kami langsung memasuki masjid Madina yang masih satu lokasi dengan area pemotongan hewan kurban.

Masjid di Zona Madina
Selesai sholat ied saya masiih terngiang dengan khotbah oleh khatib. Dalam khotbahnya beliau mengatakan semoga kita juga bisa memaknai bahwa dengan peristiwa kurban kita semua bukan hanya menjadi pribadi penikmat kurban tapi juga pribadi pemberi. Pribadi penikmat hanya mengharapkan kebaikan dari manusia, sedangkan pribadi pemberi hanya mengharapkan kebaikan dari Allah SWT. Duh, sungguh malu rasanya, bagi kita yang beriman ini merupakan sentilan yang dalam maknanya.

Dari khotbah sang khotib tadi saya jadi ingat dengan program Tebar Hewan Kurban yang dilakukan oleh Dompet Dhuafa. Ya, dengan program ini daging kurban nggak menumpuk hanya di kota saja tapi merata didistribusikan ke seluruh pelosok negeri. Jadi semua orang yang benar-benar membutuhkan uluran tangan kita bisa jadi penikmat kurban juga.

Dompet Dhuafa adalah lembaga filantropi Islam yang bersumber dari dana zakat, infak, sedekah dan wakaf (ZISWAF), serta dana halal lainnya. Dompet Dhuafa juga berkhidmat dalam pemberdayaan kaum dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (humanitarian) dan wirausaha sosial profetik (prophetic socio-technopreneurship). Dompet Dhuafa memiliki tujuan untuk mewujudkan masyarakat berdaya yang bertumpu pada sumberdaya lokal melalui sistem yang berkeadilan.

Opening Performance by Smart Ekselensia
Saya senang sekali bisa mengikuti acara Tebar Hewan Kurban Zona Madina, terbayang beberapa tahun lalu saya pernah berkurban melalui Dompet Dhuafa dan sekarang benar-benar bisa mengikuti prosesnya. Sebelum acara dimulai kami semua dihibur oleh adik-adik Smart Ekselensia, sembari menunggu hewan kurbannya komplit juga. Ustadz Herman Budianto, General Manager Dompet Dhuafa Zona Madina memaparkan bahwa Tebar Hewan Kurban di Zona Madina kali ini hanya kambing saja. Di Zona Madina Dompet Dhuafa mendistribusikan 65 ekor kambing premium dengan berat mulai dari 29kg sampai dengan 35kg kepada 4-5 kelurahan.

Herman Budianto, General Manager Dompet Dhuafa Zona Madina
Tahun ini Dompet Dhuafa telah menghimpun hewan kurban sebanyak 22.300 ekor dari seluruh Indonesia. Dibandingkan tahun lalu, hari pertama penyembelihan saja, angka ini naik 27 persen. Tahun lalu hingga hari terakhir tasyrik Dompet Dhuafa hanya menerima 18.558 ribu ekor saja. Progress penghimpunan kurban secara nasional hingga siang adalah sebesar 20 persen dibanding dengan tahun lalu, maka dari itu Dompet Dhuafa masih menerima kurban dari masyarakat sampai dengan pertengahan hari Tasyrik.

Dompet Dhuafa sendiri mendistribusikan hewan kurban ke seluruh pelosok negeri di 25 provinsi di Nusantara khususnya kepada masyarakat yang masih banyak kekurangan, terkena bencana seperti Palu, lombok, Konawe, Banten, dan Halmahera, yang pasti targetnya kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan uluran tangan. Distribusi hewan kurban ggak cuma disebar ke nasional saja tapi juga ke 6 negara konflik seperti Palestina, Suriah, Vietnam dan Kamboja (minoritas muslim) Myanmar (Muslim Rohingya), dan Filipina (Konflik Etnis). Jika dibandingkan dengan tahun lalu, tahun ini ada penambahan 2 provinsi dimana tahun lalu Tebar Hewan Kurban dilakukan di 23 provinsi.

serah terima donasi kurban dari pasangan influencer Irfan Farhad dan Hamidah Rachmayanti

Pelaksanaan Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa Zona Madina juga dihadiri oleh pasangan influencer Irfan Farhad dan Hamidah Rachmayanti yang menyumbangkan dua ekor kambing premium juga Paguyuban Mojang Jajaka Kota Bogor yang menyumbangkan satu ekor kambing premium kepada Dompet Dhuafa. 

serah terima donasi kurban dari Paguyuban Mojang Jajaka Kota Bogor


Sumber pengadaan hewan kurban Dompet Dhuafa adala para mitra yang merupakan hasil dari pemberdayaan peternak lokal yang mandiri dan telah melewati tahapan seleksi, serta pendampingan oleh tim program Dompet Dhuafa. Nggak cuma memberdayakan peternak lokal saja, tetapi juga petani-petani lokal untuk mengelola pakan ternak. Karena kurban hanya setahun sekali, jadi para peternak nggak cuma mengandalkan biaya hidup dari kurban saja. Pakan-pakan yang diberikan kepada hewan ternak adalah pakan yang sudah dikelola para petani lokal secara mandiri. 

kambing-kambing premium di Zona Madina

Oh ya, mulai tahun ini Dompet Dhuafa meniadakan pemakaian wadah plastik sebagai kemasan distribusi dan menggantinya dengan bahan-bahan yang alami, sehingga lebih ramah lingkungan. Bahan-bahan ini adalah besek bambu, keranjang bambu, krengsong bambu, daun jati, daun pisang, daun pandan dan lain-lain.  Hal ini sebagai upaya untuk mengurangi penyebaran limbah plastik yang dapat merusak lingkungan sekaligus mendukung upaya pemerintah.

wadah besek bambu

Well, saya beneran happy bisa mengikuti proses Tebar Hewan Kurban di Zona Madina. Siapa saja bisa berkurban dan jangan takut berkurban di Dompet Dhuafa. Karena berkurban di Dompet Dhuafa menawarkan kemudahan layanan, selain bisa berkurban melalui konter kurban yang ada di mall, kita juga bisa bertransaksi melalui rekening bank, layanan jemput kurban dan kurban online. Kualitas hewan kurban juga sudah melalui proses Quality Control, jadi hewan-hewan diseleksi dan pemotongan juga sesuai syariah Islam. Sebagai pekurban, kita juga akan mendapatkan laporan kurban berupa laporan donasi, foto-foto pelaksanaan serta informasi kurban dari berbagai daerah. Banyak kemudahan dan keunggulan berkurban di Dompet Dhuafa. So, sekali lagi #JanganTajurBerkurban ya. 



You Might Also Like

0 comments