Yuk, Jaga Lingkungan dengan Sustainable Fashion

H ai ladies! Siapa nih diantara kalian yang hobby shopping ? (sambil nulis saya ngacung juga nih, haha! ). Setiap makhluk yang namany...


Hai ladies! Siapa nih diantara kalian yang hobby shopping? (sambil nulis saya ngacung juga nih, haha! ). Setiap makhluk yang namanya perempuan dimuka bumi ini pasti happy banget kalau diajak shopping. Pasti dong, siapa yang nggak mau ya kan kalau ditraktir shopping. Apalagi kalau yang ngajak suami, dan saya langsung lirik pak suami. Tapi kalau kalian sudah mandiri secara finansial, happy nya tentu saja double. Selain dikasi uang buat shopping dari suami, bisa juga rogoh kantong sendiri. Udah pasti gampang banget kalo pengin ini atau itu.

Eits, meski belanja itu bikin happy awas kebablasan juga ya. Sepertinya kaum hawa memang sudah ditakdirkan untuk urusan belanja. Mulai belanja dapur, keperluan rumah tangga, maupun kebutuhan atau keinginan untuk bergaya seperti baju, tas, dompet, make up dll. Laki-laki juga ada sih. Tapi lebih dominan para perempuan.

Baju yang bertumpuk dan tak dipakai lagi bisa disulap jadi fashionable dengan kreativitas kita (sesi workshop bersama ESMOD Jakarta)

Nah, berbicara soal baju atau pakaian atau fashion, atau apalah namanya itu, adalah salah satu benda yang paling diincar kaum perempuan. Setuju ya? Para perempuan sanggup berlama-lama pergi ke mall atau toko-toko pakaian demi hunting baju yang dinginkan. Apalagi jika ada embel-embel diskon. Wuih.. jadi tambah semangat ya kan? Iya dong, saya banget ini doyan diskon, wkwk!  Selain itu dengan bertambah majunya teknologi digital tak luput juga hape terus di pantengin untuk belanja online. Maklum, sebagai perempuan tidak ingin ketinggalan fashion terbaru alias harus selalu update dengan fashion terkini. Jadi curhat nih!

Namun apa kabarnya dengan tumpukan baju yang sudah dibeli dan digunakan tadi? Apakah sudah dirawat dengan baik? Atau jika sudah usang tinggal buang? Bingung kan? Punya baju bertumpuk bingung, nggak beli baju model terbaru takut ketinggalan zaman. Berlatarbelakang ini lah So Klin White & Bright membangun kesadaran masyarakat akan Sustainable Fashion.

talk show dipandu oleh Indy Barends dengan narasumber Patrice Desilles, Joana Elizabeth Samuel dan Diandara

Pada acara workshop gelaran Jakarta Food & Fashion (JFF) 2019 tepatnya di Mall Kelapa Gading Jakarta tanggal 16 Agustus 2019, So Klin menggandeng sekolah mode ESMOD Jakarta dan komunitas sosial Sadari Sedari. Adapun tema dari acara ini adalah Be Sustainable, Be Fashionable. Tujuannya mengajak masyarakat Indonesia agar lebih peduli lingkungan. Diantaranya yaitu mengajarkan masyarakat cara merawat pakaian agar dapat bertahan lama serta menerapkan gaya berpakaian yang smart dan kreatif. ESMOD Jakarta mengajarkan beberapa tips untuk mix and match pakaian agar lebih modis sehingga pakaian lama masih bisa digunakan. 

Sustainable fashion merupakan bagian dari gaya hidup saat ini. Banyak desainer yang mulai menggunakan bahan ramah lingkungan, teknik pewarnaan alami, dan yang tidak kalah penting yaitu menempatkan label tata cara perawatan kain. Patrice Desilles, Academic Program Head ESMOD Jakarta menjelaskan saat ini ESMOD juga lebih memilih untuk menggunakan serat kain tencel yang berasal dari kayu, sehingga ketika pakaian tersebut sudah tidak dipakai lagi, dapat dengan mudah terurai ke alam. Metode ini juga diterapkan kepada para siswa melalui kurikulum di sekolah. Konsumen harus memiliki pengetahuan tentang bagaimana merawat pakaian mereka agar dapat bertahan lama, misalnya perawatan dengan deterjen yang tepat seperti kampanye So Klin White & Bright agar warna tetap cemerlang dan menonjol.


Baju yang dikenakan model terbuat dari jaket jeans

Menurut Joanna Elizabeth Samuel, Marketing Manager Fabric Care PT Sayap Mas Utama (Wings Group), udah saatnya Indonesia memulai Sustainable Fashion. Maka dari itu So Klin menghadirkan So Klin White & Bright yang memiliki teknologi Optical Brightener, pakaian lama akan tetap bersih, cemerlang dan terlihat seperti baru meskipun sudah dicuci berulang kali. Penggunaan So Klin White & Bright juga dapat meningkatkan efisiensi para ibu dalam mencuci. 


Di Indonesia, So Klin deterjen sendiri memiliki beberapa varian yaitu :
  • So Klin Liquid, deterjen cair konsentrat plus anti bacterial
  • So Klin Softergent,merupakan perpaduan antara deterjen dan pelembut pakaian
  • So Klin Pro dan  So Klin Higinis, untuk membersihkan noda plus anti bakteri
  • So Klin Pro dan So Klin Higinis, untuk membersihkan noda plus anti bakteri
  • So Klin Biomatic, deterjen khusus untuk mesin cuci
  • So Klin Smart, deterjen konsentrat untuk mencuci dan merawat pakaian
  • So Klin White & Bright, deterjen untuk merawat pakaian berwarna agar lebih cemerlang

Banyak ya pilihannya. Kalian pakai yang mana? 

Indy Barends - Brand Ambassador So Klin

Indy Barends, Brand Ambassador So Klin yang juga hadir memandu acara talk show juga sharing bagaimana cara do'i merawat pakaian agar awet. Menurutnya perawatan pakaian merupakan salah satu kunci keberhasilan sustainable fashion. Selain berkreasi untuk tetap dapat menggunakan kembali pakaian yang ada, kita dapat mengurangi sampah pakaian dengan menjaga warna dan tekstur pakaian tetap baik. So Klin White & Bright yang memiliki teknologi Optical Brightener akan menjadi solusi perawatan pakaian kita di rumah. Mulai sekarang yuk rawat pakaian kita untuk mendukung Sustainable Fashion.



Dari sisi sosial, Sustainable Fashion dapat diterapkan melalui beberapa kegiatan sosial seperti yang dilakukan  Sadari Sedari. Diandara, perwakilan dari komunitas Sadar Sedari memaparkan kegiatan yang dilakukan oleh komunitas ini yaitu mengumpulkan pakaian bekas yang masih layak pakai dan menyumbangkannya pada mereka yang membutuhkan. So, kalau kalian punya pakaian layak pakai yang bertumpuk di rumah bisa loh kalian donasikan ke Sadari Sedari. Dengan begitu secara tidak langsung kita juga sudah mendukung Sustainable Fashion. Intip sosmed nya aja ya untuk lebih detail mengenai cara berdonasi.



You Might Also Like

1 comments

  1. Mantap ya so klin. Saya juga udah lama pake so klin liquid.selain bersih.wanginya juga harum.

    ReplyDelete

Canva Magic Write