Pastikan Kamu Rental Mobil yang Tepat untuk Liburan Akhir Tahun

E ntah kenapa menjelang akhir tahun (padahal masih September ya) saya udah nebak bakal crowded nih tiket pesawat, kereta api, rental m...


Entah kenapa menjelang akhir tahun (padahal masih September ya) saya udah nebak bakal crowded nih tiket pesawat, kereta api, rental mobil, hotel, yang pasti transportasi dan akomodasi. Ya, sama sih dengan akhir tahun yang udah kita lewati sebelumnya. Akhir tahun tuh banyak liburnya. Mulai dari libur Hari Natal, libur sekolah, dan libur tahun baru. Kalian pasti pada happy kan guys kalau ngomongin liburan, hihi! Pasti pada ngangguk.

Menjelang liburan akhir tahun ingatan saya jadi flashback saat mudik lebaran kemarin. Detik-detik menjelang Ramadhan berakhir antara sedih dan senang jadi satu. Sedih karena berpisah dengan Ramadhan dan senang karena memasuki lebaran dan itu artinya saya akan mudik, yeay! Kalau ngomongin mudik pokoknya happy nya tuh berlapis-lapis. Selain senang bakal pulang ke kampung halaman untuk berkumpul dengan orang tua dan keluarga, juga kebayang bakal makan masakan ibu tercinta. Yang namanya makanan khas lebaran pasti banyak banget dimasak. Beneran menggugah selera (lah ini nulis sambil nelan ludah!). 

Meskipun menyenangkan tapi mudik itu repot loh. Apalagi kalau mudiknya ke luar kota bahkan ke luar provinsi. Penginnya tuh berlama-lama stay di kampung halaman, jadi jangan heran kalau saya udah mudik barang bawaan pasti banyak. Sambil kemas-kemas barang kedalam koper, suka kepikiran bagaimana caranya bawa koper sebanyak ini. Sudah dikurang-kurangi tapi tetap aja nggak cukup bawa koper satu. Belum lagi bawa oleh-oleh yang sudah ditunggu-tunggu para ponakan tercinta. 

Pengalaman saya dan suami nih, mudik ke Medan harus benar-benar matang persiapannya. Apalagi dari Medan menuju rumah orangtua di Langkat membutuhkan waktu lama. Biasanya kami bisa sampai sebulan untuk liburan di sana. Maklum saja, momen itu benar-benar digunakan untuk melepas rindu dengan keluarga yang sudah setahun tidak berjumpa. Makanya setiap lebaran gak afdol rasanya kalau di rumah aja. Pastilah ingin raon-raon sekaligus silaturahmi ke tempat saudara. Kalian juga gitu kan? 

begini kalau jalan-jalan bareng keluarga, mobil satu nggak bakal cukup :)

N
ah, solusinya kami rental mobil untuk bjsa mengangkut kami sekeluarga. Tapi seperti pengalaman yang sudah-sudah mencari rental mobil untuk dipakai 3 hari pertama lebaran itu sulit. Karena banyak orang juga yang memanfaatkan liburan lebaran sekaligus jalan-jalan. Jadi siapa cepat, dia dapat! Makanya jauh-jauh hari saya sudah siapkan kocek juga nih untuk biayanya. Namanya lebaran pasti pengin jalan-jalan sepuasnya. Pakai mobil sehari  nanggung, pakai tiga hari takut mahal. Nah, ini nih yang suka bikin galau. Soalnya
harga rental mobil di hari  lebaran itu naik dari harga rental normalnya. Makanya kalau lagi ada duit ya jalan-jalan di hari pertama lebaran, kalau lagi bokek ya nunggu seminggu setelah lebaran baru deh rental mobil buat jalan- jalan karena harga rental mobil pasti udah turun.

Demi happy-happy buat jalan–jalan, jangan asal rental mobil deh. Berikut beberapa tips rental mobil ala saya :
1.    Rencanakan berapa hari pemakain mobil. Biasanya mobil rental itu pemakaiannya dihitung 24 jam sejak mobil diambil dari si pemiliknya. Jadi jika pemakaiannya lebih dari 24 jam maka sudah dihitung tambah hari.
2.    Mantapkan keuangannya. Nah, kadang-kadang yang namanya jalan jalan suka nggak ingat waktu ya. Padahal mobil yang dibawa adalah mobil rental, haha! Risikonya kalau lebih dari 24 jam, maka tambah juga deh bayarannya. Makanya jangan kebablasan ya.
3.    Rental tanpa supir. Pengin menghemat pengeluarankan? Rental mobilnya tanpa supir aja ya alias lepas kunci. Eits, pastikan terlebih dahulu ada nggak anggota keluarga yang bisa nyetir.
4.    Lihat merk mobil. Biasanya kami liat-liat juga nih merk mobilnya. Bukan bermaksud sok gengsi. Tapi tujuannya semata-mata agar irit bahan bakar. Terkadang ada tuh beberapa mobil tertentu yang bahan bakarnya sangat boros pemakaian.
5.    Cek kondisi mobil. Kalau ini wajib ya guys! Jangan lupa cek kondisi mobil. Namanya mobil rental, pasti sudah sering dipakai dari tangan ke tangan. Dan kondisinya pun bisa jadi sudah “ capek “. Maka sebaiknya cek terlebih dahulu kondisi mobil seperti mesin, air karburatornya, ban, AC , dan lain-lain juga. Pastikan mobil sudah di servis si pemiliknya sebelum mobilnya di rental. 

Anggota keluarganya banyak butuh mobil banyak  juga :)

S
aya dan keluarga pernah punya pengalaman yang nggak enak nih, saat jalan-jalan dengan mobil rental. Di pertengahan jalan tiba-tiba tercium bau terbakar. Kami bingung dan cemas juga sih asalnya dari mana. Kemudian pengemudi kendaraan lain disekeliling kami memberitahukan bahwa ada keluar asap pada mesin depan mobil. Secepatnya kami menepikan mobil untuk berhenti. Benar saja, seketika terasa panas dari dalam mobil dan asap putih tebal pun keluar dari mesin. Kami jadi kocar-kacir menyelamatkan diri keluar dari mobil. Bayangkan saja di dalam mobil itu ada orangtua dan keponakan saya, sekujur tubuh pun lemas dan gemetaran. Selera untuk jalan-jalan pun udah hilang saking takutnya. Rasanya kesal banget. Sudah keluar uang buat bayar rental mobil tapi malah nggak bisa kemana-mana. Walaupun harga rental mobilnya dikurangi, tetap aja kan merasa rugi karena tidak sampai tujuan.

Guys itu pengalaman saya perihal mudik lebaran lalu saat rental mobil. So, udah ada gambaran kan gimana liburan akhir tahun ini, bakal kemana dan rental mobil dimana. Mudah-mudahan liburan akhir tahun ini lancar dan menyenangkan ya!


You Might Also Like

0 comments

Canva Magic Write