Inilah 5 Cara Merawat Baju Olahraga yang Tepat

olahraga B erolahraga adalah salah satu kegiatan yang banyak dilakukan orang-orang untuk menjaga kesehatan. Melakukan kegiatan ini jug...


olahraga
Berolahraga adalah salah satu kegiatan yang banyak dilakukan orang-orang untuk menjaga kesehatan. Melakukan kegiatan ini juga ditunjang dengan baju olahraga . Menggunakan pakaian yang dikhususkan untuk berolahraga memang dianjurkan, agar olahraga bisa berjalan dengan aman dan juga nyaman.

Merawat Baju Olahraga

Pakaian olahraga itu sendiri sebenarnya membutuhkan perawatan atau perlakuan tertentu dalam proses mencuci. Pakaian khusus untuk olahraga tentu akan basah oleh keringat. Apalagi jika aktivitas olahraga dilakukan di luar ruangan, tentunya ada banyak debu dan juga kotoran lainnya yang menempel.
Untuk mencuci baju olahraga ini dengan cara tepat dan benar tidak begitu sulit. Terdapat langkah-langkah mudah yang bisa kita lakukan, ini dia beberapa diantaranya :

1. Jangan Menaruh Baju Begitu Saja

Setelah melakukan aktivitas olahraga, jangan menaruh baju yang masih dengan bau keringat di dalam keranjang atau menggeletakkan begitu saja. Hindari untuk mencampurnya dengan baju-baju kotor lain. Kita bisa segera merendamnya atau mencucinya, jika tidak baju bisa menjadi sarang atau tempat tumbuhnya bakteri dan kuman.

2. Rendam Kurang Lebih Selama 30 Menit

Sebaiknya kita merendam baju olahraga yang kotor kurang lebih selama 30 menit. Bisa memakai detergent yang biasa digunakan atau memakai larutan air dan cuka. Larutan tersebut bisa membunuh bakteri dan mengatasi bau keringat tidak sedap. Hati-hati jika baju ternyata mudah luntur, hindari untuk mencampurkannya dengan baju warna putih dan lainnya.

3. Selalu Cek Label Baju

         Agar lebih aman, untuk info pencuciannya selalu cek label baju kita punya. Ada yang lebih baik dicuci dengan cara dikucek memakai air dingin (tidak menggunakan mesin cuci). Ada pula yang bisa memakai mesin cuci tetapi dengan pengaturan tertentu. Air panas memang bisa berguna untuk membunuh bakteri, namun serat pada baju bisa rusak jika dicuci memakai air panas.

sumber: freepik


4. Jemur di Bawah Terik Matahari

Setelah selesai mencuci dan membilas pakaian olahraga, segeralah jemur di bawah sinar matahari. Panas dari matahari bisa membuat baju lebih cepat kering dan juga dapat melindungi pakaian olahraga dari lembap dan bau tidak sedap atau bau apek.

Kita bisa menjemurnya langsung atau dengan digantung pada tali jemuran atau juga bisa memakai gantungan baju. Pakaian olahraga yang sudah selesai dipakai memang lebih baik agar segera dicuci. Jangan malah dibiarkan menumpuk atau digeletakkan begitu saja.

5. No Setrika

Ada beberapa jenis bahan baju olahraga yang tidak perlu disetrika, misalnya baju untuk senam. Cukup rapikan atau dihaluskan dengan tangan setelah diangkat dari jemuran. Lalu lipat dan simpan di dalam lemari pakaian.

Tidak perlu menyimpan pakaian senam dengan cara digantung, karena pada bagian bahu akan menahan beban baju senam, sehingga bagian bahunya akan lebih mudah molor.
Itu dia beberapa cara mudah untuk merawat baju olahraga. Sebenarnya cara merawat pakaian untuk olahraga ini sangatlah mudah, Anda hanya perlu lebih teliti dan cermat agar pakaian Anda bisa lebih awet.
Jika pakaian olahraga sudah rusak dan ingin membeli yang baru, kita bisa membelinya di Bukalapak. Marketplace satu ini menyediakan banyak pilihan pakaian olahraga dengan beragam jenis bahan dan juga model. Kita juga bisa memilih range harga yang diinginkan sehingga bisa disesuaikan dengan budget yang dimiliki.
Selain pakaian untuk olahraga, Bukalapak juga mempunyai banyak pilihan alat fitnes tentu ini akan membuat kita semakin semangat lagi dalam berolahraga. Apalagi di Bukalapak memiliki pilihan metode pembayaran yang beragam, hal ini akan membuat belanja semakin cepat dan mudah.   




You Might Also Like

15 comments

  1. Nah, tips 1-4 sudah kucoba mba, yg ke 5 yang pernah kejadian di baju renang yang langsung keslomot ketika di setrikain di laundry. Noted banget 1-5 tipsnya, makasih ya..

    ReplyDelete
  2. Wah, no setrika, ya? Aku selalu disetrika nih baju apa pun. Termasuk baju olahraga. Pernah juga baju senam. Dan iya, huhuhu... bolong deh. Padahal iya, ya, gak kusut kok kayak baju senam dan baju renang mah.

    ReplyDelete
  3. Oh, saya selama ini baju olahraga disetrikain juga hehe jadi gampang bladus gitu warnanya, ngaruh kali yah

    ReplyDelete
  4. Bunda gak punya baju OR tp utk aktivitss divrmh punya celana2 trai inv
    Satu diantara celana training rupanya disetrika sama si mbak, jadilah celana training itu seperti bahan jumputan.

    ReplyDelete
  5. Lihat postingan seputar olahraga jadi merasa bersalah karena jujur saya jarang banget olahraga. Soal cucian juga, mana pernah saya detail soal lihat label, yg ada cuma misahin yang warna dengan yg putih. Thank you mbak untuk tipsnya, mudah-mudahan setelah ini jadi rajin olahraga ��

    ReplyDelete
  6. Bunda gak punya baju OR tapi punya beberapa celana training. Mencucinya biasa pake mesincuci, setrika juga biasa. Mungkin si mbak terlalu panas detrimasnnha sehingga salah sagu celana berkerut sepefgi bahan numputan hehe...


    ReplyDelete
  7. Wah terimakasih infonya mba bermanfaat. Kayanua aku harus beli baji olahraga dulu biar semangat olahraganya, hehe. Kadang akupun tidak memperhatikan label pakaian. Hiks

    ReplyDelete
  8. Aku kalau habis olahraga bajunya kan basah, biasanya aku cantolin aja gitu biar agak kering. Kalau udah kering baru deh dicuci

    ReplyDelete
  9. Nah, dulu aku sempat kecolongan nih.
    Mencampur pakaian olahraga dengan pakaian kotor lainnya.
    Bener tuh, bakteri langsung 'berpesta'
    Tapi sudah terlambat, apa mau dikata
    Pelajaran mahal buat aku, mba

    Sekarang aku lakukan sama seperti yang mba HM Zwan.
    Biasanya aku gantung dulu, biar kering keringatnya, karena aku punya jadwal mencuci guna menghemat air, hahaha.

    Tapi sebisa mungkin, besoknya langsung dicuci

    ReplyDelete
  10. Oh, jadi tidak perlu disetrika dan jangan digantung. Hmm.. aku selalu menyetrika (terlalu rajin) dan menggantung baju olahraga, pantesan, cepet kendor bajunya. Di bagian leher suka 'nglembreh'. Aduh apa ya bahasanya yang pas di leher, jadi kendor..

    ReplyDelete
  11. Naah hampir semua aku ga tahu nih
    Tetep disetrika dan digantung...
    Dan diperlakukan layaknya baju2 lain
    Walah2... pantesan jd cepet buluk dan kendor ya

    ReplyDelete
  12. Hihi kadang aku suka lupa merendam baju olharaga lebih dari 30 menit bahkan pernah seharian.

    ReplyDelete
  13. Selama ini baju olahragaku malah kusterika, thanks buat infonya mbak...

    ReplyDelete
  14. Aku ga punya baju olahraga nih mba heheheh, adanya kaos-kaos gitu. tapi pas jaman sekolah aku punya banyak baju olahraga, dan aku rawat bange biar awet. Alhamdulillah sampai sekarang masih ada, meski kedodoran.

    ReplyDelete
  15. Kadang lupa baca label petunjuk penggunaan dan perawatannya jadi rusak deh bajuku huhu

    ReplyDelete

Canva Magic Write