Bertekad Menjalani Pola Hidup Sehat di Tahun 2018

T ahun 2017 akan berakhir dalam hitungan hari. Hanya beberapa hari lagi tahun ini akan meninggalkan kita. Rasanya tak ingin beranjak dar...


Tahun 2017 akan berakhir dalam hitungan hari. Hanya beberapa hari lagi tahun ini akan meninggalkan kita. Rasanya tak ingin beranjak dari tahun yang telah banyak mengisi cerita dalam hidup. Tapi waktu terus berjalan seiring dengan pergantian siang dan malam, dengan tumpukan harapan dan doa. Siklus kehidupan harus dinikmati, jangan berpuas diri dengan posisi puncak yang telah digapai dari hasil jerih payah pencapaian. Masih banyak yang meski saya raih di tahun yang baru nanti. Yups, My Resolution 2018.

Tahun 2018 nanti saya bertekad akan lebih peduli dengan kesehatan, dan harus menjalani pola hidup sehat. Ini saya lakukan disamping usia yang terus bertambah juga untuk mengimbangi produktifitas. Beberapa bulan belakangan ini saya sangat mensyukuri perubahan positif pada pencernaan saya. Ini karena saya mulai komit untuk hidup sehat. Oh ya saya punya gejala wasir yang kalau lagi kambuh sakitnya luar biasa. Gejala wasir yang saya alami sejak beberapa tahun lalu sangat mengganggu aktifitas sehari-hari saya. Benar-benar bikin nggak nyaman.

Entah kenapa tahun ini penyakit yang sangat mengganggu ini sering kambuh. Saat konsultasi dengan adik sepupu yang berprofesi sebagai dokter, saya diperingatkan agar banyak berisitirahat. Terutama harus banyak minum air putih, kurangi makanan yang pedas, jangan terlalu banyak duduk, banyak konsumsi sayur dan buah, juga olah raga ringan. Kalau terus-menerus kambuh ntar bisa bahaya dan mengganggu aktifitas. Deg-degan sih sewaktu dibilang bisa membahayakan, tapi memang harus benar-benar peduli dengan diri sendiri. Kalau tubuh sudah memberi sinyal segera istirahat jangan memaksakan diri, pesan adik sepupu kepada saya. Dan jangan lupa konsumsi juga vitamin yang bagus untuk mempercepat masa penyembuhan.

Iya sih baru beberapa bulan ini saya mulai mengontrol asupan makanan juga buah dan banyak minum air putih. Selain pencernaan lancar gejala wasir pun nggak kambuh lagi. Saya harus benar-benar tahan godaan terutama dengan makanan. Sama sekali nggak pernah makan yang pedas-pedas lagi, ngurangi makanan berminyak. Setiap hari lebih banyak makan buah terutama pepaya biar pencernaan lancar. Makanya sekarang stok buah khususnya pepaya selalu ada.



Resolusi 2018: Pola Hidup Sehat Yang Mudah dan Efektif 

Langkah pertama yang harus saya lakukan adalah pola hidup aktif dengan berolahraga. Nggak mesti olahraga berat yang penting intensitas nya sering. Ini saya terapkan dalam aktifitas sehari-hari, misal saat mengikuti event blogger saya memilih menggunakan tangga bukan lift. Kalau event diadakan nggak begitu jauh dari stasiun kereta, saya lebih memilih berjalan kaki daripada naik ojek yang penting setiap hari jumlah langkah semakin meningkat. Liburan pun lebih milih yang outdoor dan tour nya keliling naik sepeda.


Kurangi minuman bersoda dan kopi karena sehabis konsumsi ini pasti perut langsung bereaksi huhu nggak enak banget deh perut nggak bisa diajak kompromi. Ntar kalau mules-mules wasir pun nggak mau ketinggalan ikut-ikutan mengulah. Setelah baca-baca majalah kesehatan ternyata minuman yang saya sebut diatas mengandung zat-zat stimulan yang menyebabkan naiknya asam lambung.

Pola makan seimbang. Ini penting banget, saya harus konsumsi asupan nutrisi yang baik. Makan sebanyak lima kali sehari dengan porsi kecil selain pencernaan sehat juga untuk menjaga kestabilan gula dalam darah. Dari beberapa workshop dan seminar yang saya ikuti minimal dalam satu piring jumlah sayur dan buah harus lebih banyak daripada makanan pokok (seperti nasi) dan jumlah lauk (misalnya tahu, tempe atau daging). Ini jadi catatan penting! Karena kalau lagi makan diluar suka bablas dan diabaikan.

Hadapi stres. Sebagai blogger yang namanya stress nggak bisa dihindari. Harus publish tulisan sebelum deadline, tapi ide menulis belum juga muncul, benar-benar membuat stres. Ditambah lagi kalau lagi kerja tiba-tiba jaringan internet lemot, duh nambah problem deh. Awalnya memang sulit mengelola stres sih, tapi lama kelamaan harus dihadapi dan stres harus di kelola. Caranya saya harus berpikir positif ketika masalah tiba-tiba datang disaat pekerjaan lagi banyak. Kemudian harus introspeksi diri, ini pekerjaan saya jadi harus lakukan dengan sepenuh hati. Dan buat skala prioritas jadi nggak menumpuk pekerjaan yang akhirnya bikin stres.

Selanjutnya usahakan istirahat di sela-sela pekerjaan menulis blog apalagi kalau dikejar deadline. Saya mengurangi begadang dan  nggak mau kebablasan kerja hingga menganaktirikan istirahat. Saya ini suka maksain diri, sebenarnya nggak bermaksud maksain tapi memang suka keasyikan kalau lagi nulis apalagi didukung mata yang melek terus. Dibawa tidur nggak merem jadinya lanjut ngidupin komputer dan nulis lagi. Pernah nulis sampai pagi dan tidur cuma satu jam, itu pun karena suami bangun dan lihat saya masih di depan komputer, disuruh tidur deh hehe. Memang sakit nya nggak langsung, beberapa hari kemudian baru berasa. Enggak lagi deh begadang, efeknya saya harus bedrest seminggu di rumah. Yang ada pekerjaan malah tambah terbengkalai karena sakit. Duh, kalau bisa sakit jangan kelamaan.



Kalau Sakit Jangan Lama-Lama, Konsumsi Theragran-M Vitamin yang Bagus untuk Masa Penyembuhan

Biar sakitnya nggak kelamaan saya buru-buru konsumsi Theragran-M. Biasanya kalau sakit dan lagi masa penyembuhan saya sedia Theragran-M, ini juga anjuran dari adik sepupu yang dokter. Kata adik saya kalau sakit jangan lama-lama harus makan vitamin untuk penyembuhan. Karena selama sakit makan juga kurang selera makanya bawaan badan lemas. Dan tubuh seperti belum siap berfungsi seperti sedia kala. Theragran-M kandungannya cukup lengkap, ada vitamin dan mineral. Kombinasi Multivitamin (Vit A, Vit B, Vit C, Vit D, Vit E) dan Mineral esensial (seperti Magnesium dan Zinc) di dalam Theragran-M terbukti meningkatkan, mengembalikan dan menjaga daya tahan tubuh, serta mempercepat proses penyembuhan.


Theragran-M, Vitamin yang Bagus untuk Masa Penyembuhan
Konsumsi vitamin juga nggak boleh berlebihan karena khawatir ada zat lain yang justru hilang. Makanya konsumsi Theragran-M cukup satu kali sehari saja, bisa di konsumsi sebelum atau sesudah makan. Kalau teman-teman suka merasa was was dengan kandungan obat apakah halal, jangan khawatir karena ada logo MUI pada kemasannya dan sudah terdaftar di BPOM. Lagian Theragran-M ini sudah diresepkan para dokter sejak tahun 1976 dan berarti sudah hadir selama 40 tahun jadi saya semakin percaya dan recommended juga buat teman-teman yang sedang menjalani masa pemulihan.

Well, kembali ke pola hidup sehat, nggak sulit sebenarnya untuk menerapkan pola hidup sehat sebagai Resolusi saya di tahun 2018, yang penting ada kemauan dan tekad yang kuat untuk hidup sehat dan bugar. Ini Resolusi 2018 saya, bagaimana dengan kalian teman-teman?


Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Theragran-M.








You Might Also Like

27 comments

  1. Semangattttttt.... Butuh pengawas gak? Hahaha

    ReplyDelete
  2. aku paling susah nih mba...resolusi hidup sehat. selalu gagal wkwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku sebelumnya juga gitu, tqpi kali ini wajib mbak karena udah ngerasain sakitnya nggak enak banget :)

      Delete
  3. Aduh, itu yang lumayan susah menang, makan dan minuman manis.. aku juga mau mengurangi makan makanan dan minuman manis dan bersoda di tahun 2018. Semoga berhasil ya mba Amin

    ReplyDelete
  4. Senang banget baca resolusi teman-teman di tahun 2018 nanti, sebagian besar pada pengen hidup sehat. Toppp..semoga terlaksana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siip..setiap resolusi yang ditulis memang butuh usaha untuk menjalankannya, seperti menahahan godaan makanan enak tapi nggak cocok di perut huhu

      Delete
  5. Sama ya mbak, my 2018 resolution sehat dan bugar dengaan makanan sehat dan olahraga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nuh pengennya sehat terus biar bisa beraktifitas dan lebih produktif lagi di tahun 2018

      Delete
  6. Pola hidup sehat ini yang harus dibiasakan sejak sekarang. Aku nggak nunggu 2018 hihi, udah mulai beberapa bulan lalu rutin sepedaan seminggu sekali. Mau nambah porsi dengan senam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau menjaga makanan sudah mulai beberapa bulan ini juga sih mbak, tapi 2018 harus lebih ketat lagi memang :)

      Delete
  7. Ayo semangat..semangat 2018 pola hidup sehat, aku pom2 dari Bandung, siap menyemarakan pola idup sehat.

    ReplyDelete
  8. Semangat hidup sehat! Menjaga kesehatan memang penting bgt ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penting mbak, aku ngerasain sakit seminggu duuuh gimana gitu rasanya bener-bener nggak enak. Makanya ini harus semangat hidup sehat. Makasi ya mbak.

      Delete
  9. Sehat selalu dan terwujud resolusinya yaaa

    ReplyDelete
  10. Semangat untuk menerapkan pola hidup sehat mbak..

    ReplyDelete
  11. Yaa sama mbak tahun 2018 juga resolusi saya untuk hidup lebih sehat. Pengen rajin olahraga lagi kayak dulu, tapi mulainya butuh effort banget deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup sama mbak, benar-benar buh effort :D

      Delete
  12. Aku kopi udah jarang minum, tapi minuman bersoda masih suka bangte haha.
    Ya ya, tahun depan insyaAllah lbh baik lagi dalam jaga kesehatan aamiin :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku minuman bersoda udah nggak sama sekali mbak, nggak berani soalnya perut nggak kuat hihi

      Delete
  13. Ini bisa diminum utk ibu menyusui juga ngga ya. Pingin euy, buat jaga stamina

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya konsultasi dokter dulu aja say sebelum dikonsumsi :)

      Delete
  14. Meskipun blm lama konsumsi Theragran-M tapi manfaatnya sangat berasa :)

    ReplyDelete