Belajar SEO dan Content Writer Bareng CNI

B elajar itu nggak ada habisnya, ilmu harus terus dicari dan di kejar nggak boleh ketinggalan, ini prinsip saya. Makanya setiap ada even...


Belajar itu nggak ada habisnya, ilmu harus terus dicari dan di kejar nggak boleh ketinggalan, ini prinsip saya. Makanya setiap ada event yang didalamnya ada workshop, seminar atau sekadar sharing selama sarat ilmu saya pasti ikutan. Termasuk sewaktu CNI mengadakan workshop mengenai SEO yang materinya dibawakan oleh mas Niko Riansyah, CNI Digital Marketing Specialist dan Content Writer yang dibawakan oleh teh Ani Berta. Kedua materi ini terus terang belum saya kuasai, meski sudah pernah mengikuti materi yang sama saya anggap ini semakin melatih kemampuan dan teknik menulis. Termasuk bagaimana agar orang banyak mengunjungi blog saya dan peluang lain selain blog yakni menjadi content writer.

Meski CNI adalah bisnis Multi Level Marketing (MLM), CNI telah beradaptasi dengan dunia digital yakni digital marketing. Makanya CNI sering mengadakan blogger gathering sambil sharing mengenai digital marketing, tips bersosial media, tips bagaimana agar konten sosial media menarik agar follower nggak jenuh dan informasi mengenai dunia digital termasuk dunia blogging. Dalam blogging ada yang namanya teknik SEO, dimana dengan teknik ini tulisan kita bisa muncul di halaman pertamanya Google. Keuntungannya blog kita akan lebih mudah dicari dan mendatangkan banyak pengunjung, siapa yang nggak mau ya kan.

Niko Riansyah


Perbedaan SEO dan SEM


Menurut mas Niko ada dua cara agar blog kita muncul di halaman pertama nya Google, yakni dengan SEO dan SEM.  SEO (Search Engine Optimization) merupakan perangkat penelusur informasi dari dokumen-dokumen yang tersedia. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkatan akurasi atau pun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut hits. singkatnya SEO itu lebih organik, gratis, hasil pencarian muncul berdasarkan ranking website berdasarkan kualitas konten dan update konten website.

Sedangkan SEM (Search Engine Marketing) adalah bentuk pemasaran internet yang melibatkan promosi situs web dengan meningkatkan visibilitas mereka di laman hasil penelusuran melalui pengoptimalan dan periklanan. SEM mencakup taktik SEO serta beberapa taktik pemasaran penelusuran lainnya. SEM dikenal juga dengan istilah mesin oencari berbayar. SEM biasanya lebih mengandalkan ikkan berbayar seperti Google Adwords, Google Display Network, Bing Ads, dsb. Dengan SEM sius web bisa langsung berada di urutan paling atas mesin pencari tanpa perlu melakukan optimasi halaman seperti yang dilakukan pada SEO. Dengan SEM kita juga bisa menentukan target audiens yang sesuai dan relevan dengan situs web kita. Pembayaran SEM biasanya dilakukan dengan metode PPC atau Pay Per Click dimana kita akan membayar berdasarkan berapa banyak situs web yang kita miliki di klik oleh pengunjung.


On-Page SEO dan Off-Page SEO

Pernah dengar istilah On-Page dan Off-Page dalam sistem SEO? Jadi On-Page adalah langkah SEO yang dilakukan di dalam blog dengan cara memperbaiki isi dan tampilan blog. Ada 5 langkah yang bisa dilakukan yaitu: 

1. Struktur Website

Pastikan memasukkan meta tag seperti keyword secara alami ke dalam tag judul, deskripsi meta, dan keyword meta. Selain itu lengkapi dengan format H1-H6, deskripsi image alt-text, dan internal links.

2. Format Url

Susun format Url halaman blog atau website kita, misalnya geraicni.com/blog/seo-vs-sem bukan geraicni.com/blog?id=4.

3. Optimalkan Kecepatan Website

Tingkat bouncing yang tinggi adalah karena hasil kecepatan loading halaman. Jadi usahakan perbaiki waktu pemuatan halaman. Sebaiknya waktu terbaik saat loading time maksimal lima detik. Kalau loading halaman web kita terlalu lama selain bounce rate tinggi juga membuat pengunjung nggak betah menunggu. 

4. Update Konten Website

Rajin-rajin meng-updtade konten blog/web secara teratur. Blog itu ibarat rumah sendiri meski sering-sering dirapikan dan diurus. Blog yang lama tidak di update akan dideteksi mesin pencari sebagai entitas "mati".

5. Konten Yang Berkualitas

Buat konten yang menarik dan informatif agar pengunjung tertarik berkunjung ke blog kita dan betah berlama-lama di blog kita. Kalau pengunjung banyak mampir di blog kita ini menandakan blog kita memiliki konten yang bermanfaat dan berkualitas.



Off-Page SEO adalah langkah yang dilakukan di luar blog kita. Berikut langkah-langkah nya: 

1. Membangun Backlink

Semakin banyak backlink blog kita berada di blog atau web orang lain berarti blog kita semakin dipercaya. Kita bisa bekerjasama dengan teman sesama pemilik blog atau web untuk saling bertukar backlink.

2. Blogging

Kontribusi blog di situs web yang memiliki otoritas tinggi dalam pencarian SEO.

3. Submit Url Website

Submit url website ke Search Engine Submission seperti Google, Yahoo (Bing), Amazon, dll. Ada sekitar 300 mesin pencari yang bisa kita submit, jadi nggak hanya google.

4. Social Media

Biasakan sharing artikel tulisan ke social media kita seperti Facebook, Twitter, Google+, Pinterest, dll agar orang lain mengetahui blog kita.

5. Perpanjang Domain Hinga 2-3 Tahun

Dengan memperharui domain kita selama dua sampai tiga tahun ini akan membantu memberikan kredibilitas dan otoritas domain kita.

Mas Niko sudah berbagi tips dan trik bagaimana agar blog kita bisa berada di page one Google dan bagaimana agar blog banyak dikunjungi.  Meski benar-benar serius nih belajar SEO nya biar berhasil.


Menjadi Content Writer

Pertumbuhan era digital saat ini membuat kebutuhan orang-orang akan informasi semakin meningkat. Untuk itulah sekarang banyak perusahaan atau organisasi yang memerlukan informasi dan mempublikasikan kegiatan. Kadang meskipun ada pegawai atau staff yang bekerja di perusahaan tersebut belum tentu mereka bisa menulis untuk membuat informasi dan publikasi kegiatan di web. Makanya kebutuhan akan penulis juga meningkat, inilah yang disebut content wrtiter.

Sebagai penulis kita menjadi jembatan ilmu pengetahuan, sebagai perpanjangan tangan dari informasi yang pernah kita dapatkan. Kalau mau jeli, banyak loh peluang untuk menjadi content writer. Jadi jangan fokus di blogging saja, sekali-kali keluar dari zona nyaman seru juga kata teh Ani Berta. Peluang menjadi content writer itu banyak, bisa freelance di media cetak maupun online atau jadi kontributor di website suatu perusahaan.

Ani Berta
Kalau sudah beehasil menjadi content writer jangan lupa ya apa tujuan kita menjadi content writer, untuk mencari penghasilan atau sukarela. Sebaiknya kalau kita masih menjadi pemula dan belum punya pengalaman, bisa dengan sukarela menjadi content writer suatu yayasan, hitung-hitung amal lah ya. Seiring waktu kalau kita sudah memiliki pengalaman dan jam terbang tinggi kita bisa mengajukan proposal ke beberapa perusahaan dengan melampirkan portofolio. Jangan sekali-kali belum mampu jadi content writer tapi sudah sebar proposal, daripada ntar jadi malu-maluin karena belum punya pengalaman.

Memiliki blog sendiri tentu gaya tulisan ya kita banget. Berbeda dengan content writer, gaya penulisan harus disesuaikan dengan ciri khas web atau portal perusahaan tersebut jangan pakai gaya sendiri apalagi pakai bahasa alay.  Lebih bagus lagi pilih kategori tulisan yang benar-benar kita kuasai. Jangan pernah melakukan plagiat atau copas tulisan orang lain, harus konten positif tulisan sendiri. Agar banyak mendapat wawasan sering-sering berburu konten dengan mengikuti berbagai workshop ataupun seminar, mengikuti talkshow, mewawancarai narasumbernya, membaca majalah atau mengikuti diskusi di suatu event. Kalau saat menulis kita stuck berarti kita kurang wawasan.

Sebelum menulis artikel sebaiknya buat schedule, seperti mengatur ritme tulisan sesuai yang diminta oleh klien, kemudian buat outline agar nantinya kita mudah mengembangkan tulisan. Kemudian persiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk konten seperti text, video, gambar, atau infografis. Oh ya, jangan lupa share tulisan kita di sosial media kita biasr dibaca banyak orang.


Senang ikutan event yang diadakan CNI ini, jadi nambah ilmu dan wawasan. Semakin ingin berbenah blog juga pengen mengembangkan sayap mencoba jadi content writer. Big thanks buat CNI, mas Niko, dan teh Ani semoga nggak bosan berbagi ilmu.



You Might Also Like

8 comments

  1. Ilmu banget nih buat saya, makasih banyak mbaaak sharingnya. Saya baru tau kalau perpanjang domain aja berpengaruh hhehehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mbaak..aku pun baru tau domain diperpanjang berpengaruh karena ikutan workshop bareng CNI ini :)

      Delete
  2. seru banget acaranya. padat ilmu. kapan yaa ada di kota lain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah-mudahan CNI mengisi kegiatan seperti ini di kota lain juga ya..

      Delete
  3. Makasih sharingnya ya mbak, sangat bermanfaat :)) Pengen juga ada acara kaya gni d tempatku hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga CNI ngadain acara yang sama di kotanya mbak Muthi yaaa..

      Delete
  4. duh eventnya bikin mupeng, makasih mba tutty udah di sharing ilmunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mbak semoga bermanfaat yaa :)

      Delete