Indonesia Menjadi Tuan Rumah Asian Para Games 2018

Indonesia Menjadi Tuan Rumah Asian Para Games 2018. Asian Para Games adalah olimpiade olahraga untuk penyandang disabilitas. Ini adalah ...


Indonesia Menjadi Tuan Rumah Asian Para Games 2018. Asian Para Games adalah olimpiade olahraga untuk penyandang disabilitas. Ini adalah event ketiga kalinya diadakan dimana sebelumnya diadakan di Guangzhou, China dan di Incheon, Korea.

Teman-teman pernah menyaksikan langsung bagaimana saudara-saudara kita penyandang disabilitas bertanding di arena olahraga? Kalau belum tahun 2018 adalah kesempatan bagi kita masyarakat Indonesia untuk menyaksikan bagaimana semangat mereka untuk bisa berkompetisi di ajang Asian Para Games bertaraf internasional. Asian Para Games diselenggarakan dengan tujuan memberikan kesempatan kepada para atlet difabel agar bisa berkompetisi sama seperti atlet normal lainnya.

Asian Para Games (APG) 2018 adalah ajang empat tahunan sekali, kali ini akan diadakan tanggal 6 - 13 Oktober 2018 di Indonesia tepatnya di Jakarta. Indonesia adalah negara pertama di Asia Tenggara yang terpilih untuk menyelenggarakan Asian Para Games, ini suatu kehormatan bagi Indonesia tentunya. Dengan slogan "The Inspiring Spirit and Energy of Asia" dimana tema ini menjelaskan bahwa para atlet difabel juga mempunyai semangat dan kemampuan luar biasa untuk berkompetisi. APG 2018 hadir dengan empat misi yakni determination, courage, equality, dan inspiration. Keempat misi ini diharapkan dapat menjadi tekad kuat dan kepercayaan diri para atlet dalam menghadapi segala tantangan, baik fisik maupun mental.

Saya dan Momo
Biasanya di ajang olahraga seperti ini ada kehadiran maskot. Nah, maskot APG 2018 terinspirasi dari Elang Bondol yang diberi nama Momo (Motivation and Mobility). Ini sesuai dengan slogan yang kuat, dimana ada kesetaraan dalam kehidupan bermasyarakat serta menjadikan atlet penyandang disabilitas sebagai sumber inspirasi dan motivasi.

Yang namanya jadi tuan rumah persiapan pun mulai dilakukan dari sekarang. Indonesia 2018 Asian Para Games Organizing Committee  (INAPGOC) sudah melakukan tahapan persiapan untuk APG 2018, termasuk melakukan sosialisasi. Seperti beberapa hari lalu saya mengikuti sosialisasi Asian Para Games yang diadakan di area Broadway Sumarecon Mall Serpong. Saya dan teman-teman blogger disambut hangat oleh tim INAPGOC dan berkesempatan ngobrol bareng mbak Ratri yang merupakan bagian dari public relation nya INAPGOC. Menurut mbak Ratri sosialisasi ini sedang dijalankan pada 20 titik di 16 kota di Indonesia diantaranya  Medan, Palembang, Batam, Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Solo, Surabaya, Bali, Makassar, Samarinda, dan Ambon.

Mbak Ratri (tengah)
Sosialisasi dilakukan agar masyarakat mengenal Asian Para Games 2018, semakin tinggi ketertarikan masyarakat maka akan semakin besar pula keinginan masyarakat untuk bisa menyaksikan langsung maupun tidak langsung. Harapannya agar masyarakat bisa memberikan apresiasi. Kegiatan sosialisasi APG 2018 juga dilakukan melalui media masa, kegiatan offline, maupun media sosial.

Oh ya, Indonesia akan menerima kehadiran para atlet penyandang disabilitas yang berjumlah sekitar 3000 orang dari 43 negara di Asia anggota dari Asian Paralympic Committee. Selama delapan hari ada 18 cabang olahraga dengan 582 nomor pertandingan yang akan dilombakan. Atlet yang ikut para games mulai dari atlet dengan gangguan kekuatan otot, keterbatasan jangkauan gerakan, kekurangan anggota tubuh (amputasi), gangguan penglihatan sampai keterbelakangan intelektual. Salut deh dengan para atlet difabel, semoga semangat kalian dilihat dan ditiru oleh teman-teman yang sering nggak pede dengan dirinya sendiri. Jangan lupa nonton pertandingannya yaa....! Yang mau jadi volunteer APG 2018 kunjungi www.ina2018apg.id.









You Might Also Like

14 comments

  1. Banyak juga ya penyandang disabilitas yang ikut bertanding nanti. Salut dengan dedikasi dan perjuangan mereka. Asik nih Indonesia bisa jadi tuan rumah kegiatan olahraga yang sangat spektakuler.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak mbak, aku juga baru tau kalau ada Asian Para Games ini pun karena diadakan di Indonesia, sebelumnya nggak tau :)

      Delete
  2. sosialisasi kegiatan semacam ini penting diketahui khalayak biar acara makin meriah. Biar tahu banyak orang hebat yang ikut perlombaannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa...dan kita beri support untuk mereka saat bertanding nanti yaa

      Delete
  3. salut banget sama para atlit para games ini. inspiratif bgt

    ReplyDelete
  4. Coba nanti aku kunjungi websitenya, penasaran..he
    Seru juga ya, melihat secara langsung. Serasa jadi termmotivasi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuk nomton langsung atau sekalian ikutan jadi volunteer nya

      Delete
  5. Nah bener nih, harus disosialisasikan mulai dari sekrang ya meskipun acaranya masi berlangsung tahun depan di bulan Oktober. Salut deh sama para atlet yang pastinya akan bekerja keras demi nama baik negaranya ya mbak. Duhh senangnya Indonesia bisa juga jadi tuan rumah. Semoga berhasilll yeayyyy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk banyak-banyak share tentang event nya biar banyak yang tau :)

      Delete
  6. Maskot ny lucu ya, semangat buat para atlet disabilitas. Indonesia bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Elang Bondol hehe .. harus semangat, yuk kita dukung.

      Delete
  7. Sosialisasi ini ada di Palembang juga. Semoga semua masyarakat bisa mendukung acara dan para atlet.

    ReplyDelete

Canva Magic Write