Oleh-Oleh Kunjungan Virtual ke Booth Asuransi Prudential di FinExpo BIK 2021

Kunjungan Virtual ke Booth Asuransi Prudential di Financial Expo Bulan Inklusi Keuangan 2021 S ejak tahun 2016 setiap bulan Oktober dipering...

Asuransi Prudential
Kunjungan Virtual ke Booth Asuransi Prudential di Financial Expo Bulan Inklusi Keuangan 2021

Sejak tahun 2016 setiap bulan Oktober diperingati sebagai Bulan Inklusi Keuangan (BIK) dan telah menjadi agenda tahunan. Tahun ini BIK kembali diadakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Tujuan diperingatinya Bulan Inklusi Keuangan untuk meningkatkan inklusi keuangan juga memberi edukasi literasi keuangan masyarakat Indonesia. Inklusi keuangan kita masih rendah. Berdasarkan hasil Survei Nasional Literasi Keuangan (SNLIK) OJK, indeks literasi keuangan Indonesia pada tahun 2019 mencapai 38,03% dan indeks inklusi keuangan mencapai 76,19 %. Dari angka ini terlihat belum sampai separuh masyarakat Indonesia yang belum memahami literasi keuangan, Maka dari itu Pemerintah mentargetkan tahun 2024 inklusi keuangan bisa mencapai 90%. Saya ikut mendoakan semoga target ini tercapai.

Dampak dari kurangnya literasi keuangan masih banyak masyarakat yang belum menyadari betapa pentingnya akses perbankan. Saya sendiri punya teman yang masih belum percaya dengan perbankan, belum pernah menabung sama sekali ke bank. Jadinya kalau transaksi suka ribet, nggak bisa transfer. Ujung-ujungnya numpang transfer pakai rekening orang lain. Kalau begini sih selain merepotkan diri sendiri juga orang lain. Ketakutan dan ketidak percayaan menabung di bank sebenarnya tidak beralasan khawatir uang hilang di bank, padahal menyimpan uang di rumah resiko nya juga cukup besar. Orang-orang seperti inilah yang harus mendapatkan edukasi keuangan.


Inklusi Keuangan adalah ketersediaan akses pada berbagai lembaga, produk, dan layanan jasa keuangan sesuai dengan kebutuihan dan kemampuan masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat (Peraturan OJK No. 76/POJK.07/2026 tahun 2016)


Financial Expo Bulan Inklusi Keuangan 2021

Tahun ini BIK diselenggarakan secara virtual oleh OJK mengingat Indonesia masih belum kondusif dari pandemi.  Pameran virtual Financial Expo Bulan Inklusi Keuangan 2021 sekaligus memperingati Hari Asuransi dengan tema “Literasi Asuransi untuk Negeri, Kenali-Pahami-Miliki”. FinExpo 2021 secara tidak langsung menjadi kampanye literasi yang masif dengan melibatkan masyarakat. 

Seru sekali pameran virtual FinExpo BIK 2021, setelah registrasi menjadi pengunjung di https://www.finexpo-bik2021.id saya langsung menuju booth asuransi dan mencari tau lebih banyak produk-produk asuransi, manfaat asuransi, tip-tip mengelola keuangan, webinar tentang keuangan, bahkan bisa dapat doorprize juga. 

Asuransi Prudential
Financial Expo Bulan Inklusi Keuangan 2021


Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) bersama dengan regulator serta pemangku kepentingan lainnya dalam keuangan non bank (IKNB) berkomitmen bersama dalam gelaran FinExpo BIK 2021 yang berlangsung tanggal 18 Oktober hingga 2 November 2021. AAJI dan anggotanya dari perusahaan asuransi jiwa dan reasuransi secara aktif melakukan edukasi keuangan dan asuransi secara daring di FinExpo BIK 2021. Kenapa selain keuangan, asuransi juga harus di literasi? Faktanya saat ini baru sekitar 6,5% penduduk Indonesia yang memiliki perlindungan asuransi jiwa. 

Asuransi jiwa merupakan cara efektif mengatur keuangan di masa depan alias keuangan jangka panjang. Selama pandemi kita semua bisa merasakan betapa efeknya benar-benar membuat hidup dalam ketidakpastian. Kehilangan pekerjaan, usaha mengalami kebangkrutan, sakit, meninggal, tidak da yang bisa memprediksi apa yang bakal terjadi di depan. Disinilah pentingnya asuransi jiwa untuk melindungi keluarga tercinta dari berbagai resiko di masa depan.

Makanya kampanye literasi keuangan dan asuransi ini menyasar generasi millennial, karena generasi ini adalah generasi penerus yang peranannya cukup besar dalam mendukung perekonomian bangsa.


Dapat Oleh-Oleh dari Kunjungan Virtual ke Booth Asuransi Prudential di FinExpo BIK 2021

Saya senang sekali berkunjung ke booth Prudential di FinExpo BIK 2021. Begitu masuk mata saya tertuju ke video yang berisikan paparan Merry Riana mengenai tip-tip berasuransi dan mengelola keuangan. Semakin penasaran, saya juga mengexplore produk-produk asuransi Prudential. 

Banyak pilihan produk asuransi Prudential yang bisa kita pilih dan disesuaikan dengan kebutuhan dan budget. Ada produk asuransi konvensional dan ada produk asuransi jiwa syariah. Pas banget, saya lagi pengen tau banyak mengenai asuransi jiwa syariah. 

Asuransi Prudential
Banyak pilihan produk asuransi yang ditawarkan oleh Prudential


Asuransi Jiwa Syariah yang ditawarkan oleh Prudential pun banyak pilihan, mulai dari proteksi kesehatan, pendidikan, kecelakaan, dll. Lagi-lagi tinggal disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan membayar premi tiap bulannya, jangan sampai terputus di tengah jalan.

Saya serasa dapat oleh-oleh setelah mengunjungi booth asuransi Prudential. Banyak insight yang saya dapatkan mulai dari perbedaan dari asuransi konvensional dan asuransi syariah, kemudian jadi semakin semangat untuk mengatur keuangan dengan benar. Persiapan itu penting, untuk memitigasi resiko yang bisa saja terjadi kapan saja dan dimana saja. 




You Might Also Like

25 comments

  1. walau dsri rumah tak mengurangi ilmu yg di dapat yaa...

    ReplyDelete
  2. Baru tau soal BIK. Dengan adanya bulan inklusi keuangan ini kita bisa jadi lebih paham mengenai produk keuangan yaa

    ReplyDelete
  3. Mudah2an tahun depan adalagi Financial Expo ini, supaya lebih banyak orang yang bisa dapat info akurat tentang produk dan tips keuangan. Biar makin pinter mengelola uang

    ReplyDelete
  4. Seru banget berkunjung ke berbagai virtual booth yang ada di FIN EXPO BIK ini ya mbak
    jadi makin paham dengan berbagai produk/jasa keuangan

    ReplyDelete
  5. Sebelum memutuskan membeli, jika website perusahaan asuransi menyediakan, lega juga Mbak kalau kita eksplor dulu semua jenis-jenis asuransi yang ditawarkan. Dari sana kelihatan deh, apa yang kita butuhkan, lalu menyesuaikan dengan budget

    ReplyDelete
  6. Asiikk banget kalo ada FINExpo semacam ini.
    apalagi dihelat secara online, siapapun bisa ikutan dong ya.
    moga2 thn depan ada lagi, nih
    beneran buka wawasan

    ReplyDelete
  7. Seru banget nih ikutan fiancial expo secara virtual kita jadi tahu banyak tentang berbagai produk Prudential walo sambil rebahan di rumah aja nih. Jadinya lebih nyaman dan leluasa yaaaah

    ReplyDelete
  8. Asik ..oleh-olehnya berfaedah banget ini kak..jadi tahu kalau finexpo tuh emang banyak edukasinya ya...

    ReplyDelete
  9. jelas banget yaa kalau main di boothnya Prudential jadi punya banyak ilmu baru tentang asuransi yg penting bagi diri dan keluarga ya mbak

    ReplyDelete
  10. Di saat pandemi ini semakin banyak yang jadi korban pinjol. Menurut saya salah satu penyebabnya juga karena minimnya literasi keuangan. Semoga aja expo finansial ini terus menyentuh masyarakat luas

    ReplyDelete
  11. wah makasih mba infonya <3 aku ketinggalan nih ga ikutan jalan2 di virtual booth fin expo 2021. tapi lumayan, bisa baca cerita dari temen2 yang ikutan, hihi..

    ReplyDelete
  12. Walaupun online tetap banyak ilmu dan wawasan baru yang kita dapatkan di booth prudential ya mbak jadi melek literasi keluangan sebagai ibu menteri keuangan di rumah penting banget nih memahami pentingnya asuransi, serta investasi..

    ReplyDelete
  13. Jd byk dpt ilmu ttg financial disini ya. N jd gak takut lg sm asuransi krn paham dg proteksi. Literasi keuangan mmg penting bangett sih

    ReplyDelete
  14. Boothnya Prudential, meski virtual banyak banget manfaatnya nih. Jadi lebih melek soal literasi keuangan ditambah lagi soal produk2 asuransi sesuai dengan kebutuhan

    ReplyDelete
  15. event literasi keuangan seperti ini penting banget nih jadi bisa membuka mata semua lapisan masyarakat tentang pentingnya pengetahuan dan pemahaman yang tepat terkait dengan pengelolaan keuangan

    ReplyDelete
  16. Alhamdulillah ya mbak bisa mengikuti Financial Expo BIK2021. Jadi tenang kalau ada asuransi syariah. tinggal disesuaikan saja kebutuhan asuransi kita apakah asuransi jiwa, kesehatan atau pendidikan. Kesemuanya sama pentingnya. jadi perlu dipertimbangkan skala prioritasnya yaa.

    ReplyDelete
  17. Produk asuransi prudential itu banyak banget ya Mak, aku penasaran sama asuransi syariahnya

    ReplyDelete
  18. Kalau abis jalan ke financial expo walaupun dilakukan secara virtual pasti dapat banyak insight ya mbak soal produk2 keuangan gtu.
    Wah ternyata Prudential juga ikutan acaranya ya. Pasti banyak informasi ttg gmn asuransi yaa.

    ReplyDelete
  19. Nah yaa..
    Kalau habis webinar tuh rasanya, cliink...dapat inspirasi yang membuat cerah. Apalagi menyangkut literasi keuangan yang digunakan setiap hari. Harus kembali di refresh.

    ReplyDelete
  20. Semoga 2024 benar-benar bisa tercapai ya inklusi keuangan hingga 90%.aamiin. Dan perbedaan berbagai jenis asuransi ini memang banyak yang belum tahu

    ReplyDelete
  21. kreatif banget sih prudential nih, meski pandemi tetap bisa hadrkan kegiatan edukasi untuk masyarakat dan ini bermanfaat juga buat saya jadi nambah ilmu dan wawasan

    ReplyDelete
  22. Seru banget nih jalan-jalan virtual lihat berbagai booth virtual produk keuangan ya, jadi dpt banyak insight keuangan, aku aja belum puas lihat2nya ��

    ReplyDelete
  23. wah ternyata masih ada yang nggak punya rekening di bank sekarang. padahal sekarang banyak transaksi yang memerlukan rekening bank buat penyelesaiannya.

    ReplyDelete
  24. Bagus banget acara yang digelar dalam rangka BIK ini, saya kebetulan juga mengikuti. Jadi bisa tambah ilmu lagi..

    ReplyDelete
  25. Seru jg event begini ya mak jadi kayak maen ke booth2 event gt
    Duh kangeennn
    Tambah ilmu juga biar melek asuransi dan tau keuangan sendiri

    ReplyDelete

Canva Magic Write