Play ‘N’ Learn Active Edu Fun di Centre Point Medan

Main dan belajar di Play 'N' Learn Centre Point Medan H ai Moms ! Luar biasa ya pandemi ini sudah hampir dua tahun kita lewati. Bany...

Play 'N' Learn Centre Point Medan
Main dan belajar di Play 'N' Learn Centre Point Medan
Hai Moms! Luar biasa ya pandemi ini sudah hampir dua tahun kita lewati. Banyak suka duka, terutama banyak hikmah juga yang bisa kita petik dari pandemi. Semoga kita masih semangat untuk tetap beraktivitas ya moms. Untung level PPKM di beberapa kota sudah diturunkan dan tentunya kita diberi kelonggaran untuk ke luar rumah. Saya sendiri beberapa waktu lalu mengajak keluarga ke Play ’N’ Learn Centre Point Medan tepatnya berada di Lantai 3. Tapi sejak ke luar rumah,  kemudian masuk mall, sampai kembali ke rumah kami tetap mematuhi protokol kesehatan. Jujur nih, ini pertama kalinya ngajak ponakan masuk mall selama pandemi. Alhamdulillah semua pengunjung mall taat protokol kesehatan jadi sama-sama menjaga antara yang satu dengan yang lain.

Ngomong-ngomong moms sudah pernah dengar Play ‘N’ Learn? Kalau moms belum tahu atau sudah pernah dengar tapi belum pernah berkunjung kesini, saya mau share pengalaman saya bareng suami dan ponakan selama dua jam penuh berkunjung ke Play ‘N’ Learn.

 

Play ‘N’ Learn Tempat Bermain dan Belajar

Play 'N' Learn Centre Point Medan
Mandi Bola di Play 'N' Learn 

Play ‘N’ Learn merupakan tempat bermain dan belajar. Disini anak-anak nggak hanya diajak bermain tetapi juga belajar. Jadi tempat ini menjadi alternatif, anak selain main juga mendapat edukasi. Kalau sekadar tempat bermain saja semua orangtua pasti sudah pada tahu, tapi kalau bermain dan belajar bisa didapatkan di Play ‘N’ Learn.

Seperti paparan saya di awal, saya mengunjungi Play ‘N’ Learn di kota Medan tepatnya di Mall Centre Point yang baru saja dibuka 15 Oktober 2021. Play ‘N’ Learn memiliki total 16 cabang di seluruh Indonesia. Di Medan sendiri Play ‘N’ Learn ada di 3 tempat yakni Sun Plaza, Plaza Medan Fair, dan Mall Centre Point. Nah, di Mall Centre Point ini adalah Play ‘N’ Learn yang pertama kalinya dengan konsep Active Edu Fun. Sedangkan Play ‘N’ Learn di cabang-cabang lain konsepnya Active Kids Healthy Kids. Oh ya, Play ‘N’ Learn ini targetnya untuk anak-anak usia 1-12 tahun ya.

Play ‘N’ Learn Centre Point Medan
Bermain Trampolin

Yang membedakan Play ‘N’ Learn Centre Point Medan dengan yang lain selain konsep juga warna. Di Centre Point, Play ‘N’ Learn warna-warna yang digunakan untuk interiornya didominasi warna-warna terang dan warna pastel. Warna-warna ini kalau saya perhatikan benar-benar memancing semangat anak-anak. Tak hanya membuat anak aktif tapi juga membuat anak-anak mau belajar, mendapatkan edukasi dari kakak-kakak Star Mentor. 

Play ‘N’ Learn Centre Point Medan
Bermain pasir-pasiran yang terbuat dari potongan kayu-kayu kecil

Tempat bermain anak-anak dibuat senyaman mungkin. Tiang-tiang penyangga untuk permainan dilapisi busa dengan tujuan anak-anak secure saat terbentur. Di setiap area permainan juga ada kakak-kakak yang mengawasi bila terjadi sesuatu pada anak-anak. Selain itu anak-anak juga nyaman bermain karena tetap merasakan kehadiran orangtua bersamanya. Kecuali saat anak-anak mengikuti Star Programmes.

Play 'N' Learn Centre Point Medan
Menemani anak bermain di Play 'N' Learn Centre Point Medan
 

Apa Itu Star Programmes?

Play ‘N’ Learn Active Edu Fun memberikan edukasi kepada anak-anak melalui Star Programmes. Star Programmes adalah program khusus yang dirancang oleh para ahli Pakar Pendidikan Singapura dengan mengintegrasi konsep kecerdasan majemuk. Si kecil yang mengikuti Star Programme akan belajar life-skills untuk mengasah kecerdasannya agar bisa berpikir lebih kreatif dan kritis. Targetnya hanya untuk anak-anak usia 4-6 tahun.

Anak-anak mengikuti Star Programme

Star Programme mengikuti kurikulum STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Math) dengan tujuan membentuk pola pikir anak agar selalu kreatif, kritis, dan inovatif. Di Play ‘N’ Learn Active Edu Fun ada 6 Star Programmes, diantaranya:

  1. Little Star Builder: belajar mengeksplorasi dan mengkomunikasikan ide secara visual untuk keberhasilan proyek
  2. Little Star Designer: belajar dan bermain dengan warna dan cahaya untuk membuat karya mereka sendiri
  3. Little Star Scientist: belajar menemukan kekuatan listrik, sumber energi, dan energi alternatif melalui eksperimen dan proyek interaktif
  4. Little Star Engineer: belajar mempelajari konsep teknik dasar kekuatan, keseimbangan, dan transfer energi
  5. Little Star Performer: belajar seni pertunjukkan tentang ilmu suara, musik, nada, dan alat musik yang berbeda
  6. Little Star Coder: belajar memahami bahwa kode adalah sekumpulan instruksi yang memberitahu komputer apa yang harus dilakukan

Sebelum memasuki Play ‘N’ Learn Centre Point Medan, saya terlebih dahulu berkunjung ke web https://midas.activeedufun.com/ untuk melakukan registrasi dan untuk menemukan kecerdasan dan gaya belajar si kecil. Dalam isian MIDAS kita diminta menjawab apa saja kesenangan si kecil berdasarkan pengamatan kita sebagai orangtua.

MIDAS dirancang sebagai cara cepat untuk membantu mengidentifikasi dan memahami karakter intelektual seseorang menurut Teori Kecerdasan Ganda atau multiple intelligences yang dicetuskan oleh Howard Gardner. Dimana dalam teori ini menggabungkan potensi-potensi yang ada di otak kanan dan otak kiri sehingga potensi tersebut berjalan optimal.

Di Play ‘N’ Learn Centre Point menggunakan teori 8 kecerdasan anak, yakni:

  1. Picture Smart: si kecil suka berimajinasi lalu menuangkannya ke dalam gambar atau foto
  2. Logic Smart: si kecil berteman dekat dengan angka-angka dan pandai dalam memecahkan masalah yang ada
  3. Nature Smart: memahami alam sekitar termasuk tanaman, hewan dan studi ilmiah
  4. People Smart: si kecil pandai dalam hal bersosialisasi, memahami orang di sekelilingnya dan sering terlihat dominan dalam satu kelompok
  5. Self Smart: si kecil paham sekali dengan kelebihan, kemampuan dan keinginannya saat besar nanti, ia juga terbiasa dengan hal yang terorganisir
  6. Music Smart: si kecil memiliki kepekaan terhadap nada dan melodi, dengan kecerdasan ini juga si kecil bisa menulis dan membuat lagunya sendiri
  7. Body Smart: si kecil suka melatih keterampilan fisik si kecil dan paham cara menggunakan tubuhnya dengan baik dan terampil
  8. Word Smart: si kecil suka membaca, menulis dan berbicara di depan orang banyak

Hasilnya MIDAS mengidentifikasi kalau ponakan saya Raihan termasuk People Smart (tipe pemikir dan pengertian dengan sesama), Picture Smart (suka gambar dan memahami dunia visual), Music Smart (suka irama musik). Sebenarnya ada 8 Smarts yang diidentifikasi MIDAS tetapi hasil yang keluar adalah top 3 Smart. Dari hasil Smart Identify ini Raihan direkomendasikan untuk mengikuti Little Star Scientist, Little Star Engineer, dan Little Star Builder. 

Play ‘N’ Learn Centre Point Medan
Hasil identifikasi MIDAS

Raihan saat saya beritahu akan mengikuti Star Programme semangat sekali, dan nggak sabar pengen segera ikutan program. Maklum selama ini Raihan belum pernah mengikuti kegiatan bermain sambil belajar seperti di Play ‘N’ Learn.

 

Play ‘N’ Learn Centre Point Medan
Star Programme Little Star Builder

Play ‘N’ Learn Centre Point Medan
Star Program Little Star Builder

Menunggu Si Kecil di Cafe di Play ‘N’ Learn Centre Point Medan

Cafe di Play 'N' Learn
Moms, saat anak kita mengikuti Star Programme kita para pendamping nggak boleh ikutan masuk, biar anak anak beradaptasi dengan teman-teman lainnya dan biar mandiri. Oh ya, dalam satu kelas Star Programme maksimal diikuti oleh 12 anak saja agar anak-anak bisa fokus dengan kegiatan belajarnya.

Trus moms nunggu dimana? Tenang moms, di Play ‘N’ Learn Centre Point Medan tersedia Cafe dalam satu area. Jadi moms bisa nyantai sambil menunggu anak. Saya sendiri sambil menunggu Raihan mengikuti program Star Builder nyempatin mengerjakan beberapa deadline sambil ngopi. Emak-emak kayak saya yang doyan ngopi tentunya happy banget, nunggu anak main sambil belajar bisa nyantai di cafe. Ini judulnya emak dan anak sama-sama happy.

Play ‘N’ Learn Centre Point Medan
Bisa menunggu anak bermain di cafe yang tersedia di Play 'N' Learn

Kopinya enak, cake nya juga enak-enak. Selain itu tersedia juga jajanan dan minuman untuk anak-anak. Nggak perlu repot-repot cari jajanan dan minuman di luar area jadi lebih nyaman.

Nyantai sambil ngopi di Play 'N' Learn Centre Point Medan

Seru banget moms bawa anak-anak ke Play ‘N’ Learn Centre Point Medan. Batas waktu cuma 2 jam saja, dibagi menjadi 1 jam bermain dan 1 jam belajar. Tapi yang namanya anak-anak nggak ada puasnya hihi. Apalagi dengan suasananya yang menenangkan dan bikin nyaman.

Sebagai pengingat buat moms nih seandainya mau bawa anak ke Play ‘N’ Learn jangan lupa bawa kaos kaki dan masker ya karena di dalam area anak-anak dan pendamping wajib menggunakan kaos kaki juga masker. Dan moms bisa manfaatkan locker yang tersedia untuk menyimpan sepatu atau barang bawaan, moms bisa create sendiri passwordnya jadi aman.

Play ‘N’ Learn Centre Point Medan
Tersedia locker yang bisa dibuat sendiri passwornya untuk menyimpan sepatu dan barang bawaan

Tiket masuknya berapa? Karena masih soft opening jadi tiket masuknya masih terhitung harga promo cuma Rp 110.000. Yuk moms, ajak si kecil bermain dan bereksperimen di Play ‘N’ Learn Active Edu Fun Centre Point Medan. Share juga keseruan moms dan si kecil ya. 





 


You Might Also Like

3 comments

  1. senang bawa anak2 kesini, bermainnya sambil belajar.

    ReplyDelete
  2. Tempatnya asyik banget ya. Wahana mainannya beragam. Durasi mainnya juga lumayan lama. Pasti anak-anak betah la.

    ReplyDelete
  3. Pertama kali datang, ku langsung jatuh hati kak, bakal sering bawa anak main dan belajar kesini deh

    ReplyDelete