Play ‘N’ Learn Active Edu Fun di Centre Point Medan

Main dan belajar di Play 'N' Learn Centre Point Medan H ai Moms ! Luar biasa ya pandemi ini sudah hampir dua tahun kita lewati. Bany...

Play 'N' Learn Centre Point Medan
Main dan belajar di Play 'N' Learn Centre Point Medan
Hai Moms! Luar biasa ya pandemi ini sudah hampir dua tahun kita lewati. Banyak suka duka, terutama banyak hikmah juga yang bisa kita petik dari pandemi. Semoga kita masih semangat untuk tetap beraktivitas ya moms. Untung level PPKM di beberapa kota sudah diturunkan dan tentunya kita diberi kelonggaran untuk ke luar rumah. Saya sendiri beberapa waktu lalu mengajak keluarga ke Play ’N’ Learn Centre Point Medan tepatnya berada di Lantai 3. Tapi sejak ke luar rumah,  kemudian masuk mall, sampai kembali ke rumah kami tetap mematuhi protokol kesehatan. Jujur nih, ini pertama kalinya ngajak ponakan masuk mall selama pandemi. Alhamdulillah semua pengunjung mall taat protokol kesehatan jadi sama-sama menjaga antara yang satu dengan yang lain.

Ngomong-ngomong moms sudah pernah dengar Play ‘N’ Learn? Kalau moms belum tahu atau sudah pernah dengar tapi belum pernah berkunjung kesini, saya mau share pengalaman saya bareng suami dan ponakan selama dua jam penuh berkunjung ke Play ‘N’ Learn.

 

Play ‘N’ Learn Tempat Bermain dan Belajar

Play 'N' Learn Centre Point Medan
Mandi Bola di Play 'N' Learn 

Play ‘N’ Learn merupakan tempat bermain dan belajar. Disini anak-anak nggak hanya diajak bermain tetapi juga belajar. Jadi tempat ini menjadi alternatif, anak selain main juga mendapat edukasi. Kalau sekadar tempat bermain saja semua orangtua pasti sudah pada tahu, tapi kalau bermain dan belajar bisa didapatkan di Play ‘N’ Learn.

Seperti paparan saya di awal, saya mengunjungi Play ‘N’ Learn di kota Medan tepatnya di Mall Centre Point yang baru saja dibuka 15 Oktober 2021. Play ‘N’ Learn memiliki total 16 cabang di seluruh Indonesia. Di Medan sendiri Play ‘N’ Learn ada di 3 tempat yakni Sun Plaza, Plaza Medan Fair, dan Mall Centre Point. Nah, di Mall Centre Point ini adalah Play ‘N’ Learn yang pertama kalinya dengan konsep Active Edu Fun. Sedangkan Play ‘N’ Learn di cabang-cabang lain konsepnya Active Kids Healthy Kids. Oh ya, Play ‘N’ Learn ini targetnya untuk anak-anak usia 1-12 tahun ya.

Play ‘N’ Learn Centre Point Medan
Bermain Trampolin

Yang membedakan Play ‘N’ Learn Centre Point Medan dengan yang lain selain konsep juga warna. Di Centre Point, Play ‘N’ Learn warna-warna yang digunakan untuk interiornya didominasi warna-warna terang dan warna pastel. Warna-warna ini kalau saya perhatikan benar-benar memancing semangat anak-anak. Tak hanya membuat anak aktif tapi juga membuat anak-anak mau belajar, mendapatkan edukasi dari kakak-kakak Star Mentor. 

Play ‘N’ Learn Centre Point Medan
Bermain pasir-pasiran yang terbuat dari potongan kayu-kayu kecil

Tempat bermain anak-anak dibuat senyaman mungkin. Tiang-tiang penyangga untuk permainan dilapisi busa dengan tujuan anak-anak secure saat terbentur. Di setiap area permainan juga ada kakak-kakak yang mengawasi bila terjadi sesuatu pada anak-anak. Selain itu anak-anak juga nyaman bermain karena tetap merasakan kehadiran orangtua bersamanya. Kecuali saat anak-anak mengikuti Star Programmes.

Play 'N' Learn Centre Point Medan
Menemani anak bermain di Play 'N' Learn Centre Point Medan
 

Apa Itu Star Programmes?

Play ‘N’ Learn Active Edu Fun memberikan edukasi kepada anak-anak melalui Star Programmes. Star Programmes adalah program khusus yang dirancang oleh para ahli Pakar Pendidikan Singapura dengan mengintegrasi konsep kecerdasan majemuk. Si kecil yang mengikuti Star Programme akan belajar life-skills untuk mengasah kecerdasannya agar bisa berpikir lebih kreatif dan kritis. Targetnya hanya untuk anak-anak usia 4-6 tahun.

Anak-anak mengikuti Star Programme

Star Programme mengikuti kurikulum STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Math) dengan tujuan membentuk pola pikir anak agar selalu kreatif, kritis, dan inovatif. Di Play ‘N’ Learn Active Edu Fun ada 6 Star Programmes, diantaranya:

  1. Little Star Builder: belajar mengeksplorasi dan mengkomunikasikan ide secara visual untuk keberhasilan proyek
  2. Little Star Designer: belajar dan bermain dengan warna dan cahaya untuk membuat karya mereka sendiri
  3. Little Star Scientist: belajar menemukan kekuatan listrik, sumber energi, dan energi alternatif melalui eksperimen dan proyek interaktif
  4. Little Star Engineer: belajar mempelajari konsep teknik dasar kekuatan, keseimbangan, dan transfer energi
  5. Little Star Performer: belajar seni pertunjukkan tentang ilmu suara, musik, nada, dan alat musik yang berbeda
  6. Little Star Coder: belajar memahami bahwa kode adalah sekumpulan instruksi yang memberitahu komputer apa yang harus dilakukan

Sebelum memasuki Play ‘N’ Learn Centre Point Medan, saya terlebih dahulu berkunjung ke web https://midas.activeedufun.com/ untuk melakukan registrasi dan untuk menemukan kecerdasan dan gaya belajar si kecil. Dalam isian MIDAS kita diminta menjawab apa saja kesenangan si kecil berdasarkan pengamatan kita sebagai orangtua.

MIDAS dirancang sebagai cara cepat untuk membantu mengidentifikasi dan memahami karakter intelektual seseorang menurut Teori Kecerdasan Ganda atau multiple intelligences yang dicetuskan oleh Howard Gardner. Dimana dalam teori ini menggabungkan potensi-potensi yang ada di otak kanan dan otak kiri sehingga potensi tersebut berjalan optimal.

Di Play ‘N’ Learn Centre Point menggunakan teori 8 kecerdasan anak, yakni:

  1. Picture Smart: si kecil suka berimajinasi lalu menuangkannya ke dalam gambar atau foto
  2. Logic Smart: si kecil berteman dekat dengan angka-angka dan pandai dalam memecahkan masalah yang ada
  3. Nature Smart: memahami alam sekitar termasuk tanaman, hewan dan studi ilmiah
  4. People Smart: si kecil pandai dalam hal bersosialisasi, memahami orang di sekelilingnya dan sering terlihat dominan dalam satu kelompok
  5. Self Smart: si kecil paham sekali dengan kelebihan, kemampuan dan keinginannya saat besar nanti, ia juga terbiasa dengan hal yang terorganisir
  6. Music Smart: si kecil memiliki kepekaan terhadap nada dan melodi, dengan kecerdasan ini juga si kecil bisa menulis dan membuat lagunya sendiri
  7. Body Smart: si kecil suka melatih keterampilan fisik si kecil dan paham cara menggunakan tubuhnya dengan baik dan terampil
  8. Word Smart: si kecil suka membaca, menulis dan berbicara di depan orang banyak

Hasilnya MIDAS mengidentifikasi kalau ponakan saya Raihan termasuk People Smart (tipe pemikir dan pengertian dengan sesama), Picture Smart (suka gambar dan memahami dunia visual), Music Smart (suka irama musik). Sebenarnya ada 8 Smarts yang diidentifikasi MIDAS tetapi hasil yang keluar adalah top 3 Smart. Dari hasil Smart Identify ini Raihan direkomendasikan untuk mengikuti Little Star Scientist, Little Star Engineer, dan Little Star Builder. 

Play ‘N’ Learn Centre Point Medan
Hasil identifikasi MIDAS

Raihan saat saya beritahu akan mengikuti Star Programme semangat sekali, dan nggak sabar pengen segera ikutan program. Maklum selama ini Raihan belum pernah mengikuti kegiatan bermain sambil belajar seperti di Play ‘N’ Learn.

 

Play ‘N’ Learn Centre Point Medan
Star Programme Little Star Builder

Play ‘N’ Learn Centre Point Medan
Star Program Little Star Builder

Menunggu Si Kecil di Cafe di Play ‘N’ Learn Centre Point Medan

Cafe di Play 'N' Learn
Moms, saat anak kita mengikuti Star Programme kita para pendamping nggak boleh ikutan masuk, biar anak anak beradaptasi dengan teman-teman lainnya dan biar mandiri. Oh ya, dalam satu kelas Star Programme maksimal diikuti oleh 12 anak saja agar anak-anak bisa fokus dengan kegiatan belajarnya.

Trus moms nunggu dimana? Tenang moms, di Play ‘N’ Learn Centre Point Medan tersedia Cafe dalam satu area. Jadi moms bisa nyantai sambil menunggu anak. Saya sendiri sambil menunggu Raihan mengikuti program Star Builder nyempatin mengerjakan beberapa deadline sambil ngopi. Emak-emak kayak saya yang doyan ngopi tentunya happy banget, nunggu anak main sambil belajar bisa nyantai di cafe. Ini judulnya emak dan anak sama-sama happy.

Play ‘N’ Learn Centre Point Medan
Bisa menunggu anak bermain di cafe yang tersedia di Play 'N' Learn

Kopinya enak, cake nya juga enak-enak. Selain itu tersedia juga jajanan dan minuman untuk anak-anak. Nggak perlu repot-repot cari jajanan dan minuman di luar area jadi lebih nyaman.

Nyantai sambil ngopi di Play 'N' Learn Centre Point Medan

Seru banget moms bawa anak-anak ke Play ‘N’ Learn Centre Point Medan. Batas waktu cuma 2 jam saja, dibagi menjadi 1 jam bermain dan 1 jam belajar. Tapi yang namanya anak-anak nggak ada puasnya hihi. Apalagi dengan suasananya yang menenangkan dan bikin nyaman.

Sebagai pengingat buat moms nih seandainya mau bawa anak ke Play ‘N’ Learn jangan lupa bawa kaos kaki dan masker ya karena di dalam area anak-anak dan pendamping wajib menggunakan kaos kaki juga masker. Dan moms bisa manfaatkan locker yang tersedia untuk menyimpan sepatu atau barang bawaan, moms bisa create sendiri passwordnya jadi aman.

Play ‘N’ Learn Centre Point Medan
Tersedia locker yang bisa dibuat sendiri passwordnya untuk menyimpan sepatu dan barang bawaan

Tiket masuknya berapa? Karena masih soft opening jadi tiket masuknya masih terhitung harga promo cuma Rp 110.000. Yuk moms, ajak si kecil bermain dan bereksperimen di Play ‘N’ Learn Active Edu Fun Centre Point Medan. Share juga keseruan moms dan si kecil ya. 





 


You Might Also Like

26 comments

  1. senang bawa anak2 kesini, bermainnya sambil belajar.

    ReplyDelete
  2. Tempatnya asyik banget ya. Wahana mainannya beragam. Durasi mainnya juga lumayan lama. Pasti anak-anak betah la.

    ReplyDelete
  3. Pertama kali datang, ku langsung jatuh hati kak, bakal sering bawa anak main dan belajar kesini deh

    ReplyDelete
  4. cakep bangeet ya mba tempatnya. Aku suka liat tempat yang fun dan edukatif kayak begini tapi juga instagramable dan bersiiih banget

    ReplyDelete
  5. Asyik banget ini mah bisa main sepuasnya. Apalagi permainan nya itu edukatif banget. Bikin anak bisa eksplorasi dan belajar banyak ya...

    ReplyDelete
  6. Wah, tempat belajar dan bermain untuk anak2 dengan cara yang asyik nih Play N Learn Center Point Medan :D Tempatnya kelihatan bersih, nyaman dengan segala fasilitasnya. Pantesan anak2 betah berada di sini. Dengan teori 8 kecerdasan anak, lembaga ini bisa menjadi pilihan terbaik bagi orang tua untuk menambah wawasan dan pengetahuan anak2nya.

    ReplyDelete
  7. Wih asyik ya bermain dan belajar di Play ‘N’ Learn. Waktu 2 jam jadinya terasa sangat cepat ya.

    STEAM sendiri baru dikenalkan oleh kemdikbud pada para guru di tahun 2018, implementasinya di sekolah-sekolah juga belum begitu kelihatan. Keren deh di Play ‘N’ Learn ini sudah menerapkan bagi anak-anak usia dini

    ReplyDelete
  8. Seru banget kayaknya, anakku pasti senang tuh kalau bisa main ke sana. kalau ibunya sih lebih tertarik ama cafenya itu, kelihatannya nyaman juga buat nunggu anak.

    ReplyDelete
  9. seru banget main di Play N Learn ini
    Sesuai dengan namanya ya mbak, disini anak anak nggak hanya bermain, tapi juga bisa belajar

    ReplyDelete
  10. Senangnya saat anak bisa bermain sekalian belajar di Play N Learn Emak bisa ngopi dan me time ya Mba Tuty. Keren ini adanya Star Programme membuat anak belajar life-skills untuk mengasah kecerdasannya agar bisa berpikir lebih kreatif dan kritis. Konsepnya bagus ya, dan mengutamakan prokes pula

    ReplyDelete
  11. wah, asik nih arena bermain, Athifah sama Annasya kalo dibawa ke sini, pasti gak ingat waktu pulang, hahaha. mana banyak piliha ya permainannya. selamat bermain bang

    ReplyDelete
  12. Aku baru tahu Mbak Tuty di Medan lho, asyik juga tempatnya y rapi dan bersih, banyak permainan edukatif yang bisa menghibur anak-anak, menyenangkan banget

    ReplyDelete
  13. Wah seru nih tempatnya. Anak-anak bakalan suka nih. Main tapi nambah ilmu dan wawasan. Mana mengembangkan kecerdasan majemuk pula. Daripada main ke tempat yang gak jelas, mending ke sini ya bawa anak main. Seru dan edukatif.

    ReplyDelete
  14. Wah aku kangen ih ajak anakku main ke playground, apalagi hampir 2tahun gak pernah main. Ini ada gak ya di Jakarta? Tapi aku prefer emang yang punya prokesnya ketat dan tentunya aman untuk anak-anak juga.

    ReplyDelete
  15. Bersih dan estetik banget ya tempatnya, dan permainannya juga buanyaaak .. pastinya anak anak jadi betah ya Tuty

    btw kece banget deh sekarang makin glowing sejak pulkan Medan!

    ReplyDelete
  16. Seruu banget main di Play n Learn ini bisa main sekaligus belajar, pasti nggak bakalan berasa tuh 2 jam saking betahnya. Bisa nih aku infoin ke saudara-saudaraku yang di Medan buat ke sana. Hehe.

    ReplyDelete
  17. Play ‘N’ Learn Active Edu Fun Centre Point ini cuma ada di Medan aja ya? Penasaran karena tempatnya oke. Bukan hanya buat main, tapi belajar juga

    ReplyDelete
  18. Unik sekali konsep bermain di Play ‘N’ Learn.
    Jaranf ada tempat bermain dengan konsep bermain sambil belajar begini. Tanpa disadari anak-anak bisa mengembangkan motorik kasar dan halusnya serta aktivitas dan ide-ide selama bermain.

    ReplyDelete
  19. Tempat bermain dan belajar anak2 yang menyenangkan initu. Aku baru denger juga Mak.
    Wah, rekomen banget kalo pas ke Medan bawa anak2 biar tambah happy mainnya.

    ReplyDelete
  20. Seru juga nih aktivitas yang bisa dilakukan si kecil di Play n Learn. Bener2 bermain dan belajar memahami berbagai hal menarik dengan cara yang menyenangkan. Anak-anak usia hingga 6 tahunan gini memang masa-masanya aktif eksplorasi.

    ReplyDelete
  21. pas buka ini, pas anakku juga intip lah ngerengek pengen ke sini wkwkwk serunya ya mba apalagi buat yang nungguinnya juga tempatnya enak jadi betah

    ReplyDelete
  22. Kalo ada embel embel nungguin sambil ngerjain DL ini sih asik banget. Anak dapat banyak pengalaman, emak tenang karena dl kelar hihi..

    ReplyDelete
  23. Ini ada di Surabaya juga enggak sih?
    Saya cari cari informasi juga jadinya
    Soalnya manfaatnya banyak banget tak hanya untuk anak

    ReplyDelete
  24. wah kira-kira bakal ada di banjarmasin nggak ya, mbak play n learn ini?tapi aku mau coba tes midas dulu deh buat tahu anakku ini termasuk yang mana

    ReplyDelete
  25. Bener banget, kalau anak-anak udah main dengan nyaman dan seru, batas waktu yang dikasih itu gak ada puasnya. Kayak main di Play ‘N’ Learn Centre Point Medan ini ya.. Seru banget, anak bisa bermain 1 jam, belajar 1 jam. Dan ya, sambil menunggu, Emak bisa santai sambil menyicipi makanan di cafe atau nyeruput kopi, terus ngerjain deadline, hihihi.

    ReplyDelete
  26. tempat bermainnya seru banget ini mbak, gak cuma main tapi bisa sambil belajar dan permainannya semua edukatif. di kota lain bakal dibuka dan ada gak ya semacam ini ?

    ReplyDelete

Canva Magic Write