SEO Moms Community Tempatnya Cari Ilmu SEO

S EO Moms Community Tempatnya Cari Ilmu SEO. Blog menjadi pelampiasan unek-unek saya sejak tahun 2014. Awalnya suka nulis di status Friendst...

SEO Moms Community Tempatnya Cari Ilmu SEO. Blog menjadi pelampiasan unek-unek saya sejak tahun 2014. Awalnya suka nulis di status Friendster pada zamannya, kemudian beralih ke Facebook memanfaatkan fitur note. Kemudian saya menyadari menulis di sosial media kok terbatas banget, ini bukan tempatnya. Akhirnya mulai memanfaatkan blogspot setelah melihat seorang teman share link tulisan di status twitter. Saya jadi tertarik menulis di platform yang tepat.


SEO Moms Community
SEO Moms Community

Awal menulis jujur saja nggak pakai pakem alias ejaan, typo, penggunaan singkatan, dll masih berantakan banget karena masih menganggap sekadar nulis. Tapi ya nggak kayak nulis di buku diary juga kali, karena blog bisa dibaca banyak orang hihi. Suka menertawakan diri sendiri sih jadinya, tapi tetap semangat menulis karena saya anggap ini beneran proses. Menjadi penulis yang baik harus melewati proses, karena bagi saya proses yang paling penting.


Saya tipe orang yang suka belajar dan belajar. Suka meng-upgrade diri, buka cuma pengen bisa atau pengen pintar tapi tidak ada usaha dan tidak aksi kayak tagline iklan no action talk only. Ternyata dunia blogger itu luas, nggak cuma menulis untuk diri sendiri tapi juga bisa untuk pesanan brand alias endorse, belum lagi suka dapat email menawarkan content placement dan review produk. “Waaah, kenapa nggak dari dulu aktif ngeblog” batin saya ikut semangat. Saya pun aktif bergabung di berbagai komunitas blog terutama yang menampung perempuan dan emak-emak. Dapat banyak insight dari berbagai workshop dan kegiatan yang dilakukan komunitas. Tak jarang brand atau klien juga sering mengundang langsung untuk event khusus blogger. Happy? Pasti dong. Kalau diceritain bisa panjang, apalagi pengalaman beberapa kali menang lomba blog.


Semakin kesini saya semakin semangat mengasah kemampuan menulis. Karena menulis yang baik bukan hanya sekadar menulis dengan kata-kata tersusun menjadi kalimat yang bagus. Tapi apakah tulisan yang saya anggap bagus sudah dibaca banyak orang? “Percuma tulisan bagus tapi nggak ada yang baca!”, kata salah seorang pakar SEO yang pernah saya ikuti workshopnya. Duh, kata-kata ini langsung nempel di kepala. Saya mulai memotivasi diri untuk belajar SEO, harus tau cara mengoptimasi blog. 


Apa Itu SEO?

SEO singkatan dari Search Engine Optimization. Merupakan teknik mengoptimalkan keseluruhan website agar mudah ditemukan oleh mesin pencari dengan tujuan agar konten pada website berada pada posisi teratas hasil pencarian. Jadi SEO ini salah satu cara bagaimana agar tulisan atau artikel kita nangkring di halaman satu Google.


Saat ini semua orang mencari informasi yang diinginkan melalui internet dan pencarian dilakukan lebih banyak menggunakan Mbah Google. Kenapa Google? Karena mesin pencari yang satu ini paling relevan. Nah, disinilah pentingnya SEO, artikel yang kita tulis bisa sampai ke audiens. 


Trus apa artikel saya sering dibaca orang. Kalau dibilang sering dibaca sih enggak, tapi beberapa ada yang baca atau cuma view saja dan tidak dibaca secara keseluruhan. Maka dari itu saya pengen artikel yang saya tulis dan siapa tau bermanfaat bisa sampai ke orang lain yang membutuhkan informasinya.



Belajar SEO di SEO Moms Community

Beberapa kali belajar SEO belum begitu banyak perubahan dengan jumlah pengunjung di blog saya. Saya sempat stuck dan berpikir nggak gampang nih pengaplikasian SEO di blog. Sampai akhirnya saya menemukan tempat belajar SEO khusus para blogger perempuan Indonesia di SEO Moms Community.


SEO Moms Community didirikan pada tanggal 25 Januari 2020. Sang founder Bang Q atau sering dikenal dengan panggilan Qbenk namanya sudah nggak asing lagi di dunia perbloggeran. Saya sendiri sudah lama tau kehebatan Bang Q di dunia SEO dari beberapa teman blogger. Alhamdulillah saat ini saya bisa belajar langsung dengan Bang Q melalui komunitas SEO Moms Community.


Di SEO Moms Community lebih fokus belajar teknik dasar SEO. Saya suka dengan cara Bang Q menjelaskan teknik dasar SEO, bahasa yang digunakan mudah saya serap. Kelas diadakan melalui Whatsapp Group dan sebulan sekali diadakan pertemuan melalui Google Meet, tujuan agar setiap peserta bisa merefresh ilmu.


Sekarang perlahan-lahan saya mulai mengaplikasikan ilmu yang diajarkan Bang Q untuk blog saya, mulai dari penempatan keyword, judul, pentingnya deskripsi blog, dan lain-lain. Yang pasti saat ini saya masih proses belajar, semoga saja semua ilmu yang diberi bisa saya terapkan. 


Teman-teman yang pengen belajar SEO di SEO Moms Community follow aja akun instagram nya dan sering-sering intip update nya di feed siapa tau kelas berikutnya akan dibuka.








You Might Also Like

0 comments

Canva Magic Write