Langkah Proaktif Citi Indonesia dan Indonesia Business Link Menjelang Bonus Demografi untuk Generasi Muda Indonesia

H ai millenial! Sudah berbuat apa aja nih hari ini?  Ada hal positif yang sudah dilakukan nggak? Atau justru lagi bingung mau ngapain o...


Hai millenial! Sudah berbuat apa aja nih hari ini?  Ada hal positif yang sudah dilakukan nggak? Atau justru lagi bingung mau ngapain or kamu malah malas-malasan dan berdiam diri? Tau nggak kalau di era sekarang jika 1 menit saja kita tidak melakukan hal apapun, maka peluang akan terbuang begitu saja. Duh, sayang banget kan. Pernah terpikir juga nggak kalau usia muda tidak bisa terulang dua kali? 

Well, mungkin kamu merasa nggak percaya diri karena merasa nggak punya keahlian atau nggak punya jenjang ilmu seperti orang lain? Inilah yang menjadi akar permasalahannya, belum apa-apa kamu udah nyerah. Padahal seharusnya kamu jangan membandingkan diri dengan orang lain, kamu itu harus kreatif. Setinggi apapun ilmu kalau di era digital ini nggak kreatif sayang banget.

Kalau saja kita anak muda di Indonesia nggak minim skill kita bisa saja menciptakan lapangan kerja bagi diri sendiri apalagi buat orang lain. Karena lapangan pekerjaan yang sudah tersedia tidak semuanya bisa menampung anak muda Indonesia untuk bekerja. So, ini lah yang menyebabkan banyak pengangguran. Indonesia akan memasuki bonus demografi pada tahun 2030-2040 mendatang. Ini berarti Indonesia mempunyai kesempatan merajai pasar global atau justru menjadi tantangan bagi pemerintah dan kita semua apakah nantinya akan banyak pengangguran atau bagaimana dengan ketersediaan lapangan pekerjaan. 

Peserta Skilled Youth Program Phase III

Melihat akan banyaknya usia produktif generasi muda kita 10 tahun mendatang Citi Indonesia (Citibank) mengambil langkah proaktif bersama dengan mitranya Indonesia Business Link (IBL) mengadakan program Skilled Youth dengan tujuan membekali kemandirian finansial kepada generasi muda Indonesia. Ini benar-benar peluang buat generasi muda Indonesia. Jadi untuk kalian yang maih bingung mau ngapain, coba deh ikuti program ini. Semoga saja diadain juga di daerah kamu ya.

Skilled Youth Program sendiri sudah memasuki 3 periode sejak tahun 2015. Wilayah Jawa Barat adalah target utama program ini karena wilayah tersebut adalah daerah dengan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) tertinggi dengan pesentase 7,73% dari total pengangguran nasional. Data ini berdasarkan Badan Pusat Statistik (BPS). Skill Youth Program selain merupakan kerjasama Citi Indonesia dan IBL, juga atas kerjasama dengan 3 pemerintah daerah yaitu: Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang dan Kabupaten Bandung.

Tanggal 25 Juli 2019 kemarin saya dan teman-teman Mom Blogger Community (MBC) berkesempatan menghadiri closing ceremony Skilled Youth Phase III. Kegiatan yang dilakukan untuk ketiga kalinya ini melibatkan lebih kurang 316 generasi muda penerima manfaat dengan usia 15-24 tahun di wilayah Bekasi, Cikarang, Karawang, Purwakarta, dan Kabupaten Bandung. Tujuan dan cakupan program antara lain untuk pemberdayaan pemuda melalui employability dan entrepreneurship, menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pemberdayaan pemuda, dan memastikan keberlanjutan program. 


Di Skilled Youth Phase III  anak-anak muda ini mendapatkan pelatihan baik itu soft skill maupun hard skill. Rangkaian aktivitas acara tersebut diantaranya adalah literasi finansial, penguatan karakter dan perilaku, pelatihan keterampilan teknis dan kewirausahaan , serta pendampingan pencarian kerja dan mentoring usaha. Keren banget kan, kalian bisa ikutan ini tanpa harus ikut kuliah khusus.

Penyerahan cendera mata oleh Bapak  Batara Sianturi kepada Menteri PPN Bambang Brodjonegoro 

Chief Executive Officer Citi Indonesia, Batara Sianturi berharap bahwa dengan adanya program ini dapat membantu mengurangi pengangguran di Indonesia dan tentunya para anak muda mendapat manfaat serta berpeluang meraih perekonomian yang lebih baik. Citibank Indonesia berkomitmen untuk terus mendukung individu-individu muda agar dapat mengembangkan potensi diri seeta kemandirian finansial sejak dini. Dengan begitu diharapkan jumlah pengangguran di Indonesia berkurang, terutama di daerah-daerah yang menjadi target program ini. 

Upaya ini sejalan dengan komitmen Pathways to Progress yang diinisiasi oleh Citi Foundation untuk dapat memberikan dampak positif bagi 500.000 anak muda di seluruh dunia hingga 2020. Selama 3 tahun periode penyelenggaraan Skilled Youth Program, program ini berhasil memberi manfaat dan dampak positif kepada lebih dari 800 generasi muda di wilayah industri.

Begitu juga dengan paparan Menteri PPN/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Prof. Dr. Bambang P.S. Brodjonegoro bahwa dalam pemanfaatan bonus demografi pemerintah akan berfokus pada investasi SDM dan kapital. So, secara finansial mereka bisa menjadi generasi yang unggul dan handal.


para juara lomba video perorangan dan kelompok, foto: Imawan
Menteri PPN mengunjungi booth-booth para jebolan Skilled Youth Program, foto: Imawan
Pada event closing ceremony Skilled Youth Phase III juga diadakan pengumuman pemenang lomba video pendek perorangan juga kelompok oleh adik-adik yang mengikuti Skilled Youth Program. Masing-masing mendapatkan hadiah uang tunai sesuai kategori individu dan kelompok. Ada juga pameran booth produk-produk olahan makanan yang dikemas dengan kreatif oleh anak-anak muda jebolan Skilled Youth Program. Salut banget, mereka sudah bisa menciptakan lapangan pekerjaan untuk diri mereka sendiri. Semoga mereka menjadi inspirasi buat generasi muda lainnya di Indonesia.




You Might Also Like

1 comments

  1. Positif sekali ya programnya.jd anak2 yg kurang beruntung untuk mengecap bangku perkuliahan juga bisa memiliki skill yg mumpuni. Semoga indonesia bisa terus memperkecil angka penganggurannya.

    ReplyDelete

Canva Magic Write