Tips Hasilkan Foto Bagus Layaknya Fotografer Handal Hanya dengan Smartphone

U ntuk menghasilkan foto yang bagus, tidak hanya dibutuhkan skill dan latihan yang panjang saja, tapi juga perangkat yang canggih. Namun...


Untuk menghasilkan foto yang bagus, tidak hanya dibutuhkan skill dan latihan yang panjang saja, tapi juga perangkat yang canggih. Namun, apabila kita belum memiliki perangkat alias kamera yang canggih dan mumpuni, kita juga bisa kok menghasilkan foto yang menakjubkan hanya berbekal kamera smartphone. Penasaran bagaimana caranya? Yuks simak tips nya berikut ini. 


1. Pelajari Smartphone yang Kita Gunakan

Kalau ingin mendapatkan kualitas gambar yang bagus, kita harus menggunakan smartphone dengan sensor serta resolusi kamera yang tinggi. Kalau menggunakan smartphone low end, jangan berharap untuk mendapatkan kualitas gambar sebaik saat menggunakan smartphone high end.

Tapi bukan berarti apabila kita menggunakan smartphone high end, kualitas foto kita jadi otomatis bagus. Pengalaman dan skill memegang peranan penting untuk menghasilkan foto yang memukau.

2. Pelajari Fitur Kamera di Smartphone

Rata-rata smartphone yang ada di pasaran sekarang ini punya fitur untuk mengatur fokus kamera, pencahayaan serta ISO. Jangan takut untuk mengutak atik menu yang ada untuk menghasilkan foto yang sempurna. 

3. Pelajari Pencahayaan

Salah satu tantangan dalam mengambil foto menggunakan smartphone adalah ketika berada dalam kondisi low light alias minim cahaya. Kita bisa mengantisipasinya dengan menggunakan lampu flash. Namun sayangnya, foto yang menggunakan lampu flash akan terlihat tidak natural. 

4. Cari Angle Terbaik

Untuk memaksimalkan hasil suatu foto, angle atau sudut pengambilan objek juga berperan besar. 
Dengan angle yang tepat, foto akan terlihat lebih dramatis. Jangan malas untuk mengambil gambar dari berbagai sudut. 

5. Gunakan Dua Tangan Saat Mengambil Gambar

Kalau kita menggunakan satu tangan, pasti tangan kita akan bergetar dan hasil foto pun terlihat tidak fokus. Pastikan menggunakan dua tangan saat mengambil gambar. Namun, beberapa smartphone kini memiliki fitur anti shake yang dapat membantu mengurangi lensa bergoyang saat mengambil gambar.


OPPO Reno 10x Zoom adalah smartphone dengan kemampuan kamera yang sangat bisa diandalkan untuk fotografi. Performa kamera belakang Reno 10x Zoom telah dipuji oleh banyak fotografer profesional Indonesia.

OPPO Reno 10x Zoom merupakan smartphone terbaru dari OPPO yang menyasar segmen highend yang memang mempunyai kegemaran dalam fotografi . Kamera utamanya memiliki resolusi 48MP dan dilengkapi dengan sensor SONY IMX586. Kamera keduanya memiliki sudut lebar 120° dengan resolusi 8MP dan kamera ketiga memiliki resolusi  13MP yang memiliki sistem telephoto untuk mengambil gambar dengan tetap jernih walau dari jarak jauh. Kamera utama OPPO Reno 10x Zoom juga dilengkapi dengan dual Optical Image Stabilization (OIS) yang befungsi untuk menstabilkan pengambilan gambar dan juga Closed Loop Focusing Motor, yang berfungsi menangkap momen secara jelas, fokus dan real time.

Dengan resolusi yang tinggi serta sensor yang canggih, OPPO Reno 10x Zoom mampu menghasilkan foto dengan kualitas yang memukau. Ditambah dengan fitur Ultra Night Mode 2.0 membuat OPPO Reno 10x Zoom mampu menangkap gambar dengan baik walau dalam keadaan minim cahaya sekalipun, dan warna yang dihasilkan pun tetap natural.

Kamera OPPO Reno 10x zoom juga didukung lensa tipis 5,75mm dengan kemampuan zoom yang tinggi. Teknologi OIS ganda pada lensa primer dan telephoto OPPO Reno 10x Zoom mampu mengurangi guncangan ketika mengambil gambar dari jarak jauh.


Dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 855 serta dukungan RAM 8 GB dan ROM 256GB (dapat diperluas dengan microSD hingga 256GB), OPPO Reno 10x Zoom mampu menghasilkan foto yang bagus serta memukau layaknya fotografer profesional.

Nah itu dia tadi, tips menghasilkan foto yang bagus layaknya fotografer handal hanya dengan kamera smartphone. Tentunya sangat mudah diaplikasikan, bukan?

Penasaran sama produk OPPO Reno 10x Zoom teranyar di Indonesia ini? Yuk cek info lebih lanjutnya mengenai OPPO Reno series disini https://www.oppo.com/id/smartphone-reno/.




You Might Also Like

22 comments

  1. Thanks for sharing, semoga sukses..

    ReplyDelete
  2. Waahh, sekarang diriku paham mbaaa
    Emang poto2 dikau super kece badaiii, jadi ini tho tipsnya.
    makasiii
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  3. Aiiih...warna Oppo Reno 10x Zoom ini cantiiik.. dan peeforma kameranya juga mantaab ya..

    ReplyDelete
  4. Ini handphone idaman para fotografer, ya, mbak. Bisa dipake foto dengan objek yg super kecil pula.
    Saya suka saya sukaaa ..

    ReplyDelete
  5. Oppo reno ini memang keren ya kemampuan telenya sama ultra night modenya. Udah ada anti hakenya lagi.

    ReplyDelete
  6. Auto ngelongok hp setelah melihat tulisan ini. Smartphone andalan utk pepotoan minta dituker sama Oppo Reno 10 X zoom sepertinya. Moto objek dari jauh yg perlu di zoom ga kuatir bakal blur ya.

    ReplyDelete
  7. aku udah nyobain foto pakai camera nya Oppo Reno, duhhh jahat banget dong hasilnya, bikin pengen beli kak hihihi, beneran bagus meskipun hanya pake smartphone.

    ReplyDelete
  8. Gunakan dua tangan saat memotret nah ini aku sebel banget kalau ada yang motoin pake satu tangan hihihi tapi mau komplain ya gak enak aku udah minta tolong

    ReplyDelete
  9. Waooow keren sekali oppo, Dewi dari dulu suka hasil fotonya. Apalagi ada keluaran terbaru Reno 10x Zoom mantaaab ya mbak

    ReplyDelete
  10. Warnanya bagus banget itu oppo. Ini warna kesukaan anakku yang nomor dua. Kalo dia liat ini kayaknya bakalan nabung biar bisa beli oppo nih

    ReplyDelete
  11. bener banget sih kak, mau pake kamera mahal juga kalau ga punya skill foto ya hasilnya pun ga akan maksimal, btw, aku jai mupeng ama Oppo Reno ini masa kak... hehehe...

    ReplyDelete
  12. Jika semua tips diatas sudah dijalankan semua ditambah smartphone oppo reno 10x zoom beuh hasilnya ya mantul banget, aku pernah difotoin pakai cameranya oppo reno 10x zoom ini.. dannnn suka banget hasilnyaa

    ReplyDelete
  13. Udah pernah punya OPPO lama. Nggak ada komplen sama sekali. Awet. Sekarang dipakai anakku.

    ReplyDelete
  14. Ini... HP impianku, tapi harganya masih terlalu tinggi buatku ��
    Sudah 3 tahun pake OPPO F1s, udah puas dengan hasil fotonya apalagi kalau pakai Reno ya.. .

    ReplyDelete
  15. Aku termasuk yang suka motret ketimbang dipotret haha. Btw ini Oppo Reno emang keren ya dizoom banyak tapi gak pecah. Enak kalau punya Oppo ini gak usah nenteng2 kamera lg kalau mau ambil gambar agak jauhan gtu ya

    ReplyDelete
  16. aku juga sekarang ke mana - mana bawa smartphone aja untuk foto - foto. Dan memang asli hasilnya bias keren juga

    ReplyDelete
  17. Wah Oppo Reno ini memang keren yak aku sempet nyoba juga..jd mupeng deh..

    ReplyDelete
  18. Zaman sekarang kamera HP pixelnya gede-gede begini yaa..
    Bener-bener bisa jadi fotografer handal.

    ReplyDelete
  19. Makasih tipsnya mbak.
    Kalau kamera hapenya pake vivo reno, insyaallah fotonya pasti cakep ya...

    ReplyDelete
  20. Bener banget mbak.. faktor kita harus benar-benar kenal ama gear yang kita gunakan itu emang poin penting banget. Btw, makasih tipsnya..

    ReplyDelete
  21. Aku beberapa kali lihat hasil foto teman yang menggunakan Oppo Reno ini memang juarak banget hasilnya. Jadi kepengin nyobain juga nih. Tapi kalau beli ndiri kok ya lumayan banget ya budgetnya hehehee... worthed sih soalnya hasilnya ya memang mantep.

    ReplyDelete
  22. makin canggih aja ini smartphone, jadi penasaran maucoba deh

    ReplyDelete