Green Pramuka Square Merayakan HUT Pertama dengan Berdonasi kepada YKAKI

M emperingati hari ulang tahun biasanya dirayakan dengan cara masing-masing, ada dengan seremoni ataupun hanya makan bersama. Green Pram...


Memperingati hari ulang tahun biasanya dirayakan dengan cara masing-masing, ada dengan seremoni ataupun hanya makan bersama. Green Pramuka Square (GPS) tanggal 21 Desember kemarin merayakan HUT pertamanya dengan mengadakan syukuran dan berdonasi kepada anak-anak penyintas kanker dari Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI).

YKAKI adalah rumah singgah bagi anak-anak penyintas kanker. YKAKI yang digagas dan didirikan oleh Ibu Ira Soelistya yang juga menjadi Ketua Yayasan Kasih Kanker Anak Indonesia ini mendirikan YKAKI dengan tujuan membantu perjuangan para orangtua mendampingi putra-putrinya dalam pengobatan dan perawatan termasuk pendidikannya. YKAKI didirikan juga karena latar belakang bu Ira saat merawat anaknya yang juga penderita kanker yang harus mondar-mandir ke Belanda. Bu Ira sendiri benar-benar merasakan betapa sulitnya masa-masa membawa anaknya berobat sampai ke Belanda, mencari tempat tinggal sementara selama berobat sampai mengeluarkan biaya transportasi yang dikeluarkan untuk menuju ke rumah sakit sampai akhirnya Tuhan berkehendak lain dan anak Bu Ira kini telah berpulang.


Kanker memang tidak kenal usia, anak-anak pun tak luput dari penyakit yang satu ini. Menurut data WHO pada akhir Desember 2015 jumlah penderita kanker di dunia sebanyak 14,1 juta orang dimana 4% penderitanya adalah anak-anak. Dan berdasarkan data yang dikumpulkan dari Kementrian Kesehatan pada tahun 2007 menyebutkan ada sekitar 4100 kasus kanker pada anak dengan rentang 5-14 tahun di Indonesia.

Bu Ira sangat mengapresiasi kepedulian yang ditunjukkan oleh Green Pramuka Square terhadap anak-anak penyintas kanker. Kepedulian masyarakat dan berbagai pihak sangat membantu penanganan kanker pada anak. Bu Ira juga menghimbau agar pemahaman mengenai kankerpada anak perlu di sosialisasikan setiap saat agar bila ditemukan gejala-gejalanya dapat segera ditangani di rumah sakit yang menangani pengobatannya. Dengan begitu keterlambatan pengobatan dapat dihindari dan semakin banyak orang yang dapat tertolong.

Penyerahan donasi dari Green Pramuka Square kepada Ketua Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia
Liza Monalisa selaku General Manager Green Pramuka Square memaparkan sebagai sebuah entitas bisnis GPS nggak hanya fokus dalam pengelolaan dan pengembangan usaha saja, namun juga dalam nilai-nilai sosial. Ini sebagai wujud kepedulian dan komitmen GPS dalam menciptakan kehidupan yang lebih baik untuk sesama. Oleh karena itu Green Pramuka Square yang mengusung konsep lifestyle shopping ini ingin menjadikan peringatah hari jadi nya yang pertama terasa lebih bermakna dengan berbuat sesuatu yang sangat berarti bagi anak-anak penyintas kanker yang bernaung dalam YKAKI.


Mbak Wanda tim manajemen Green Pramuka Square
Green Pramuka Square juga turut berbagi keceriaan dengan mengajak anak-anak penyintas kanker dari YKAKI yang hadir pada saat acara syukuran dengan jumlah anak sekitar 35 orang ini bermain bersama di arena permainan berada di dalam mall. Mbak Wanda tim manajemen GPS yang saya temui saat menjaga anak-anak yang sedang bermain sempat khawatir kalau anak-anak kelelahan, tapi anak-anak kelihatan sangat senang bermain. Masalah snack dan makanan yang diberikan memang sudah di wanti-wanti dari YKAKI. Anak-anak ini tidak boleh diberikan makanan dan minuman yang mengandung 3P yaitu Pengawet, Pewarna dan Perasa. Anak-anak peyintas kanker benar-benar di kontrol makanannya.


Ibu dan anak penyintas kanker asal Lampung
bermain bersama
Saya sempat ngobrol juga dengan seorang ibu yang mendampingi anaknya bermain. Ibu yang berasal dari Lampung ini mengaku sangat terbantu dengan adanya YKAKI, jadi nggak harus mondar-mandir Lampung-Jakarta-Lampung lagi. Sementara tinggal di YKAKI dulu bersama sang suami mendampingi anaknya yang baru semata wayang. Selain kasian karena anak capek berkendaraan juga mengurangi beban biaya buat ongkos atau penginapan. YKAKI tak cuma rumah singgah, tapi YKAKI juga menyediakan area bermain juga menghadirkan guru-guru untuk anak-anak belajar. Jadi anak-anak tetap nyaman dan nggak merasa berbeda dengan anak-anak lain.

Ini beberapa Stupa Art Collection yang di vote pengunjung mall untuk donasi
Oh ya, program donasi yang diadakan oleh Green Pramuka Square dimulai sejak awal Desember 2017. Cara berdonasinya pun unik. Pengunjung mall cukup memberikan vote pada kegiatan Stupa Art Competition yang merupakan kompetisi melukis di atas media berbentuk telur setinggi hampir satu meter yang diadakan oleh Green Pramuka Square. Setiap pengunjung yang memberikan 1 Vote berarti pengunjung sudah memberikan sumbangan kepada anak-anak penyintas kanker di YKAKI senilai 10 ribu rupiah. 



Total donasi yang dikumpulkan sampai dengan tanggal 20 Desember sudah mencapai 20 juta rupiah dan inilah yang didonasikan kepada YKAKI. Syukur Alhamdulillah ya, semoga donasi-donasi kepada anak-anak kanker di YKAKI terus bertambah. Don't let the kids fight cancer alone.




You Might Also Like

30 comments

  1. Aku selalu tersenyum setiap kali membaca tulisan tentang kepedulian seperti ini, Mbak. Senang ya masih banyak orang yang peduli.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bersyukur banget ya dengan kepeduliam seperti ini, semoga diikuti oleh yang lain

      Delete
  2. Amin, semoga semakin banyak org yg membantu anak2 kanker itu yaa mbaa. Amin

    ReplyDelete
  3. Keren sekali stupa art nya. Bisa melihat karya bagus sekaligus memberikan donasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak, memberi vote sekaligus berdonasi

      Delete
  4. Cara donasi yang unik ya mbak. Menginspirasi sekali kepedulian GPS ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Manajemen Geen Pramuka Square memang pengen cara yang lain yang bentuknya syukuran, jadi muncul ide untuk syukuran sekaligus memberi donasi untuk anak-anak kanker di YKAKI.

      Delete
  5. Semoga apa yang dilakukan ini menjadi contoh bagi pihak-pihak lain untuk ikut bergerak membantu :)

    ReplyDelete
  6. Ini dekat rumah. Mau mampir ah, beri vote sekalian mengenalkan SID pada YKAKI.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah dekat rumah yaa..pasti GPS tempat mainnya SID nih

      Delete
  7. Rumah singgah untuk pasien kanker, thalassemia dll emang dibutuhkan banget.
    Memang pengobatannya dibayar BPJS atau Donatur, tapi ongkos dari rumah ke RS itu lumayan. Soalnya banyak yg dari pelosok ke RS di kota contohnya RSCM karena fasilitas di tempat mereka tinggal belum memadai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget mbak, makanya rumah singgah ini bermanfaat banget.

      Delete
  8. Barokallah sennatiasa menebar kebermanfaatan

    ReplyDelete
  9. Salut acara ultah malah dirayain buat berbagi. Dan donasinya unik ya. Baru yau deh. Hanya dengan vote bs donasi di YKAKI

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak caranya unik..pengunjung cuma beri vote, memberi 1 vote sama dengan menyumbang 10ribu rupiah.

      Delete
  10. Kebaikan tidak melulu dengan uang ya mba? Sedikit kepedulian, semua terasa mudah.

    ReplyDelete
  11. Keren keren stupa art nya mba, aku kalau disuruh nge vote yang gambar apa itu ya? Legong bali? Keren!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak stupa art nya dan keren- keren memang mbak hehe

      Delete
  12. Ahh, syukuran ulang tahun yang penuh berkah ya Mak, semoga selalu penuh keberkahan juga dan buat anak2 kanker di YKAKI moga diberikan kekuatan dan ketabahan dengan penyakitnya dan cepat sembuh tentunya.

    ReplyDelete
  13. masya Allah..semoga makin banyak orang2 yang peduli, orang2 yang tanpa pamrih melakukan kerja2 kemanusiaan seperti YKAKI ini

    ReplyDelete
  14. acara yang bagus dan semoga membantu kepada mereka yang menderita penyakit dan menjadi penyemangat ya mba

    ReplyDelete
  15. Alhamdulillah, masih banyak orang-orang yang peduli. Termasuk anak anak terkena kanker kadang-kadang sering terlupakan. Inspiring!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, nggak kuat euy lihat mereka bawaannya mau nangis aja :(

      Delete

Canva Magic Write