Masak Daging Menggunakan Bonanza Beef Lebih Empuk, Masak Jadi Lebih Cepat

H ai moms ..mau masak apa hari ini? Udah punya ide atau jangan-jangan masih bingung nih? Memang ya moms, gak bisa dipungkiri lagi kalau...


Hai moms..mau masak apa hari ini? Udah punya ide atau jangan-jangan masih bingung nih? Memang ya moms, gak bisa dipungkiri lagi kalau setiap harinya para emak mesti memutar otak akan mengolah makanan apa hari ini demi keluarga tercinta. Terlebih untuk ibu-ibu rumah tangga nih yang memang kegiatan hari-harinya nggak jauh-jauh dari dapur. Perkara masak-memasak itu memang susah-susah gampang ya. Terlebih dalam hal memilih bahan makanannya. Harus benar-benar teliti moms apakah bahan makanan itu masih layak olah dan memenuhi gizi yang diperlukan. 

Nah, ngomongin soal menu masakan beberapa hari ini ada keinginan sih untuk masak daging. Sebenarnya saya juga kurang paham bagaimana cara memilih daging yang baik. Beruntung sekali nih pada hari Sabtu tanggal 2 November 2019 bisa mengikuti Demo Masak Bonanza dari Bonanza Beef. Acara ini diadakan di Hero Puri Indah Mall bersama Chef Gabby yang sangat ahli di dunia masak-memasak. Hal yang menggembirakan buat saya karena bisa nambah ilmu, dalam demo ini Chef Gabby memberikan edukasi dan informasi yang penting dalam segi membeli daging yang lebih segar. 

Chef Gabby menjelaskan tentang pemilihan daging segar dan bebas dari bakteri termasuk cara penyimpanan daging yang benar

Menurutnya, daging yang dibeli di supermarket dan di pasar tentu saja memiliki kualitas yang berbeda baik dari cara penanganan, pemotongan daging hingga tahap mengkonsumsi. Tidak perlu khawatir ya moms jika membeli daging sapi di supermarket. Daging dari Bonanza yang dibeli di supermarket sangat segar karena Bonanza Beef memiliki peternakan sendiri. Sapi-sapinya di berikan pangan dan diperlakukan dengan baik. Bahkan pakannya pun diberikan kulit nanas yang mengandung enzim yang dapat membuat dagingnya empuk. Tidak butuh waktu lama untuk memasak daging hingga berjam-jam karena pada dasarnya Sapi Bonanza sudah memiliki daging yang sangat empuk. Kualitas dagingnya juga terjamin karena telah melewati pengawasan dari hulu ke hilir. 

Anyway, Bonanza adalah produk dari PT GREAT GIANT LIVESTOCK, selain Bonanza perusahaan ini juga memiliki produk susu sapi murni bernama Hometown Diary. Daging Bonanza Beef bisa dibeli di HERO, jenis daging biasanya Tenderloin, Sirloin, Ribeye (atau disebut Cuberoll). Daging Bonanza juga digunakan untuk Master Chef Indonesia loh!

Demo masak oleh Chef Gaby

Perlu diketahui juga nih moms proses daging sapi dari peternakan hingga sampai di supermarket untuk dikonsumsi. Berikut prosesnya:
-  Pertama dilakukan pemotongan daging dengan cara halal
-    Kemudian daging dibersihkan dan di gantung untuk proses aging
-    Lalu di kemas dalam vacum untuk menjaga kesegaran, meningkatkan keempukan dan menghasilkan cita rasa yang lebih kuat
-    Setelah itu daging sapi bonanza diletakkan di cold storage untuk quality control
-    Lalu daging siap dikirimkan ke restaurant atau supermarket yg mana kondisi daging sudah bersih dan siap untuk di jadikan bahan masak memasak bagi para ibu-ibu

Nasi Gyudon

Selain itu, Chef Gaby juga menginformasikan bagaimana cara memasak daging supaya empuk hingga tingkat kematangannya. Chef Gaby adalah spesialis di bidang daging ya moms. Nasi Gyudon, Steak with Mushroom Sauce dan Tumis Sapi Cabai Hijau adalah menu yang di demokan oleh Chef Gaby. Dalam menikmati steak tergantung selera masing-masing orang. Ada yang terbiasa dengan tingkat kematangan Steak Well Done, ada yang Medium Well, Medium sampai Medium Rare. Saya juga gak paham tuh awalnya.

Steak with Mushroom Sauce

Setelah diinfo lebih lanjut seputar tingkat kematangan steak oleh Chef Gaby baru deh tau. Berikut maksudnya moms:
1.    Well Done artinya sudah kering tanpa juicy. Dari segi penampilan Well Done terlihat coklat dan kering dengan tingkat ke-empukan biasanya agak kenyal oleh karena tekstur serat daging menjadi sangat rapat karena lemak dan juicy telah habis terpanggang. 
2.    Medium Rare: Tingkat kematangan steak ini sangat digemari orang Perancis, biasanya dimakan dengan salad. Medium Rare ditandai dengan steak yang ketika dipotong memiliki warna merah dibagian tengahnya, dengan juicy yang masih sangat besar membuat cita rasa daging sangat terasa. 
3.    Medium: tingkat kematangan steak pilihan kebanyakan orang pencinta steak di dunia, daging bagian dalam terlihat masih agak kemerahan dengan aroma bakar yang sangat menggoda meresap kedalam daging, teksture yang imbang dengan juicy yang sedikit mengalir membuat para pencinta steak dapat merasakan manisnya juicy dari daging sapi pilihan. 
4.    Medium Well: Sangat cocok bagi lidah kita, tingkat kematangan ini membuat banyak orang ketagihan menikmati steak. Perpaduan yang pas antara ke-empukan dan juicy sehingga keduanya memberikan sensasi yang tepat. Tingkat kematangan steak dengan teksture yang tepat dengan bagian dalam berwarna merah muda dan aroma panggang yang kencang menggelora membuat para pencinta steak benar-benar dapat menikmati kelezatan steak sepenuhnya. 

Tumis daging cabai hijau menggunakan daging Knuckle

Happy deh. Selepas acara ini saya dan teman-teman lainnya semakin bertambah ilmu cara memasak daging dengan tingkat kematangan yang diinginkan. Ternyata mudah banget cara masak nya. Sampai rumah langsung eksekusi nyobain resep yang di demokan Chef Gabby. Yummy!


You Might Also Like

2 comments

  1. Ihhhh ini embak ada dimana ? kok bikin temennya pengen aja dipamerin makanan enak enak. bikin ngiler tau mb. Pengen beli tapi kayaknya bukan di indo yaa. pasti diluar negri yee...

    ReplyDelete