Makanan dan Jajanan Cita Rasa Nusantara Numplek di Pasar Tumplek Hotel Atria Gading Serpong

M akanan dan Jajanan Nusantara kadang suka ngangenin. Teringat sewaktu kecil ada seorang ibu yang setiap pagi keliling menjajakan kue ...


Makanan dan Jajanan Nusantara kadang suka ngangenin. Teringat sewaktu kecil ada seorang ibu yang setiap pagi keliling menjajakan kue pakai bakul, yang isinya tiwul, cenil, getuk, putu mayang, lupis, pulut, sawut, dll sampai si ibu punya nama panggilan kesayangan orang kampung ibu bakul. Kedatangan ibu bakul setiap pagi selalu dinantikan. Anyway jajanan kesukaan saya tuh pulut yang ditaburi parutan kelapa dan makannya pakai pisang goreng,  nikmatnya tak terkira. Jadi ngiler kan? hehe!  Sekarang susah banget nemu cemilan kayak gitu, kalau lagi pengen tapi nggak ada yang jual rasanya gimana gitu. Ngalah-ngalahin orang ngidam. 


Kabar baiknya kalau kangen makanan dan jajanan Nusantara sekarang nggak perlu jauh-jauh dan nggak perlu repot-repot cari ke pasar yang kadang nggak nemu. Karena di hotel yang nggak jauh dari rumah saya ada Pasar Tumplek yang isinya makanan dan jajanan Nusantara, pokoknya numplek semua disitu. Total ada 99 jenis makanan dan jajanan tradisional disitu. Yups, saya tau info nya karena saya turut hadir mengikuti Pre-Launch Pasar Tumplek tanggal 29 Oktober 2019 lalu di Hotel Atria Gading Serpong. 


Para Chef di Atria Hotel Gading Serpong 
Hotel Atria Gading Serpong berlokasi di jantung Central Business District (CBD) Gading Serpong. Akses menuju hotel ini mudah banget bisa melalui 2 pintu tol yakni Jakarta-Merak dan lingkar luar (JOR) dengan akses dari TB Simatupang, dan cuma 45 menit dari  Bandara Soekarno Hatta. Memiliki 173 room dengan tipe pilihan kamar Superior, Deluxe, dan Suite. Saya pernah staycation disini bareng suami tepatnya bulan Ramadhan kemarin. Review bagaimana pengalaman nginap disini bakal saya tulis segera, hehe. Bahkan saya juga pernah nyobain menu buka puasa nya juga disini dan All You Can Eat juga. Puas banget pastinya. 

Tato Abriyanto 

Well, Pasar Tumplek sendiri bisa kita temui di Mezzanine Restaurant Hotel Atria Gading Serpong selama bulan November setiap hari Sabtu jam 18:00 - 21.00 WIB. Pasar Tumplek dibuat dalam rangka memperingati hari jadi Hotel Atria Gading Serpong yang ke-9 bulan November ini. "Soal harga kompetitif banget", kata Executive Asisstant Manager Hotel Atria Serpong, Tato Abriyanto disela-sela sambutannya. Dengan harga 99 ribu rupiah/orang kita sudah bisa makan semuanya yang tersedia di Pasar Tumplek alias All You  Can Eat. Jadi kalau lagi pengen makanan tradisional yang nikmat sekaligus halal, langsung deh meluncur ke Pasar Tumplek Mezzanine Restaurant. Berikut beberapa makanan dan jajanan tradisional nusantara yang ada di Pasar Tumplek:

Laksa Bogor
Jujur aja nih saya tau makanan Laksa sejak nikah sama suami. Kalau di kampung saya di daerah Sumatera Utara sama sekali belum pernah nemu apalagi nyicipin. Jadi Laksa ini seperti mi dengan kuah santan. Ada yang laksa asam, laksa kari, dan lain-lain. Sekali nyobain Laksa langsung nagih, haha! Laksa Bogor yang saya cobain di Pasar Tumplek segar banget, ada rasa asam ya dikit dengan kuah santan dan campuran irisan daging ayam, telur, juga sayur seperti tauge juga tomat. Tinggal taburi bawang goreng dan irisan daun bawang sesuai selera. Asli enak banget, kalian wajib nyobain juga nih. 





Nasi Liwet
Nasi Liwet mirip nasi uduk atau nasi gurih, kalau nasi yang satu ini masih sering lah ya kita jumpai tapi campuran lauknya belum tentu selengkap di Pasar Tumplek. Ada teri cabai hijau, telur sambal, ayam goreng bumbu, tahu, tempe, sate telur puyuh, dan masih banyak lagi. Makannya sampai bingung saking banyaknya. Lidah sih pengin nyobain semua apa daya perut nggak muat. 






Lupis, Serabi, Cenil
Lupis makanan tradisional kesukaan banget, kunci enak atau enggaknya Lupis tuh ada pada jenis ketan dan gula aren. Kalau dapat ketan yang pulen dan gula aren asli bisa nambah-nambah deh makannya. Nah, di Pasar Tumplek Lupis nya pulen dan gula aren ya pas. Jempol deh rasanya. Begitu juga dengan Serabi dan Cenil. Saya campur jadi satu.





Asinan
Kalian yang doyan wajib ke Pasar Tumplek, ada berbagai Asinan disini yang pasti segar banget. Sabtu nanti saya wajib ngajak suami kesini, soalnya suami doyan banget Asinan. 




Es Campur
Es campur di Pasar Tumplek bisa kita ramu sendiri. Jadi di situ tuh tersedia berbagai bahan untuk di campur tinggal pilih sesuai selera mau campuran apa aja dan  banyaknya seberapa. Saya milih banyakin alpukatnya, enak banget. 





Yang saya cobain di atas belum seberapa, masih banyak menu lainnya. Bayangin aja ada 99 jenis makanan dan jajanan tradisional nusantara. Ada berbagai jenis kue, gorengan, Soto Bandung, pokoknya banyak deh.


Soto Bandung

Talam Ubi

Dadar 

Aneka Gorengan

Cireng

Sayang banget saya nggak nemu rujak, ngarep banget. Oh ya, saran saya kalau punya rencana kesini perut kosongin dulu ya. Biar makan bisa makan sepuasnya di Pasar Tumplek




You Might Also Like

0 comments

Canva Magic Write