Wisata Edukasi ke Taman Gajah Tunggal di Tangerang

T aman Gajah Tunggal. Kalian pernah kesini guys ? Anak Tangerang pasti tau dan sering main kesini lah ya? Nah, buat kalian yang tinggal...



Taman Gajah Tunggal. Kalian pernah kesini guys? Anak Tangerang pasti tau dan sering main kesini lah ya? Nah, buat kalian yang tinggal di luar kota Tangerang sekali-kali piknik kesini deh. Banyak tempat bermain anak sekaligus wisata edukasi, karena taman sarana bermain di Taman Gajah Tunggal menggunakan produk daur ulang dari ban karet. Ini bisa jadi petualangan piknik yang berkesan bagi anak-anak kita. 

Saya & Icon Taman Gajah Tunggal
Lokasi Taman Gajah Tunggal cukup strategi persis di dekat  Kawasan Pendidikan di Jalan Perintis Kemerdekaan, di daerah Cikokol Kota Tangerang dan pinggiran kali Cisadane. Taman ini merupakan salah satu ruang terbuka hijau, dan menurut saya taman ini cukup unik. Ide kreatif untuk membuat ruang terbuka hijau ini patut diacungi jempol. Karena banyak ban-ban yang disulap menjadi sarana bermain, belum lagi anak-anak pasti happy melihat patung gajah raksasa yang dibuat dari ban. Dan ini menjadi icon untuk Taman Gajah Tunggal.

Bisa lihat jembatan Cisadane juga dari Taman Gajah Tunggal

Taman Gajah Tunggal Wisata Edukasi Keluarga

Dinamakan Taman Gajah Tunggal sudah pasti karena ada kontribusi dari PT. Gajah Tunggal perusahaan penghasil ban asli Indonesia yang pabriknya ada di Tangerang. Jadi ini merupakan kerja sama  antara pemerintah dan swasta dengan tujuan agar taman ini bisa menjadi wisata edukasi keluarga. Iya sih, saat saya kesini bareng suami tampak anak-anak dan remaja banyak bermain disini. Padahal waktu itu bukan weekend atau libur, tapi hari sekolah. Karena dekat dengan lokasi sekolah jadi banyak anak-anak yang pulang sekolah main di Taman Gajah Tunggal, hitung-hitung menghilangkan penat selepas belajar seharian.

Happy main ayunan, jadi ingat masa kanak-kanak :)
Beberapa tahun tinggal di Tangerang pertumbuhan kota ini memang cukup pesat. Banyak taman dan beberapa lokasi di daerah Tangerang yang dijadikan tempat wisata, seperti Kampung Berkelir, Jembatan Kaca, dll.  Jadi Tangerang nggak cuma terkenal dengan Cisadane dan dan kuliner Pasar Lama saja. 


Taman Gajah Tunggal benar-benar asri dan nyaman. Disini pengunjung juga diharapkan untuk menjaga kebersihan lingkungan taman bersama. Tempat sampah organik dan anorganik pun dipisah. Nggak cuma wahana bermain, bangku-bangku dan kursi tempat menunggu keluarga yang sedang bermain, tempat sampah pun terbuat dari ban yang didaur ulang. Secara tidak langsung taman ini memberikan edukasi kepada anak-anak bahwa limbah ban bisa di daur ulang menjadi sesuatu yang bermanfaat.


Main perosotan
Bagaimana dengan fasilitas? Fasilitas seperti kantin yang menjual makanan dan minuman, mushola, toilet, parkiran untuk pengunjung semua tersedia. Masuk ke taman ini juga nggak pakai bayar alias gratis, palingan cuma bayar biaya parkir aja. Makanya taman terbuka gini jadi inceran, selain lokasinya yang strategis juga hemat biaya. So, kalian nggak perlu repot-repot ngeluarin duit buat cari tempat piknik bareng keluarga yang nyaman.


Ayunan Ban

Taman Gajah Tunggal Instagramable Buat Foto-Foto

Selain sebagai tempat piknik yang nyaman dan menghilangkan penat selama hampir seminggu bekerja ataupun sekolah, Taman Gajah Tunggal juga jadi tempat seru untuk hunting foto. Banyak spot-spot unik yang instagramable dan sayang banget kalau dilewatkan. Pas banget sewaktu saya dan suami ke taman ini cuaca cukup ramah jadi cahaya bagus banget buat foto-foto.

Suami nggak mau kalah ikutan main ban :)
Ternyata nggak cuma saya dan suami saja yang sibuk hunting foto di beberapa spot kece, tapi juga ada beberapa pelajar dan mahasiswa yang nggak mau melewatkan kesempatan meng-capture spot-spot kece. Iya dong, yang namaya foto-foto itu bukan karena kekiniannya saja, tapi juga sebagai kenangan yang berkesan pernah piknik ke Taman Gajah Tunggal.

Tanda penunjuk lokasi fasilitas terbuat dari ban juga loh :)
Ngomong-ngomong buat kalian yang tertarik pengin ke Taman Gajah Tunggal gampang banget, banyak anngkot yang melewati taman ini. Kalau anak Tangerang ya pasti tau lah ya rutenya. Tapi jangan khawatir buat kalian yang stay di luar kota Tangerang kalian bisa nginap di beberapa hotel murah yang ada di Tangerang. Sebelum buat rencana ke Taman Gajah Tunggal sebaiknya booking hotel aja dulu di pegipegi melalui web atau pun aplikasi. Kalau saya sih lebih sering melalui aplikasi karena sering ada promo khusus yang lumayan banget diskonnya. Enaknya cari hotel di pegipegi selain banyak diskon juga banyak pilihan hotelnya. Meskipun nggak berkunjung ke taman ini di hari libur tapi tetap aja lebih aman pesan hotel nya jauh-jauh hari biar nggak fully booked. 


Taman Gajah Tunggal recommended banget jadi tempat nongkrong yang asik, tempat piknik, hunting foto, dan tempat olah raga seperti jalan santai dan lari-lari kecil. Saran saya sih jangan cuma pagi dan sore aja kesini tapi sekalian nunggu matahari terbenam pasti kece banget deh buat hunting foto sunset. Jadi, kapan mau kesini? Mau ajak saya juga boleh kok, hehe!




You Might Also Like

2 comments

  1. Ini seru banget Gajah Tunggal bisa memanfaatkan ban bekas untuk mendukung taman bermain. Semoga segera diperluas ke daerah lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya..lokasinya juga bersih jadi nyaman kalau lama-lama main disini karena sesama pengunjung sama-sama menjaga kebersihan lingkungan taman.

      Delete

Canva Magic Write