Menjelang Bonus Demografi JoyBiz Berperan Aktif Membangun SDM

T eman-teman ada yang sudah tahu JoyBiz ? Minggu lalu tepatnya tanggal 15 Oktober 2018 saya hadir di peresmian kantor JoyBiz yang berada...


Teman-teman ada yang sudah tahu JoyBiz? Minggu lalu tepatnya tanggal 15 Oktober 2018 saya hadir di peresmian kantor JoyBiz yang berada di  Business Park Kebon Jeruk A-18 Jl. Raya Meruya Ilir 88 Jakarta Barat. Kantor ini baru saja di renovasi dan kantor ini adalah milik JoyBiz sendiri. Penasaran apa itu JoyBiz? 

JoyBiz  didirikan oleh Djoko Hartanto Komara dan Rudi Lazuardi, dua tokoh terkemuka dalam Industri Penjualan Langsung di indonesia yang saat ini masih aktif dalam kepengurusan APLI, yaitu sebagai Ketua Umum dan Wakil Ketua Umum. JoyBiz adalah perusahaan lokal yang memiliki cita-cita untuk menjadi salah satu yang terdepan, selama ini kita lihat industri ini lebih banyak didominasi oleh Eropa dan Amerika. Sekarang ini Asia sudah mulai mendominasi, tetapi Indonesia belum begitu muncul. Padahal kita lihat 14% dari masyarakat MLM dunia berasal dari Indonesia. Itulah sebabnya JoyBiz menjawab tantangan itu untuk bisa berdiri sejajar dan menjadi tuan rumah di negara sendiri, bahkan impiannya bukan di Indonesia saja tapi bisa mendunia. 


JoyBiz Fokus pada SDM

Di tahun ke-4 JoyBiz bercita-cita bisa ekspansi ke negara lain juga. Jadi negara lain bisa merasakan kultur asli Indonesia, yakni kebudayaan Jawa. Jadi Joy itu sebenarnya adalah kultur Jawa yang artinya selalu untung. JoyBiz baru beroperasi mulai Januari 2018 baru 10 bulan hadir. "Dalam JoyBiz yang paling penting adalah SDM", papar Djoko Hartanto Komara . Di momentum ini di mana Indonesia menjelang bonus demografi apakah akan menjadi besar atau menjadi bencana ini tergantung akan kesiapan kita. Ini bukan saja tugas Pemerintah tapi juga tugas swasta dan tugas kita bersama untuk membangun bangsa Indonesia dimana harapan kita tentunya tahun 2030 mendatang Indonesia menjadi negara maju. 

Djoko Hartanto Komara
Berdasarkan data, angka enterpreneurship kita sangat rendah hanya 0,04 % padahal untuk ekonomi ini berputar diperlukan 2%. Untuk itulah JoyBiz hadir, yang diutamakan adalah SDM. Makanya Pak Djoko sering mengatakan kepada member kalau merekrut orang itu gampang, yang susah adalah bagaimana merekrut orang dan orang tersebut aktif. SDM nya yang harus dikedepankan. JoyBiz lebih mengedepankan SDM dari pada promo-promo yang membuat orang tidak menggunakan akal sehat dan kemudian menginvestasikan uangnya, bukan itu keinginan JoyBiz. 

JoyBiz lebih fokus kepada fondasi yaitu membangun manusianya. Dimana kompetensi itu terdiri dari tiga hal yaitu sikap (attitude), pengetahuan (knowledge) dan keahlian (skill). Maka dari itu JoyBiz punya banyak training, yang berisi praktek dan latihan, selain itu banyak pelatihan melalui audio books, video books, e-books agar para member bisa melihat berulang-ulang dan JoyBiz juga mempersiapkan e-tutorialnya. JoyBiz menyasar milenial sistem online. Online ini sebenarnya bukan industri baru tapi cara baru, baik itu dalam berkomunikasi dan bertransaksi. Jadi kalau cara baru ini menempel pada industri penjualan secara langsung maka menjadi online penjualan langsung. Begitulah cita-cita JoyBiz membangun budaya baru yang sebenarnya sudah akrab di Indonesia.

Rudi Lazuardi
Menurut penelitian kedokteran saat kita Joy tubuh kita akan mengeluarkan 10 hormon yang membuat kita itu lebih pintar, lebih allert, lebih semangat, lebih bergairah, lebih bahagia, sehingga kelihatan lebih tampak muda, dan ini secara alami. Makanya kalau kita senyum sambil membayangkan sesuatu yang buruk maka akan susah untuk senyum karena ada yang memblock pikiran kita. Menurut Pak Djoko kalau pikiran kita lagi ngeblock maka body language lah yang harus di kontrol. Kalau kita sering latihan mengontrol body language maka otomatis lama-kelamaan pikiran akan ikut body language. Joy itu menular, ditolak orang juga tetap Joy. Disini JoyBiz tidak menjual produk tapi sekedar share kepada banyak orang bahwa JoyBiz menjual produk yang bagus. Di JoyBiz pak Djoko menjelaskan kepada anggotanya bahwa menghadapi orang kita akan bertemu dengan dua hal yakni dapat prospek dan mendapat guru. Pak Djoko juga mengajarkan keikhlasan dan kerendahan hati. 

Tahun pertama JoyBiz targetnya menemukan pondasi, ditahun kedua percepatan, tahun ketiga tinggal landas, tahun keempat targetnya buka over seas ke Vietnam, Malaysia, Singapura, Korea, Jepang, Taiwan, bahkan Eropa, kemudian tahun kelima JoyBiz punya target untuk bisa menjadi tuan rumah di negara sendiri. Karena sekarang ini banyak generasi X yang menjalankan bisnis JoyBiz maka target online lebih spesial untuk generasi Y. Oh ya, JoyBiz benar-benar paperless dalam sistem order, sampai dropship semua dilakukan online.


Tipe Member di JoyBiz 

Ada 2 tipe member di JoyBiz yaitu member yang menjalankan bisnisnya dan membuka jaringan, kemudian member yang merupakan spesial customer dimana ada  orang-orang menjadi member yang hanya ingin memakai produknya saja. Spesial customer ini tetap mendapatkan harga member dan saat bergabung akan mendapatkan cashback. 

Apa gunanya caschback? Tentu saja buat dibelanjakan lagi. Untuk menjadi member biaya keanggotaannya sebesar Rp 150.000 dan nantinya akan menapatkan produk senilai Rp 150.000 juga dan mendapatkan starter kit berbentuk digital.  Saat ini member JoyBiz sudah sekitar 15 ribu orang sejak dibuka awal Januari 2018.


Beda Direct Selling dan MLM

Sebenarnya direct selling dimulai dari door to door, penjual langsung menjual. Kalau MLM  belum tentu yang menjual langsung penjual bisa jadi orang lain seperti layaknya toko. Menjual adalah mempengaruhi orang untuk mengambil keputusan membeli. Toko hanya melayani, yang menjual adalah yang punya merek, makanya disebut penjualan tidak langsung karena yang menjual dan yang melayani orang yang berbeda. 

Menurut UU Perdagangan No 7 tahun 2015 dimana UU Perdagangan secara makro dibagi menjadi dua yaitu penjualan tidak langsung dan penjualan langsung. Penjualan langsung adalah yang mempengaruhi orang untuk mengambil keputusan untuk membeli dengan yang melayani pembelian adalah orang yang sama. Door to door awalnya single level masuk Indonesia tahun 1984. Tahun 1986 berdiri MLM dimana sistem nya sistem matahari yang mensponsori orang banyak dimana bonusnya adalah bonus kepemimpinan.

JoyBiz memiliki marketing plan next generation dengan konsep baru yang menggabungkan sistem single level, binary dan sistem breakway sebagai solusi bisnis jaringan. Mengusung tagline The Answer for You. JoyBiz hadir menjadi solusi dengan membuang kelemahan system binary dan breakaway dan menerapkan keunggulan kedua jenis marketing plan ini. JoyBiz menggunakan cara modern tanpa sistem stockiest, semua rantai bisnis JoyBiz dikendalikan langsung secara online di web pusat JoyBiz mulai dari produk, aktivasi member hingga struktur jaringan.

bincang bareng media dan blogger

Kategori Produk JoyBiz

Anti Degeneratif (A)

Banyak penyakit dan orang meninggal dunia karena penyakit degeneratif seperti jantung, penuaan dini, kolestrol, diabetes, dll. Biasanya disebabkan oleh pola makan dan pola hidup yang tidak benar.  

Beauty (B)

Produk-produk berupa skincare, masker, dan kosmetik

Cleansing (C)

Produk pembersih, shampo, obat kumur, dll. Saat ini yang paling favorit adalah JOYPOLINSE obat kumur non alkohol, dimana produk ini membunuh bakteri dengan menggunakan propolis. Propolis ini berasal dari lebah. Produk ini bagus sekali karena begitu kita kumur-kumur yang terbunuh adalah bakteri patogen sehingga bakteri baiknya tetap bertahan. Kalau obat kumur yang mengandung alkohol bakteri baik dan bakteri jahatnya ikut mati dan membuat mulut akan kering. 

Detox (D)

Produk pembersih toxin di dalam tubuh seperti lambung dan usus, termasuk produk-produk slimming.

Energy (E)

Produk berenergi ion negatif untuk anti radiasi seperti sol sepatu untuk keseimbangan tubuh, gelang, kalung kacamata, saat ini yang beredar masih berbentuk sticker.

Immune (I)

Produk-produk yang meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan virus, bakteri, dan jamur. Produknya saat ini yang sudah ada adalah JOYMUNEMAX dimana tiga kandungan utamanya adalah Biovine Pure Colostrum, Bioactive Permeate, Yeast Beta Glucan (sejenis jamur).

So, kesimpulan yang saya dapat setelah mengikuti peresmian kantor JoyBiz dan setelah mendengarkan pemaparan mengenai apa itu JoyBiz saya simpulkan bahwa JoyBiz ini bisnis yang fokusnya pada aktivitas bukan hasil. Kalau fokus pada hasil member bisa stres, fokus pada aktivitas otomatis hasil akan mengikuti.


Web: www.joybiz.co.id
Instagram: @joybizofficial



                           

You Might Also Like

26 comments

  1. Nggak diajak liat2 ke showroom prpduknya kah mba. Penasaran apa aja dan kayak apa sih produknyaaa

    ReplyDelete
  2. Penasaran sama produk-produknya JoyBiz,kalau sistem pemasaran seperti ini tentunya akan menguntungkan semua pihak ya, dan tidak akan ada penumpukkanbarang di stokies ya

    ReplyDelete
  3. Wah menarik yaa, JoyBiz tau aja kalau ada pelanggan yg join hanya untuk dipakai sendiri, makanya ada 2 model yaa. Cashback nya lumayan banget itu buat repurchase produknya lagi

    Btw aku jadi penasaran sama produk2 yang dijual deh

    ReplyDelete
  4. JoyBiz ini produknya apa ya mba? saya baru pertama kali nih denger JoyBiz, tapi kalau memang mereka punya visi misi sedemikian bagus, saya support banget

    ReplyDelete
  5. Wah, menarik nih biar SDM makin maju dan oke dong tentunya. Setelah baca postingan ini aku baru tahu kalau ada Joybiz. Kayaknya banyak juga keunggulan dari Joybiz ini.

    ReplyDelete
  6. Tadinya kupikir seperti MLM ternyata penjualan door to door ya.. contoh2 produknya seperti apa ya? Hihi..penasaran...

    ReplyDelete
  7. Produknya bermanfaat banget ya mak buat kesehatan terutama Energi ( E ) yang anti radiasi cocok banget nih buat orang yang sering terpapar sol sepatu sama pembersih yang menyengat.

    ReplyDelete
  8. Wow, kategori produknya banyak ya Mbak..
    Sistem penjualannya pun berbeda. Mantap nih, produk lokal emang harus bisa berinovasi yah :)

    ReplyDelete
  9. Produknya banyak! Biasanya kalau bagian skincare atau kecantikan aja. Ini ada macem2. Belinya bisa sekalian

    ReplyDelete
  10. Wah baru awal tahun buka tapi member JoyBiz sudah sekitar 15 ribu orang. Mungkin karena model door to door itu ya. Karena beli untuk kebutuhan sendiri jadi cepet naiknya. Btw, aku penasaran seperti apa sih produknya

    ReplyDelete
  11. waah kategori produknya banyak ya mba, tapi aku penasaran juga produknya apa aja kira kira hehe

    ReplyDelete
  12. Bener banget yaa.. fokus kompetensi diri tuh sikap, pengetahuan dan skill (ditambah imtaq, mungkin? Hehe.. ). Insya Allah dengan bekal itu kita akan bisa dengan mudah berkarya dan membaur di masyarakat.

    ReplyDelete
  13. Belum diliatin produknya yaa, mba...
    MLM memang bisnis yang memudahkan segala lapisan masyarakat bisa berpenghasilan lebih di samping memiliki penghasilan pokok.

    Atau

    Membuka lapangan kerja bagi siapa saja yang mau bekerja lebih...

    ReplyDelete
  14. Kapan hari baca soal Joybiz cuma belum paham. Saya masih bertanya-tanya produk yang ditawarkan ke masyarakat.

    ReplyDelete
  15. Kalau fokus pada SDM, insya Allah ilmunya akan sangat bermanfaat buat si pelaku bisnisnya ya mba. Itu produk yang dijual juga lumayan beragam ya mba.. penasaran dengan skin carenya

    ReplyDelete
  16. Wah berarti kita harus joy terus ya mbak, soalnya kl lagi bete jadi males ngapa2in termasuk mikir :-D

    ReplyDelete
  17. Jadi penasaran banget ni sama produk-produknya, belum lihat secara langsung soalnya

    ReplyDelete
  18. Joybiz baru tahu banget aku mba, ternyata produknya macem-macem ya. Dan kita punya pilihan yang tentunya sesuka kita nyaman yang mana. Pengen tahu lebih banyak euy.

    ReplyDelete
  19. Jadi penasaran nih sama jenis-jenis produknya. Bakalan ada lanjutannya kan tulisan ini? Untuk membahas jenis produk joybiz ��

    ReplyDelete
  20. Aku kebetulan makai obat kumurnya mbak. Skrng gigiku kalau minum dingin2 gak sensitif lagi. Bagus sih ini bisnisnya :D

    ReplyDelete
  21. Sip, jadi harus perbanyak aktivitas di JoyBiz ya biar dapat keuntungan berlipat.

    ReplyDelete
  22. Kalau dari 3 hal yaitu sikap, pengetahuan dan skill, kayaknya yang masih kurang di generasi kita saat ini sikap (attitude) ya Mba :(

    ReplyDelete
  23. Produknya apa aja yaaa.... Penasaran..

    ReplyDelete
  24. Sepertinya joybiz fokus produk kesehatan ya mba. Cuzz intip instagram mya dan web nya buat yang penasaran kayak aku

    ReplyDelete
  25. Langsung bikin catatan sama diri sendiri pas sampai di bagian ini:

    "... kompetensi itu terdiri dari tiga hal yaitu sikap (attitude), pengetahuan (knowledge) dan keahlian (skill).

    ReplyDelete
  26. Baru tau nih dengan Joy Biz..jadi core businessnya di bidang product kesehatan ya mbak?

    ReplyDelete

Canva Magic Write