BCA Gelar Indonesia Knowledge Forum (IKF) VII 2018

BCA Gelar Indonesia Knowledge Forum (IKF) VII 2018. Tanggal 9 Oktober lalu Indonesia Knowledge Forum (IKF) VII 2018 resmi digelar di B...



BCA Gelar Indonesia Knowledge Forum (IKF) VII 2018. Tanggal 9 Oktober lalu Indonesia Knowledge Forum (IKF) VII 2018 resmi digelar di Ballroom The Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta.

Meski perhelatan Indonesia Knowledge Forum (IKF) VII 2018 sudah lewat tapi acara ini sangat berkesan bagi saya. IKF tahun ini merupakan tahun ke tujuh dengan mengambil tema Fostering Innovation Digital Transformation. Serunya lagi IKF VII 2018 dilengkapi dengan serangkaian expo dan exhibition yang di sponsori oleh 29 perusahaan (exhibitor) dan penyedia pengetahuan teknologi terpilih yang diharapkan dapat menjadi inspirasi dan pengetahuan baru bagi perkembangan dunia usaha masyarakat. Saya sendiri baru kali ini mengikuti IKF. Di hari pertama saya ikut mulai dari pembukaan sampai dengan mengikuti beberapa materi dari para pembicara yang kompeten di bidangnya. Benar-benar nambah wawasan. 


Jahja Setiaadmadja - Presiden Direktur BCA
Pembukaan IKF VII 2018 dilakukan oleh Presiden Direktur BCA Jahja Setiaadmadja. Dalam sambutannya beliau berharap IKF memberi warna baru dalam dunia digital dan IKF VII tahun ini mampu menjadi wadah dan menginspirasi. Setiap tahunnya IKF memiliki tema yang berbeda-beda mengikuti perkembangan zaman. Saat ini era digital dan teknologi semakin pesat, bahkan kadang perkembangan teknologi ini membingungkan penggunanya baik itu personal, perusahaan, juga business man. Ini merupakan tantangan yang cukup berat dan ini menjadi pilihan bagi kita apakah kita mau mengikuti teknologi atau tidak. Kalau kita mau mendalami dan mengikuti perkembangan teknologi maka kita harus siap mengikuti persaingan pasar, sebaliknya kalau kita nggak mau mengikuti perkembangan maka siap-siap saja kita akan tenggelam karena perubahan zaman. 

Presdir BCA juga memaparkan bahwa sekarang ini zamannya bisnis Fintech (Financial Technology) dan bisnis ini nggak semudah yang dibayangkan. Karena untuk menjalankan bisnis Fintech syaratnya bisnis ini harus bisa menciptakan critical mass, produk yang digunakan harus disenangi alias user friendly dan nggak njelimet, kemudian trust (kualitas produk di percaya) dan financing. Banyak orang yang terjun ke Fintech tapi hanya mereka yang lolos seleksi alam sajalah yang bisa bertahan. Jadi nggak semua Fintech berkembang, karena persaingan yang semakin ketat. 


Djoko Sasono - Sekretaris Jenderal Kementrian Perhubungan Republik Indonesia

Digital adalah konsep yang berkembang di masyarakat dan banyak digandrungi milenial. Kaum milenial ini harus ditempatkan pada posisi yang pas sehingga mereka bisa berinovasi dan merasakan kenyamanan. Teknologi digital memberi peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi sebuah negara, termasuk Indonesia. Maka dari itu perusahaan-perusahaan di Indonesia harus bisa beradaptasi dengan transformasi digital dengan tujuan menciptakan efisiensi kerja sumber daya manusia dan meningkatkan potensi inovasi guna memenuhi kebutuhan konsumen yang semakin hari semakin masif. BCA sendiri sudah masuk ke digitalisasi, sudah banyak transaksi yang dilakukan via digital bisa dibilang hampir semua transaksi dilakukan via digital, bahkan saat event IKF pun ada aplikasinya.


Pada kesempatan yang sama Sekretaris Jenderal Kementrian Perhubungan RI Djoko Sasono dalam sambutannya mengatakan kalau IKF adalah acara prestisius. Beliau juga memaparkan kalau teknologi akan selalu berimplikasi kepada perubahan perilaku. Selain itu teknologi juga memiliki risiko dimana yang jauh menjadi dekat dan yang dekat jadi jauh. Secanggih apapun teknologi digital harus tetap dilengkapi dengan human feeling. Siapa pun nggak bisa terhindar dari dampak teknologi digital. 


Membunyikan sirine pertanda dimulainya Indonesia Knowledge Forum VII
IKF VII berlangsung selama dua hari yakni tanggal 9 sampai dengan 10 Oktober sebanyak kurang lebih 20 pembicara yang inspiratif dari beragam industry turut berpartisipasi berbagi ilmu pengetahuan dan pengalamannya dalam membangun inovasi dan memperkuat sebuah nilai transformasi digital. Semoga tahun depan saya bisa mengikuti IKF lagi dan tentunya dengan insight yang berbeda.







You Might Also Like

22 comments

  1. Secanggih apapun teknologi digital harus tetap dilengkapi dengan human feeling. Siapa pun nggak bisa terhindar dari dampak teknologi digital. Suka banget tuh sama kata - katanya yah, emang bener kan itu

    ReplyDelete
  2. Sebagai kutu loncat yang suka pindah2 bank, menurut saya layanan BCA yang paling keren dan inovatif. Di saat yang lain masih konservatif, BCA bermain di ranah digital lebih dulu. Salut.

    ReplyDelete
  3. kalau nggak bisa mengikuti teknologi terkini bisa ketinggalan ya

    ReplyDelete
  4. setuju dengan ini mba >> Banyak orang yang terjun ke Fintech tapi hanya mereka yang lolos seleksi alam sajalah yang bisa bertahan. Jadi nggak semua Fintech berkembang, karena persaingan yang semakin ketat.
    bagus acaranya yah mba beruntung bisa ikutan

    ReplyDelete
  5. Amin. Smoga tahun depan bisa ikutan IKF lagi ya mba.. acaranya bermanfaat dan inspiratif, sampai 2 hari aku penasaran juga dengan nara sumber nya

    ReplyDelete
  6. Wah, pengennya bs ikutan acara ini. Keren banget acaranya. Ak minim bangey pengetahuan ttg Fintech ini. Makasoh udh berbagi y mba..

    ReplyDelete
  7. Senangnya bisa kumpul bareng orang-orang sukses seperti mereka. Saya sendiri belum pernah menggunakan BCA. Karena di kampung jauh kantor BCA.

    ReplyDelete
  8. Wah acaranya keren ya mba.. akupun merasa sangat kurang ilmi ttng fintench ini. Makasih tulisannya mba

    ReplyDelete
  9. Seneng banget ya bisa hadir di acara bagus seperti ini. BCA memang banyak inovasinya, sebagai nasabah BCA kerasa banget mudahnya melakukan berbagai transaksi pakai BCA

    ReplyDelete
  10. Keren BCA! memang teknologi perbankan BCA seperti iBankingnya itu paling juara diantara bank lain di Indonesia

    ReplyDelete
  11. Betul juga, teknologi digital bisa berdampak pada siapapun. Dan ini bisa juga berpengaruh pada kehidupan sosial ya, mbak.

    ReplyDelete
  12. Era millenial gini gak bisa deh gak manfaatin teknologi. Apa2 serba menggunakan teknologi.

    ReplyDelete
  13. BCA makin keren ya mba dan tetap eksis di tengah perkembangan teknologi yang tidak ada habisnya.

    ReplyDelete
  14. Bener banget nih, dunia digital saat ini telah mencapai saat dimana kita sbg pengguna merasa nyaman menggunakannya. Beruntung banget bisa ikut acara itu mba, pembicaranya keren-keren

    ReplyDelete
  15. Bisnis fintech sdng booming skrng krn emang targetnya nanti kita cashless ya mbak :D

    ReplyDelete
  16. Sebagai nasabah BCA, saya jadi ikut senang kalau ada event bermanfaat seperti ini.

    ReplyDelete
  17. Tambah eksis aja nih program-programnnya BCA. Malah kemarin aku lihat di pameran ada BCA syariah

    ReplyDelete
  18. Bagus acaranya, beruntung banget bisa ikutan dapat inspirasi dari pemateri yang sudah malang melintang di dunia industri dan teknologi. Bca keren ya bisa bkin acara sptti ini

    ReplyDelete
  19. Pelaku bisnis konvensional siap-siap gulung tikar jika tidak menyesuaikan dengan teknologi digital masa kini.Apalagi pasar dipenuhi oleh anak-anak milenial.

    ReplyDelete
  20. Kagum sama inovasi yang BCA lakukan.
    Terus maju dan sukses.

    ReplyDelete
  21. BCA ini selalu juara buatku, mau orang bilang antrian lamalah tapi tetap diantri. Kalau aku suka sama program-programnya BCA yang memang membantu banget.

    ReplyDelete
  22. BCA keren banget,
    Jangan sampai ketinggalan teknologi lah..kita harus memanfaatkan dan memahami kemajuan teknologi..terus berinovasi..

    ReplyDelete