Peluncuran Game Edukasi Hemat Air

H i! Sudah minum berapa gelas air hari ini? Saya berharap setiap bulan yang diakhiri dengan 'er' bisa nampung ember, hihi. Tapi...



Hi! Sudah minum berapa gelas air hari ini? Saya berharap setiap bulan yang diakhiri dengan 'er' bisa nampung ember, hihi. Tapi diluar ekspektasi sejak September sampai memasuki Oktober ini masih saja musim panas. Jadi jangan ditanya bisa berapa gelas air yang bisa saya habiskan saking hausnya, berapa banyak air yang saya pakai untuk mandi berkali-kali, untung stok air banyak. Cuaca panas begini tubuh jadi mudah dehidrasi, badan gampang lemas, otak pun jadi lelet dipakai buat mikir. Apakah teman-teman merasakan seperti yang saya rasakan?

Setiap makhluk hidup membutuhkan air termasuk manusia. Tubuh manusia terdapat sekitar 55 persen air, dan manusia tidak dapat tumbuh dan berkembang tanpa air. Air dalam tubuh manusia tidak datang dengan sendirinya, manusia pun harus mengonsumsi air guna memberikan dampak positif bagi tubuh. -meetdoctor.com-

Jangan sampai air jadi langka ya friends. Betapa pentingnya air bagi kehidupan. Meski 70 persen permukaan bumi mencakup air, namun hanya 3 persennya saja air segar yang bisa dimanfaatkan. Yups, masih banyak saudara-saudara kita di belahan negara lain yang masih krisis air. Begitu juga dengan Indonesia sendiri, di beberapa daerah masih sulit mendapatkan sumber air bersih.

Karena terbatasnya sumber air baku yang dapat diolah kembali menjadi air baku ini lah yang mendorong Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementrian PUPR) untuk membangun infrastruktur sistem penyediaan air minum dari hulu ke hilir. Upaya ini perlu mendapat dukungan dari pemerintah daerah dan masyarakat sebagai pengguna infrastruktur dengan cara penyelenggaraan SPAM yang efektif serta pemanfaatan penggunaan air secara bijak.


Untuk menyebarluaskan informasi mengenai pelayanan penyelenggaraan SPAM, melaui Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM), Kementerian PUPR me-launching  Game Edukasi Interaktif Air Minum yang diadakan di Santika Hotel Bintaro, Tangerang, Senin tanggal 1 Oktober 2018 lalu.

Menurut Bambang Wahyudi dari tim konsultan, game edukasi ini bertujuan mengajarkan kita untuk lebih menghemat air. Jadi sambil main game interaktif air minum kita juga akan mendapatkan informasi dan edukasi dasar seputar Sistem Penyediaan Air Minum. Mulai dari edukasi 4K (Kualitas, Kuantitas, Kontinuitas, dan Keterjangkauan), kemudian kita juga mendapat edukasi bagaimana menjaga, menyimpan, dan hemat dalam penggunaan air. Level dalam game edukasi ini masih berupa game dasar karena masih dalam tahap pengembangan. BPPSPAM akan terus mengembangkan konten game dan dikombinasikan dengan ide-ide kreatif dan disesuaikan dengan teknologi game yang terus berkembang sesuai trend terkini.

Bambang Wahyudi 
Ada 3 macam game edukasi interaktif air minum yang telah dibuat BPPSPAM yaitu Game "CIKA", "TIRTA dan Make Air. Game CIKA dibuat berbasis desktop, sedangkan game TIRTA dan MAKE AIR  berbasis mobile application. Game ini dikembangkan juga dalam platform desktop, yang dapat di lihat pada website resmi BPPSPAM. Untuk game CIKA dan Make Air sementara ini hanya masih bisa di download di Google Play Store, untuk IOS sendiri masih tahap pengembangan.

Anggota BPPSPAM Unsur Pemerintah, Eko Wiji Purwanto mengatakan bahwa pembuatan Game Edukasi Interaktif Air Minum merupakan langkah untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat dengan cara yang lebih menarik dan tentunya lebih fun. Melalui game ini diharapkan masyarakat semakin sadar dan peduli lagi untuk menerapkan perilaku Hemat Air dengan menggunakan air secara bijak juga lebih luas lagi memahami tentang siklus penyediaan air minum di rumah dari hulu sampai hilir.

Eko Wiji Purwanto

Bukan itu saja, harapan lainnya masyarakat juga diharapkan dapat mendukung kerja PDAM sebagai penyelenggara SPAM untuk melakukan pelayanan air minum secara prima dengan cara membayar tagihan tepat waktu dan menyampaikan informasi secara cepat apabila terjadi kerusakan infrastruktur SPAM. Yuk, bayar tagihan tepat waktu!




You Might Also Like

6 comments

  1. Waaah seu amaat ada games edukasi henat air begini mba. Penasaraaan pengen main

    ReplyDelete
  2. Jaman now banget ya, sosialisai melalui game di gadget. Kere ah

    ReplyDelete
  3. Waah keren idenya, semoga makin banyak orang yg sadar buat menjaga air kita. Sayang belum ada buat iOS yaa, padahal pingin coba buat anakku :)

    ReplyDelete
  4. Asyiiik banget masih sering ikutan acara seperti ini, bikin ngiri emak-emak renta nih, hehe... Punya cucu empat jagoan semua, jadi harus balik lagi nih baca lagi biar paham banget. Cucu yang nomor 1 dan 2 lihai mereka dengan desktop jadi 3 macam games itu pasti menarik hatinya.

    ReplyDelete
  5. donlot ah penasaran gamesnya. INi bisa diajarkan ke anak=anak juga ya supay abisa hemat penggunaan air

    ReplyDelete
  6. Seru bener adanya game edukasi hemat air. Baru tadi siang ada teman cerita soal kekhilafannya dia meninggalkan rumah untuk jangaka waktu lama, eh dia lupa ndak matiin air PAM, airnya tumpah ke mana-mana dan tetangga pada ndak ada yang tahu, sedih ya, air terbuang sia-sia

    ReplyDelete