Dukung Upaya Pencegahan Demam Berdarah Dengue yang Mengancam Jiwa dengan 3M Plus Vaksin DBD

Hati-hati dengan gigitan nyamuk! D emam berdarah dengue merupakan penyakit yang menakutkan bagi tiap orang. Apalagi bila tanda-tandanya sama...

Vaksin DBD
Hati-hati dengan gigitan nyamuk!

Demam berdarah dengue merupakan penyakit yang menakutkan bagi tiap orang. Apalagi bila tanda-tandanya samar dan dikira demam biasa. Padahal penyakit demam berdarah bisa menyebabkan kematian apabila penanganannya terlambat. DBD sudah ada di Indonesia sejak tahun 1968, hingga sekarang penyakit demam berdarah dengue masih menjadi perhatian. Menurut data dari Kementerian Kesehatan RI, dari awal tahun sampai dengan minggu ke-33 tahun 2023 , kasus demam berdarah dengue mencapai 57.884 kasus dengan catatan 422 kematian. Lantas apa penyebab demam berdarah dengue? 



Penyebab Demam Berdarah Dengue (DBD)

Demam berdarah disebabkan oleh infeksi virus dengue yang ditularkan ke manusia melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti berjenis kelamin betina. Nyamuk ini memiliki ciri-ciri bertubuh kecil, berwarna hitam dengan belang putih di seluruh tubuhnya. Kasus demam berdarah dengue terjadi karena perilaku yang kurang aware menjaga lingkungan.


Mengingat Indonesia yang merupakan negara tropis dengan curah hujan yang tinggi, maka nyamuk Aedes Aegypti dapat dengan mudahnya berkembang biak di lingkungan yang ia sukai seperti di genangan air bersih, di tempat yang lembab dan minim cahaya. Oleh sebab itu, semua orang di Indonesia berisiko terkena demam berdarah tanpa melihat umur, di mana mereka tinggal, dan gaya hidup. 


Vaksin DBD
Nyamuk Aedes Aegypty Penyebab Demam Berdarah

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, sebanyak 143.266 kasus demam berdarah yang tercatat sepanjang tahun 2022, 39% nya merupakan golongan produktif dari rentang umur 15-44 tahun. So, tetap berhati- hati ya. Penyakit ini tak hanya menyerang anak-anak saja lho, semua orang berisiko terkena Demam Berdarah Dengue (DBD) jadi jangan sepelekan gigitan nyamuk. Apalagi kalau sampai infeksi demam berdarah berulang, ini sangat berbahaya. Karena infeksi berulang dapat meningkatkan risiko sindrom dengue berat (Severe Dengue) yang dapat menyebabkan komplikasi yang mengancam nyawa.



Gejala Demam Berdarah Dengue

Terkadang saat sakit terutama demam kita suka menganggap demam biasa akibat kelelahan ataupun karena flu. Padahal salah satu ciri-ciri terkena DBD adalah tiba-tiba demam tinggi. Agar lebih waspada, simak yuk gejala Demam Berdarah Dengue yaitu: 


  • Terasa nyeri pada sendi atau tulang
  • Nyeri daerah perut, otot, punggung, bagian belakang mata
  • Suhu tubuh panas tinggi
  • Kehilangan selera makan
  • Terasa kelelahan atau panas dingin
  • Mual atau muntah
  • Kulit tampak bintik merah atau ruam
  • Kulit mudah memar
  • Pendarahan
  • Sakit kepala
  • Sakit tenggorokan 


Dari gejala-gejala di atas biasanya orang-orang menandai kalau kulit tampak bintik merah adalah gejala demam berdarah. Ternyata gejalanya banyak, kita harus lebih aware lagi dengan segera memeriksakan diri ke dokter agar lebih cepat diberikan pengobatan.



Cegah Demam Berdarah dengan 3M Plus

Seperti kata pepatah "sedia payung sebelum hujan" yang maksudnya lebih baik berjaga-jaga sebelum terjadi. Agar terhindar dari gigitan nyamuk Aedes Aegypti ada baiknya setiap orang mencegah perkembangbiakan nyamuk tersebut di lingkungan masing-masing dengan tindakan 3M plus, yaitu: 

  • Menutup rapat tempat penyimpanan air
  • Menguras tempat penampungan air secara rutin, setidaknya seminggu sekali
  • Mendaur ulang barang bekas yang dapat menyebabkan genangan air

Vaksin DBD
Bersih-bersih lingkungan sekiar jangan sampai ada genangan air!

Kadang kita merasa sudah bersih-bersih dengan melakukan 3M Plus, tapi nyamuk masih saja bertebaran. Kemungkinan ini karena lingkungan di luar rumah yang tak terkendali seperti genangan air, atau saluran air yang tersumbat. Selain itu nyamuk menyukai tempat-tempat tersembunyi seperti lipatan gorden, belakang lemari, dan tempat-tempat yang tidak terjangkau. Kemudian kebiasaan kita yang tidak menutup pintu atau tidak menggunakan pintu dengan kawat nyamuk, juga genangan air karena pengaruh musim dan cuaca. Bahkan saat cuaca panas pun nyamuk semakin merajalela.


Vaksin DBD
Fogging

Maka dari itu diperlukan 3M Plus. Untuk plusnya, tindakan yang bisa dilakukan adalah bergotong royong membersihkan lingkungan, memasang obat nyamuk, menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air dan lain-lain. 


Tindakan lain yang bisa kita lakukan untuk melengkapi perlindungan dari DBD adalah dengan melakukan vaksin DBD, konsultasikan ke dokter terlebih dahulu untuk informasi lebih lanjut.




Kampanye #Ayo3MplusVaksinDBD

Rabu, 27 September 2023 diadakan Peluncuran Kampanye #Ayo3MplusVaksinDBD sebuah kolaborasi antara Kementerian Kesehatan Republik Indonesia berkolaborasi dan Takeda. Kerja sama antara keduanya meliputi peningkatan peran serta masyarakat atau pemberdayaan masyarakat; peningkatan kapasitas tenaga kesehatan; penyusunan dan pelaksanaan terkait program koalisi bersama masyarakat menuju nol kematian akibat dengue (zero dengue death 2030); pendekatan terpadu untuk pencegahan dan pengendalian dengue; sinkronisasi data (bridging) dengan SIARVI (Sistem Informasi Arbovirosis); serta peningkatan peran dan kerja sama penentu kebijakan di pusat dan daerah. 


#Ayo3MplusVaksinDBD
Peluncuran Kampanye #Ayo3MplusVaksinDBD

Dr. dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM., MARS, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menuturkan “Penanggulangan DBD di Indonesia merupakan tantangan yang kompleks. Namun, pemerintah telah berkomitmen untuk mencapai nol kematian akibat infeksi dengue pada tahun 2030 melalui Strategi Nasional Penanggulangan Dengue 2021-2025. Kami menghimbau masyarakat untuk bersama-sama, dengan prinsip-prinsip 3M plus dan vaksin mandiri DBD dalam mengatasi tantangan ini dan melindungi masa depan generasi mendatang," 


Dr. dr. Sukamto Koesnoe, Sp.PD-KAI, FINASIM, Ketua Satgas Imunisasi Dewasa, Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia memaparkan, “Selain anak-anak, orang dewasa juga terancam terkena demam berdarah dengue. Karena terbukti manfaatnya, Perhimpunan Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) telah merekomendasikan vaksinasi demam berdarah juga diberikan pada orang dewasa sampai umur 45 tahun. Saat ini vaksinasi demam berdarah dengue dapat diberikan pada setiap orang pada rentang umur 6-45 tahun sesuai dengan anjuran dari dokter”.


#Ayo3MplusVaksinDBD
Selepas penandatanganan perjanjian kerjasama Kementrian Kesehatan RI dan PT. Takeda Innovative Medicines

Vaksin tidak hanya bekerja dengan merangsang sistem imun untuk membentuk antibodi atau kekebalan tubuh saja, tapi vaksin juga dapat mengurangi risiko demam berdarah berat. Bisa dibilang vaksinasi merupakan pencegahan inovatif.


Jangan sepelekan virus DBD. Virus ini menyerang tubuh manusia dengan cepat, bahkan tanpa disadari. Yuk, dukung upaya pencegahan demam berdarah dengan mendukung gerakan  #Ayo3MplusVaksinDBD. Dengan vaksin DBD kita sudah memberikan perlindungan tambahan bagi diri kita sendiri dan orang-orang tercinta di sekitar kita, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter jika ingin melakukan vaksin.


C-ANPROM/ID/QDE/0239 | Oct 2023










You Might Also Like

0 comments

Canva Magic Write