Sebiji Kopi Seluas Bumi dari Muncar Temanggung

Kopi Asli Muncar Moncer - Foto Tangkapan Layar Saat Mengikuti  Tur Virtual  Workshop Lingkungan 2021 S uatu desa tentu saja sudah memiliki s...

Kopi Muncar Temanggung
Kopi Asli Muncar Moncer - Foto Tangkapan Layar Saat Mengikuti Tur Virtual Workshop Lingkungan 2021
Suatu desa tentu saja sudah memiliki segalanya, begitu menurut pandangan saya pribadi ketika memberi perspektif desa sebagai anak yang terlahir di kota dan memiliki orang tua yang berasal dari desa. Sehingga pengalaman hidup di kota sejak lahir menjadi sudut paling awal memahami apa itu desa yang berarti tidak saya temukan desa sejak lahir, namun disaat berlibur ke desa menjadi pengalaman yang paling membahagiakan. Dimulai dari udara yang saya hirup saat memasuki desa, hingga bergeliat di tanah becek dan harumnya butir beras yang baru saja diselip serta merasakan nikmatnya makan dengan menu yang bahannya dipetik langsung dari sekitar rumah. Seolah alakadarnya, namun begitu mewah dan nikmat dengan rasa syukur berkecukupan untuk menikmati hari yang dilewati selama di desa. Sehingga memunculkan gambaran yang luas tentang hal ihwal Indonesia sebagai negeri yang gemah ripah loh jinawi. 

Sebagai anak yang terlahir di kota dan cemburu memiliki orang tua yang ternyata telah memiliki segalanya walau akhirnya memilih hidup di kota, desa menjadi barometer saya memahami kehidupan desa dengan berbagai kekayaannya yang ternyata belum bisa dinikmati sendiri oleh orang desa seperti masyarakat di desa saya. Sehingga tak merasakan hasil bumi desa yang seharusnya bisa membuat hidup mereka menjadi lebih baik hingga akhir usia, dimana semestinya membuat mereka lantang berkata dengan bangga bahwa mereka adalah anak seorang petani yang kaya raya.

Lain rasa lain pula yang dialami sebagian besar petani di Indonesia ini. Namun tidak begitu dengan Desa Muncar yang berada di dataran tinggi Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah. Keberuntungan memiliki keterhubungan dengan perusahaan besar korporasi Astra menjadikan Desa Muncar lebih bermakna sebagai desa yang memiliki segalanya secara nyata senyata-nyatanya. Mendapat sentuhan Desa Sejahtera Astra (DSA) adalah suatu kebanggaan yang tidak bisa dipungkiri bagi Desa Muncar sebagai desa yang terus bertumbuh menjadi desa yang merepresentasikan desa sesuai dengan apa yang dikaruniai sebagai desa yang memiliki segalanya.



Dukungan Astra untuk Desa Sejahtera Astra (DSA) Temanggung

Dukungan Astra ke DSA Temanggung dilakukan sejak tahun 2018. DSA merupakan kontribusi sosial berkelanjutan yang berfokus kepada kewirausahaan. Astra membantu pelatihan, sarana dan pemasaran produk. DSA Temanggung, merupakan desa wisata perkebunan berbasis kopi dikolaborasikan menjadi desa agrowisata. 

Kemasan Baru Kopi dan Gula Semut Muncar Moncer, Kemasan Merangkap Leflet Berisi Informasi Wisata Desa Muncar Moncer - Foto Pribadi

Sebelumnya pendapatan penduduk desa bersumber dari pengumpulan kayu, sekarang pendapatan penduduk sangat beragam mulai dari sektor pariwisata, ekonomi kreatif, agrikultur dan olahan, peternakan, juga perikanan. Sejak dibina oleh Astra tahun 2018 jumlah masyarakat yang terdampak program DBA bertambah yang mulanya 200 orang di tahun 2021 menjadi 5500 orang.

Sejak ada program DSA, Desa Muncar terbangun dengan sangat harmonis antara petani, Astra, dan pemerintah. Banyak kelompok tani yang kesejahteraannya meningkat. Yang pasti geliat masyarakat bertani semakin terasa, bahkan saat ini Desa Muncar juga terkenal dengan gula arennya. Ibu-ibu setempat diajarkan untuk mengolah gula aren. Gula aren diolah menjadi gula semut agar lebih awet. Rasanya khas dan legit juga sweet


DBA Temanggung
Mengolah Gula Aren Menjadi Gula Semut - Foto Tangkapan Layar Saat Mengikuti Tur Virtual Workshop Lingkungan 2021


Muncar, Potensi Kekayaan Alam dan Desa Penghasil Kopi

Workshop Lingkungan 2021 yang diadakan oleh Astra tanggal 26 November 2021 secara virtual untuk mengajak para wartawan dan blogger menambah wawasan saya mengenai Desa Muncar. Saya cukup terkesima saat mas Sofiyudin Achmad, tokoh penggerak DSA Temanggung memperkenalkan potensi alam wisata pedesaan Muncar Moncer serta potensi kopi nya. 


Kebun Kopi Desa Muncar
Kebun Kopi  di Desa Muncar - Foto Tangkapan Layar Saat Mengikuti Tur Virtual Workshop Lingkungan 2021


Kekayaan alam perbukitan yang sangat layak sebagai desa agrowisata juga sangat mungkin menjadi ekowisata yang memberi dampak pada perubahan iklim dunia. Muncar yang juga kaya dengan tanaman kopi robusta tak harus menjadi kuli di tanahnya sendiri. Penduduk Desa Muncar memilih untuk menjadi pemilik segalanya dari kekayaan alam yang mereka miliki. Mereka mampu menanam, merawat, memanen dan menjual hasil kopi robusta dengan kesungguhan tanpa kenal lelah belajar menjadi petani kopi sekaligus penjual biji kopi terbaik hingga berkualitas ekspor yang konon sudah diperkenalkan hingga ke negeri Belanda.


Semua bermula dari sesuatu yang tak mudah. Memiliki semangat saja belum cukup untuk menjadi penggerak memberikan edukasi kepada petani Desa Muncar. Sofiyudin Achmad tokoh Desa Muncar yang ditunjuk sebagai penggerak DSA di Desa Muncar ini menceritakan pengalamannya membangun Desa Muncar dengan potensi yang dimilikinya. Kopi menjadi tanaman unggulan yang bisa ditawarkan Muncar sebagai potensi kesejahteraan petani. Maka dari petani itu diberikan pelatihan dan mengadakan kegiatan di Desa Muncar agar potensinya semakin berkembang.


Dusun Blawong
Dusun Blawong, Dusun Tertinggi di Muncar - Foto Tangkapan Layar Saat Mengikuti Tur Virtual Workshop Lingkungan 2021


DSA Temanggung tak hanya memiliki kopi sebagai ikon tapi juga potensi wisata alam. Penduduk dan fasilitator mengelola berbagai sumber daya alam, Curug Lawe yang terkenal dengan hutan tropisnya, Lembah Blawong tempat yang tepat untuk menikmati matahari pagi, dan yang paling ikonik adalah Jembatan Sawah. Jembatan ini merupakan kontribusi dari Astra. Awalnya Jembatan Sawah dibangun untuk menarik perhatian muda-mudi agar mau meluangkan waktu mengunjungi Desa Muncar juga mempromosikan kopi Muncar.


Jembatan Sawah di Desa Muncar Temanggung
Jembatan Sawah yang Menjadi Landmark - Foto Tangkapan Layar Saat Mengikuti Tur Virtual Workshop Lingkungan 2021


Desa Sejahtera Astra Temanggung menjadi salah satu contoh bagaimana semangat Astra membangun bangsa yang sejalan dengan Sustainable Development Goals Indonesia dan wujud cita-cita Astra Sejahtera Bersama Bangsa.







You Might Also Like

1 comments

  1. Program ASTRA selalu begitu mengesankan buat saya pribadi. Dengan CSR yang kokoh dan dengan banyak produk pengembangan yang aplikatif, sesungguhnya ASTRA sudah menjadi role model bagi banyak organisasi yang juga memiliki CSR sebagai wujud kepedulian kepada publik. Termasuk salah satunya adalah DSA untuk Temanggung ini.

    Selamat Mbak Tuty. Tulisannya sangat menginspirasi. Layak menjadi juara dan pemenang ANUGERAH PEWARTA ASTRA 2023. Semoga kemenangan ini menjadi berkah bagi Mbak Tuty secara pribadi pun bagi para blogger serta penulis lainnya.

    ReplyDelete

Canva Magic Write