Ini Alasan Kenapa Kamu Perlu Asuransi Jiwa Syariah

Sumber foto: Canva P ernahkah terlintas dalam pikiran apa yang akan kita wariskan bagi anak keturunan saat kita berpulang ke pangkuan Tuhan?...

Sumber foto: Canva

Pernahkah terlintas dalam pikiran apa yang akan kita wariskan bagi anak keturunan saat kita berpulang ke pangkuan Tuhan? Saat kematian yang pasti datangnya tentu kita ingin keluarga yang ditinggalkan tak menanggung beban. Ya, sebisa mungkin saat kita tiada kita tetap memberikan perlindungan sebagai warisan. Apakah perlindungan terbaik untuk keluarga? Tentu saja Asuransi Jiwa. 

Asuransi Jiwa merupakan program perlindungan bagi keluarga apabila terjadi hal-hal yang tak diinginkan, seperti kematian terhadap pemegang polis asuransi. Ya, siapapun pasti ingin memberikan perlindungan yang maksimal kepada keluarga. Kalau keluarga mendapatkan perlindungan, ketenangan pun didapatkan. Nggak khawatir lagi bagaimana keluarga kita nantinya, apakah biaya yang ditinggalkan akan mencukupi kehidupan mereka nanti. Tambah yakin lagi kalau asuransi jiwa yang dipilih adalah Asuransi Jiwa Syariah. 

Apa Itu Asuransi Jiwa Syariah? 

Asuransi Jiwa Syariah adalah produk Asuransi Syariah di mana perusahaan akan memberikan santunan asuransi kepada ahli waris jika peserta yang diasuransikan atau pendaftar asuransi meninggal dunia. 


Asuransi Jiwa Syariah juga menjadi wadah tolong-menolong bagi para peserta untuk saling melindungi satu sama lain dengan menggunakan prinsip syariat Islam. 

Alasan Kenapa Kamu Perlu Asuransi Jiwa Syariah 

Memberikan perlindungan keluarga dengan Asuransi Jiwa Syariah merupakan pilihan tepat. Karena Asuransi Jiwa Syariah memiliki berbagai manfaat. Apalagi saat ini Asuransi Jiwa Syariah banyak peminat. Berdasarkan data AASI pada Q3 tahun 2021 lalu, industri asuransi syariah mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan dengan peningkatan pada sektor asuransi jiwa syariah hingga 41,32% kontribusi bruto.


Berikut beberapa alasan kenapa kamu perlu Asuransi Jiwa Syariah:

Asuransi Jiwa Syariah Berlandaskan Pada Tolong-Menolong 


Sumber foto: Canva

Asuransi Jiwa Syariah cara kerjanya memang beda dengan Asuransi Konvensional. Berdasarkan defenisi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Asuransi Jiwa Syariah merupakan usaha tolong-menolong yang diperoleh para peserta atau peserta yang diasuransikan dengan penerapan operasional mengikuti ketentuan dalam syariat Islam. Jadi terjadi tolong-menolong antar peserta juga pihak pengelola asuransi. Jika ada salah seorang peserta yang mendapatkan risiko maka peserta yang lain memberikan pertolongan melalui dana yang disetorkannya. 


Asuransi Jiwa Syariah cara kerjanya mengikuti akad tabarru' yaitu akad yang dilakukan dalam bentuk hibah dengan tujuan kebajikan dan tolong-menolong antar peserta, jadi bukan untuk tujuan komersial. 

Banyak Manfaat yang Didapat dengan Mengikuti Asuransi Jiwa Syariah Contohnya Asuransi PRUCinta

Salah satu contoh Asuransi Jiwa Syariah yang banyak manfaatnya adalah Asuransi PRUCinta. Ini ada lah produk Asuransi jiwa berbasis syariah yang akan memberikan perlindungan keluarga selama 20 tahun terhadap berbagai risiko termasuk risiko meninggal dunia karena kecelakaan. Apa saja manfaatnya? 

Manfaat Meninggal Dunia

Apabila peserta yang diasuransikan meninggal dunia, nantinya 100% dari santunan asuransi atas beban dana tabarru' dan nilai tunai atas beban nilai tunai akan dibayarkan setelah pengajuan klaim disetujui oleh pengelola. Pengajuan klaim harus sesuai dengan polis yang berlaku. 

Manfaat Meninggal Dunia karena Kecelakaan 

Apabila peserta yang diasuransikan meninggal dunia karena kecelakaan sebelum usia 70 tahun, total 300% santunan asuransi atas beban dana tabarru' atau nilai tunai atas beban dana nilai tunai akan dibayarkan setelah pengajuan disetujui. Ini juga harus dengan syarat dan ketentuan yang sesuai dalam polis. 

Manfaat Jatuh Tempo 

Manfaat Jatuh Tempo akan diberikan kepada peserta yang diasuransikan masih hidup. Manfaat akan diberikan dalam bentuk nilai tunai atas beban dana nilai tunai yang jumlahnya sesuai dalam tabel nilai tunai akhir tahun polis ke-20.

Manfaat Mudik/Balik Lebaran 

Jika peserta yang diasuransikan meninggal dunia karena kecelakaan sebelum usia 70 tahun dan dalam periode enam minggu sejak 1 Ramadhan, maka total 400% santunan asuransi dari dana tabarru' dan nilai tunai atas beban dana nilai tunai akan dibayarkan setelah pengajuan disetujui sesuai polis. 


Nah, banyak banget kan manfaat Asuransi Jiwa Syariah. Kayaknya nggak perlu nunggu lagi deh. Sebisa mungkin segera lindungi keluarga dengan Asuransi Jiwa Syariah. 






You Might Also Like

0 comments

Canva Magic Write