Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Area Kewanitaan Saat Menstruasi Itu Penting

M enjaga kesehatan dan kebersihan area kewanitaan saat menstruasi itu penting. Kenapa? Karena berdasarkan survei kanker serviks menjadi p...



Menjaga kesehatan dan kebersihan area kewanitaan saat menstruasi itu penting. Kenapa? Karena berdasarkan survei kanker serviks menjadi pembunuh nomor 1 wanita di Indonesia. Salah satu penyebabnya kurangnya pemahaman kita akan pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaan. Belum lagi masih banyak perempuan zaman now yang masih percaya dengan mitos-mitos dan mirisnya lagi 6 dari 10 wanita masih membersihkan area kewanitaannya dengan menggunkan sabun mandi.

Sabun mandi bukan untuk area kewanitaan, menggunakan sabun mandi untuk area kewanitaan dapat merusak perlindungan alaminya.

Dalam rangka menyambut Hari Kebersihan Menstruasi yang diperingati setiap tanggal 28 Mei, Kementrian Kesehatan RI didukung oleh Mundipharma Indonesia akan mengajak perempuan untuk melakukan aksi nyata tentang menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaan, terutama pada saat menstruasi.  "Its time for action" menjadi tema Hari Kebersihan Menstruasi Internasional tahun ini.

Blogger dan influencer turut meramaikan hashtag #KarenaKitaPerempuan #SalingMenjaga melaui sosial media
Senang sekali saya bisa hadir di acara Talkshow Edukasi "Menjaga Kebersihan Kewanitaan dalam Rangka Hari Kebersihan Menstruasi 2019" pada Selasa 30 April 2019 di BAKA Resto, Gedung Balai Kartini. Para blogger dan influencer yang hadir pun mengenakan dresscode nuansa pink. Pokoknya cewek banget.


Kampanye #KarenaKitaPerempuan #SalingMenjaga

Mundipharma Indonesia meluncurkan kampanye #KarenaKitaPerempuan #SalingMenjaga yang mengajak para perempuan untuk saling berbagi informasi mengenai pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan organ kewanitaan melalui pemeriksaan menstruasi. Adi Prabowo, Head of Brand Strategy & Category Development Mundipharma Indonesia menjelaskan penyebarluasan informasi yang dilakukan oleh Mundipharma Indonesia dilakukan melalui media sosial dan Buku Saku "Sehat dan Bersih Saat Menstruasi" yang bisa menjadi panduan dalam menjaga area kewanitaan. 

Adi Prabowo
Dan yang lebih penting lagi masyarakat diharapkan bisa membedakan pembersih kewanitaan yang digunakan untuk sehari-hari dan saat menstruasi. Selama ini mungkin sebagian dari kita nggak ngeh ya, kalau penggunaan sabun pembersih area kewanitaan itu kayak minum obat, juga ada aturannya. Ada pembersih yang kandungan dan pH nya aman untuk dipakai sehari-hari, ada yang seminggu 2-3 kali dan ada juga pembersih yang dipakai hanya pada saat menstruasi saja. Karena pH area kewanitaan kita berbeda dengan pH tubuh kita.

pH area kewanitaan 3,8 - 4,5
Oleh karena itu di acara talkshow yang penuh dengan edukasi ini Mundipharma Indonesia melalui produk Betadine menyediakan produk pembersih kewanitaan yang berkualitas tinggi dan berkomitmen untuk memperbaiki kualitas hidup masyarakat Indonesia khususnya wanita Indonesia. Betadine memiliki rangkaian produk yang paling lengkap di dunia. Mulai dari pembersih kewanitaan sehari-hari dengan prebiotik, pembersih kewanitaan dengan kandungan daun sirih dan prebiotik, pembersih kewanitaan khusus untuk menstruasi dan untuk mengatasi infeksi area kewanitaan yang dilengkapi dengan aplikator.

Betadine Feminine Hygiene - sabun pembersih area kewanitaan saat menstruasi
Betadine khusus untuk menstruasi adalah Betadine Feminine Hygiene yang mengandung Povidone - Iodine 10% telah terbukti secara medis dalam menjaga kebersihan kewanitaan saat risiko infeksi meningkat termasuk selama periode menstruasi.


Kesehatan dan Kebersihan Area Kewanitaan Saat Menstruasi Perlu Dijaga

Direktur Kesehatan Keluarga. Kementerian Kesehatan RI - dr. Erna Mulati, MSc, CMFM, mengatakan indikator yang dipakai masyarakat dunia untuk menilai kesehatan dan kesejahteraan perempuan adalah angka kematian perempuan. Angka kematian ibu di Indonesia masih tertinggi di wilayah Asia. Kesehatan ibu berhubungan dengan kesehatan reproduksi, baik itu kehamilan maupun melahirkan. Tetapi dibalik itu semua ada faktor-faktor pendukung kesehatan lain, misalnya masih banyak perempuan Indonesia yang mengalami anemia, kurang gizi, dll.

Inisiasi dari Kementerian Kesehatan Ri dalam menjaga kesehatan dan kebersihan area kewanitaan saat menstruasi adalah melalui pelayanan kesehatan yakni UKS dan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Terutama melalui pendidikan, karena sekitar 80 % remaja hari-harinya banyak dihabiskan di sekolah. Jadi sasaran pada remaja di sekolah cukup strategis. Tapi untuk remaja yang berada di luar sekolah juga perlu diberikan pendidikan kesehatan reproduksi.

dr. Erna Mulati (tengah)
Salah satu bentuk edukasi yang sudah berhasil dilaksanakan adalah peluncuran Buku Saku "Sehat dan bersih Saat Menstruasi" yang telah didistribusikan ke lebih dari 1000 sekolah dan para ibu. Kementerian Kesehatan RI juga menghimbau perempuan Indonesia untuk aktif mencari tahu informasi mengenai cara menjaga kebesihan organ kewanitaan ke tenaga kesehatan terdekat.

Teman-teman, biasanya kalau lagi menstruasi ganti pembalut berapa kali dalam sehari? Duh, pasti masih banyak yang ngaak tahu kalau mengganti pembalut setiap 4-6 jam sekali itu wajib meskipun darah menstruasi lagi nggak banyak. Selama ini kita suka beranggapan selama nggak banyak atau nggak tembus ya ngapain juga ganti pembalut ya kan? Padahal risiko infeksi bisa terjadi kalau kita tidak mengganti pembalut sesering mungkin.

dr. Mery Sulastri
Menurut dr. Mery Sulastri, Educator & Trainer Mundipharma area kewanitaan nggak cuma rajin dibersihkan kalau kita lagi menstruasi saja, tapi area kewanitaan memang harus selalu mendapat perhatian khusus agar terhindar dari ancaman infeksi jamur, bau tidak sedap, juga peradangan pada area kewanitaan. Salah satu ancaman paling menakutkan adalah kanker serviks, karena salah satu gejala yang mungkin muncul pada penderita kanker serviks adalah terjadinya perubahan siklus menstruasi tanpa diketahui penyebabnya.

Untuk menjaga kesehatan kewanitaan dr. Mery memberikan tips. Dan ini menjadi catatan penting untuk para perempuan baik remaja perempuan maupun para ibu yang memiliki anak perempuan.


Tips Menjaga Kesehatan Kewanitaan:


1. Cebok satu arah dari depan ke belakang dan nggak kembali ke depan, supaya bakteri daerah anus nggak pindah ke area kemaluan

2. Keringkan area kewanitaan dengan menggunakan handuk atau tisu lembut sekali pakai

3. Cuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah cebok

4. Ganti celana dalam atau pembalut setiap 4-6 jam sekali atau bila terasa lembap

5. Gunakan celana dalam dengan bahan katun yang menyerap keringat dan nggak ketat

6. Jangan meminjam handuk atau celana dalam  dengan orang lain

7. Jika terjadi infeksi atau gangguan kenyamanan, gunakan sabun pembersih kewanitaan

8. Tidak menggunakan obat-obatan atau cairan berupa spermicide, lotion, dll sembarangan

9. Tidak memberi nedak atau minyak pada area kewanitaan

10. Gunakan kontrasepsi yang cocok dan aman

Saya jadi banyak tahu karena informasi yang disampaikan oleh para narasumber cukup lengkap mengenai organ kewanitaan dan tips menjaga kesehatan dan kebersihan area kewanitaan. Yups, nggak ada kata terlambat untuk memulai kebaikan. Apalagi kalau kita bisa saling berbagi infoemasi ke sesama perempuan lain. #KarenaKitaPerempuan #SalingMenjaga.







You Might Also Like

1 comments

  1. wah seneng bnht bisa nambah banyak ilmu di talk shownya ya mak. Betadine memang paling handal deh.

    ReplyDelete

Canva Magic Write