BCA Kembali Mengadakan Finhacks di Tahun 2018

R asanya baru kemarin menyaksikan final Finhacks 2017 di Sentul , nggak terasa tahun ini Finhacks kembali diadakan oleh BCA . Ini ada...



Rasanya baru kemarin menyaksikan final Finhacks 2017 di Sentul, nggak terasa tahun ini Finhacks kembali diadakan oleh BCA. Ini adalah gelaran Finhacks yang ketiga kalinya. Berbeda dengan Finhacks pertama dan kedua dimana BCA menerapkan konsep Hackaton, di Finhacks yang ketiga ini BCA mengusung konsep "Data Challenge" yang didukung oleh DailySocial.id, Algoritma, dan Kaskus.

Apa Itu Finhacks 2018 #DataChallenge

Lebih tepatnya Finhacks 2018 #DataChallenge ini kompetisi yang diperuntukkan para talenta big data di Indonesia dalam mengembangkan solusi inovatif. Kompetisi ini merupakan wujud dukungan BCA kepada anak bangsa untuk mengembangkan potensinya di bidang data science, dan juga sebagai kontribusi BCA sebagai bank swasta terbesar se-Indonesia. Dalam hal ini tujuan Finhacks 2018 diadakan juga untuk mengembangkan solusi perbankan melalui kolaborasi dengan komunitas data science.



BCA Selenggarakan Roadshow di Tiga Kota

Dalam rangka mempromosikan Finhacks 2018, BCA menggelar roadshow Finhacks 2018 #DataChallenge di tiga kota yaitu, Jakarta (1 September 2018), Yogyakarta (8 September 2018), dan Bandung (15 September 2018). Nantinya ditiap roadshow akan diadakan sesi sharing dengan para pakar dan diadakan workshop data sccience untuk meningkatkan pemahaman, wawasan, dan kemampuan para peserta di bidang data science.

Roadshow pertama dengan tema Data Science Trend Forecasting diadakan di Hotel The Akmani, jakarta dimana di roadshow ini didatangkan Course Producer & Co-Founder Algoritma Samuel Chan, Co-Founder PT DCI Indonesia Djarot Subiantoro dan Data Scientist BCA Adhitya Bhaswara Tirtohadiguno sebagai narasumber.
Adhitya Baswara Tirtohadiguno
Samuel Chan

Djarot Subiantoro










Wakil Presiden Direktur BCA, Armand Wahyudi Hartono memaparkan bahwa BCA ingin mengajak komunitas data science di Indonesia untuk bergabung dengan memanfaatkan kesempatan untuk mengembangkan talenta terbaiknya untuk memberi kemudahan dan menemukan solusi perbankan yang memberi nilai tambah bagi semua pihak. Kesempatan ini juga menjadi ajang untuk menambah networking, menambah wawasan, dan sharing pengetahuan terkait kemajuan bidang data science.

Armand Wahyudi Hartono
Dalam rangkaian Finhacks 2108 #DataChallenge peserta diharapkan dapat mengembangkan model matematika (mathematical methods) yang mampu memberikan solusi untuk tiga kategori permasalahan utama yaitu Credit Scoring, Fraud Detection, dan ATM Cash Optimization.

Credit Scoring

Pemberian pinjaman adalah salah satu proses bisnis utama sebuah bank. Bank dituntut untuk mampu mengelola pinjaman nasabah-nasabahnya dengan cermat. Oleh karena itu pada challenge ini tugas peserta menghasilkan model prediksi yang dapat memperkirakan seorang nasabah akan macet pembayarannya atau tidak.

Fraud Detection

Untuk mencegah dan mendeteksi fraud, bank wajib memiliki dan menerapkan strategi anti fraud yang efektif. Hal ini bisa dilakukan dengan menganalisa data transaksi untuk mencari pola-pola yang mencurigakan sehingga mempermudah identifikasi suatu transaksi sebagai transaksi yang sah atau bukan. Disini peserta dituntut untuk mampu menghasilkan solusi model Fraud Detection yang canggih dengan memanfaatkan dataset yang sudah disediakan.

ATM Cash Optimization

Sebuah ATM yang sering kehabisan uang tunai dapat memberikan pengalaman yang kurang menyenangkan bagi nasabah. Namun, uang tunai di ATM yang mengendap terlalu lama juga dapat menghambat perputaran uang di bank. Berdasarkan permasalahan tersebut peserta diharapkan dapat menghasilkan model prediksi yang dapat meningkatkan efisiensi pengelolaan uang di ATM.
peserta workshop di roadshow pertama di The Akmani Hotel, Jakarta
Kemampuan menerangkan, kemampuan mencerna dan mengolah data dengan baik berperan substansial dalam berbagai industri, termasuk sektor finansial. Sumber Daya Manusia (SDM) yang kaya akan ilmu data sangat dibutuhkan oleh sebuah perusahaan karena mampu memecah masalah secara komprehensif.


Tahapan Menjadi Peserta di Finhacks 2018 #DataChallenge

Nah, bagi kalian pecinta data science wajib banget nih ikutan Finhacks 2018 #DataChallenge. Pendaftaran sudah dibuka sejak 8 Agustus 2018 dan akan ditutup pada tanggal 8 Oktober 2018. Jadi masih punya banyak waktu untuk ikutan. Berikut cara ikutannya:

1. Registrasi
Registrasi dilakukan melalui website https://finhacks.id. Setiap peserta bisa mendaftar sebagai peserta INDIVIDU atau peserta TIM (maksimal beranggotakan tiga orang).

2. Online Pre-Assessment Test
Setiap peserta individu atau semua anggota dari peserta tim yang telah terdaftar wajib mengikuti dan menyelesaikan Online Pre-Assessment Test dalam waktu yang sudah ditentukan. Bagi yang LULUS Online Pre-Assessment Test, berhak untuk lolos ke babak selanjutnya.

3. Online Data Challenge
Peserta kompetisi yang telah LULUS Online Pre-Assessment Test berhak untuk mengikuti babak Online Data Challenge. Di tahap ini, peserta akan mendapatkan dataset kompetisi yang bisa diunduh di halaman dashboard akun peserta dan kemudian menggunakan dataset tersebut untuk membuat machine learning model. Dalam pengembangan machine learning model, para peserta hanya diperbolehkan menggunakan bahasa R dan/atau Python. Ada tiga kategori yang bisa dipilih peserta yaitu:  Credit Scoring, Fraud Detection, dan ATM Cash Optimization.

sesi talkshow dengan narasumber di roadshow Jakarta

Hadiah untuk Pemenang Finhacks 2018 #DataChallenge 

Dari tiga kategori yang dilombakan, selanjutnya akan dicari masing-masing 5 tim terbaik. Jadi total akan ada 15 finalis yang akan maju untuk bersaing di babak final atau Demo Day yang diselenggarakan pada tanggal 14 November 2018. Mau tau hadiahnya? Yang pasti gede banget karena total hadiah ada Rp 480 juta untuk seluruh pemenang. Untuk terbaik 1 untuk masing-masing kategori akan mendapatkan Rp 80 juta, terbaik 2 untuk masing-masing kategori mendapatkan Rp 50juta dan terbaik 3 masing-masing kategori mendapatkan Rp 10 juta.


Buruan ikutan yuk guys! Jangan sia-siakan kesempatan untuk ikutan di Finhacks 2018 #DataChallenge. Untuk informasi lengkapnya bisa dilihat di https://finhacks.id/.



You Might Also Like

9 comments

  1. Acara kayak gini pasti bermanfaat banget bagi pemilik bisnis seperti BCA jadi terbantu untuk dapat solusi dari permasalahannya. Begitu juga penggiat IT, bisa-bisa bikin startup baru :)

    ReplyDelete
  2. Keren acaranya ya.. Berharap kota Palembang menjadi salah satu kota penyelenggara pada tahun2 mendatang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudah-mudahan ya siapa tau tahun depan Palembang jadi salah satu kota untuk roadshow

      Delete
  3. Wah hadiahnya gede banget ya. Acara begini pastinya menantang banget bagi yang suka sama dunia financial

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya hadiahnya bikin semangat pengin ikutan hehe

      Delete
  4. bagus banget kegiatan finhack ini ya Kak. kantorku juga serig ngadain lomba inovasi seperti ini, tapi masih sebatas untuk karyawan sih, tapi kalau dibuka untuk umum kayaknya lebih seru

    ReplyDelete
  5. Wah total hadiah buat pemenang Finhacks 2018 besar juga yaaak. Keren banget BCA bs bikin acara yang tujuannya double2 buat nambah networking, dan nambah wawasan.

    ReplyDelete
  6. Ini salah satu bank terpercaya yang selalu akan pakai sejak lamaaa. Kalau ada acara serupa lagi aku ikutan dong mbaaa :)

    ReplyDelete

Canva Magic Write