Tips Memilih Kos-kosan

Tips Mencari Kos-kosan  K os-kosan adalah rumah kedua jadi bagian perjalanan hidup selain rumah orangtua. Sejak lulus SMP dan begitu menginj...

Cove
Tips Mencari Kos-kosan 

Kos-kosan adalah rumah kedua jadi bagian perjalanan hidup selain rumah orangtua. Sejak lulus SMP dan begitu menginjakkan kaki ke bangku SMA saya resmi jadi anak kost. Akhirnya merasakan juga yang namanya kos-kosan tu kayak gimana. Rasanya nano nano banget! Kalian bisa bayangkan pertama kalinya keluar dari rumah, pisah sama ortu, abang dan adik-adik. Yang biasanya apa-apa ada ortu, jadi anak kost harus dituntut mandiri. Tapi ada pengalaman lain yang didapat selain jadi anak mandiri, punya banyak teman dari berbagai daerah yang membuka wawasan dan cara pandang saya. 

Kos-kosan Nyaman Tahun 90an

Ngomongin kos-kosan, pertama kali yang lumayan disibukkan justru orangtua. Pada zaman saya sekitar tahun 1992 belum se digital sekarang guys, handphone aja belum ada hihi. Punya pager zaman itu udah paten kali la kata orang Medan. Nah, karena dari daerah saya ada 3 orang yang jebol masuk SMA Favorit di Medan termasuk saya dan masing-masing orang tua kami saling kenal karena kerja di perusahaan BUMN yang sama jadi lah para bapak-bapak nyariin kost untuk kami anak-anaknya. Singkat cerita kami tinggal satu kost dengan alasan biar ada teman satu daerah.


Pertimbangan orangtua cari kost untuk anak-anaknya pada saat itu adalah lokasi yang strategis. Jadi kos-kosannya dicari yang nggak jauh dari sekolah, gampang beli makanan dan kebutuhan lain, kemudian pertimbangan lainnya kos-kosannya terjangkau alias murah dan nyaman. Ingat banget kala itu bapak-bapak kami ini nanya-nanya ke masyarakat dimana ada kos-kosan sekitaran sekolah dan rumah kost khusus anak sekolah. Oh ya, orangtua kami ini juga maunya kos-kosan kami harus ada induk semangnya atau ibu kost nya tinggal di kos-kosan juga. Kemudian mereka nggak mau kos-kosan yang campur dengan anak cowok. Namanya orangtua pasti mau anaknya mendapat kos-kosan terbaik. 


Alhamdulillah akhirnya kami menemukan kos-kosan yang walaupun belum sepenuhnya sesuai kriteria karena susah dicari dan sudah banyak yang penuh. Jadi satu kamar tuh saya berdua dengan anak dari daerah Sumatera juga tapi beda kota. Ukuran kamar sempit banget, tidurnya juga pakai tempat tidur bertingkat. Tapi orangtua menyemangati dan menenangkan saya, yang penting banyak teman di kost dan lokasinya cukup nyaman. 

Suka Duka Jadi Anak Kost

Selama SMA saya sampai tiga kali pindah kosan. Karena di tahun kedua sudah banyak teman dan banyak informasi mengenai kosan, ditambah lagi adanya ketidakcocokan dengan pemilik kost sebelumnya jadi lah saya pindah kost. Ribet sih pindahan kost, awalnya orangtua nggak setuju. Tapi namanya anak masih sekolah pasti butuh kamar kost yang nyaman yang bisa bikin fokus belajar akhirnya orangtua mendukung. 


Untungnya pindahan kosan kedua lokasinya nggak terlalu jauh jadi masih hemat biaya pindahan. Rada lelah juga sih pindahan kost, harus beres-beres lagi, harus adaptasi lagi dengan ibu kost plus anak-anaknya, dan adaptasi dengan anak-anak kost lain. Urusan adaptasi ini yang kadang jadi PR banget. Yang biasanya di rumah kita cuma dengan orangtua, abang dan adik-adik, di kos-kosan berhadapan dengan banyak orang yang tingkah dan karakternya beda-beda. Ada yang seru, ada yang lucu dan bikin gemes, ada yang bikin gregetan, ada yang bisa bikin kita kesetanan malah kalau lagi berantem, wkwkwk. Paling seru kalau anak ibu kost suka ikutan bikin aturan dan juga keponya luar biasa yang justru membuat tidak nyaman. 


Kalau diingat-ingat lagi zaman kosan masa SMA lucu sih tapi pasti panjang banget ceritanya. Karena saya ini anak kost sejati, tamat SMA lanjut kuliah dan kerja yang juga saya masih lanjut nge kost. Bedanya karena sudah pengalaman jadi anak kost saya semakin banyak pilihan cari tempat kost yang nyaman sesuai kebutuhan. Semasa kuliah mulai deh saya cari kost yang lebih privacy jadi yang satu kamar cuma sendiri. Kemudian saat saya mulai kerja, adik saya kuliah di kota yang sama jadi adik ikut bareng tinggal di kost. Disini saya selain bertanggung jawab pada diri sendiri juga bertanggung jawab pada adik. Senang banget bisa satu kost sama adik. 

Tips Mencari Kos-kosan Nyaman Berdasarkan Pengalaman 

Cove
Tips Mencari Kos-kosan Nyaman 

Jadi anak kost banyak hikmahnya membuat saya jadi banyak pengalaman, belajar kesabaran, dan menguji mental. Berdasarkan pengalaman jadi anak kost, saya pengen membagikan tips untuk kalian yang ingin mencari kos-kosan.

Berikut tips nya: 

1. Cari Kos-kosan Jauh-jauh Hari. Ini penting banget mengingat sekarang cari kost nggak mudah karena suka penuh, maka dari itu cari kos-kosan tuh jauh-jauh hari kayak kita persiapan liburan agar dapat tempat kost sesuai kebutuhan dan keinginan.

2. Lokasi Strategis. Cari lokasi kost yang strategis, dekat dengan sekolah, kampus ataupun kantor. Kemudian dekat dengan tempat kuliner, juga supermarket. Jika memungkinkan lebih baik lagi jika nggak jauh dari Rumah Sakit atau klinik. 

3. Akses yang Mudah. Lokasi kos-kosan mudah di akses, jadi kalau mau bepergian mudah dijangkau dengan transportasi umum.

4. Memiliki Furnish Lengkap . Jadi nggak perlu repot-repot beli perlengkapan buat di kamar, seperti tempat tidur, lemari, AC atau kipas angin, mesin cuci dan lain-lain. 

5. Fasilitas Lengkap. Sebisa mungkin cari kos-kosan yang memiliki kamar mandi di dalam kamar agar lebih leluasa dan privacy terjaga, kemudian kos-kosan yang memiliki kitchen khusus anak kos. 

6. Kos-kosan Khusus Wanita atau Pria. Usahakan cari kos yang khusus jadi nggak campur antara laki-laki dan perempuan. 

7. Kemanan Terjamin. Cari kos-kosan yang keamanannya terjamin, misal ada penjaga atau satpam.

8. Harga Terjangkau. Bagaimanapun sesuaikan juga harga kos-kosan dengan budget yang dimiliki jangan sampai pengen cari kos-kosan kayak fasilitas hotel tapi budgetnya maksain yang ada bisa bikin nombok. 


Zaman saya cari kos-kosan dengan zaman digital saat ini tentu beda banget ya. Saat ini kita diberi kemudahan informasi untuk mencari kos-kosan bisa dari beberapa review yang kita baca lewat sosmed ataupun blog orang lain, juga dari website penyedia kos-kosan. Setelah dapat informasi, tinggal survey deh lihat lokasinya. Survey ini perlu banget ya karena sebagai penghuni kost harus benar-benar ngecek kesesuaian informasi dengan kenyataan di lokasi. 


Nah, untuk kalian yang lagi cari kos-kosan saya mau merekomendasikan Cove. Ini kos-kosan yang sewanya fleksibel, bisa harian atau bulanan. Kalau di masa saya ngekost dulu ada yang kayak Cove udah pasti milih yang seperti ini. Karena Cove selain lokasinya strategis, fasilitasnya lengkap, designnya juga aesthetic, tersedia Wifi juga loh! Konsepnya co-living banget. Cove juga menawarkan beberapa tipe kamar yang bisa dilihat melalui foto ataupun video di websitenya bahkan kalian bisa langsung virtual tour kalau nggak sempat survey ke lokasi Cove berada.


Cove River Park Bintaro. Sumber: website Cove

Cove ini sih cocok banget untuk kalian yang kuliah atau kerja di Jakarta, Bandung dan Bali. Harga sewanya cukup worth it dengan fasilitas dan kenyamanan yang ditawarkan. Nggak perlu repot-repot lagi cari kos-kosan sesuai kebutuhan dan keinginan, sudah ada Cove. Kalian tinggal cek aja di website nya Cove dan sesuaikan pilihan kamar dengan budget kalian. Mudah banget kan!







  






You Might Also Like

0 comments

Canva Magic Write