Cara Realistis Masuk Sekolah Favorit

Cara Realistis Masuk Sekolah Favorit  K enapa harus masuk sekolah favorit? Bagaimana caranya agar bisa masuk sekolah favorit? Sebelum saya s...

Cara Masuk Sekolah Favorit
Cara Realistis Masuk Sekolah Favorit 

Kenapa harus masuk sekolah favorit? Bagaimana caranya agar bisa masuk sekolah favorit? Sebelum saya share hasil mengikuti webinar online bareng Sinotif, Sabtu 27 Januari kemarin dengan tema “Bukan Mimpi, Ini Dia Cara Realistis Masuk Sekolah Favorit! “, saya pengen share pengalaman pribadi saya masuk sekolah favorit semasa SMA. 

Sampai sekarang saya sangat mensyukuri proses dan perjalanan hidup yang meski ada lika-liku tapi sampai pada keinginan yang dituju. Flashback sedikit nih ya, ngebahas sekolah favorit. Sebagai anak yang tinggal di kota kecil tapi salah satu kota penghasil minyak bumi yang cukup besar di Indonesia saya sangat bangga bisa masuk sekolah favorit. Semasa SMP saya sudah berkeinginan ingin melanjutkan jenjang SMA di SMA favorit di kota Medan. Meski anak-anak Pertamina lain berbondong-bondong melanjutkan SMA ke luar kota seperti Jakarta dan Bandung, saya nggak berani mimpi sejauh itu mengingat orangtua nggak bakalan memberi izin apalagi biayanya nggak sedikit karena sekolah swasta yang biayanya bukan rahasia lagi. You know lah ya, hehe! 


Di Medan, SMA favorit yang jadi impian semua orang adalah SMA Negeri 1 Medan (SMANSA Medan). Saat itu SMANSA Medan nggak hanya jadi sekolah yang isinya anak-anak pintar dari berbagai daerah tapi juga anak-anak orka alias orang kaya alias anak-anak orang tajir. Ibu saya sempat tak setuju untuk melanjutkan SMA favorit di Medan karena berbagai alasan salah satunya nggak perlu jauh-jauh ke sekolah negeri di Medan toh di kota kecil yang kami tinggali juga ada SMA Negeri. Tapi saya mikirnya justru pengen berkembang dan memiliki wawasan luas. Ditambah lagi dukungan para guru SMP juga dukungan Ayah. Akhirnya ibu setuju. Trus, apa keinginan masuk sekolah favorit dimudahkan dengan segala proses dan syarat-syarat administrasinya? Tentu tidak! Masuk Sekolah SMA favorit khusus nya SMANSA Medan saat itu harus memiliki NEM (Nilai Ebtanas Murni) minimal 43. Alhamdulillah banget saya Lulus SMP dengan NEM 49. Well, satu syarat terlewati tapi ada syarat lain yang bikin deg-degan yaitu sistem rayon. Lagi-lagi dimudahkan banget waktu itu Ayah hanya disuruh ngurus surat pindah rayon. Singkat cerita akhirnya saya bisa melenggang masuk ke SMA favorit idaman banyak orang. Alhamdulillah ya. 

Alasan Masuk Sekolah Favorit

Sinotif
Alasan Masuk Sekolah Favorit

Ngomongin sekolah favorit, alasan utama saya pengen masuk sekolah favorit selain ingin berkembang dan memiliki wawasan lebih luas dan terbuka saya juga pengen bisa jebol di Universitas Negeri favorit tentunya. Nah, bagaimana cara realistis bisa masuk universitas favorit saat itu? Sebenarnya nggak beda jauh dengan sekarang. Untuk masuk universitas favorit selain karena jalur prestasi mendapatkan undangan khusus, juga harus mengikuti test. 


Sama seperti yang dituturkan Mas Ridwan perwakilan dari Sinotif pada saat webinar, ada beberapa alasan mengapa para siswa dan tentunya orangtua ingin masuk SMA Favorit. Diantaranya karena peluang masuk PTN favorit lebih terbuka, meningkatkan jiwa kompetitif antar siswa, juga peluang masuk Sekolah Kedinasan, Akademi (Kepolisian atau Militer) lebih terbuka. Siapa coba yang nggak mau sekolah favorit, apalagi peluang-peluang di depan lebih terbuka. 


Sinotif
M. Ridwan, SPd

Berikut Cara Realistis Masuk Sekolah Favorit

Keinginan masuk sekolah favorit tentunya harus diselaraskan dengan kemampuan atau prestasi juga nilai akademis, inilah cara realistis. Ada usaha atau effort yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan bisa masuk ke sekolah favorit. Nah, untuk mendapatkan prestasi atau nilai tinggi juga ada tips nya menurut Mas Ridwan. 

Tips Mendapatkan Nilai Tinggi:

  1. Konsisten Belajar. Bisa dengan cara membuat jadwal belajar di rumah, bisa juga dengan membuat catatan sendiri bagaimana rangkuman pelajaran yang didapatkan di sekolah

  2. Gunakan Teknik Belajar yang Efektif. Usahakan untuk memahami pelajaran bukan menghafal kemudian buat akronim atau istilah yang mudah diingat. 

  3. Mengerjakan Tugas Sekolah dengan Maksimal. Jangan pernah menunda tugas sekolah dan usahakan untuk selalu konsentrasi mengerjakannya. 

  4. Ikut Bimbingan Belajar. Mengikuti Bimbingan Belajar di luar sekolah untuk membantu siswa memahami materi pelajaran dengan lebih baik. 


Nah, itu tadi beberapa tips untuk mendapatkan nilai tinggi sebagai salah satu cara realistis masuk sekolah favorit. Yang paling penting sejak dini ketahui lebih awal minat anak agar nanti sudah punya pilihan mau masuk sekolah favorit yang mana. 

Bimbingan Belajar di Sinotif 

Sinotif adalah bimbingan belajar untuk siswa baik SD, SMP, maupun SMA. Sejak pandemi tahun 2020 Sinotif melayani bimbingan belajar online, jadi siswa bisa belajar dari mana saja dan kapan saja tanpa batasan wilayah. Belajar di Sinotif siswa yang biasanya menganggap mata pelajaran Fisika, Kimia, dan Matematika adalah mata pelajaran yang tidak mengasyikkan justru jadi mudah dan menyenangkan. Saya juga ikut bimbingan belajar saat SMA, yang awalnya saya merasa Matematika itu rumit setelah ikut bimbel Matematika baru deh merasa Matematika itu ternyata asyik. 


Pengajar di Sinotif membantu setiap siswanya secara personal sesuai dengan kebutuhan dan target belajar para siswa. Bahkan kalau ada pekerjaan sekolah yang tidak mudah dipahami dibantu penyelesaiannya sampai siswa bisa mengerjakan. Dengan begitu siswa jadi percaya diri nantinya menghadapi soal-soal yang serupa. Selama lebih dari 20 tahun Sinotif sudah terbukti membantu meningkatkan nilai siswa.  

Metode Belajar Mengajar di Sinotif

Specialized. Belajar bersama guru-guru ahli di bidang Matematika, Fisika, dan Kimia. Guru-guru juga telah melalui pelatihan dan bersertifikasi khusus.


Systemized. Belajar menjadi lebih mudah dan efektif. Belajar eksakta dijamin nggak pake ribet. Konsep belajar tersistem yang memenuhi gaya belajar linier maupun global.


Personalized. Belajar sesuai dengan kebutuhan dan karakter belajar siswa. Dengan begitu siswa bisa fokus meraih targetnya.


Limitless. Layanan belajar tambahan 24 jam non stop. Siswa bisa bertanya soal 24 jam melalui aplikasi Tanya Jawab Soal dan mengulang pelajaran di situs Seratusinstitute.com. 


Paket Belajar Sinotif Premier

Sinotif Premier Diamond. Layanan belajar privat, eksklusif, dan bergaransi uang kembali.


Sinotif Premier Platinum. Belajar sesuai kebutuhan siswa dengan penanganan personal.


Sinotif Premier Gold. Belajar bersama guru spesialis dengan modul lengkap dan sistematis.


Sinotif Premier Silver. Belajar mandiri dengan bimbingan guru dan bebas tanya PR kapanpun.



Anak Berprestasi dan Dapat Nilai Tinggi, Sinotif Solusinya 

Tak hanya siswa yang ingin masuk ke sekolah favorit, orangtua juga pasti memiliki harapan anak bisa melanjutkan sekolah ke sekolah favorit. Tapi terkadang yang menjadi kendala orangtua tak bisa setiap saat Mendampingi anak belajar ditambah lagi tak semua orangtua memahami mata pelajaran anak. Maka dari itu mengikuti Bimbingan Belajar di Sinotif tak hanya jadi solusi untuk siswa tapi juga solusi untuk orangtua. 


Sinotif
Sinotif Jadi Solusi


Solusi untuk Orangtua

  • Membantu orangtua memastikan anak-anak bisa pelajaran Matematika, Fisika, dan Kimia

  • Orangtua tidak perlu pusing dan bebas stress tentang pelajaran eksakta anak

  • Orangtua bisa fokus pada bisnis dan karirnya


Solusi untuk Siswa

  • Siswa memiliki pemahaman konsep eksakta yang benar

  • Mendampingi siswa belajar yang bebas stress sehingga mereka bisa menikmati masa sekolah dengan nyaman

  • Membangun kepercayaan diri anak melalui kemenangan-kemenangan kecil dalam pelajaran eksakta yang relatif sulit


So, banyak jalan menuju Roma. Banyak cara untuk bisa meraih impian masuk sekolah favorit, salah satunya mengikuti bimbingan belajar di Sinotif.









You Might Also Like

0 comments

Canva Magic Write