Buka-bukaan Resep Favorit di Bulan Ramadhan

B ulan Ramadhan tahun ini benar-benar cobaan banget. Cuaca di kota saya cukup terik, matahari benar-benar gahar. Mau keluar rumah miki...


Bulan Ramadhan tahun ini benar-benar cobaan banget. Cuaca di kota saya cukup terik, matahari benar-benar gahar. Mau keluar rumah mikir seribu kali saking panasnya. Kalau lagi nggak puasa bisa minum berkali-kali karena haus yang tak tertahankan. Alhamdulillah meskipun cuaca lagi panas-panasnya saya masih bisa menahan godaan hehe. Supaya nggak terlalu berpanas-panasan aktivitas harian lebih banyak saya lakukan di rumah kecuali ada pekerjaan di luar rumah yang wajib dihadiri. 

Biasanya bulan Ramadhan yang paling ditunggu-tunggu selain Tarawih bareng keluarga juga buka bersama keluarga dan teman-teman. Belum lagi banyaknya orang yang menjual takjil, dan aneka makanan buka puasa lainnya. Eh tapi kalau bulan puasa nggak semua umat muslim saja yang berbondong-bondong menyerbu takjil, teman saya yang bukan muslim juga keranjingan beli bukaan. Kata teman saya kalau bulan puasa itu serunya semua jenis kue dan makanan bermunculan dan kue-kue yang dicari tentu saja kue-kue yang nggak dijumpai di hari-hari biasa. Ada beberapa kue dan makanan yang memang khusus dijual di bulan Ramadhan saja. Kalau Ramadhan usai, susah banget menemukan lagi kue-kue dan makanan lezat tersebut.

Saya pun  nggak mau ketinggalan menyiapkan makanan untuk berbuka dan menu sahur untuk keluarga. Resep-resep favorit yang biasa selalu ada di bulan Ramadhan sudah dipersiapkan. Biasanya di tahun-tahun sebelumnya kalau nggak sibuk dengan pekerjaan saya suka ke pasar, tapi tahun ini nggak deh selain panas pekerjaan juga lumayan banyak, jadi saya harus pintar-pintar membagi waktu. Solusinya biar pekerjaan tetap fokus dijalani, urusan belanja saya serahkan pada HappyFresh.


Belanja Online dengan HappyFresh

Teman-teman udah pada tahu dong ya apa itu HappyFresh? Saya yakin ibu-ibu cerdas pada tahu apa itu HappyFresh yang merupakan pionir aplikasi grocery shopping online. Saya menggunakan aplikasi HappyFresh sejak 3 tahun lalu persis saat aplikasi ini pertama kali hadir dan memudahkan saya dalam berbelanja kebutuhan harian maupun bulanan mulai dari kebutuhan dapur, perawatan tubuh, sampai perlengkapan rumah. 


Belanja di HappyFresh benar-benar menghemat waktu, saya tetap bisa mengerjakan pekerjaan lain selain itu saya bisa bebas memilih waktu pengantaran belanjaan saya. Kalau lagi ada pekerjaan diluar rumah, saya biasa memilih jam antarnya sore. Tapi kalau lagi di rumah dalam waktu satu jam pun bisa diantarkan. Yang membantu berbelanja juga sangat terlatih, jika ada pesanan saya yang ternyata kosong atau nggak tersedia lagi biasanya saya ditelfon untuk penggantian produk sejenis. Saya merasa jadi punya asisten hehe, karena HappyFresh memiliki profesional shopper yang benar-benar profesional dan terlatih.

Sejak belanja pakai HappyFresh saya bisa nyantai dan bisa ngatur waktu. Pernah suatu waktu saya lagi ngadain acara di rumah dan kekurangan bahan masakan sementara saya nggak bisa keluar untuk beli beberapa bahan yang kurang, solusinya ya tinggal buka aplikasi HappyFresh terus order deh. Nggak sampai sejam pesanan langsung sampai. Mudah dan praktis! Btw, buat teman-teman yang belum pernah menggunakan apliaksi HappyFresh bisa gunakan kode voucher BUKARESEP pada saat melakukan pembayaran, nantinya bisa dapat potongan 50 ribu dengan minimal belanja 150 ribu. Lumayan loh.

produk yang dibeli aman nggak khawatir rusak saat perjalanan karena dibawa dengan kotak khusus


Resep Favorit di Bulan Ramadhan

Well, itu tadi kemudahan belanja online yang saya rasakan dengan menggunakan HappyFresh termasuk di bulan puasa yang panasnya luar biasa. Biasanya kalau cuaca panas badan pun tambah lemas apalagi sedang berpuasa. Biar puasanya tetap semangat saya membuat resep Ramadhan favorit andalan keluarga. Bahan-bahannya saya beli di HappyFresh. Happy banget karena semua produk yang dibutuhkan ada.


Makanan buka puasa favorit di bulan Ramadhan itu bubur sumsum biji salak, dan anyang kacang panjang. Sedangkan menu sahur favorit ikan patin asam manis. Setiap tahun menjalankan ibadah puasa menu-menu ini wajib ada dan selalu ditunggu-tunggu, apalagi kalau yang masak ibu tercinta bakal jadi rebutan. Makanya ibu saya selalu masak banyak, karena tahu anak-anaknya bakal nambah terus hihi. Oke, berikut saya bagikan resep-resep favorit yang biasa saya masak di bulan Ramadhan.

Bubur Sumsum Biji Salak

Bahan Bahan Bubur Sumsum:
Santan Kara
Tepung Beras 100 Gram 
Daun Pandan 3 lembar
Garam secukupnya

Bahan Bahan Biji Salak:
Ubi Jalar Merah
Tepung Sagu 100 Gram 
Garam secukupnya

Bahan Bahan Untuk Kuah Gula:
Gula Merah 250 Gram disisir halus
Garam secukupnya 
Air 3 Gelas 
Daun Pandan 2 lembar
Tepung Sagu dilarutkan dengan sedikit air

Bahan Bahan Untuk Saus Santan:
Santan Kental Kara 250ml ditambahkan air
Garam secukupnya  
Daun Pandan 1 lembar

Cara Membuat:
Pertama sekali yang dikerjakan adalah pembuatan biji salak. Ubi dikukus sampai matang kemudian saat masih panas dicampur dengan tepung sagu, diuleni pakai tangan hingga rata kemudian dibulat-bulatkan. Lalu ubi yang sudah dibulat-bulati dimasukkan kedalam air yang sudah dididihkan sebelumnya. Begitu biji salak mengapung langsung diangkat. Biji salaknya sudah siap.

Selanjutnya membuat kuah gula merahnya. Sisiran gula merah dimasak dicampurkan dengan air dan tepung sagu hingga mengental, tambahkan 2 lembar daun pandan. Biji salak yang sudah dimasak tadi masukkan kedalam kuah gula merah. Masak sebentar sampai meletup-letup airnya.

Untuk membuat bubur sumsum tepung beras dan santan dicampurkan dan masukkan daun pandan. Tambahkan garam kemudian adonan bubur sumsum dimasak sampai meletup-letup. Untuk kuah santan, santan dipanaskan dan diberi garam kemudian masukkan daun pandan, aduk perlahan diatas api kecil biar santannya nggak pecah. Kelar deh, Bubur Sumsum Biji Salak siap disantap untuk berbuka.

Bubur Sumsum Biji Salak


Anyang Kacang Panjang

Bahan-Bahan Anyang Kacang Panjang:
Kacang Panjang 1 kg
Cabai Merah 2 ons
Teri 1,5 ons
Bawang Merah 6 siung
Perasan Air Jeruk Nipis Secukupnya
Bawang Goreng

Cara Membuat:
Kacang panjang direbus sampai matang jangan terlalu lama karena bisa lembek. Setelah matang kacang panjang di potong-potong sesuai selera. Bawang merah dan cabai merah juga direbus sekitar 5-10 menit kemudian angkat. Teri digoreng kemudian digiling bersama dengan cabai merah dan bawang merah nggak perlu terlalu halus, kemudian beri perasan air jeruk nipis. Bumbu yang sudah digiling diaduk bersama kacang panjang yang sudah dipotong-potong kemudian tempatkan dalam piring dan taburi bawang goreng diatasnya. Anyang Kacang Panjang pun siap disantap tanpa nasi. Segar banget.

Anyang Kacang Panjang

Sambil nulis #Buka-BukaanResep diatas my mouth is watering haha. Ampun dah beneran bikin ngences. Apalagi Anyang Kacang Panjang yang memang dibuat cuma di bulan puasa saja, kangen pengin buat lagi. Gampanglah tinggal beli bahan-bahannya di HappyFresh.

Oh ya, di bulan Ramdhan HappyFresh juga lagi ada promo #BukaKebahagiaan dimana setiap teman-teman belanja di HappyFresh bisa dapat diskon 25 ribu setiap hari dengan menggunakan Master Card, belanja pertama dapat cashback 50 persen, Ramadhan belanja Unilever berbagi diskon 20 persen, dan masih banyak lagi.

Biar nggak ketinggalan promo-promo menarik lainnya bisa lihat informasinya di Facebook dan Instagram  HappyFresh ya. Jangan lupa install aplikasinya biar lebih mudah dan praktis belanjanya.





You Might Also Like

14 comments

  1. Peansaran sama rasa Anyang kacang panjanb kayaknya enak nih jadi pengen coba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak mak, segeerr dijamin nagih :)

      Delete
  2. Slruuuup...enaknya anyang kacang panjang.jadi selera.wangi ulekan sambal cabe plus teri gorengnya tengiang2 kelezatannya...

    ReplyDelete
  3. Bubur sumsum biji salak bikin ngiler, kagak pernah makan ini ... Mau mbakkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain mbaak..meski banyak yang jual buatan sendiri lebih enak :)

      Delete
  4. Duh Ya Allah, kangen banget ini bukaan puasa bubur sumsum biji salak. Ingat waktu tinggal di Jakarta.

    ReplyDelete
  5. Di Bandung namanya candil. Ahhh udah lewat bulan Ramadan tapi masih pengen camilan kayak gini. Enyaaakk. Hmmm... Penasaran juga jadinya sama Happy Fresh. Hehehe. Makasih udah sahring, mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya yang dibuat dari tepung ketan di tempatku juga namanya candil :)

      Delete
  6. Wah...ada ya cara belanja gini, lumayan nih buat saat-saat kita nggak bisa keluar rumah, misalnya sakit, mepet waktu, atau saat puasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbaak..serasa punya asisten yaa :)

      Delete
  7. Praktis banget jadinya yaaa mba. Kalau aku di rumah banyak makan buah segar untuk buka puasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kami biasa kolak, kurma, bubur, anyang, diimbangi dengan buah juga sih mbak hehe

      Delete