Cara Mudah Merawat Rambut Secara Alami Tanpa Perlu Ke Salon

S elain memiliki kulit yang sehat dan wajah yang selalu glowing, rambut sehat dan berkilau juga menjadi dambaan setiap wanita. Memiliki ...


Selain memiliki kulit yang sehat dan wajah yang selalu glowing, rambut sehat dan berkilau juga menjadi dambaan setiap wanita. Memiliki rambut sehat dan berkilau bagi setiap wanita bisa menunjang rasa percaya diri dalam setiap penampilan. Tahu sendiri kan kalau kondisi rambut kita bisa mempengaruhi suasana hati. Ini benar banget, meskipun saya mengenakan hijab kondisi rambut yang susah diatur apalagi saat disisir nggak nurut benar-benar bikin bete. Apalagi kalau lagi ketombean, meski ketutupan hijab rasa gatalnya nggak tertahankan, pengin garuk-garuk terus jadinya nggak nyaman.

Sebenarnya dari sekolah dulu masalah rambut saya adalah rambut kering dan kusam. Semasa sekolah saya cukup aktif  dengan kegiatan sekolah dan lebih sering di lapangan atau out door. Makanya rambut sering terpapar sinar matahari langsung. Selain rambut jadi kering dan kusam, warna rambut saya yang aslinya hitam legam jadi kemerahan. Jadinya sewaktu sekolah rambut jarang banget di gerai lebih sering diikat karena nggak percaya diri.

Dari zaman SMP dan SMA saya selalu takjub lihat teman-teman cewek yang rambutnya bagus, dan selalu rapih meskipun digerai padahal seharian juga kena matahari sama kayak saya kan jadi ngiri hehe. Yups, zaman sekolah yang namanya bad hair day sering banget saya alami. Sepulang sekolah naik angkot kadang lanjut naik becak motor, kalau teman-teman pernah naik betor pasti tahulah gimana kondisi rambut sebelum dan sesudahnya. Debu-debu sepanjang jalan nempel di muka dan rambut, sampai rumah rambut jadi berat. Kalau ingat masa sekolah jadi pengin ngakak haha! Rambut lelah banget, stres, kena polusi dan sinar UV matahari.




Perawatan Rambut Alami

By the way untung banget punya orangtua yang hidup di zaman yang nggak secanggih sekarang. Saya ingat ibu saya pernah bilang karena rambut adalah mahkota wanita makanya wajib banget dirawat agar tetap sehat dan berkilau. Ibu nggak pernah menyarankan saya ke salon selain karena buang-buang uang juga bisa bikin rambut tambah rusak dan rontok, apalagi kalau sudah sekali ke salon nanti ujung-ujungnya nagih dan harus rutin. Mungkin maksud ibu saya baik, karena waktu itu saya masih anak sekolah jadi harus ngirit.

Biasanya ibu rajin banget menjaram kepala saya dengan kembang sepatu yang dilumat biar kepala dingin. Sedangkan untuk rambut ibu sering memakai tanaman urang-aring yang dilumat kemudian dipakaikan ke rambut dan ditutup pakai handuk hangat, kemudian rambut dicuci. Pokoknya ibu membiasakan saya untuk melakukan perawatan rambut alami.  Urang-aring sudah dikenal sejak zaman nenek moyang dipercaya memiliki manfaat melebatkan dan menghitamkan rambut. Ibu pun sejak kecil sering pakai urang-aring makanya jadi turun-temurun membiasakan perawatan rambut alami. Ibu saya memang telaten banget untuk urusan perawatan anak-anak perempuannya.

Oh ya, saya ingat sekali di rumah saya selalu ada minyak rambut urang-aring. Jadul banget memang tapi setiap malam ibu rutin memakaikan minyak rambut urang-aring sebelum tidur. Karena rambut saya sempat rusak parah seperti kebakar, warna rambut merah dan ujung rambut pecah-pecah. Hasilnya rambut saya perlahan-lahan pulih dari kerusakan dan kembali seperti semula, hitam dan berkilau. Mungkin karena terbiasa dengan perawatan rambut alami dari ibu sampai sekarang usia saya sudah 40 tahun rambut saya belum ditumbuhi uban, masih hitam alami.


My Daily Hair Care Routine

Lain dulu lain sekarang. Meskipun tanaman urang-aring sampai sekarang masih banyak tumbuh di tanah kelahiran saya di Sumatera, tapi tidak di kota tempat saya tinggal sekarang. Namanya kota besar sangat sulit mencari tanaman-tanaman yang biasa digunakan untuk perawatan rambut alami. Solusinya saya harus memilih shampo dan perawatan rambut yang tepat. Walaupun tinggal di kota besar keinginan untuk perawatan rambut ke salon nggak pernah ada. Padahal suami sudah mengizinkan, tapi saya bilang ke suami kalau saya takut ubanan kalau sering-sering ke salon.

Meski perawatan rambut dengan urang-aring sudah nggak mungkin saya lakukan tapi saya tetap memakai serangkaian perawatan rambut alami dengan urang-aring loh karena ada Emeron Complete Hair CareEmeron nggak cuma shampoo saja tapi sudah komplit, ada conditioner, dan hair vitamin. Emeron Complete Hair Care ini benar-benar jadi my daily hair care routine. Saya bisa melakukan perawatan rambut alami saya kapan saja. 



Emeron Complete Hair Care terdiri dari tiga varian, yakni Black Shine, Soft Smooth, dan Damage Care. Tentu saja saya memilih varian Black Shine karena kandungan formula Active Provit Amino dan manfaat urang-aring didalamnya mampu memperbaiki dan menutrisi rambut kusam secara optimal.  Setiap variannya teridiri dari shampoo, conditioner, dan hair vitamin. Bagi sebagian orang mungkin kelihatan ribet ya pakai rangkaian produk kayak gini. Mungkin dianggap kurang praktis, tapi bagi saya ini justru penting banget biar perawatannya komplit dan menyeluruh. 



Tahap-tahap Perawatan Rambut Alami dengan Emeron Complete Hair Care

1. Emeron Complete Hair Care Black Shine Urang Aring Shampoo

Biasanya saya keramas dengan shampo Emeron Black Shine Urang-Aring dua kali sehari. Apalagi saya memakai hijab rambut gampang berkeringat dan lepek. Selain itu untuk menjaga agar rambut tetap kuat, hitam dan berkilau. Saat memakai shampoo kulit kepala saya pijat perlahan agar peredaran darah semakin lancar.



2. Emeron Complete Hair Care Black Shine Urang Aring Conditioner

Setelah keramas dan rambut dibilas sampai bersih baru deh pakai conditioner. Caranya rambut saya peras perlahan kemudian saya aplikasikan conditioner pada batang rambut mulai dari bagain tengah sampai ujung rambut. Kalau pakai conditioner rambut harus dalam keadaan basah biar conditionernya bisa menyerap ke batang rambut, jangan sampai kena kulit kepala soalnya bisa ketombean.



3. Emeron Complete Hair Care Black Shine Urang Aring Hair Vitamin

Ini rangkaian akhir dari Emeron Complete Hair Care yakni  Hair Vitamin. Vitamin rambut dipakai saat rambut dalam keadaan setengah kering dan setengah basah. Karena vitamin mudah menyerap saat rambut dalam keadaan lembap. Caranya sama sih dengan memakai conditioner, mulai dari tengah sampai ujung rambut dan tidak mengenai kulit kepala.



Mudah banget kan perawatan rambut alami dengan Emeron Complete Hair Care. Jadi nggak perlu repot-repot ke salon, perawatan dari rumah juga bisa. Saya suka banget dengan wanginya, sehabis keramas rambut bakal wangi seharian, menambah rasa percaya diri dan meningkatkan mood. Apalagi rangkaian Emeron Complete Hair Care ini murah banget. dan mudah didapatkan, bisa dibeli di supermarket terdekat juga bisa beli online.  Yuk coba Emeron. #DengarkanRambutmu #CobaEmeron.


You Might Also Like

44 comments

  1. Wah, ini rahasianya. Besok stoknya di tambah yaa :)

    ReplyDelete
  2. Walau berjilbab tetap kudu dirawat ya mba. Pakai emeron wangi bisa dilakukan di rumah juga 😍😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aku suka wanginya fresh banget.

      Delete
  3. Aku sukaaa kalau produknya enak di rambut dan kulit kepala plus wangiii ya mbaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak indah, wangi banget suka makainya.

      Delete
  4. Wow... jd pengen nyoba. Rambutku rontok. Blm nemu perawatan yg cocok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba Emeron mbak..perawatan rambut alami :)

      Delete
  5. Hadeeehhh, rambutku dari zaman kapan tau mbak, rontok+ketombe, tapi sekarang agak berkurang sih, teeua gak bisa tuh gak keramas lebih dari 3 hari, bisa lecet kulit kepala digaruk mulu. Hixhixhix

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaa..aku pun 2 hari udah wajib keramas, nggak nyaman soalnya.

      Delete
  6. Aku juga pake shampo emeron mba, wanginya emang awet, dan halus. Terasa ringan rambutnya. Aku mau coba dipakein vitaminnya ah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku suka banget pakai Emeron Complete Hair Care Black Shine rangkaiannya cocok dengan tambutku.

      Delete
  7. Setuju selain merawat kulit, rawat rambut itu penting banget yes,,,aku pakai yang emeron pink mak wanginya enak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah yang pink iya wanginya enak juga, aku pernah kehabisan hair vitamin yang black beli yang pink.

      Delete
  8. Rambut itu mahkota ya mba, makanya harus dirawat dengan baik. Aku masih gonta ganti sampo nih. Blom nemu yg cocok banget. Jadi pengen coba emeron deh aku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya harus..lebih praktis sih kalau dibanding perawatan yang dibuat ibuku hehe..

      Delete
  9. Emeron hitam ini favorit aku banget loh mak, bikin rambut berkilau.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya favorit bangeet...malah aku belum ubanan loh maak hihi

      Delete
  10. Praktis ya bisa perawatan di rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya praktis dan murah dari pada ke salon hehe

      Delete
  11. Mo coba ahh..utk rambut keriting bs bikin lembab gak ya?? :-)

    ReplyDelete
  12. taunya lidah buaya sama kelapa aja mba. aku pernah dulu sama ibu, kembang sepatu bisa juga ya ternyata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa..ibuku kalau kami seharian kena panas,pasti buatin kembang sepatu dilumat gitu disapu ke kepala :)

      Delete
  13. Aku juga suka nih mbak perawatan rambut dari Emeron ini. Selain harganya terjangkau dan kualitasnya bagus, senangnya lagi bisa dibeli di minminimar dekat rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..kadang kehabisan juga di supermarket dekat rumah mungkin shampoo favorit jadi banyak dibeli yaa

      Delete
  14. Masalah rambut juga jadi masalah utamaku nih, karena rambutku suka sekali lepek, apalagi kalau abis perjalanan pake helm di tengah hari yang terik. Sampe hari ini, aku masih suka cari-cari juga shampo yang cocok dan bisa bikin rambut jadi indah. Kan klo rambutnya cantik, akunya juga terlihat cantik, kan... kayaknya mau coba Emeron ah dalam waktu dekat ini karena shampoku sebentar lagi abis. Makasi ulasannya yang lengkap ya, Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau rambut cantik dan wangi kita pun jadi tambah pede ya mbaak..

      Delete
  15. Penasaran deh pengen liat rambutnya Mbak Tuti...
    Pasti baguss banget karena emeron ini hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..kapan-kapan kalau event bareng ya jen :)

      Delete
  16. Sama problemnya mbak. Hmmm boleh juga dicoba emeron ini. Sip sip makasih sharingnya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Problem rambut wanita pada umumnya ya mbaak :)

      Delete
  17. Aku belum pernah naik betor :)) Btw Emeron yang ini varian baru ya? Belum nemu di toko. Berapa sih sepaket gini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini yang black shine mak, satu paket aku beli 46rb.

      Delete
  18. Bad Hair Day!
    Oh...it's long long time ago i feel it too...
    And i prefer sinking on the ground.
    Hahha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha..aku sampai nggak mau sekolah sewaktu diejekin teman-teman rambut sarang tawon :D

      Delete
  19. Perawatan rambut alami skrg jd mudah ya pake emeron. Aku jd inget duluu bgt sama ortu suka bikin minyak cem2an buat rambut, juga bikin air rendaman seledri yg hrs diembun, sampe batang pohon pisang diambil airnya. Hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya aku ingat tuh pernah pakai air batang pohon pisang..benar-benar alami ya perawatan rambut zaman kecil dulu.

      Delete
  20. Wah, emeron ada vitamin rambutnya juga ya. Sekarang emeron semakin keren nih, mau kuinfo ke kakakku,secara dia rbitnya megaaar kering

    ReplyDelete
    Replies
    1. Vitamin hairnya hairnya enak banget loh mak suer deh..rambut jadi lembut dan berkilau

      Delete
  21. Aku belum cobain emeron yang ini

    ReplyDelete
  22. Emeron dimana2, kayanya aku mulai teracuni deeh. Makasih yak Mba udah turut meracuni ku >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi yuk coba perawatan rambut alami dengan rangkain komplit dari Emeron.

      Delete