Ingin Kemampuan Kognitif Anak Berkembang? Cukupi Kebutuhan Vitamin D dan Ikut Bimbingan Belajar

Ingin Kemampuan Kognitif Anak Berkembang?  M emori masa kecil muncul kembali ketika Ibu Tri Hastuti , Kepala Cabang dan Product Specialist P...

Agar Kemampuan Kognitif Anak Berkembang
Ingin Kemampuan Kognitif Anak Berkembang? 

Memori masa kecil muncul kembali ketika Ibu Tri Hastuti, Kepala Cabang dan Product Specialist Parahita Diagnostic Center mengatakan bahwa anak sangat membutuhkan vitamin D salah satunya untuk perkembangan otaknya. 

Ya, Ibu Tri memaparkan ini pada webinar yang diadakan oleh Sinotif Sabtu, 27 April 2024 dengan tema “Orang Tua Harus Tahu! Pentingnya Vitamin D untuk Peningkatan Kognitif Anak”. Saat ibu Tri menjelaskan peranan vitamin D saya ingat betul bagaimana Ayah dan Ibu saya rutin memberikan minyak ikan Scott untuk dikonsumsi. “Biar tambah pintar”, kata Ayah. Yang saya ingat cuma minyak ikan yang diberikan bisa bikin pintar. Mungkin karena masih kecil jadi Ayah dan Ibu nggak menjelaskan secara detail kenapa minyak ikan bisa bikin pintar, hehe

Webinar Pentingnya Vitamin D untuk Peningkatan Kognitif Anak
Webinar Pentingnya Vitamin D untuk Peningkatan Kognitif Anak 


Vitamin D dan Manfaatnya 

Sebelum kita bahas apa saja manfaat atau peranan vitamin D kita perlu tahu apa itu vitamin D? Vitamin D adalah vitamin yang larut dalam minyak, mempunyai peranan penting dalam berbagai proses tubuh. Tubuh mampu membuat vitamin D dari sinar matahari, makanya vitamin D sering disebut Vitamin Sinar Matahari. Sumber vitamin D berasal dari 80% sinar matahari (UVB), 20% berasal dari makanan (D2- tumbuhan & D3- hewan), Suplemen vitamin D. Sepanjang hidup kita butuh vitamin D.

Cara Meningkatkan Kadar Vitamin D
Cara Meningkatkan Kadar Vitamin D 

Menurut ibu Tri peranan vitamin yang satu ini sangat penting untuk berbagai aspek, terutama bagi anak. Vitamin D untuk anak bukan hanya untuk otot, tulang, gigi dan imunitas. Tapi manfaatnya mulai dari tulang sampai otak. Yups, aktivitas perkembangan otak juga dipengaruhi oleh vitamin D. Dari berbagai penelitian ternyata penduduk dunia banyak yang kekurangan vitamin D. Indonesia memiliki sinar matahari yang cukup, tapi masih banyak penduduknya yang kurang vitamin D. Gaya hidup, kondisi lingkungan, habit menyebabkan potensi kurangnya vitamin D. Anak-anak jarang keluar rumah lebih banyak bermain di dalam rumah sehingga jarang berjemur di sinar matahari. 


Akibat Kekurangan Vitamin D

Kekurangan vitamin D bisa mengakibatkan gangguan kesehatan. Orang-orang yang kekurangan vitamin D biasanya ditandai dengan kondisi tubuh yang sering lemah, letih, mudah capek, kurang tidur, mood tidak bagus, rambut rontok, gigi rapuh, dll. Kalau kebanyakan vitamin D juga malah jadi toxic dan sangat berbahaya untuk kesehatan. Jadi sebenarnya harus seimbang ya intinya. Tidak berlebih dan tidak kurang vitamin D. 

Nah, itu sering kita rasakan sebagai orang dewasa jika kekurangan vitamin D. Kalau pada anak tidak jauh berbeda sebenarnya, tapi juga akan berdampak pada tumbuh kembang anak nantinya. Kita sebagai orangtua wajib banget tahu kalau vitamin D harus menjadi kebutuhan yang optimal terlebih terhadap aspek kognitifnya. Anak jika kekurangan vitamin D akan memberi dampak iritabilitas, depresi, distraksi, mudah lelah, sulit belajar, daya ingat yang buruk dan cenderung agresif. Tentu saja ini akan mengganggu proses belajar dan tumbuh kembang mereka yang pada akhirnya bisa menghambat prestasi belajar. 

Dukungan orangtua untuk prestasi anak dalam pendidikan memiliki peran paling penting. Karena selain memberikan anak kecukupan gizi juga memberikan dukungan belajar yang bisa membuat mereka unggul dalam berkompetisi di kehidupan dan belajar. 


Bimbingan Belajar di Sinotif 

Sinotif adalah bimbingan belajar untuk siswa baik SD, SMP, maupun SMA. Sejak pandemi tahun 2020 Sinotif melayani bimbingan belajar online, siswa bisa belajar dari mana saja dan kapan saja dari manapun. Belajar di Sinotif mengasyikkan, mudah dan menyenangkan. Para pengajar siap sedia membantu siswa jika ada kendala mengerjakan tugas sekolah, dibantu penyelesaiannya agar jika ada soal serupa siswa bisa menghadapi. Selama lebih dari 20 tahun Sinotif sudah terbukti membantu meningkatkan nilai siswa.  


Metode Belajar Mengajar di Sinotif

Sinotif memiliki metode belajar untuk para siswa, yaitu:

Specialized. Belajar bersama guru-guru ahli di bidang Matematika, Fisika, dan Kimia. Guru-guru juga telah melalui pelatihan dan bersertifikasi khusus.

Systemized. Belajar menjadi lebih mudah dan efektif. Belajar eksakta dijamin nggak pake ribet. Konsep belajar tersistem yang memenuhi gaya belajar linier maupun global.

Personalized. Belajar sesuai dengan kebutuhan dan karakter belajar siswa. Dengan begitu siswa bisa fokus meraih targetnya.

Limitless. Layanan belajar tambahan 24 jam non stop. Siswa bisa bertanya soal 24 jam melalui aplikasi Tanya Jawab Soal dan mengulang pelajaran di situs Seratusinstitute.com. 


Paket Belajar Sinotif Premier

Siswa bisa memilih paket belajar di Sinotif sesuai kebutuhan. Berikut paket belajar yang bisa dipilih:

Sinotif Premier Diamond. Layanan belajar privat, eksklusif, dan bergaransi uang kembali.

Sinotif Premier Platinum. Belajar sesuai kebutuhan siswa dengan penanganan personal.

Sinotif Premier Gold. Belajar bersama guru spesialis dengan modul lengkap dan sistematis.

Sinotif Premier Silver. Belajar mandiri dengan bimbingan guru dan bebas tanya PR kapanpun.

Yuk, moms cukupi vitamin D anak agar kemampuan kognitifnya semakin berkembang. Karena kemampuan kognitif sangat diperlukan dalam proses pembelajaran. Agar anak memiliki kemampuan menganalisis soal-soal pembelajaran di sekolah lebih baik lagi, sebagai orangtua kita bisa mengikutkan anak les di Sinotif









You Might Also Like

0 comments

Canva Magic Write