Sentul City, Kota Mandiri Sejuk Alami Nyaman Dihuni

Sentul City, Kota Mandiri Sejuk Alami Nyaman Dihuni. (Foto: https://www.sentulcity.co.id/)  “N yaman sekali kalau suatu saat kita bisa tingg...

Sentul City Kota Mandiri
Sentul City, Kota Mandiri Sejuk Alami Nyaman Dihuni. (Foto: https://www.sentulcity.co.id/) 

“Nyaman sekali kalau suatu saat kita bisa tinggal di kawasan dengan udara yang sejuk, pemandangan yang indah dan lengkap dengan berbagai fasilitas”, begitu percakapan saya dan suami di sela-sela sarapan pagi. Ya, kami punya impian yang sama sejak menikah yakni tinggal di daerah yang adem atau jika memungkinkan tinggal di kawasan yang tak jauh dari pegunungan. 

Saya memang penikmat pemandangan alam yang indah. Suami paham sekali jika ngajak saya liburan selalu ke daerah pegunungan. Sudah terlalu jenuh sih sebenarnya dengan padatnya Jakarta dan polusinya yang tidak baik-baik saja, harus ada solusi. Sentul City, adalah solusi! ”, ujar suami. 

Sentul City, Kota Mandiri yang Terus Berkembang

Patung Love Ikonik Sentul City
Patung Love Simbol Ikonik Sentul City. (Foto: https://www.sentulcity.co.id/) 

Kota mandiri merupakan kawasan yang memiliki sistem pemukiman, perkantoran, pusat bisnis hingga beragam fasilitas bisnis yang sudah di integrasikan. Sentul City sebagai kota mandiri memiliki pertumbuhan ekonomi sendiri. 

Sebagai kawasan kota mandiri, Sentul City memiliki sarana dan prasarana penunjangnya sendiri, serta terus melakukan pengembangan kawasan dengan inovasi-inovasi baru dalam mengembangkan beragam fasilitas publik, baik fasilitas umum (fasum) maupun fasilitas sosial (fasos). 

Pertumbuhan ekonomi sangat erat kaitannya dengan pertumbuhan penduduk. Saat ini hunian sudah semakin banyak tumbuh di kota mandiri seperti Sentul City. Kawasan Sentul City terdiri atas 40 Cluster Hunian Perumahan, 8 Cluster Rumah Komersial (Ruko) atau Rumah Kantor (Rukan), serta beberapa unit Komersial dan Fasilitas di area jalan utama Kawasan. 

Peran PT. Sukaputra Graha Cemerlang dalam Mengelola Kota Mandiri Sentul City 

Pertumbuhan Sentul City sebagai kota mandiri tak lepas dari peran pengembang. Sentul City berdiri di atas lahan seluas +/- 3.100 hektar yang terletak di 2 teritorial kecamatan dan 9 desa di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. PT Sentul City Tbk selaku pihak pengembangan, menjadikan kawasan Sentul City sebagai kota mandiri dengan pengelolaan terbaik. Untuk itu, PT. Sentul City Tbk menunjuk PT. Sukaputra Graha Cemerlang (PT. SGC) sebagai badan pengelola kawasan.

PT. Sukaputra Graha Cemerlang memiliki tanggung jawab besar yaitu memberikan kontribusi positif melalui pengelolaan terbaik agar tercipta lingkungan di kawasan yang aman, asri, dan nyaman. Dalam menjalankan kegiatannya dan demi kelancaran di seluruh sektor pelayanan, PT.Sukaputra Graha Cemerlang memiliki beragam komponen servis dengan fungsinya masing – masing, yaitu:

1. Keamanan. Unit Reaksi Cepat (URC), telepon darurat, Patroll, penjagaan gerbang dan penyediaan boorgate/cctv, Lantas, pemadam kebarakan, pengendalian satwa dan koordinasi territorial 

Service Keamanan dari PT. Sukaputra Graha Cemerlang
Servis Keamanan PT. Sukaputra Graha Cemerlang. (Foto: PT. SGC) 

2. Layanan Opersional Kantor. Customer Service, Biling & Collection, Finance, Human Resource dan Logistik administrative, serta sistim & media komunikasi. 

3. Elektrikal. Pemenuhan kebutuhan atas Penerangan Jalan Umum (PJU) di area umum dan di dalam Cluster, berikut perawatan dan perbaikannya, serta penyediaan lampu termbak di lokasi tertentu apabila dibutuhkan. 

4. Perawatan Infrastruktur (Sipil & Plumbing). Jalan umum, pembersihan saluran drainase, pagar lingkungan & gerbang Cluster, fasilitas umum lainnya (Children Playground, Sarana Olahraga, Jogging Track), termasuk rambu dan marka jalan.

Perawatan Infrastruktur oleh PT. Sukaputra Graha Cemerlang
Perawatan Infrastruktur oleh PT. Sukaputra Graha Cemerlang. (Foto: PT. SGC) 

5. Pengawasan Teknis. Supervisi kegiatan pengawasan lingkungan terhadap Tata Tertib dan terhadap fungsi-fungsi pelayanan yang berlaku agar tetap optimal (BCD). 

6. Lanskap. Pemotongan rumput bahu jalan, RTH perawatan taman gerbang dan fasum, perawatan pohon jalan, penyulaman tanaman, serta layanan pengangkutan sampah hijau. 

7. Kebersihan. Melakukan kegiatan penyapuan jalan, pengangkutan sampah rumah tangga, serta melakukan kegiatan periodik sweeping ular dan pengasapan (fogging) nyamuk. 

Servis Kebersihan PT. Sukaputra Graha Cemerlang
Servis Komponen Kebersihan. (Foto: PT. SGC) 

Servis yang diberikan oleh PT. Sukaputra Graha Cemerlang ini semakin melengkapi keamanan dan kenyamanan penghuni tentunya. 

Kemudahan Akses dan Fasilitas di Sentul City 

Sentul City adalah sebuah kawasan perkotaan yang terletak di daerah Bogor, Jawa Barat. Kawasan ini terkenal dengan udaranya yang sejuk dan pemandangan alam yang indah. Selain itu, Sentul City juga dikenal memiliki berbagai fasilitas dan hiburan yang menarik. Sentul City juga menjadi tujuan yang banyak diminati para wisatawan yang ingin melepas kepenatan dari kesibukan kota. Suasananya yang tenang dan nyaman, menjadikan Sentul City pilihan tempat favorit untuk berlibur bersama keluarga atau teman-teman.

Jujur saja sejak lama Bogor menjadi salah satu kota pilihan selain Bandung untuk saya dan suami memiliki hunian. Sejuk, nyaman, dan menciptakan ketenangan, poin-poin ini yang menjadi pertimbangan utama. Suami kerap kali ngobrolin Sentul City dan berharap semoga suatu saat impian kami jadi kenyataan memiliki hunian di kawasan yang satu ini. 

Sering aktif di sosial media membuat saya selalu update mengenai perkembangan Sentul City. Saya cukup takjub dengan pertumbuhan Sentul City dengan berbagai fasilitasnya. Berikut berbagai fasilitas yang ada di Sentul City:

1. Fasilitas Pendidikan. Dalam Kawasan terdapat 9 instansi yang terdiri dari kategori sekolah nasional, swasta, dan internasional di semua tingkat mulai kelas pra-sekolah hingga Universitas. 

2. Fasilitas Pusat Perbelanjaan. Pasar Bersih Sentul City, AEON Mall, dan IKEA.

Aeon Mall Sentul City
Aeon Mall Sentul City. (Foto: https://www.sentulcity.co.id) 

3. Fasilitas Kesehatan. Terdapat Rumah Sakit EMC serta puluhan apotek dan klinik yang tersebar di wilayah Sentul City.

4. Fasilitas Perbankan. Tersedia Bank-Bank ternama yang telah mendirikan kantor cabangnya di Kawasan Sentul City diantaranya Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Central Asia (BCA), Bank Panin, CIMB Niaga, dan lainnya.

5. Sarana Rekreasi. Jungle Land Adventure Theme Park sebagai wahana yang memiliki luas taman bermain terbesar di Indonesia, serta Taman Budaya sebagai wahana aktivitas outbond dan area gathering

Jungle Land Adventure Theme Park Sentul City
Jungle Land Adventure Theme Park Sentul City. (Foto: https://jungleland.id/) 

6. Pusat Kuliner dan Tempat Makan yang Nyaman. Ah Poong Kopi Nako, Bumi Aki Signature, Little Minang, Amaroo, The Grill House, McDonald, KFC, dan masih banyak lainnya.

7. Fasilitas Olahraga. Tersedia area Jogging Track yang berada di sepanjang jalan utama Kawasan. Ada juga Sentul Highlands Golf Club yaitu lapangan golf 18 hole yang dilengkapi fasilitas kolam renang dan driving range. Ayo Arena, fasilitas lapangan sepak bola dan Bucket List, fasilitas lapangan basket, serta fasilitas lainnya yang disiapkan di dalam Cluster yaitu lapangan basket dan taman bermain anak.

Jogging Track Danau Teratai di Sentul City
Jogging Track Danau Teratai Sentul City. (Foto: PT. SGC) 

8. Hotel. Tak hanya jaringan hotel nasional tapi juga jaringan hotel internasional yang hadir seperti The Alana Hotel Conference Center, Aston Sentul Lake Resort, Hotel Neo + Green Savana, dan Harris 

9. Sentul City Recycle Center (SCRC), yakni sebuah sarana pengelolaan sampah mandiri yang menjadikan Sentul City sebagai kawasan pertama di Indonesia yang memiliki pusat daur ulang sampah. SCRC di inisiasi oleh Sentul City bersama-sama dengan Pemerintah pada tahun 2019. 

Akses untuk menuju Sentul City sangat mudah dan banyak pilihan. Jika kita berkendara dari Jakarta dengan mobil, bisa menggunakan jalur Tol Jagorawi dan keluar di pintu keluar tol Sentul Selatan atau Sentul City. Sedangkan jika menggunakan kendaraan umum ada berbagai pilihan transportasi seperti Trans Jakarta, juga Commuter Line. 

Jadi impian semua orang pastinya memiliki tempat tinggal yang membuat nyaman dan dilengkapi fasilitas sesuai kebutuhan dengan mudahnya. Kebutuhan apapun mulai dari paling sederhana lingkungan asri dan hijau yang bisa dinikmati setiap pagi untuk jogging ceria misalnya. Area jogging yang nyaman menjadi prioritas saya ketika memilih kawasan hunian, karena kebiasaan saya dan suami selalu jigging setelah kami melakukan kewajiban shalat Subuh. Sambil jogging kami juga tak melewatkan momen hunting foto suasana pagi dan aktivitas orang-orang di pagi hari. 

Jogging Track Area Jalan Utama Sentul City
Jogging Track Area Jalan Utama Sentul City. (Foto: PT. SGC) 

Saya percaya kualitas hidup juga dibentuk dari lingkungan dimana kita tinggal. Jika itu semua tersedia maka kualitas hidup bisa dicapai dengan sangat gembira karena bisa menambah makna hidup bersama lingkungan yang juga menunjang semua aktivitas untuk bekerja dan beribadah sekaligus. 

Sentul City dengan berbagai kemudahan akses dan fasilitasnya membuat hati saya kepincut. Keinginan saya semakin kuat untuk memilih tinggal di daerah Bogor yang masih asri dan hijau. Tentu kota ini menjadi pilihan terbaik dari tiga kota penyangga ibukota lainya seperti Depok, Bekasi dan Tangerang. 

Meski saat ini belum bisa memiliki hunian di Sentul City, tapi kota ini akan tetap menjadi pilihan untuk bersantai dan menikmati keindahan alam. 






You Might Also Like

2 comments

  1. Cantik ya kawasannya..semoga impian punya hunian di Sentul city kesampaian ya, aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... Iya kawasan Sentul City memang punya daya tarik, lingkungannya, udara yang sejuk, ditambah lagi fasilitasnya yang komplit, impian banget pastinya bisa punya hunian disini

      Delete

Canva Magic Write