Siap Darling Ajak Generasi Muda Peduli Lingkungan

Siap Darling (Siap Sadar Lingkungan) S adar dan peduli pada lingkungan dimulai dari lingkup terkecil yakni di sekitar kita. Peduli dengan sa...

Siap Darling (Siap Sadar Lingkungan)
S
adar dan peduli pada lingkungan dimulai dari lingkup terkecil yakni di sekitar kita. Peduli dengan sampah contohnya. Kita bisa membantu mengurangi penumpukan sampah dengan memilah sampah dari rumah. Kemudian peduli dengan penyerapan air tanah, kita bisa membuat biopori untuk mengurangi genangan air. Bisa pula dengan menggalakkan penghijauan di lingkungan sekitar, menanami tanaman atau pohon meski tidak kita rasakan manfaatnya sekarang tapi bisa dinikmati oleh anak cucu kita dengan harapan apa yang kita lakukan saat ini menjadi inspirasi bagi generasi selanjutnya.

Bicara kelestarian alam dan penghijauan dalam skala besar tidak bisa kita lakukan sendiri-sendiri, tetapi kita harus bergandengan tangan bersama. Inilah yang dilakukan Bakti Lingkungan Djarum Foundation (BLDF) melalui gerakan berbasis digital Siap Darling (Siap Sadar Lingkungan) dengan mengajak generasi muda peduli lingkungan untuk melakukan penanaman di Kawasan Candi Dieng, Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah. Melalui kegiatan penghijauan ini, gerakan Siap Darling menciptakan ekosistem pelestarian lingkungan bersama mahasiswa sebagai agen penggerak perubahan, dengan melakukan aksi penanaman secara berkelanjutan. Gerakan Siap Darling diluncurkan sejak tahun 2019. Selama ini gerakan yang menginspirasi ini menginisiasi sejumlah aksi positif yaitu Candi Darling. 

Para Darling Squad menanam pohon di situs warisan sejarah

Candi Darling merupakan satu lini program dari Bakti Lingkungan Djarum Foundation yang mengombinasikan upaya konservasi alam dan warisan sejarah dengan melibatkan Darling Squad, gerakan generasi muda berbasis digital dan aktivasi. Dari 80 peserta 10 diantaranya berasal dari luar Wonosobo dan Banjarnegara. Hal ini dilakukan untuk memberi kesempatan Darling Squad luar Wonosobo dan Banjarnegara ikut menanam. Domisili tersebut ada dari Bogor, Tangerang, Cirebon, Gresik, dan Banyuwangi.dari Wonosobo dan Banjarnegara terlibat dalam penghijauan Candi Arjuna, di Kawasan Candi Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah. Sebanyak 6.500 pohon dan semak berbunga, menghijaukan Kawasan Candi Dieng (Candi Arjuna, Bima, Gatotkaca, Dharmacala, Setyaki), di mana perawatan akan berlangsung hingga enam (6) bulan.


Lewat penanaman pohon dan semak berbunga di berbagai situs warisan sejarah agar generasi muda dapat berkontribusi melalui giat pelestarian lingkungan dan sekaligus mencintai situs warisan sejarah Indonesia. Gerakan menanam ini diharapkan dapat menginspirasi dan melibatkan lebih banyak mahasiswa untuk lebih peduli pada lingkungan dan menjaga warisan sejarah dalam jangka panjang.


Hingga Juni 2022, gerakan Siap Darling telah melibatkan 2.352 Darling Squad dari 295 kampus di 203 kota/kabupaten. Menurut Abdurrachman Aldila Program Associate BLDF, dalam giat Candi Darling, Darling Squad terlibat aktif dalam konservasi alam dan penghijauan di berbagai situs warisan sejarah. Saat ini Darling Squad telah menginsiasi penanaman di 8 (delapan) Kawasan candi yang tersebar di Pulau Jawa. Secara khusus dalam kegiatan di Kawasan Candi Dieng menghijaukan seluruh area sekitar candi yang terkenal kaya akan keragaman geologi, keanekaragaman hayati, dan situs warisan sejarah.


Sesi talkshow bersama Program Associate Bakti Lingkungan Djarum Foundation, Abdurrachman Aldila Aktris, perwakilan anak muda peduli lingkungan, dan pemeran web series “Jumpa,” Maizura. Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Provinsi Jawa Tengah, Sukronedi, S.Si.,M.A. Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Jawa Tengah, Widi Hartanto, ST, MT.


Aksi penghijauan di sekitar situs warisan sejarah disambut baik oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Jawa Tengah. Kepala DLHK Provinsi Jawa Tengah, Widi Hartanto, ST, MT yang hadir sebagai pembicara dan ikut serta dalam kegiatan seremonial penanaman, menekankan pentingnya konservasi lingkungan dan situs warisan sejarah yang dilakukan secara beriringan oleh generasi muda. Merawat ekosistem di sekitar situs sejarah seperti candi adalah suatu upaya yang kompleks. Terlebih di Kawasan Candi Dieng, yang mana topografinya memungkinkan terjadinya potensi cuaca ekstrem seperti embun es sehingga merusak bibit pepohonan. Oleh karena itu, saya mengapresiasi upaya penghijauan ini sebab kita bisa melihat hasilnya dalam tiga (3) bulan, dan juga dalam jangka panjang. Bila kepedulian terhadap lingkungan ini terus dipupuk, tentu aksi ini tidak akan berhenti hanya di acara ini, tapi bisa menggerakkan masyarakat di sekitar tempat tinggal masing-masing,” papar Pak Widi.


Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Provinsi Jawa Tengah, Sukronedi, turut hadir di acara aksi kolaborasi gerakan Siap Darling untuk menanam di Kawasan Candi Dieng. Menurutnya sebagai negeri yang kaya akan peninggalan sejarah, generasi muda perlu memahami lebih jauh kesatuan nilai antara candi dan lingkungan sekitarnya. Apalagi Provinsi Jawa Tengah memiliki candi terbanyak di Indonesia, hingga 18 kawasan, belum termasuk reruntuhan maupun artefak candi yang terus ditemukan di beberapa daerah. Oleh karena itu, Balai Pelestarian Cagar Budaya menyambut baik kolaborasi dengan berbagai pihak termasuk swasta dan masyarakat, utamanya generasi muda dalam mendukung upaya konservasi alam dan situs sejarah supaya dilakukan beriringan.


Vice President Director Djarum Foundation, FX Supanji

Penanaman pohon di Kawasan Candi Dieng ini juga dihadiri oleh Vice President Director Djarum Foundation, FX Supanji dan PJ Bupati Banjarnegara, Tri Harso Widirahmanto S.H, M.H yang diwakilkan kehadirannya oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Banjarnegara, Ir. Singgih Haryono.


Semoga kegiatan pelestarian lingkungan menanam pepohonan di situs bersejarah ini diadakan berkesinambungan dan semakin banyak mahasiswa di Indonesia yang bergabung dalam kegiatan Candi Darling. Info lengkap mengenai kegiatan Candi Darling bisa diakses melalui https://siapdarling.id/.









You Might Also Like

2 comments

  1. Thank you for nice information. Please visit our web:
    www.uhamka.ac.id

    adi
    adi

    ReplyDelete
  2. Thanks i get a lot information from this site

    ReplyDelete

Canva Magic Write