Bersama Kita Cegah Stunting untuk Mencapai Indonesia Emas 2045

Bersama Kita Cegah Stunting M asa pertumbuhan anak adalah masa penting untuk mencetak pribadi yang unggul. Oleh sebab itu, pemberian gizi ya...

Bersama Kita Cegah Stunting

Masa pertumbuhan anak adalah masa penting untuk mencetak pribadi yang unggul. Oleh sebab itu, pemberian gizi yang baik perlu dipenuhi untuk mencegah stunting pada anak. Stunting merupakan gangguan dalam pertumbuhan si kecil. Stunting masih menjadi momok yang menakutkan bagi para orang tua karena dampaknya sangat besar baik jangka pendek maupun jangka panjang yang gak bisa dianggap sepele. Nah, secara umum hal ini juga sangat mengkhawatirkan karna dapat mengancam munculnya generasi penerus yang handal. Ironisnya, berdasarkan Hasil Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2021di Indonesia sendiri angka stuntingnya cukup tinggi mencapai 24,4 %.  Hal ini menjadi perhatian pemerintah sehingga di tahun yang sama, pemerintah telah menetapkan Peraturan Presiden No 72 tentang Percepatan Penurunan Stunting dengan target penurunan prevalensi yang signifikan  menjadi 14% pada tahun 2024. 

Sebenarnya apa aja sih penyebab stunting? Menurut situs Alodokter, beberapa hal penyebab stunting yaitu: kurangnya pengetahuan Ibu tentang pemenuhan gizi yang baik sejak masa kehamilan, si kecil sering mengalami penyakit infeksi berulang atau kronis, sanitasi yang buruk, serta terbatasnya layanan kesehatan.

Nah, dari penyebab stunting di atas, maka dampak yang dapat terjadi adalah gangguan pertumbuhan tinggi badan, kecerdasan anak di bawah rata-rata, lemahnya kekebalan (imun) tubuh, serta anak beresiko terkena peyakit kanker, stroke, diabetes dan jantung. 

Menurut saya masalah stunting ini gak hanya Peer buat pemerintah tapi juga tanggung jawab kita semua terlebih para orang tua untuk mencegah terjadinya stunting yang bisa di mulai dari rumah masing-masing. Namun sayangnya masih banyak para orang tua yang kurang paham tentang resiko stunting dan cara pencegahannya. Melihat hal ini, Danone Indonesia sebagai salah satu perusahaan makanan dan minuman terbesar di dunia berkolaborasi dengan pemerintah turut mendukung pencegahan dan percepatan penurunan angka stunting di Indonesia.

Vice President General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto menyatakan, “Sebagai perusahaan yang memiliki misi membawa kesehatan melalui makanan dan minuman kepada sebanyak mungkin orang, Danone Indonesia berkomitmen untuk ikut serta dalam meningkatkan kualitas kesehatan anak Indonesia dan mendukung upaya pemerintah dalam percepatan penurunan angka stunting.


Peluncuran Iklan Layanan Masyarakat Cegah Stunting Itu Penting

Tepat pada perayaan peringatan Hari Anak Nasional 2022 kemaren Danone Indonesia meluncurkan Iklan Layanan Masyarakat‘Cegah Stunting itu Penting’. Pentingnya Iklan layanan masyarakat ini mengedukasi masyarakat tentang pencegahan stunting. Video iklan ini berisi 6 (enam) pesan kunci yang ingin disampaikan, seperti: 

  1. Minum tablet tambah darah setiap hari
  2. Ikuti kelas Ibu hamil biar janin sehat
  3. Cukup ASI saja sampai usia 6 bulan
  4. Cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir
  5. Pakai Jamban Sehat
  6. Rutin ke Posyandu setiap bulan

Iklan ini nantinya akan ditayangkan dan disebarluaskan ke masyarakat melalui  media elektronik, kanal digital, dan media sosial, sebagai bentuk edukasi publik untuk tujuan pembangunan perubahan perilaku.


6 pesan kunci

Upaya pencegahan stunting ini ternyata sudah dilakukan Danone Indonesia dengan multistakeholders sejak tahun 2003.  Danone Indonesia memiliki program pencegahan dan percepatan penurunan stunting bernama ‘Bersama Cegah Stunting’. Program ini telah menjangkau 1 juta penerima manfaat dengan memfasilitasi koordinasi, identifikasi, dan informasi terkait lokasi stunting, pemberdayaan dan penyuluhan, penelitian, serta pemantauan dan evaluasi maupun aspek edukasi masyarakat. 

Berbagai pengetahuan tentang pencegahan stunting dilakukan melalui edukasi tentang pentingnya gizi seimbang pada program Isi Piringku, meningkatkan kebiasaan minum air putih 7-8 gelas dalam program Ayo Minum Air (AMIR), edukasi anemia untuk memutus mata rantai stunting pada remaja di bawah Generasi Sehat Indonesia (GESID) dengan target yakni edukasi untuk anak remaja. Danone    juga memberikan akses air bersih dan penyehatan lingkungan serta pendidikan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) bagi masyarakat melalui Akses Air Bersih dan Sanitasi Higiene (WASH).

Yuk, bersama kita cegah stunting. Berbagai upaya kolaborasi yang di lakukan pemerintah bersama Danone Indonesia semoga bisa menginspirasi pihak swasta lainnya sehingga bisa mencapai Indonesia Emas 2045. #CegahStuntingItuPenting #ILMCegahStunting





You Might Also Like

0 comments

Canva Magic Write