Kemuliaan dalam Berkurban

Memaknai makna kurban I dul Adha tahun ini membuat saya lebih merenung jauh kedalam. Memaknai makna kurban yang setiap tahun kami rayakan. S...

Memaknai makna kurban

Idul Adha tahun ini membuat saya lebih merenung jauh kedalam. Memaknai makna kurban yang setiap tahun kami rayakan. Setiap tahun pula menggali makna Idul Adha belumlah menemukan secara menyeluruh makna yang terkandung di dalamnya bagi kita manusia. Peristiwa Nabi Ismail dan Nabi Ibrahim itu bukan peristiwa sesaat yang tak ada artinya. Jika Nabi Muhammad SAW juga memperingatinya sebagai hari yang perlu dirayakan dan diperingati. Ada berbagai tanda yang sangat bermanfaat bagi kita manusia yang hidup saat ini. Sepanjang jaman umat manusia peristiwa kurban ini akan selalu dilakukan dan dirayakan. 

Di tengah kesulitan ekonomi karena pandemi, peristiwa kurban juga tetap dilakukan. Dan tahun ini lebih lengkap lagi ujian yang diberikan dengan adanya wabah Penyakit Mulut dan Kulit pada hewan. Peristiwa kurban diperingati tentu dengan banyak tantangan bagi umat Islam. Pun demikian bagi setiap pribadi yang merayakan. Seperti halnya dengan saya, yang melewati Idul Adha bersama orang tua yang renta dan sakit sakitan. Dan harus tetap kami jalani kehidupan ini dengan penuh keridhoan dan keikhlasan. Sebab semua pasti terjadi karena kehendakNya, ada Qada dan Qadar Allah SWT yang saya yakini adalah segala sesuatu yang terjadi di dunia ini merupakan pelajaran dan hikmah bagi orang yang berpikir.


Momen Idul Adha untuk berbagi dan silaturahmi

Momen Idul Adha ini merupakan momentum yang sangat tepat untuk setiap keadaan. Tentang pengorbanan dari setiap perjuangan apapun tujuan perjuangan hidup tersebut. Sebagai contoh bentuk pengorbanan anak terhadap orang tua. Setiap anak sudah seharusnya sanggup memikul beban dan melakukan pengorbanan demi orang tua nya. Karena didasari pengetahuan bahwa sesungguhnya orang tualah yang lebih banyak berkurban untuk anaknya. Karena itu, sebesar apapun pengorbanan anak yang dilakukan untuk orang tua tak akan mampu membayar pengorbanan orang tua dari semenjak mengandung kita hingga besar dewasa seperti sekarang. 


Tentang kurban yang dilakukan dengan memotong dan membagikan daging hewan kurban merupakan pelajaran tersendiri untuk sesama manusia. Bahwa rejeki yang kita terima patut disisihkan untuk memotong dan membagikan daging hewan kurban seperti kambing dan sapi. Baik dilakukan secara sendiri-sendiri maupun dilakukan bersama-sama, dilakukan perorangan atau juga dilakukan oleh perusahaan. 


Seperti perusahaan JNE yang juga merayakan Idul Adha 1443 H pada  tanggal 10 Juli 2022. Dan memanfaatkan momen Idul Adha sebagai momen untuk mempererat tali silaturahmi dan semangat berbagi dengan para karyawan dan masyarakat. Tahun ini, JNE bersama TIKI membagikan sebanyak 4.000 daging hewan kurban. Sebagian diantaranya dikurbankan dalam acara #TIKIJNEIdulAdhaBareng hari Minggu (10/7) di Yayasan Taman Yatim Piatu & Tuna Netra (Yatuna) Suprapto Suparno Jl. Pusdiklat Depnaker, Kec. Makasar, Jakarta Timur yang didirikan oleh pendiri JNE Alm H. Soeprapto Suparno.


M. Feriadi Soeprapto selaku Presiden Direktur JNE mengatakan, “Semangat mengantarkan kebahagiaan sesuai tagline Connecting Happiness harus terus diwujudkan dan Idul Adha merupakan momentum yang sangat baik untuk berbagi serta membantu sesama, apalagi di saat pandemi covid-19. Dengan semangat berkurban dan doa dari seluruh masyarakat, kita semua berharap kondisi pandemi ini dapat segera berakhir serta kita dapat kembali berkumpul merayakan Idul Adha selanjutnya dalam kondisi yang lebih baik”.


Semangat mengantarkan kebahagiaan “Connecting Happiness” 


Seluruh daging kurban ini dibagikan kepada ribuan kaum dhuafa dan yatim piatu, antara lain masyarakat di sekitar kantor pusat maupun cabang JNE di 62 kota. Begitu juga dengan masyarakat di sekitar tempat pemotongan hewan kurban JNE di Jakarta, seperti di Balai Kota DKI Jakarta, kantor Walikota Jakarta Barat, Yayasan Taman Yatim Piatu & Tuna Netra (Yatuna) Suprapto Suparno, Masjid Jami Soeprapto Soeparno, Masjid Al Makmur Cikini, Dadap, Masjid Slipi, Jalan M1 Bandara Soetta dan di 22 lokasi lainnya yang bekerjasama dengan pihak berbagai pihak.


Tidak hanya itu JNE menjelang usianya yang ke-32 tahun pada November 2022 yang akan datang, selain turut membantu masyarakat untuk tetap berkecukupan pangan dengan membagikan daging kurban, juga membagikan hadiah 32 kambing dalam menyemarakkan peringatan Idul Adha 1443 H kali ini, dengan membuat program kuis giveaway #GameSiJoni melalui akun official resmi JNE di Instagram @jne_id. Periode kuis pun sudah berlangsung sejak 6-10 Juli 2022. Setiap pemenang akan mendapatkan hadiah masing-masing 1 ekor kambing kurban, dan mereka pun dapat berbagi kebahagiaan kepada lingkungan sekitar. 


Selain aktivitas giveaway di social media, JNE memberikan Diskon 20% dalam rangka Promo Idul Adha untuk tujuan kiriman ke Negara Timur Tengah (Arab Saudi, Turki, Qatar, Mesir, Uni Emirat Arab, Yaman, Yordania, Kuwait, Bahrain, Oman) tanpa minimal berat, promo diskon dan tersebut berlangsung pada tanggal 7-17 Juli 2022. Serta Khusus untuk member JNE  Loyalty Card (JLC) ada program menarik  berupa Double Point untuk Service International pengiriman ke Negara Timur Tengah.  


Rasa syukur juga dirasakan manajemen dan karyawan JNE karena dapat terus memberikan kebahagiaan kepada seluruh masyarakat di tengah pandemi Covid-19. 






You Might Also Like

0 comments

Canva Magic Write