Ini Dia Keunggulan Servis Sepeda Motor di Planet Ban

Keunggulan Servis Sepeda Motor di Planet Ban  M embahas perawatan berkala pada sepeda motor sama dengan membahas bagaimana sikap kita saat m...

Keunggulan Servis Sepeda Motor di Planet Ban 

Membahas perawatan berkala pada sepeda motor sama dengan membahas bagaimana sikap kita saat melakukan servis pada kendaraan roda dua ini. Kita tahu betul anggapan buruk yang masih menjadi stigma oleh setiap orang kepada perilaku bengkel servis motor. Hal-hal buruk itu rasanya tak perlu diungkapkan. Tetapi jika tidak dibicarakan tentunya akan menjadi stigma buruk yang terus menjebak pikiran yang berujung kepada ketidakpuasan dan kekecewaan, bahaya banget kan. Dan bukan berarti juga kita akan selalu membolehkan setiap perlakuan curang terus menerus dilakukan. 

Beberapa fakta menarik ini bisa menjadi pembahasan kalau ngomongin sepeda motor dan bengkel:

Sepeda Motor Memerlukan Perawatan 

Fakta pertama perawatan sepeda motor sudah menjadi keharusan atau kewajiban. Bagaimanapun kendaraan kita wajib mendapat perawatan berkala. Dan itu semua biasanya sudah disertakan oleh pedoman perawatan yang dikeluarkan oleh produsen kendaraan. Seperti buku petunjuk perawatan yang harus dilakukan agar kendaraan selalu terjaga dari kerusakan karena pengguna dengan berbagai patokan. Misalnya standar penggantian oli mesin, penggantian kampas rem, penggantian rantai atau fan belt dan lainnya sudah ditetapkan dalam buku petunjuk kendaraan. Namun hal ini tak menjadikan semua pemilik kendaraan mengerti, apalagi mau membaca dengan literasi yang cukup. 

Pelayanan Bengkel Tak Semua Sama

Fakta kedua merupakan kenyataan banyaknya bengkel sepeda motor yang ada tak memberikan pelayanan yang sama dan terbaik dengan berbagai alasan. Dari berbagai sudut pandang setiap bengkel memiliki keunggulan dan standar layanan masing-masing. Seperti bengkel resmi dan bengkel lain yang telah memiliki standar yang sama. Atau bengkel yang ada disepanjang jalan yang kita jumpai. Semua memiliki keunggulan masing-masing. Tergantung dengan masalah servis yang di perlukan. 

Mekanik Nakal yang Memanfaatkan Kelemahan Konsumen

Fakta ketiga masih adanya stigma mekanik nakal yang memanfaatkan kelemahan konsumen. Misalnya setelah dilakukan pengecekan ternyata tak memerlukan penggantian part tetapi malah di lakukan penggantian part. Untuk problem ini memang relatif. Kita harus bisa melihat dari dua sisi. Sisi konsumen yang tak mengerti dan atau mekanik tak terlalu meyakinkan bahwa memang ada part yang harus di ganti. 

Beberapa fakta tersebut memang bersifat relatif. Kenyataan bahwa kita harus bisa lebih aware akan pentingnya perawatan kendaraan bermotor. Terutama memahami penjelasan mekanik dan melakukan perbaikan yang diperlukan untuk mencegah permasalahan lebih lanjut pada kendaraan milik kita. 

Untuk perawatan berkala standar yang diperlukan adalah beberapa item berikut ini:

  1. Ganti oli
  2. Service CVT atau Rantai
  3. Pengencangan Baut 
  4. Kelistrikan 
  5. Roda termasuk kandas rem, kondisi ban dll

Penggantian oli memang sangat penting sekali. Bisa diukur dari berapa jarak km yang ditempuh atau waktu penggantian yang disarankan. Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan/retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000 km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.

Rutin mengganti oli agar mesin terawat

Lakukanlah servis berkala di bengkel yang terpercaya seperti Planet Ban. Tidak seperti namanya, Planet Ban tidak hanya melayani servis pada ban saja, namun juga melayani servis kendaraan pada umumnya. Bahkan memiliki beberapa keunggulan yang bisa memberikan kepuasan saat melakukan servis disini. Termasuk juga melayani servis tune up pada kendaraan. Terkadang kalau tune up ada aja rembetan penggantian yang lain kayak ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart. Biasanya sih mekanik akan menginformasikannya terlebih dahulu kepada kita. Kalau kita setuju dilakukan penggantian, mereka akan melakukan perbaikan. Intinya harus ada pemberitahuan di awal, nggak main ganti terus nyodorin resi. 

Keunggulan Servis Sepeda Motor di Planet Ban

Pernah nggak sih sehabis servis motor meninggalkan kesan kecewa? Saya sih pernah, habis servis sama nggak di servis kok motor nggak ada perubahan. Iya sih habis servis mustahil banget motornya jadi baru hehe, minimal mesinnya enak kayak baru beli. Belum lagi di beberapa bagian motor masih ada sisa kotoran habis servis kayak kotoran dan debu di blok CVT yang justru membuat motor jadi terasa berat. Makanya sekarang lebih sering servis di Planet Ban, lebih dipercaya aja. 

Servis motor di Planet Ban seluruh bagian atau part mesin selalu dibersihkan jadi kayak baru. Mulai dari kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya dibersihkan dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran. Servis motor di Planet Ban bikin motor kita seperti punya mesin baru lho. Mesin bersih total, tarikan jadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70% yang pasti jadi lebih hemat Bbm. 

Berapa harga servis motor di Planet Ban? Aselii sih servis di Planet Ban tuh terjangkau banget. Servis motor injeksi cuma Rp20.000,-, kemudian servis CVT sekaligus rantainya Rp19.500,- dan service throttle body cuma Rp20.000,-. Murah banget harga servis nya. 

Teman-teman sudah pernah merasakan layanan servis motor di Planet Ban? Cus, service di Planet Ban banyak untungnya. Jangan lupa lakukan penggantian oli motor matic kalian juga secara rutin ya. 









You Might Also Like

9 comments

  1. Udah enak sih service di Planet Ban, nama dan data customer sudah ada disistem. Mau service di bengkel Planet Ban manapun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. next kalau mau servis lagi udah ada history ya

      Delete
  2. Mau dong servis di Planet Ban. Biar tarikannya lebih enteng. Planet Ban udah ada di Medan kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada di Medan, kalau di Binjai sepertinya belum ada fi

      Delete
  3. Suami saya rutin ganti oli motor matic di Planet Ban, Alhamdulillah motor jadi terawat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, sama saya dan suami juga udah langganan servis motor di Planet Ban

      Delete
  4. Mekaniknya ramah dan cekatan kalau di Planet Ban jadinya sudah mempercayakan servis motor disana juga

    ReplyDelete
  5. Wah ini sih beneran terjangkau harga service nya ya.

    ReplyDelete
  6. Kirain planet ban itu khusus penjualan ban aja. Rupanya sekaligus bengkel ya

    ReplyDelete

Canva Magic Write