Navya Autonom Transportasi Tanpa Awak di BSD City

Saya di BSD Green Office Park  " BSD, Bumi Serpong Damai. Ini tempat paling damai di bumi ya? Atau disini BSD ini selalu damai?" ...

Saya di BSD Green Office Park 

"BSD, Bumi Serpong Damai. Ini tempat paling damai di bumi ya? Atau disini BSD ini selalu damai?"

Saya dan suami dihujani pertanyaan oleh rombongan tamu dari KBRI Bangkok, Thailand saat dipercaya teman untuk mendampingi tamu yang mengikuti Trade Expo di ICE BSD Oktober 2017. Supir yang membawa rombongan kami sontak memandang saya dan suami sambil tersenyum. Saya sempat kewalahan menjawab pertanyaan-pertanyaan para tamu. Untungnya suami langsung menjelaskan dan para tamu mengangguk (tanda nggak ngerti) trus bilang oke serpong peace earth, hihi

Memang sih ya kalau sekilas melintas ke Bumi Serpong Damai suka muncul keinginan untuk memiliki hunian di area nya. Kenapa? Karena selain nyaman, BSD berkembang pesat. Pertama kali saya ke BSD tuh sekitar tahun 2004. Saat itu suasananya masih sepi, mall juga masih satu. Ditambah lagi angkutan untuk keluar dari perumahan tempat teman saya tinggal susah banget. Jadi angkutan andalan naik ojek langganan. 


Sekarang jangan ditanya bagaimana perkembangan BSD City. Saya yang dapat suami orang Tangerang bersyukur banget bisa berkunjung ke BSD lagi. Saya takjub banget dengan perkembangannya. Beneran komplit. Mall, perumahan, shuttle, dan fasilitas lainnya semakin memenuhi kebutuhan warga sekitar dan orang-orang yang memang sengaja main ke BSD. Ke BSD juga semakin gampang tak hanya mengandalkan kendaraan pribadi, bisa menggunakan Commuter Line karena BSD City sudah ada stasiun kereta yakni Stasiun Cisauk yang terintegrasi dengan Pasar Modern dan shuttle bus BSD Link. Nah, tinggal pilih deh naik BSD Link tujuan mana. Bisa langsung ke Aeon Mall, The Breeze, atau tujuan lainnya di sekitar BSD.

Naik BSD Link ke Aeon Mall 

Kalau mau dipaparin tentang BSD panjang banget. Mending saya infokan saja yang paling update di BSD City ada apa. Hayooo ada apa? Pada penasaran kan? Oke, teman-teman pernah ngebayangin nggak naik angkutan tanpa ada yang nyetirin alias nggak ada supir. Hah? Ada jin nya? Yang ngomong gini pasti kebanyakan nonton film horor deh, wkwk! Bukan main kalau hari gini masih ada aja yang percaya gituan padahal nyatanya kita yang ketinggalan dengan kecanggihan teknologi. Lanjut yuk. 


Kendaraan tanpa awak yang saya maksud kini hadir di BSD City. Yups, Navya Autonom. Meskipun masih terbilang uji coba sampai Januari 2023, tapi saya sangat antusias dengan kehadiran Autonomous Vehicle (AV) ini. Navya Autonom Shuttle memiliki penggerak listrik dan battery pack berkapasitas 33 kWh yang dapat bertahan selama 9 jam dan memiliki kapasitas penumpang 15 orang, dengan pembagian 11 duduk dan 4 berdiri. Nggak pernah terbayangkan sebelumnya kalau bakal ada shuttle bus yang akan membawa kita sampai ke tujuan tanpa ada yang nyetirin. Entar kalau mau belok gimana? Bisa ngerem mendadak nggak kalau tiba-tiba ada yang nyalip? Biasa lah emak-emak dengan riwayat asam lambung yang rasa cemasnya cukup tinggi pasti ada aja kekhawatirannya. Tenang.. Tenang.. 

Navya Autonom Shuttle dengan kapasitas 15 penumpang

Navya Autonom Shuttle ini pasti ada sensor ya. Mulai dari sensor pemanfaatan GNSS (Global Navigation Satellite Systems), dan sensor LIDAR (Light Radar) yang digabungkan dengan kamera resolusi tinggi untuk big data analysis, yang kemudian akan diproses oleh komputer yang memiliki spesifikasi tinggi tertanam di dalam mobil. First Autonomous Vehicle at Green Office Park, BSD City ini dapat mendeteksi, melacak dan mengklasifikasi halangan di sekitar secara real time/waktu sebenarnya untuk menentukan lintasan dan profil kecepatan yang optimal, termasuk kemampuan akselerasi, kemudi, dan pengereman secara otomatis.


Biar nggak penasaran dan bisa merasakan langsung kecanggihan kendaraan tanpa awak ini kita bisa kok cobain Navya Autonom Shuttle gratis tanpa biaya tambahan apapun. Selama masa uji coba tahap kedua AV ini beroperasi setiap hari Selasa-Minggu pukul 10.00 hingga 17.00 di kawasan BSD Green Office Park (GOP). Nantinya sebelum mencoba Navya Autonom Shuttle kita melakukan pendaftaran dan ada isian survei sebelum menaiki kendaraan. Setelah menikmati kendaraan kita juga diharapkan mengisi survei lagi. Semua ini bisa kita lakukan melalui aplikasi OneSmile yang tersedia di aplikasi Apple App Store maupun Google Playstore. Anak-anak boleh nyobain Navya Autonom Shuttle nggak? Bisa banget. Syaratnya tentu harus didampingi orang tua dan memiliki tinggi badan minimal 120 cm. 

Navya Autonom Shuttle at BSD City

Happy banget dengan kehadiran Bus Otomatis pertama di Indonesia ada di The Breeze, BSD City. Selain nyaman, penggunaan Autonomous Vehicle ini turut mendukung kehidupan berkelanjutan karena rendah emisi karbon. Seperti yang dibilang Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat peresmian uji coba AV semoga kehadiran Navya Autonom Shuttle mampu mewujudkan transportasi masa depan bagi pembangunan kota pintar yang sustainable di Tanah Air.






You Might Also Like

0 comments

Canva Magic Write