Rutin Mengecek Oli Motor Matic Agar Tak Gampang Mogok

Rutin Mengecek Oli Motor Matic B erkeliling naik sepeda motor menjadi kegiatan yang sering saya dan suami lakukan bersama. Kami suka sekali ...

Oli Motor Matic
Rutin Mengecek Oli Motor Matic

Berkeliling naik sepeda motor menjadi kegiatan yang sering saya dan suami lakukan bersama. Kami suka sekali melihat-lihat kampung di sekitar rumah saya. Mungkin bagi sebagian orang hobi kayak gini kayak kurang kerjaan aja ya kan? Padahal keliling naik motor berdua menembus jalur yang nggak pernah dilewati punya pengalaman tersendiri. Semacam mengenal medan di wilayah yang kita tinggali. Senang sekali rasanya walau cuma keliling kampung. Melihat segala potensi yang ada di kampung kita sendiri. Bagi penduduk sekitar yang sudah lama tinggal, mungkin kegiatan seperti ini bisa berarti menyapa tetangga dan saling bertemu sapa. 


Tak semua orang seperti kami, suka berkeliling jauh memutar dari rumah walau sekadar mencuci mata. Bagi kami ini semacam cara menghilangkan penat suasana rumah. Kegiatan domestik di rumah merupakan rutinitas yang pasti juga membawa kejenuhan. Melihat-lihat pemandangan dari atas motor berdua suami sambil bercerita bersenda gurau romantisnya ala-ala Galih dan Ratna. Hehe!


Suatu ketika motor yang kami tumpangi mogok. Lucunya bukan sedih, kami malah tertawa. Adegan dorong motor pun terjadi sampai bengkel terdekat. Kebayangkan pasangan usia 40an ini dorong motor sambil cekikikan. Kalau lelah banget sesekali berhenti apalagi kalau udah jauh jalan bengkel tak kunjung tampak. Entah kenapa adegan mogok dan dorong motor justru menjadi cerita menyenangkan sampai rumah. Sering kalau lagi ngopi berdua ngebahas cerita lucu kayak gini, wkwk


Oh ya, pernah nggak sih teman-teman mengalami kejadian motor mogok terus sampaio di bengkel orang bengkelnya langsung bilang ganti sparepart? Beberapa kali motor mogok setibanya di bengkel sepertinya kami dibohongi karena orang bengkel bilang ada sparepart yang harus diganti. Meski kami menuruti tapi sepanjang jalan balik ke rumah motornya mogok lagi. Ujung-ujungnya mampir ke bengkel yang lain dan ternyata harus ganti oli. Padahal sebenarnya nggak ada sparepart yang perlu diganti. Begitulah kalau kita service motor di bengkel yang suka ada di pinggir jalan. Syukur-syukur dapat bengkel yang amanah. Apesnya kalau dapat bengkel yang ngakali. 


Makanya pengalaman kayak gini tuh nggak sekali dua kali. Untungnya suami sudah tahu sedikit trik agar terhindar dari ulah bengkel nakal. Tapi memang kita juga mesti memahami cara kerja orang bengkel dan tahu juga bagaimana mengetahui masalah motor kita sendiri. Sering saya sampaikan  sama suami, kalau ada sparepart yang harus diganti ya diganti aja sama yang baru. Jangan diakali dengan sparepart bekas yang nantinya malah makin membuat rusak parah. Atau malah jadi menghabiskan biaya lebih mahal. Suami juga jadi rajin rutin mengecek oli motor matic kami biar nggak terulang mogok saat lagi di jalan.


Jadi memang kita harus mengetahui sepenuhnya penyakit atau masalah sepeda motor yang kita tunggangi. Agar jika dalam keadaan bermasalah kita tahu menanganinya. Seperti waktu keliling kampung di lain waktu, motor mio tua yang kami naiki mogok. Kata suami saya mesinnya kepanasan. Jadi cukup ditunggu sebentar aja supaya bisa hidup kembali. Yang lucunya sepanjang jalan keliling motornya sering kepanasan dan sering berhenti dan menunggu dingin untuk bisa jalan kembali. 


Punya motor sudah berumur memang harus sabar. Maklum kami beli motor itu second dan dalam kondisi yang butuh perbaikan. Selama kami pakai, setiap sebulan sekali motornya di service. Semua masalah di cek satu persatu dan perbaikan prioritas pada mesinnya terlebih dahulu. Setelah mesin sudah bagus kembali barulah ke bagian yang lain seperti CVT, selang bensin, dan indikator di head sing. Motor second kami beli cukup murah, namun alhamdulillah tidak begitu banyak perbaikan besar yang menghabiskan banyak biaya. Dan perbaikan pun dilakukan secara bertahap. Target suami memperbaiki motor itu sebulan sekali. Sambil digunakan sehari-hari untuk keperluan juga. Jadi nggak terasa seperti perawatan berkala. Sekarang suami kalau service motor, cek motor, sampai ganti oli ke Planet Ban aja. Kenapa ke Planet Ban? Silahkan cek aja di https://planetban.com/.









You Might Also Like

0 comments

Canva Magic Write