7 Cara Cari Cuan dengan Canva

Cari Cuan dengan Canva " M alam mba Tuty, saya mau dong dibuatin template untuk tugas anak saya". Lagi sarapan tiba-tiba masuk pes...

Cuan
Cari Cuan dengan Canva


"Malam mba Tuty, saya mau dong dibuatin template untuk tugas anak saya". Lagi sarapan tiba-tiba masuk pesan via WhatsApp meminta saya membuat desain template anak sekolah. Trus di lain waktu masuk telfon dari ibu Kapolres buru-buru minta bikinin twibbon, kemudian teman yang punya travel juga menelfon minta buatin flyer program tour. Alhamdulillah ada saja permintaan desain dari beberapa teman, kerabat, dan klien. 


Kok bisa sih saya menerima pesanan desain? Apa saya punya basic desain atau pernah kuliah jurusan desain? Enggak sama sekali. Saya sama sekali nggak punya basic desain. Justru saya iri pengen bisa desain kayak teman-teman ilustrator. Untungnya saya mengenal Canva, platform desain grafis online yang benar-benar user friendly untuk membuat berbagai desain. Jadi mau desain apapun #CanvaBanyakBisanya



Awal Mula Menggunakan Canva 

Saya bersyukur keinginan saya bisa membuat desain terjawab dengan hadirnya Canva. Sejak tahun 2016 saya menggunakan Canva dimana saat itu elemen-elemen yang tersedia belum sebanyak sekarang. Awalnya saya membuat desain Canva hanya untuk kebutuhan blog saya saja. Mulai dari buat kolase foto, buat infografis, juga membuat header blog. Karena sering menggunakan Canva muncul ide untuk membuat karya ilustrasi saking gemesnya pengen utak-atik Canva, jadi nggak hanya mengandalkan template Canva yang tersedia saja. Saya benar-benar jadi keasikan sendiri meng-u-tak-a-tik Canva, saking candunya saya namakan kegiatan saya ini nganva. 


Cara Cari Cuan
Nganva, meng-u-tak-a-tik Canva menjadi sebuah desain ilustrasi


Selama pandemi kegiatan saya sehari-hari bisa dibilang lebih banyak nganva untuk menuangkan imajinasi. Saya nggak mau stress karena pandemi. Hasil desain Canva saya share ke sosial media, dan ternyata menarik perhatian teman-teman di sosial media. Dari sini lah awalnya saya mulai meraup cuan berkat Canva. 


Selain desain untuk kebutuhan blog dan sosial media sendiri, akhirnya saya menerima beberapa pesanan desain. Senang banget di tengah pandemi disaat orang-orang banyak yang ambruk dan kehilangan pekerjaan, saya justru mendapat peluang meraup cuan. Banyak banget loh cara mendapat cuan dengan Canva. Kamu juga bisa selama mau kreatif dan menikmati proses mengulik Canva. Saya yang awalnya berlangganan Canva Free jadi upgrade ke Canva Pro karena banyak elemen Pro yang mendukung desain saya. Oke, sebelum saya share bagaimana cari cuan dengan Canva saya mau share apa saja keunggulan Canva Pro.



Keunggulan Canva Pro

Canva Pro banyak banget keunggulannya. Saya bisa desain foto produk menjadi poster untuk promo di sosial media. Jadi foto produk yang awalnya hanya foto dan background saja saya utak-atik dengan menghapus background pakai fitur remove background yang ada di Canva. Fitur ini bisa teman-teman gunakan kalau teman-teman sudah berlangganan Canva Pro tentunya. Setelah background di hapus baru deh kita tambahkan elemen background yang ada di Canva atau tinggal gonta-ganti warna dan tambahkan elemen-elemen pendukung lainnya yang sesuai dengan produk. Foto yang sebelumnya biasa saja semakin ciamik setelah dihapus background nya dan ditambah elemen Canva yang lain. Desain seperti ini menjadi daya tarik, cocok banget buat teman-teman yang mempunyai akun jualan dan ingin mempromosikannya di sosial media.


Cara hapus background di Canva
bisa hapus background di Canva, salah satu keunggulan Canva Pro

Nah, jika desain udah jadi kemudian pengen di share di akun sosial media dengan ukuran berbeda gimana? Gampang banget kalian tinggal manfaatkan fitur resize atau ubah ukuran hanya dengan satu kali klik dan atur susunan elemen. Jadi dengan satu design bisa untuk beberapa ukuran. 

Banyak keunggulan Canva Pro lainnya yang pastinya memudahkan kita membuat desain selain karena banyak stok template dan elemen yang bisa dipakai tanpa batas juga karena nggak perlu repot-repot keluar masuk aplikasi lain hanya karena pengen ubah ukuran atau hapus background. Kalau yang saya rasakan sih sejak pakai Canva Pro semakin semangat membuat desain dan cari cuan. Gimana sih cara cari cuan di Canva?

Cara Cari Cuan dengan Canva

Cuan dan cuan! Siapa yang nggak mau cuan. Semua orang pasti mau banget mendapat cuan. Nah, Canva ini bisa jadi peluang buat teman-teman semua untuk mendapatkan tambahan pemasukan. Bagaimana caranya? Simak terus ya guys!


Canva
Ini dia cara cari cuan dengan Canva

Jual Template

Kalau kamu sudah sering menggunakan Canva, coba deh buat beberapa template yang desainnya banyak dibutuhkan orang. Misal, saat ini UMKM sudah semakin banyak yang sadar digital dan mereka membutuhkan desain untuk mempercantik sosial media. Ini peluang buat kamu yang hobi desain untuk menjual desain template, bisa juga ke teman-teman terdekat. 


Menjadi Admin Sosial Media

Beberapa pelaku usaha atau UMKM terkadang nggak mau repot membuat desain untuk kebutuhan sosial media mereka. Banyak UMKM atau komunitas yang membutuhkan posisi admin sosial media untuk meng-handle urusan desain, posting sampai melayani para follower. Nah, biasanya mereka butuh admin sosial media yang bisa membuat desain juga. 


Buka Kelas Desain 

Kalau kamu sudah menguasai Canva, kamu bisa buka kelas desain menggunakan Canva. Disini teman-teman bisa sharing ke peserta bagaimana tips mempercantik desain, kombinasi font yang bagus, bagaimana membuat kombinasi warna, juga bagaimana mencari elemen yang sesuai dan cocok untuk konsep desain. 


Menjadi Narasumber 

Kesempatan diundang untuk menjadi narasumber peluangnya sangat besar. Biasanya komunitas, perusahaan, bahkan brand akan melirik kita dan meminta kita menjadi pembicara untuk sharing bagaimana pengalaman kita memakai Canva atau bagaimana memanfaatkan Canva untuk bisa membuat desain yang ciamik. 


Menjadi Creator

Canva juga membuka peluang bagi kamu yang suka membuat desain untuk menjadi Canva Creator, yakni orang-orang yang membuat template untuk Canva. Tentu saja ada syarat dan ketentuan, salah satunya portofolio kamu akan menjadi penilaian tersendiri. Hasil desain kamu inilah yang nantinya menjadi template yang akan digunakan lagi oleh pengguna Canva. Setiap user Canva yang menggunakan template kamu maka kamu akan mendapatkan komisi. 


Menjadi Contributor

Selain Creator, kamu juga bisa menjadi Canva Contributor. Apa itu Contributor? Contributor adalah orang-orang yang membuat elemen graphic atau ilustrasi, foto, audio, juga video. Selama teman-teman menggunakan Canva tentu teman-teman sering menggunakan elemen-elemen Canva. Nah, elemen-elemen inilah yang dibuat oleh para Contributor. Sama dengan Creator, selama elemen-elemen pro kamu digunakan oleh user Canva maka kamu akan mendapatkan komisi. 


Menjalankan Afiliasi Canva

Afiliasi. Teman-teman pasti sudah sering dengar istilah afiliasi ya. Canva juga memiliki program afiliasi. Semakin banyak pengguna Canva maka semakin besar pula peluang untuk memperoleh pendapatan sampingan melalui Afiliasi Canva. Bagaimana caranya? Teman-teman hanya membagikan link afiliasi bisa di sosial media, di blog, atau tempatkan link afiliasi di profil sosial media. Setiap ada yang meng-klik dan melakukan pembelian Canva Pro untuk berlangganan otomatis kita akan mendapatkan komisi. 


Afiliasi Canva
Lumayan banget tiap bulan dapat cuan dari Afiliasi Canva

Nah, itu tadi 7 cara cari cuan dengan Canva. Banyak banget kan peluang cuan di Canva? Gimana nih sudah ada ide mau memanfaatkan peluang yang mana? Yuk, lebih kreatif lagi meng-u-tak-a-tik Canva. Teman-teman bisa bergabung ke Facebook Group Canvalove Indonesia lho biar nambah teman sesama pengguna Canva dan saling sharing di sana. Agar desain kamu semakin kece kamu bisa pakai Canva Pro agar bisa pakai semua elemen dan template yang ada di Canva. Yups, #CanvaBanyakBisanya. Kamu bisa cobain Canva Pro Free Trial 30 hari biar tau kelebihan Canva Pro. Klik disini ya partner.canva.com/perempuansatujuni











You Might Also Like

25 comments

  1. Aseliiik..lihat hasil nganva-nya Mba Tuty bikin terpana. Kreatif sekali dirimu...Mana enggak pelit pula berbagi ilmu! Semoga dengan Canva makin banyak terbuka kesempatan bagi siapa saja untuk berkreasi, menambah rezeki di antaranya dengan 7 cara cari cuan ini

    ReplyDelete
  2. duh mba kayaknya aku mesti berlangganan canva pro ya heheheh terlalu lama pakai yang gratisan kadang bingung milih element grafis karena kebanyakan harus bayar semua :)

    ReplyDelete
  3. Mbak Tuty ini bener kereeeen nganvanya. Ngulik to the max..canva ini buat orang yg merasa tidak artsy aja jd bisa buat desain sendiri. Aku misalnya, bisa bikin ilustrasi utk blog aja uda hepiii hihihi. Apalagi buat orang kayak mb tuty yg punya interest di situ. Bener2 aku tuh bilang terima kasiiiih sama founder canva yg bikin aplikasi sekeren dan semurah hati ini..

    ReplyDelete
  4. Saya jadi ingat kalau belajar Canva dari Kak Tuty
    Dulu nangis karena susah operasikan
    Setelah dibimbing, sekarang sudah bisa apa saja
    Bahkan dapat cuan pun dari Canva

    ReplyDelete
  5. Aku juga suka banget deh ngoprek canva, apalagi canva premium banyak banget pilihannya. OH ya, jadi contributor juga bisa menghasilkan cuan. temenku banyak yang jadi contributor canva gini.

    ReplyDelete
  6. aku saluuut sama Mba Tuty, pandemi malah buka kelas Canva. Hasilnya cakep banget! Aku tuh menata element supaya nyambung masih jadi tantangan, hehe

    ReplyDelete
  7. Mba Tuty nih personal branding nya udah sangat Canva buangeettt šŸ˜†šŸ‘ super duper love klo lihat mb Tuty sharing ilmu2 seputar Canva.
    Semoga berkaahhh ya mbaaa šŸ˜šŸ™

    ReplyDelete
  8. Wuaaah banyak jalan menuju cuan lewat Canva ya. Mantap mbak sharingnya, bisa jadi inspirasi kami nih.
    Mbak Tuty mah udah masternya Canva ini mah ya. Hebat!
    Oh iya aku baru tahu kita bisa dapat cuan juga lewat Canva Contributor. Makasih infonya mbak.

    ReplyDelete
  9. Asik banget Canva ini banyak bisanya, mulai dari menjadi pro desainer sampai mendatangkan cuan, asik. Saya merasa pro banget kalau desain pakai template canva pro ini heheh, pede yah.

    ReplyDelete
  10. Makin mupeng deh Canva pro, banyak untungnya nih. Dari remove background, ada 3 ribu font yang bisa diunduh, jadi lebih banyak ya yang bisa digunakan. Selama ini aku masih pakai Canva free, mau dong sehandal mbak Tuty atau paling enggak mendekati aja deh

    ReplyDelete
  11. Suka banget sama desain yang Mbak Tuti buat. Aku juga mulai pakai Canva, tapi memang masih amatir banget. Kudu belajar lebih banyak dan hidupkan imajinasi. Jangan lupa buat daftar yang pro juga ya

    ReplyDelete
  12. Ternyata Canva gak cuma buat bikin aneka desain aja ya mbak, tapi juga bisa menghasilkan, lumayan juga ya

    ReplyDelete
  13. Cakeep bangeet mbak tuti hasil canvamu. Canva selain memudahkan dalam hal menggambar berkreasi membuat konten/logo ternyata bisa menghasilkan cuan juga yaks.
    Memang jaman sekarang yang kreatif bisa melihat pasar yang dibutuhkan maka cuan akan mengalir

    ReplyDelete
  14. canva ini andalanku banget untuk bebikinin segala macam yang berbau desain untuk blog. hehehe. sebagai orang dengan keahlian terbatas terutama urusan menggambar. canva pro itu membantu banget

    ReplyDelete
  15. Kalau denger kata "Desain Canva", aku langsung inget kak Tutty.
    Rasanya uda jadi branding kalau kak Tutty suka kasih ilmu mengenai canva, termasuk dalam blogpost ini, aku jadi tau cari cuan dari apps Canva.

    ReplyDelete
  16. Kemampuan canva Mbak Tuty emang kereeeen bangeeet. Nggak ada tandingan. Jadi ingat pernah ikut kelas canva mbak. Tapi Saya gak jago nganva

    ReplyDelete
  17. Masya Allah, Canva ini bisa jadi jalan untuk menambah cuan ya. Alhamdulilah aku dah langganan Canva pro. Walau belum optimal menggunakannya, belum sempat haha. Semangat deh!

    ReplyDelete
  18. Sekarang Saya auto ingat Mbak Tuty kalau ingat Canva. Kreasinya cakep-cakep. Jadi tertarik juga saya untuk mendapatkan cuan dari Canva. Pengen bikin desain undangan gitu

    ReplyDelete
  19. Sekarang kalau ingat mbak Tuty, yang diingat Canva haha
    Alhamdulillah banget ya mbak, Canva bisa jadi jalan pembuka pintu rezeki lainnya.
    Btw kalau kelas Canva yang dulu itu maaih jalan kah? Atau akan ada kelas lagi? Mau donk dicolek2 kalau ada infonya thx šŸ˜

    ReplyDelete
  20. Canva tidak hanya membantu kita membuat beragam desain konten ya mbak
    Kita pun bisa mendapatkan peluang cuan dari Canva ini
    Emang banyak untungnya kalau langganan Canva Pro ini

    ReplyDelete
  21. Desain yang dibuat Mba Tuty kece-kece looohh... sukaaa banget. Beda emang ya yang ngoprek sampai ke dalem2nya dibandingin yg ngasal aja kayak saya hehehee...
    Alhamdulillah, selain bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan gambar untuk diri sendiri, ternyata dengan Canva kita punya banyak peluang untuk menambah cuan.

    ReplyDelete
  22. Keren ya... Memang canva tu user friendly dan hasil desainnya juga ciamik... Saya masih pakai yang gratisan nih... Mau nabung dulu biar bisa pakai yang pro

    ReplyDelete
  23. Menjadi kreatif di jaman sekarang tuh mudah, banyak aplikasi yang membantu, salah satunya Canva ini. Balik ke kitanya ajah sekarang nih, mau maju ke depan untuk berkembang, atau stagnan di situ-situ ajah tanpa mau belajar hal baru.

    ReplyDelete
  24. Tau bahwa canva bisa dimacem-macemin jadi gambar ya dari Mbak Tuti. Ternyata sekarang kepake sama aku bikin microblog di Instagram. Kalo bikin presentasi pake canva jg oke banget

    ReplyDelete